10 Cara Mengembalikan File Hilang & Terhapus

Bayangkan jika anda tidak sengaja menekan tombol ‘del‘ pada file file penting anda seperti dokumen penting, video yang dijepret dengan kamera DSLR kesayangan, atau file lainnya. Tentu gampang bukan untuk mengembalikannya ke folder semula? Anda cukup masuk ke recycle bin dan klik restore pada file yang diinginkan.

Tapi, disini kita bicara tentang file yang hilang permanen atau hard disk yang tidak bisa diakses. Alias ‘shift+del‘. Pengembalian file yang terhapus adalah bidang yang sulit. Selalu ada resiko hard drive rusak atau data lain tidak sengaja terhapus. Tidak ada jaminan file anda yang terhapus dapat dikembalikan.

Meskipun demikian, ada aplikasi gratis yang memungkinkan anda untuk mengembalikan dokumen, foto, dan file lain yang telah terhapus atau hilang.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah DMDE – Free Edition. Ini adalah aplikasi yang tidak hanya mengembalikan file yang terhapus, namun juga memungkinkan anda untuk mengakses hard drive yang masih nyala tapi tidak terdeteksi oleh Windows.

Karena DMDE dapat mendeteksi hard drive, ia memungkinkan anda untuk meng-copy file dan folder tanpa harus kehilangan data. Pada tutorial ini kami akan menunjukkan anda bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus atau hilang menggunakan program gratis ini!

Baca juga: Cara Buka Internet Positif di Laptop dan HP!


1. Download dan ekstrak

Download dan ekstrak

DMDE adalah program portable, yang berarti anda dapat menjalankannya dari drive manapun. Buka browser anda lalu buka situs resmi DMDE, klik ‘Download DMDE for Windows‘.

Simpan file zip di drive yang masih berfungsi (bukan yang ingin anda perbaiki). Klik kanan pada file zip dan pilih ‘Extract All‘ untuk mengeluarkan isinya.


2. Luncurkan DMDE

Luncurkan DMDE

Buka folder hasil ekstrak tadi dan klik dmde.exe untuk meluncurkan program, klik ‘Yes‘ ketika diminta. Biarkan ‘English‘ tercentang lalu klik ‘OK‘.

Setujui ketentuan dan syarat (license and agreement) kemudian anda akan diminta untuk memilih drive mana yang ingin anda perbaiki. Apabila drive anda terdeteksi oleh Windows, pilih ‘Logical Disks‘ lalu pilih huruf drive anda dan klik ‘OK‘.


3. Pilih physical drive

Pilih physical drive

Apabila drive anda tidak terdeteksi Windows tapi muncul di Device Manager, pilih ‘Physical Disks‘.

Klik setiap Physical Drive yang terlihat dan DMDE akan menampilkan informasi tipe dan kapasitas drive, memungkinan anda untuk mengidentifikasi drive yang rusak. Pilih drive anda dan klik ‘OK‘.


4. Pilih Partisi

Pilih Partisi

DMDE akan melakukan scan pada drive yang dipilih untuk mencari partisi. Jika muncul eror , klik ‘OK‘ untuk melanjutkan. Beberapa pilihan akan muncul, dengan nama yang mirip.

Pilih partisi yang perlu diperbaiki dengan menggunakan nama volume, status partisi, f.system, dan kapasitas untuk mengidentifikasinya.

Baca juga: Cara edit file PDF paling mudah


5. Buat sistem file virtual

Buat sistem file virtual

Klik ‘Open Volume‘. Setelah scan selesai, akan muncul dua jendela. Pada jendela sebelah kiri anda bisa mengembalikan data yang hilang/terhapus dengan cara klik dua kali pada All Found + Reconstruction.

Biasanya, mengklik  ‘OK‘ pada tahap ini sudah cukup, kecuali pada pengguna yang lebih canggih dan ingin mengotak atik pengaturan lainnya.


6. Cari file yang dapat dikembalikan

Cari file yang dapat dikembalikan

Sekarang anda bisa menjelajah isi dari drive anda melalui direktori $Root. Klik tanda panah disebelah folder untuk mengekspansi, atau klik dua kali pada foder untuk melihat kontennya di jendela sebelah kanan.


7. Cari file tertentu

Cari file tertentu

Anda juga dapat mengklik ‘Search Panel‘ untuk membuka jendela pencarian. Gunakan file filter untuk menentukan pencarian anda. Anda juga dapat mencari menggunakan tipe file anda (seperti *.doc atau *.jpg).

Gunakan titik koma untuk mencari banyak tipe/jenis/nama file sekaligus. Lalu klik ‘OK‘ dan biarkan DMDE melakukan scan.


8. Pilih file yang ingin dikembalikan

Pilih file yang ingin dikembalikan

DMDE versi gratis memungkinkan anda untuk mengembalikan file dengan cara : memilih maksimal 4000 file dari satu folder, caranya adalah memilih file-file di jendela sebelah kanan, lalu pilih Tools > Recover.

Jika anda ingin mengembalikan file dari sebuah pencarian, anda harus mengembalikan file satu persatu dengan cara klik kanan pada file dan pilih ‘Recover the Object‘.


9. Kembalikan data anda

Kembalikan data anda

Klik tombol ‘Size‘ untuk mendapat perkiraan berapa kapasitas yang anda butuhkan. Lalu klik ‘‘ untuk memilih drive lain dengan kapasitas cukup (jangan pernah mengembalikan file ke drive yang sama).


10. Data sudah kembali

Data sudah kembali

Demikianlah cara mengembalikan file yang hilang pada komputer anda. Data hilang anda sudah kembali, dan jendela dialog akan menampilkan hasil recovery.

Buka folder tempat anda mengembalikan file dan periksa apakah anda dapat membuka filenya atau tidak. Recovery tidak selalu berhasil, tetapi file yang belum lama hilang memiliki peluang lebih tinggi.

Berhasil? Tidak berhasil? Share dan tinggalkan komentar dibawah!

Baca: Apakah prosesor laptop dapat diganti?

0 0 vote
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 11 votes
Software Name
DMDE
Operating System
Microsoft Windows

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments