Cara Membuat Powerbank Tetap Awet Digunakan

Menjaga powerbank tetap awet itu wajib hukumnya. Apalagi kalau anda tipe orang yang suka berpergian jarak jauh, jangan sampai smartphone kesayangan anda harus mati karena powerbank yang memble.

Powerbank sendiri merupakan barang elektronik yang biasa dimanfaatkan dalam keadaan darurat, oleh karena itu Anda harus mengecas baterai powerbank terlebih dahulu sebelum digunakan.

Peranan powerbank terbilang sangat penting, terutama bagi mereka yang suka beraktifitas di luar rumah dan tak bisa terlepas dari smartphone. Kecuali anda punya smartphone yang baterainya tahan lama, jangan sampai skip bawa powerbank kemana mana.

Tentu saja dengan mobilitas yang tinggi, anda harus menggunakan powerbank yang berkualitas. Selain itu, harus tetap memastikan baterai powerbank mampu bertahan dalam waktu lama. Berikut adalah cara membuat powerbank tetap awet saat digunakan!

Baca: 80 hp dengan baterai terkuat

1. Isi Ulang saat Dibutuhkan

Ada baiknya, Anda hanya mengisi daya baterai ponsel menggunakan powerbank ketika baterai ponsel sudah mau habis. Setelah baterai hp penuh, cabut dari powerbank.

Gunakan daya powerbank ketika indikator baterai ponsel hanya tertinggal satu bar, atau pengecualian bolehisi meskipun baterai ponsel masih setengah saat anda akan melakukan perjalanan jauh.

Jangan gunakan smartphone ketika sedang dicas dari powerbank. Upayakan tunggu ponsel terisi penuh, barulah melakukan kegiatan multitasking sepuasnya. Tujuannya adalah agar daya baterai smartphone bisa terisi lebih cepat tanpa adanya gangguan penggunaan, serta meminimalisir kerusakan daya baterai pada powerbank.

2. Kenali Waktu Pengisian

Faktor yang paling berpengaruh pada penggunaan baterai powerbank adalah cara pengisian yang tepat. Sebaiknya isilah powerbank hingga penuh agar mampu bekerja secara optimal. Pastikan mengisi ulang baterai powerbank pada saat daya hampir habis, yakni di bawah 15%.

Jika powerbank anda abal abal (tidak mahal), pengisian daya yang terlalu sering akan menurunkan kinerja powerbank dan daya baterai semakin boros. Apalagi saat Anda tetap mengecas powerbank meskipun dayanya masih banyak.

Perhatikan pula waktu pengisian powerbank anda. Jika biasanya anda butuh waktu 8 jam untuk mengisi powerbank dari nol sampai penuh, kemudian suatu ketika anda hanya butuh waktu 3 jam, maka besar kemungkinan powerbank anda telah rusak.

3. Hindari Kondisi Ekstrim

Sama halnya dengan barang elektronik pada umumnya, jangan sekali-kali meletakkan powerbank di kondisi yang ekstrim. Misalnya diletakkan di bawah sinar matahari secara langsung, atau di tempat yang memiliki kelembaban cukup tinggi.

Alangkah baiknya, PB ditaruh di area dengan suhu kamar atau sejuk. Jika perlu bungkus powerbank dengan wadah atau tas tertentu, sehingga suhu dan kelembaban tetap dalam keadaan terjaga.

Powerbank juga jangan sampai terkena suhu yang terlalu dingin (misalnya meletakkan PB didalam freezer), karena akan memicu terjadinya kerusakan secara keseluruhan, terutama pada komponen baterai powerbank.

Sebisa mungkin hindari kondisi dingin dan panas yang terlalu berlebihan agar powerbank tetap awet.

4. Jangan Sampai Terjatuh/Terbentur

Seperti yang kita tahu bahwa semua alat atau barang elektronik, termasuk powerbank tidak boleh terjatuh maupun terbentur.

Pasalnya, powerbank sangat rentan mengalami kerusakan jika terjatuh. Apalagi saat powerbank terkena benturan yang sangat keras, kemungkinan besar komponen baterai akan rusak. Dengan begitu, kinerja powerbank bisa melambat dan bahkan tidak bisa digunakan kembali.

5. Jauhkan dari Benda Magnet

Apakah Anda pernah meletakkan ponsel pintar di dekat benda bermagnet? Mungkin Anda akan mendengar getaran dan suara speaker dari smartphone yang berlama-lama didekatkan ke magnet. Hal semacam ini tentu juga berlaku untuk powerbank.

Taukah Anda jika benda elektronik dan magnet bertemu, bisa menimbulkan tabrakan gelombang magnetik? Hal ini tentu akan mempengaruhi daya baterai powerbank. Bahkan itu bisa menyebabkan kerusakan powerbank dalam waktu panjang. Menghindari benda bermagnet saat meletakkan power bank adalah salah satu cara membuat powerbank tetap awet.

6. Tutup Aplikasi yang Berat

Saat menggunakan powerbank untuk mengecas smartphone, sebaiknya tutup aplikasi yang berat. Beberapa aplikasi tersebut misalnya game, browser, dan youtube.

Kebiasaan terhubung dengan powerbank ini akan memaksa daya baterai bekerja dua kali lipat. Hindari penggunaan aplikasi berat, dan jika perlu jangan gunakan ponsel sama sekali saat mengecas ke Powerbank.

7. Ganti Kapasitas Baterai

Anda dapat melakukan modifikasi pada powerbank dengan mengganti bagian baterainya. Gunakan daya baterai dengan kapasitas lebih besar agar bisa dipakai dalam waktu lebih lama. Namun perhatikan kapasitas daya baterai, karena tidak semua jenis baterai support untuk diterapkan pada powerbank.

Perhatikan pula bagian powerbak, seperti input listrik, baterai utama dan output smartphone.

Itulah cara membuat powerbank tetap awet untuk digunakan. Setidaknya jangan melakukan kebiasaan mengecas powerbank melalui laptop atau komputer, karena memicu risiko kerusakan permanen pada baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *