Cara Mengatasi Baterai Android Cepat Habis

Saat ini pemakaian smartphone android sudah umum dan bahkan dipilih menjadi andalan bagi kebanyakan orang. Android yang tidak berfungsi dengan baik seperti baterai cepat habis dapat mengganggu pekerjaan dan komunikasi. Baterai android cepat habis dapat dicoba untuk diatasi sendiri dan dicari penyebabnya.

Penyebab baterai android cepat habis ada bermacam-macam. Ini bisa disebabkan oleh kinerja smartphone yang terlalu banyak dan berat, bahkan terkadang dipaksa di atas batas kemampuannya. Hal ini akan membuat kemampuan baterai menjadi berkurang.

Baca: Rekomendasi 80 HP dengan baterai terkuat!


Cara Mengatasi Baterai Android Yang Cepat Habis

Penggunaan smartphone sangat menunjang pada kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk pekerjaan tetapi juga sebagai hiburan hingga pengingat. Fungsinya sudah seperti tidak dapat dilepas dari kehidupan.

Pemakaian smartphone yang lama dan kurang benar dapat menyebabkan baterai android cepat ngedrop. Dan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu, apa cara yang bisa dilakukan jika baterai android cepat habis? Mungkin beberapa cara di bawah ini dapat dicoba untuk membuat agar baterai android dapat berfungsi normal kembali. Solusi baterai android cepat habis ini dapat menghemat biaya dan tidak perlu mengganti baterai android yang baru.

1. Hemat!

Tips yang menjengkelkan. Agar baterai android tidak cepat habis maka pemakaian daya harus dihemat. Umumnya mode hemat daya sudah ada di dalam bawaan smartphone.

2. Matikan Fitur Yang Tidak Dipakai

Fitur yang dihidupkan bersamaan dapat menyebabkan baterai android menjadi cepat habis. Sebaiknya fitur yang tidak dipakai dimatikan saja seperti fitur GPS, bluetooth, sinkronisasi facebook, sinkronisasi email, auto-download media whatsapp, dan beberapa lainnya.

3. Faktor Pencahayaan

Pencahayaan atau brightness dapat membuat layar ponsel menjadi lebih terang. Tetapi pencahayaan yang terlalu terang akan membuat baterai cepat habis karena memakan banyak daya. Mengurangi brightness akan sangat menambah daya tahan baterai.

4. Memilih Aplikasi

Pilih aplikasi yang dapat mengurangi daya baterai dengan cepat. Aplikasi yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan smartphone. Tidak hanya daya baterai smartphone yang cepat habis tetapi juga menyebabkan ponsel cepat panas. Beberapa aplikasi populer yang “haram” untuk daya tahan baterai adalah LINE, Facebook, dan Instagram.

Tutup juga semua aplikasi yang sedang tidak dipakai, agar tidak menarik daya dari background.

5. Mengatur Screen Time Out

Layar smartphone yang nyala terlalu lama dapat menyebabkan baterai cepat habis. Untuk mengatasinya harus melakukan pengaturan screen time out untuk penghematan daya.


Mengatasi Baterai Android Yang Panas

Smartphone android yang bersuhu tinggi atau panas akan membuat baterai android cepat habis. Android yang panas tidak hanya menguras baterai dengan cepat, tetapi juga dapat menyebabkan smartphone menjadi rusak.

Berikut ini cara mengatasi baterai android cepat habis dan panas:

1. Memakai Charger Yang Original

Memakai charger yang original dan sesuai dapat mencegah baterai android panas. Mengisi daya menggunakan charger yang tidak jelas dapat membuat baterai cepat panas dan merusaknya.

2. Penggunaan WiFi

WiFi akan sangat membantu saat tidak memiliki kuota. Tetapi hal ini dapat menyebabkan baterai android cepat panas akibat adanya aplikasi background yang berjalan.

3. Periksa Kondisi Baterai

Kondisi baterai yang menggelembung, usang dan sudah lama dapat menjadi penyebab smartphone cepat panas. Jika ini yang terjadi maka mau tidak mau baterai harus diganti baru.

4. Multitasking Menyebabkan Baterai Panas

Smartphone yang semakin canggih sangat memungkinkan untuk bekerja secara multi tasking. Jika menjalankan banyak fitur sekaligus ditambah aplikasi yang berjalan dapat memberi efek baterai android cepat panas.

5. Jaga Ventilasi Smartphone

Kalau ponsel diletakkan di tempat tertutup, maka udara tidak akan mengalir dengan baik dan menyebabkan ponsel panas. Hal ini sering terjadi pada saat membawanya di saku celana atau di dalam tas.


Baterai Android Cepat Habis Karena Virus

Virus yang ada di android dapat menyebabkan kinerja fitur dan aplikasi tidak berjalan dengan baik. Tidak sedikit aplikasi pihak ketiga yang disisipkan virus secara sengaja.

Virus bisa masuk dari berbagai sumber, yang paling umum adalah ketika anda masuk ke situs aneh aneh, kemudian klik iklan yang ada disitu , lalu virus terinstal di perangkat anda. Untuk menghindarinya, anda bisa coba nonaktifkan iklan di android, atau tidak usah masuk ke situs aneh-aneh. Cukup main sosmed di instagram dan facebook saja.

Baca: Cara menghapus akun instagram selamanya

Virus bisa memakan daya baterai, karena virus pada dasarnya adalah sebuah program yang menggunakan memori dan cpu, seperti halnya instagram, facebook, dan aplikasi populer lainnya.

Berikut ini cara mengatasi baterai android cepat habis karena virus:

  1. Untuk mencegah virus masuk ke android maka jangan instal aplikasi tidak jelas atau klik iklan sembarangan.
  2. Buka pengaturan dan masuk ke aplikasi. Lihat pada bagian yang diunduh dan cari virus pada perangkat.
  3. Hapus instalan yang mengandung virus berbahaya. Ada sebagian yang memberikan tanda di perangkat berupa tombol Uninstal abu-abu.
  4. Kembali klik ke pengaturan, keamanan dan administrator perangkat. Lepaskan aplikasi yang mengandung virus. Jika perlu hapus aplikasi tersebut.
  5. Sekarang android sudah bebas dari virus yang menyebabkan baterai android cepat habis dan membahayakan perangkat smartphone.

Baterai android cepat habis dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Periksa masalah yang mungkin menjadi penyebab baterai cepat habis dan panas. Kinerja perangkat smartphone yang berjalan dengan baik akan membuat android lebih awet dan mencegah kerusakan.

Jika penyebabnya masih belum ketemu dapat diserahkan pada ahlinya atau mengganti baterai android dengan yang baru dan orisinil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *