Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Mengembalikan file berharga yang terhapus tapi masih tersimpan di recycle bin itu perkara mudah. Tinggal masuk recycle bin lalu klik Restore. Tapi bagaimana dengan file yang terhapus permanen alias kena ‘shift+del’ atau terhapus permanen?

Pengembalian file yang terhapus adalah bidang yang sulit. Selalu ada resiko hard drive rusak atau data lain tidak sengaja terhapus. Tidak ada jaminan file anda yang terhapus dapat dikembalikan.

Kami paham betapa seriusnya situasi ini, dan proses pengembalian data yang terhapus permanen tidak selalu berhasil. Terkadang harus eksperimen puluhan kali sampai akhirnya bisa mengembalikan file (sebagian atau utuh).

Untuk membantu kamu menangani situasi sulit ini, disini kami sudah jabarkan semua cara yang bisa kamu coba dirumah untuk mengembalikan file-file yang terhapus.


Kalau File Masih di Recycle Bin

Kalau file masih di Recycle Bin, tentu saja gampang mengembalikannya. Cukup masuk ke recycle bin (ikon tong sampah), lalu klik kanan di file yang mau dikembalikan dan klik Restore.

Kalau file kamu masih di recycle bin alias belum terhapus permanen, ya sudah sangat mudah mengatasinya. Tapi kalau file mu sudah terhapus “permanen”, entah itu lewat recycle bin atau Shift+Del, ia tetap bisa dikembalikan tapi lebih kompleks. Lanjutkan membaca.


Kalau File Terhapus Permanen

Tidak semua harapan hilang. Meski sulit (atau sangat sulit), masih ada jalan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file berharga tersebut. Beberapa pilihan caranya adalah:

Meski mungkin tidak semuanya bisa berhasil, di situasi ini kamu harus mencoba segala cara dan semoga ada satu yang berhasil, atau mungkin berhasil sebagian daripada tidak sama sekali. Kita mulasi dari yang pertama yaitu DMDE.

DMDE

DMDE adalah program portable, yang berarti anda dapat menjalankannya dari drive manapun.

  1. Buka situs resmi DMDE, klik ‘Download DMDE for Windows‘.
  2. Simpan file zip di drive yang masih berfungsi (bukan yang ingin anda perbaiki).
  3. Klik kanan pada file zip dan pilih ‘Extract All‘ untuk mengeluarkan isinya. Download dan ekstrak
  4. Buka folder hasil ekstrak tadi dan klik dmde.exe untuk meluncurkan program, klik ‘Yes‘ ketika diminta. Biarkan ‘English‘ tercentang lalu klik ‘OK‘.
  5. Setujui ketentuan dan syarat (license and agreement) kemudian anda akan diminta untuk memilih drive mana yang ingin diperbaiki. Apabila drive anda terdeteksi oleh Windows, pilih ‘Logical Disks‘ lalu pilih huruf drive anda dan klik ‘OK‘. Luncurkan DMDE
  6. Kalau drive anda tidak terdeteksi coba pilih ‘Physical Disks‘, lihat setiap informasi seputar Physical Drive yang muncul, lalu identifikasi drive mana yang rusak. Pilih physical drive
  7. Pilih drive anda dan klik ‘OK‘.
  8. DMDE akan melakukan scan pada drive yang dipilih untuk mencari partisi.
  9. Jika muncul eror, klik ‘OK‘ untuk melanjutkan.
  10. Beberapa pilihan akan muncul, identifikasi partisi mana yang perlu diperbaiki berdasarkan nama volume, status partisi, f.system, dan kapasitas. Pilih Partisi
  11. Klik ‘Open Volume‘. Setelah scan selesai, akan muncul dua jendela. Pada jendela sebelah kiri anda bisa mengembalikan data yang hilang/terhapus dengan cara klik dua kali pada All Found + Reconstruction.
  12. Klik ‘Ok‘ pada pop up yang muncul. Buat sistem file virtual
  13. Sekarang anda bisa menjelajah isi dari drive anda melalui direktori $Root. Klik tanda panah disebelah kiri folder untuk mengekspansi, atau klik dua kali pada foder untuk melihat kontennya di jendela sebelah kanan. Cari file yang dapat dikembalikan
  14. Anda juga dapat mengklik ‘Search Panel‘ untuk membuka jendela pencarian. Gunakan file filter untuk mencari menggunakan tipe file (seperti *.doc atau *.jpg). Gunakan titik koma untuk mencari banyak tipe/jenis/nama file sekaligus. Cari file tertentu
  15. Kalau sudah, klik ‘OK‘ dan biarkan DMDE melakukan scan.
  16. Jika anda ingin mengembalikan file dari sebuah pencarian, anda harus mengembalikan file satu persatu dengan cara klik kanan pada file dan pilih ‘Recover the Object‘.
  17. DMDE versi gratis memungkinkan anda untuk mengembalikan maksimal 4000 file dari satu folder, caranya adalah memilih file-file di jendela sebelah kanan, lalu pilih Tools > RecoverPilih file yang ingin dikembalikan
  18. Klik tombol ‘Size‘ untuk mendapat perkiraan berapa kapasitas yang anda butuhkan. Lalu klik ‘‘ untuk memilih drive lain dengan kapasitas cukup (jangan pernah mengembalikan file ke drive yang sama). Kembalikan data anda

Baca juga: Cara edit file PDF paling mudah

Setelah selesai, sebuah kotak dialog aka muncul dan menunjukkan hasil dari recovery. Masuk ke folder tersebut untuk mencari file hilang anda yang sudah dikembalikan. Tidak semua file bisa dikembalikan, tapi file yang terhapus belum terlalu lama punya peluang lebih besar untuk bisa dikembalikan.

Windows Backup

Menggunakan Windows Backup

Yah yah kami tahu, tidak semua dari pengguna laptop dan PC rutin melakukan back up file yang ada di dalam laptop dan PC mereka. Namun kamu boleh saja coba cara ini, siapa tahu tanpa sadar kamu mengaktivasi fitur backup otomatis yang ada di Windows.

Adapun cara mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin menggunakan fitur Windows Backup ini adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kamu bisa membuka Start dan mencari Control Panel. Lalu masuklah ke dalam Control Panel
  2. Di dalamnya kamu bisa langsung mencari menu System and Maintenance dan kemudian masuklah kembali ke menu Backup and Restore.
  3. Nah apabila memang kamu mengaktivasi fitur back up file otomatis, maka kamu bisa menemukan pilihan Restore My Files yang berada di pojok kanan bawah untuk memulai restoration wizard.
  4. Setelah itu kamu cukup mengikuti petunjuk yang ada di dalam sana.

Bila ternyata kamu belum pernah melakukan back up files sama sekali, atau kamu tidak mengaktivasi fitur back up files otomatis yang ada di Windows ini, maka kamu bisa mencoba cara yang kedua ini.

System Restore

Menggunakan System Restore

Cara ini pada dasarnya serupa dengan cara sebelumnya. System restore hanya bisa dimanfaatkan apabila sebelumnya sudah kamu aktivasi dan membuat check point pada tanggal terentu sebelumnya.

Selain itu cara ini juga bisa kamu gunakan kalau memang kamu mengaktivasi check point otomatis yang ada di Windows. Yah sama seperti back up boleh saja kamu mengeceknya, siapa tahu ada check point sebelumnya bukan?

Cara ini juga dikenal dengan cara “previous versions”, dan langkah-langkah untuk melakukan cara ini adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah file ataupun folder dengan nama yang sama persis dengan file atau folder yang terhapus secara permanen tersebut.
  2. Untuk langkah yang pertama tadi, pastikan file atau folder tersebut kamu buat di lokasi yang sama dengan sebelumnya.
  3. Setelah itu kamu bisa klik kanan dan pilihlah pilihan Restore previous versions yang ada di option box.
  4. Setelah itu kamu cukup pilih versi paling terakhir ataupun yang berada di paling atas. Bila sudah kamu bisa langsung klik Restore dan file tersebut akan kembali seperti semula.

Akan tetapi cara ini biasanya tidak efektif apabila folder yang terhapus tersebut sudah lama hilang secara permanen, dan kamu rutin membersihkan laptop ataupun pc kamu selama beberapa hari sekali.

Apabila kamu masih belum bisa menggunakan cara ini, maka kamu bisa mencoba cara selanjutnya menggunakan command prompt.

Command Prompt

Menggunakan Command Prompt

Dibandingkan dengan beberapa cara sebelumnya, boleh dibilang cara ini merupakan salah satu cara yang cukup teknis dan barangkali agak sulit bagi beberapa orang yang tidak terbiasa menggunakan command prompt.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin menggunakan command prompt adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama bukalah safe mode di komputer yang bisa kamu lakukan dengan cara menekan F8 saat komputer sedang melakukan booting up.
  2. Setelah itu pilihlah pilihan Safe Mode with Command Prompt.
  3. Setelah itu kamu harus mengetikkan persis seperti apa yang kami ketik (cetak tebal) di bawah ini.
    • Ketik ./. dan tekan enter.
    • Lalu ketikkan cd $Recycle.Bin apabila kamu menggunakan Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10. Bila kamu masih menggunakan Windows XP ketikkan cd RECYCLER dan kemudian tekan enter kembali.
    • Ketik kembali cd dan kali ini tekan tombol Tab. Setelah langkah ini seharusnya kamu akan melihat nama direktori dari folder-folder yang ada.
    • Setelah itu ketikkan dir/a dan tekan enter sehingga memunculkan seluruh nama file yang tersedia.
    • Setelah itu ketikkan copy [nama file] [lokasi file] dan kembali tekan enter.
    • Lalu ketikkan ./.. dan kembali tekan enter.
    • Setelah itu ketikkan dir dan kembali tekan enter.
    • Terakhir ketikkan ren [nama file] dan kemudian tekan enter.
  4. Selesai, file akan di-restore seperti sedia kala.

Apabila kamu tidak bisa juga menggunakan cara ini, atau file yang diharapkan tidak juga kembali maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya merupakan langkah yang cukup tricky karena menggunakan third party software.

AnyRecover

AnyRecover tergolong sebagai salah satu software yang cukup oke untuk melakukan recovery file-file yang hilang dan semacamnya.

anyrecover

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin menggunakan AnyRecover adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama unduh software AnyRecover dan lakukan instalasi seperti biasa di PC ataupun laptopmu.
  2. Setelah itu buka software tersebut.
  3. Di dalam menu utama, pilihlah pilihan Recycle Bin.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung klik Scan / Start untuk memulai pencarian seluruh data yang sudah dihapus sebelumnya.
    • Tunggu hingga AnyRecover selesai menampilkan seluruh data yang sudah dihapus dari recycle bin sebelumnya.
  5. Setelah muncul preview dari AnyRecover kamu bisa langsung mencari file ataupun folder yang kamu ingin kembalikan tersebut. Bila sudah ketemu klik file atau folder tersebut dan klik Recover yang berada di pojok kanan bawah.
  6. Setelah file dikembalikan, kamu bisa menyimpan file ataupun data tersebut dari tempat pertama kali kamu menyimpan file tersebut.

Baca juga: Cara Buka Internet Positif di Laptop dan HP!

EaseUS

Software ini juga tergolong ke dalam salah satu yang cukup kami rekomendasikan. Alasannya adalah karena user interface serta pengoperasiannya yang tergolong mudah dibandingkan banyak aplikasi serupa lainnya.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama unduh software EaseUs dan lakukan instalasi seperti biasa di PC ataupun laptopmu.
  2. Setelah itu buka software tersebut.
  3. Setelah masuk ke menu utama, kamu bisa langsung memilih pilihan Specify a location dan lalu klik Recycle Bin.
  4. Bila sudah menemukannya kamu bisa langsung klik Scan.
  5. Setelah itu tunggulah beberapa saat karena software sedang melakukan scanning dari seluruh file dan folder yang terhapus dari recycle bin.
    • Salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan adalah fitur Filter, bila seluruh file sudah ditampilkan kamu bisa langsung melakukan penyortiran file berdasarkan ekstensinya, misalnya Videos, Audio, Pictures, Documents, dan sebagainya.
  6. Bila sudah menemukan file yang diharapkan kamu bisa langsung klik dua kali di file tersebut dan klik
  7. Setelah file dikembalikan, kamu bisa menyimpan file ataupun data tersebut dari tempat pertama kali kamu menyimpan file tersebut.

ApowerRecover

Software ketiga ini pun merupakan salah satu software yang cukup sering digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin. Reputasinya pun cukup terpercaya kok, karena memang dibuat oleh Apowersoft.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin dengan menggunakan ApowerRecover adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama unduh software ApowerRecover dan lakukan instalasi seperti biasa di PC ataupun laptopmu.
  2. Setelah itu buka software tersebut.
  3. Di menu utama kamu bisa langsung memilih pilihan Hard Drive dan klik tombol Scan.
  4. Akan tampil seluruh file yang masih bisa direcover, bersabarlah terutama bila laptopmu agak lambat.
  5. Setelah itu pilihlah folder Recycle Bin dan klik dua kali untuk membukanya.
  6. Akan tampil seluruh file yang masih bisa kamu selamatkan.
  7. Bila sudah menemukan file yang ingin kamu kembalikan, kamu cukup menekan pilihan Recover. Jangan lupa untuk menentukan file destinasi untuk menyimpan file tersebut nantinya.
  8. Setelah itu kamu bisa langsung melihat file yang sudah dikembalikan dengan fitur View Recovered.

Itulah tadi beberapa cara paling lengkap tapi mudah untuk bisa mengembalikan file yang terhapus. Saran kami cobalah dari langkah pertama hingga langkah terakhir karena kesulitannya semakin meningkat.

Akan tetapi satu hal yang perlu kamu ingat, file yang masih bisa dikembalikan hanyalah file-file yang ‘masih berada’ di dalam PC ataupun laptopmu dan bukan file yang sudah di overwritten sebelumnya ya. Bila sudah ditimpa tentu kamu tidak bisa melakukan cara di atas.

Baca: Apakah prosesor laptop dapat diganti?

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 13 votes
Software Name
DMDE
Operating System
Microsoft Windows

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
6 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Witri
Witri
1 tahun yang lalu

Tak bsa di buka Videonya

Elsye
Elsye
1 tahun yang lalu

Maksimal data yang bisa di recover berapa MB?

SAMSULYANTO
SAMSULYANTO
5 tahun yang lalu

keren sob

Samsu42
Samsu42
5 tahun yang lalu

Mantep bro

Nana
Nana
2 bulan yang lalu

Lagipula memang file itu tidak pernah benar-benar terhapus kok. Jadi hati-hati buat yang suka nyimpen foto atau video aneh-aneh, bisa jadi filenya masih ada dan tersimpan di hpmu wkwkwk

6
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x