Cara Membuat Stiker di LINE

LINE merupakan salah satu aplikasi chatting yang cukup terkenal saat ini, Bahkan diketahui pengguna aplikasi LINE saat ini jumlahnya nyaris melampaui pengguna Whatsapp di seluruh dunia.

Lebih jauh lagi kebanyakan pengguna dari aplikasi ini merupakan anak-anak milenial dengan usia yang relatif muda hingga remaja yang beranjak dewasa, berbeda dengan WhatsApp yang mayoritasnya merupakan kalangan orang dewasa.

Hal ini tidak lepas dengan beberapa fitur utama yang memang ada sejak awal, salah satunya adalah penggunaan stiker di dalam aplikasi LINE yang menjadi tren di dunia chatting saat itu.

Tapi tahukah kamu apabila saat ini LINE sama seperti WhatsApp mengizinkan para penggunanya untuk membuat stiker personal mereka? Ini dia cara membuat stiker di LINE yang bisa kamu lakukan sendiri!


Buat Stiker dengan Line Creators Studio

LINE CREATORS STUDIO

Berbeda dengan WhatsApp yang tidak memiliki aplikasi bawaan untuk membuat stiker personal, LINE sudah sejak dahulu hadir dengan Line Creators studio mereka. Aplikasi ini mengizinkanmu secara resmi membuat stiker personal mu.

Beberapa alasan yang membuat kami merekomendasikan aplikasi ini bagi kami ingin membuat stiker di LINE adalah sebagai berikut:

  1. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi tidak resmi. Dengan menggunakan Line Creators studio kamu bisa membuat stiker dengan lebih cepat serta lebih efektif dan tentu hasilnya lebih memuaskan.
  2. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu mengunduh aplikasi aplikasi seperti background eraser apabila ingin mengubah foto menjadi stiker.
  3. Selain itu bila kamu membuat stiker dengan menggunakan Line Creators Studio, kamu bisa membuat stiker yang kamu buat tersebut untuk dijual serta digunakan secara luas.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin membuat stiker LINE dengan menggunakan Line Creators Studio.

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus mendownload aplikasi Line Creators studio terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play bila menggunakan Android, ataupun di atau Play Store apabila kamu menggunakan iPhone.
  2. Buka aplikasi dan lakukan login.
  3. Masuk ke dalam menu create your stickers.
  4. Berikan beberapa kotak dengan grid-grid yang bisa kamu tambah dengan stiker satu persatu. Bila sudah menambahkan stiker di seluruh grid tersebut, kamu akan mendapatkan stikermu dalam bentuk sticker pack. Di dalam aplikasi ini kamu diberikan tiga cara untuk membuat stikermu sendiri.
  5. Metode pertama adalah dengan menggunakan gambar yang sudah ada. Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu sudah membuat gambar dengan aplikasi lainnya. Selain itu perlu diketahui bahwa bila kamu memutuskan untuk membuat stiker dari gambar yang sudah ada, pastikan bahwa gambar tersebut bukanlah karya milik orang lain sehignga tidak melanggar HAKI.
  6. Metode kedua adalah dengan cara mengambil foto secara langsung dengan menggunakan ponselmu. Cara ini juga bisa dilakukan, apalagi kalau kamu memiliki teman dengan wajah-wajah yang lucu, cocok, dan bersedia untuk dijadikan stiker LINE.
  7. Metode ketiga adalah dengan cara menggambar stiker secara langsung. Metode ini merupakan salah satu metode yang paling sulit namun cukup digemari oleh banyak pembuat stiker LINE lainnya. Karena kamu bisa melakukan berbagai macam kustomisasi sesuai dengan tema masing-masing stiker yang ada.
  8. Bila sudah kamu bisa menambahkan berbagai macam elemen yang tentunya akan membuat stiker yang kamu buat menjadi semakin berwarna.
  9. Jangan lupa untuk menambahkan detil dari stiker yang ingin kamu buat tersebut. Detil yang harus kamu tambahkan diantaranya adalah judul besar dari stiker, serta gambar utama yang akan dipampang di paket stiker.
  10. Bila sudah kamu bisa langsung memilih pilihan Apply to sell untuk kemudian menjual stiker yang telah kamu buat tersebut.

