8+5 Cara Membuka dan Menggunakan Task Manager

Windows Task Manager merupakan salah satu aplikasi bawaan yang terdapat di laptop dengan sistem operasi Windows. Segala hal yang mencakup running applications, proses, servis, serta performa, jaringan, dan memori dari CPU tercantum di sana.

Salah satu alasan banyak orang menggunakan task manager adalah karena sebagai user kamu bisa langsung mematikan program yang ‘membandel’ dari sana. Program-program yang lag, hang, dan semacamnya bisa dimatikan dari sana.

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya ada lebih dari satu, dan bahkan sebenarnya banyak cara membuka task manager? Selain itu tahukah kamu kegunaan task manager yang benar seperti apa? Kami punya informasinya.


Cara Membuka Task Manager

Meski namanya task manager atau pengatur tugas, membuka task manager sebenarnya tidak sesulit itu kok. Bahkan malah terlihat sangat mudah, dan berikut ini adalah semua cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka task manager.

1. Ctrl + Alt + Del

Ctrl + Alt + Del

Ketiga kombinasi ini adalah kombinasi keyboard yang paling terkenal di seluruh dunia. Karena memang nyaris bisa menyelesaikan banyak masalah yang terjadi secara mendadak, sehingga orang awam senang menggunakannya.

Sayangnya ketiga tombol ini hanya bisa membawamu langsung ke Task Manager, hanya jika sistem operasimu Windows Vista atau sebelumnya. Karena bila kamu menggunakan Windows 8 dan Windows 10 “Ctrl + Alt + Del” akan membawamu ke menu security screen windows.

Di sana kamu akan diberikan pilihan Lock, Switch User, Sign Out, Task Manager, dan Cancel. Pilihlah pilihan Task Manager dan kamu akan langsung masuk ke dalam program Task Manager yang kamu rindu-rindukan.

2. Ctrl + Shift + Esc

Ctrl + Shift + Esc

Nah kalau kamu yang sudah lama menggunakan Windows 8 dan Windows 10 pasti sudah paham kalau kombinasi “Ctrl + Alt + Del” sudah lama digantikan dengan ketiga kombinasi ajaib ini, yakni “Ctrl + Shift + Esc”.

Dengan menekan ketiga kombinasi ajaib ini pada kamu yang menggunakan Windows 8 ke atas, maka secara langsung kamu akan masuk ke dalam Task manager. Selain itu ketika kamu menggunakan Remote Desktop atau Virtual Machine, penekanan ketiga kombinasi ini akan membawamu ke Local Machine mu.

3. Windows + X

Windows + X

Cara ketiga untuk membuka task manager ini barangkali belum diketahui oleh banyak orang, terutama yang masih awam. Selain itu cara ketiga ini sekarang hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang menggunakan Windows 8 serta Windows 10 saja.

Dengan menekan kombinasi “Windows + X” maka kamu akan langsung masuk ke dalam menu Power User, dimana kamu bisa membuka Computer Management, Command Prompt, CMD (Admin), Settings, File Explorer, Search, Run, Shut Down, dan tentu Task Manager!

Cukup klik pilihan Task Manager di menu Power User ini dan kamu akan langsung dihubungkan ke Task Manager.

4. Klik Kanan Taskbar

Klik Kanan Taskbar

Kalau kamu bukan orang yang senang manuver-manuver menggunakan tombol kombinasi yang ada di keyboard, sepertinya sih kamu bakal suka dengan cara membuka task manager yang satu ini. Karena hanya butuh mouse saja.

Caranya sesuai judul di atas, yakni cukup klik kanan di taskbar, setelah itu ada beberapa pilihan seperti Show the desktop, Lock the taskbar, Show windows side by side, Taskbar settings, dan tentu saja Task Manager!

Cukup klik pilihan Task Manager di menu tersebut dan kamu akan langsung dihubungkan ke Task Manager (tentu saja). Menu ini sering juga disebut dengan istilah taskbar context menu secara lebih luas.

5. Menggunakan Run

Menggunakan Run

Ada kalanya seluruh cara-cara mudah di atas tidak bisa dilakukan, misalnya apabila komputer ataupun laptop yang kamu gunakan saat ini sedang terjangkit virus yang mengganggu. Tenang saja karena masih ada cara ke lima.

Pertama-tama kamu bisa membuka Run di menu, ataupunya dengan menekan tombol “Windows + R” dan langsung mengetik taskmgr.exe, setelah itu kamu bisa tekan Enter ataupun klik pilihan Ok dan windows secara otomatis akan membuka Task Manager.

Apabila masih tidak bisa juga, maka kamu yang menggunakan Windows 10 bisa langsung membuka menu, dan di kolom pencarian langsung mengetikkan taskmgr. Setelah itu langsung klik Task Manager untuk membukanya.

6. Menggunakan File Explorer

Menggunakan File Explorer

Apabila masih tidak juga bisa menggunakan cara di atas, misalnya lagi-lagi karena komputer ataupun laptop yang kamu gunakan terserang virus. Maka kamu bisa menggunakan cara keenam ini, yang tentu semakin rumit.

Pertama-tama kamu bisa membuka File Explorer, kemudian bukalah folder C: \Windows \System32. Di dalam folder tersebut kamu bisa langsung mencari file dengan nama Taskmgr.exe dan bila sudah ketemu kamu cukup klik dua kali file tersebut.

Bila sudah tentu saja kamu akan bisa langsung membuka task manager tersebut di layar komputer ataupun laptop yang kau gunakan.

7. Membuat Shortcut

Membuat Shortcut

Langkah terakhir yang akan kami bagikan kepada kamu ini sifatnya antisipatif. Artinya bila sebelumnya belum pernah membuat shortcut tentu saja kamu tidak akan bisa membuka Task Manager dengan cara ini.

Pertama-tama di laman desktop dari komputermu, kamu bisa langsung klik kanan lalu dilanjutkan dengan membuka menu New dan kemudian langsung memilih pilihan Shortcut yang berada di atas.

Setelah itu kamu akan masuk ke menu penambahan shortcut, dan di kolom nama kamu bisa langsung mengetikkan Taskmgr.exe dan secara otomatis di desktop mu akan langsung muncul Shortcut Task Manager.

Kamu bisa taruh shortcut tersebut di Desktop ataupun di Taskbar sesuai keinginanmu, dan ketika kemudian sewaktu-waktu kamu ingin membuka task manager kembali maka kamu bisa langsung klik pilihan tersebut.

8. Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt

Langkah ke delapan ini barangkali bisa kamu lakukan apabila memang kamu rasa komputermu terserang virus, dan seluruh langkah di atas termasuk langkah antisipatif yang sudah kamu lakukan belum juga bisa membuka Task Manager.

Karena kalau tidak, untuk apa merepotkan diri membuka task manager melalui command prompt. Nah cara untuk melakukannya adalah dengan membuka Command Prompt, bisa dengan Run lalu ketik cmd dan tekan enter, atau langsung mencarinya di menu.

Setelah itu kamu bisa langsung ketikkan taskmgr untuk kemudian komputer yang kamu gunakan secara otomatis membuka Task Manager.


Cara Menggunakan Task Manager dengan Benar

Kebanyakan orang hanya memahami bahwa Task Manager hanya bisa digunakan untuk mematikan proses dari aplikasi ataupun program yang mengganggu. Padahal ada banyak loh yang bisa kamu manfaatkan dari Task Manager.

Cara Menggunakan Task Manager dengan Benar

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah, saat pertama kali membuka Task Manager kamu akan melihat ada 7 tabs yang bisa kamu buka dan kontrol masing-masing aspeknya, mengenai apa yang sedang dijalankan di komputermu saat itu.

Yuk bahas beberapa yang penting!

1. Proccess

Tab ini berisi seluruh program yang sedang aktif di komputermu. Bahkan beberapa aplikasi yang dijalankan di bawah tampilan, atapun minimized di system tray akan muncul di dalam tab ini. Akan tetapi kamu bisa klik Fewer Details bila ingin melihat aplikasi yang tampak saja.

Nah apabila kamu memilih untuk klik End Task di salah satu program maka secara otomatis program yang kamu pilih tersebut akan diterminasi. Bahkan untuk program-program yang non responsif seperti Google Chrome mu yang terlalu banyak membuka tab dan kemudian ngadat.

Tapi hal yang harus kamu ketahui, bahwa mengeluarkan program dengan paksa semacam ini akan menghapus seluruh data-data yang tidak kamu simpan alias unsaved data. Jadi hati-hati yah dalam menggunakan fitur ini.

2. Services

Nah tabs ini berisi program-program background yang berjalan ketika komputermu pertama kali djalankan. Seringkali program-program tersembunyi yang berada di tabs service inilah yang kemudian bisa membuat laptop ataupun komputermu menjadi lambat.

Beberapa program yang bisa kamu intip sedang berjalan di bawah tab ini misalnya Windows Update, Windows Firewall, hingga Task Scheduler. Jangan sekali-kali mengutak-atik benda-benda yang ada disini ya kecuali kamu paham apa yang sedang kamu lakukan.

3. Performance

Seperti namanya, tab ini akan menampilkan aspek performa dari sistem komputer yang kamu gunakan. Tidak banyak hal yang bisa kamu kendalikan di dalam tabs ini, karena memang salah satu fungsi dari tab ini hanyalah memberikan informasi kepada kamu mengenai beberapa hal.

Beberapa hal yang bisa kamu lihat informasinya disini mencakup CPU Usage, CPU Usage History, Memory, Physical Memory Usage History, serta Resource Monitor. Kalau kamu mengerti sih barangkali bisa menganalisa masalah yang ada di komputermu dari sini.

4. Networking

Nah untuk tab yang satu ini, kamu akan diberikan informasi mengenai adaptor untuk setiap karingan yang terhubung dengan komputer, bersamaan dengan grafik yang bisa menggambarkan kondisi penggunaan masing-masing jaringan yang aktif.

Biasanya sih semakin tinggi penggunaan internetmu dengan laptop atau komputer tersebut, maka akan semakin tinggi persentase yang dimunculkan di dalam grafik Networking dalam Task Manager ini.

5. Users

Nah salah satu tab yang juga cukup penting di dalam Task Manager adalah tab Users ini. Karena tab ini akan menampilkan seluruh user yang aktif di dalam sistem komputer yang saling terhubung, yang sedang kamu gunakan saat ini.

Biasanya fitur ini akan menjadi bermanfaat terutama untuk komputer-komputer yang seringkali digunakan secara bersamaan. Misalnya saat di sekolah atau bila ada family desktop yang disatukan, meski cukup jarang sih.

Nah kalau role mu di dalam sistem adalah Administrator maka kamu bisa men-disconnect serta melakukan log off terhadap user lain yang berada di dalam jaringan tersebut.

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x