Setelah melakukan seluruh langkah di atas, biasanya pihak Naver selaku pengembang LINE akan melakukan evaluasi terhadap stiker yang kamu buat tersebut. Tapi tentu saja setelah sebelumnya kamu klik pilihan Request.

Setelah itu kamu harus bersabar menunggu selama beberapa waktu, hal ini dikarenakan tingginya permintaan request review yang masuk ke tim LINE. Lagipula kamu pasti akan dikabarkan apabila proses ini sudah selesai.

Bila status dari stikermu sudah berubah dari Waiting for review menjadi Approved, kamu bisa langsung memilih pilihan menjual stiker. Setelah itu secara otomatis stikermu akan berada di platform untuk dijual, sementara kamu akan mendapatkan stiker tersebut secara gratis.


Aturan Pembuatan Stiker di LINE

Saat ini ada beberapa aturan terkait pembuatan stiker yang bisa kamu patuhi di LINE, hal ini tentu saja dibuat oleh pihak Naver sebagai salah satu bentuk pencegahan terhadap penyelewengan.

Selain itu aturan ini dibuat agar terdapat keseragaman antara satu kreator stiker dengan kreator lainnya di LINE. Beberapa aturan penting yang perlu kamu ingat adalah sebagai berikut:

Aturan resolusi gambar:

  • Gambar utama dengan jumlah 1 buah harus memiliki resolusi 240×240
  • Gambar dalam stiker harus berjumlah 8, 16, 24, 32, ataupun 40 dengan resolusi gambar maksimal 370×320
  • Ikon thumbnail chat terdiri dari 1 gambar dengan resolusi 96×74.
  • Format yang diterima oleh pihak LINE adalah format *.PNG
  • Ukuran maksimal yang diterima oleh pihak LINE untuk masing-masing gambar adalah sebesar 1 MB.
  • Latar belakang dari gambar yang ada di stiker harus transparan.
  • Bila kamu mengirimkan gambar sekaligus di dalam 1 file zip, ukuran maksimal dari zip tersebut adalah 20 MB.

Aturan teks:

  • Nama kreator yang bisa dicantumkan di dalam info stiker adalah maksimal 50 karakter.
  • Judul stiker maksimal terdiri atas 40 karakter.
  • Deskripsi paket stiker maksimal terdiri atas 160 karakter.

Stiker yang direkomendasikan oleh LINE:

  • Stiker yang mudah untuk digunakan di dalam percakapan dan komunikasi sehari-hari.
  • Stiker yang terdiri atas hal yang mudah dimengerti, dengan ekspresi serta emosi yang juga beragam.

Stiker yang tidak direkomendasikan untuk dibuat di LINE:

  • Stiker yang sulit untuk digunakan di dalam percakapan seperti benda-benda dan pemandangan.
  • Stiker dengan resolusi yang tidak tepat sehingga gambarnya menjadi melar dan tidak sedap dipandang.
  • Stiker yang melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Stiker yang dilarang untuk dibuat di LINE:

  • Stiker yang bertujuan untuk melakukan iklan alias promosi. Kamu tidak diperkenankan untuk alasan apapun membuat stiker yang bertujuan untuk promosi sesuatu, dengan menggunakan LINE.
  • Stiker yang menampilkan data-data personal seperti nama, nomor pribadi, hingga data pribadi lainnya.

Berbeda dengan WhatsApp, LINE sudah memiliki sistem pengamanan dan validasi yang baik terhadap orang-orang yang ingin membuat stiker. Sehingga akan mengurangi berbagai macam masalah yang mungkin timbul kemudian.

Oleh karena itulah hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat stiker, yakni dengan menggunakan Line Creators Studio yang memang merupakan aplikasi resmi saat ini. Pertanyaan? Ketik di kolom komentar.

5 1 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments