Cara Menggunakan 2 Whatsapp Dalam Satu Handphone

WhatsApp bukan lagi sekedar aplikasi chatting biasa, melainkan sudah menjadi salah satu sarana komunikasi yang komplit, dan jadi kebutuhan pokok dalam berkirim pesan singkat, menelepon, dan juga video call.

Tapi apakah anda tahu kalau ada cara untuk menggunakan 2 whatsapp dalam satu hp?

Penggunaan whatsapp dengan dua akun memang tidak disediakan secara khusus oleh whatsapp, namun ada beberapa trik untuk dapat menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu hp.

Kami melarang keras penggunaan aplikasi pihak ketiga yang sempat populer seperti WhatsApp+, OG WhatsApp, dan juga GB WhatsApp karena sangat rentan kena hack. Pihak WhatsApp sendiri pun akan memblokir siapapun yang masih menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lalu bagaimana?

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah tips dan trik untuk menggunakan 2 akun whatsapp di 1 handphone!

Cek juga: Cara Melihat Status Whatsapp Tanpa Diketahui


1. WhatsApp Business

cara menggunakan 2 whatsapp - WhatsApp Business

Ini adalah cara paling aman yang bisa anda gunakan. Karena Whatsapp Business adalah aplikasi resmi yang bisa didownload dari playstore, anda tidak akan mengalami banyak kendala ataupun resiko keamanan saat menggunakan aplikasi ini.

Di dalam satu hp, anda bisa menginstal Whatsapp biasa dan Whatsapp business. Masing masing dengan nomor ponsel yang berbeda. Dan untuk verifikasi nomor, anda bisa menggunakan bantuan hp lain, atau bisa juga dengan hp dual sim

WhatsApp business ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan WhatsApp untuk keperluan pekerjaan, bisnis ataupun usaha, karena anda bisa menambahkan beberapa informasi penting seperti jam operasional, lokasi dan deskripsi bisnis.

Cara menggunakan WhatsApp business:

  • Download dan Install WhatsApp Business dari playstore.
  • Register no handphone anda seperti biasa.
  • WhatsApp Business sudah bisa digunakan (diluar whatsapp biasa)

Lihat: 5 Cara Cek IMEI HP (bisa online)


2. App Clone

cara menggunakan 2 whatsapp - Clone App

Beberapa brand handphone jaman sekarang sudah menyediakan fitur clone aplikasi yang mempermudah anda menggunakan dua aplikasi yang sama dalam satu handphone. Sejauh ini yang sudah mendukung App Clone adalah Vivo, Oppo dan Samsung.

Baca: Cara backup dan restore chat LINE

Namun dengan besarnya minat pengguna untuk menggunakan dua akun dalam satu aplikasi yang sama tidak tertutup kemungkinan brand lain juga akan menambahkan fitur yang cukup berguna ini di dalam handphone nya.

Cara menggunakan fitur App Clone:

  • Masuk ke dalam setting lalu pilih app clone.
  • Pilih WhatsApp.
  • Buka WhatsApp yang sudah di clone.
  • Registrasi no handphone seperti biasa.
  • WhatsApp kedua sudah bisa digunakan.

3. Parallel Space

cara menggunakan 2 whatsapp - Parallel Space

Kalau handphone anda belum punya fitur App Clone, bagaimana? Tenang, banyak aplikasi kloning pihak ketiga di playstore. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Parallel Space.

Catatan khusus untuk anda yang ingin menggunakan Parallel Space, anda harus memperhatikan apakah hp yang anda gunakan sudah 64bit atau belum. Kalau ternyata hp yang anda gunakan sudah 64bit, maka yang anda download adalah Parallel Space 64bit supaya aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Cara menggunakan Parallel Space:

  • Download dan install Parallel Space dari Playstore.
  • Buka aplikasi dan pilih WhatsApp untuk melakukan clone.
  • Buka WhatsApp yang sudah di clone.
  • Registrasi no handphone seperti biasa.
  • WhatsApp sudah bisa digunakan.

4. Mo Chat

Mo Chat

Aplikasi ini pada dasarnya sama seperti Parallel Space, namun Mo Chat terbatas untuk akun media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram, email dan youtube.

Dengan terbatasnya fitur pada Mo Chat ini, aplikasi ini bisa menghemat RAM lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan Parallel Space. Namun satu yang harus anda catat, penggunaan Mo Chat tidak mendukung pintasan langsung ke aplikasi WhatsApp, jadi aplikasi Mo Chat harus selalu berjalan di background agar bisa mendapatkan notifikasi real time.

Cara menggunakan Mo Chat:

  • Download dan install Mo Chat dari Playstore.
  • Buka aplikasi dan pilih WhatsApp untuk melakukan clone.
  • Buka WhatsApp yang sudah di clone.
  • Registrasi no handphone seperti biasa.
  • WhatsApp sudah bisa digunakan.

Baca: Faktor Penting Yang Mempengaruhi Waktu Loading Website


Peringatan

whatsapp diblokir

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp+, OG WhatsApp, ataupun GB WhatsApp yang bisa anda gunakan sebagai salah satu cara dalam menggunakan 2 WhatsApp, dalam satu hp.

Aplikasi-aplikasi itu bukan resmi dari WhatsApp, jadi walaupun ada banyak fitur berguna yang tidak ada di WhatsApp resmi, resikonya tetap tidak sebanding.

  1. Data data penting yang ada dalam handphone anda bisa jatuh dan dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab.
  2. Tidak mendapatkan update resmi via Google Playstore, anda harus melakukan update manual kalau tidak aplikasi anda akan tidak bisa digunakan.
  3. Aplikasi anda bisa diblokir oleh WhatsApp karena penggunaan aplikasi ilegal. Lamanya pemblokiran pada awalnya biasanya hanya 3 jam, dan akan meningkat apabila tidak mengindahkan peringatan yang diberikan WhatsApp. Kalau terus-terusan dilanggar, aplikasi ilegal ini akan benar benar dikunci dan anda tidak bisa melakukan backup dari percakapan yang ada didalamnya

Sudah banyak kok cara legal dan resmi untuk bisa menggunakan 2 whatsapp dalam satu handphone. Jadi sebaiknya hentikan cara cara ilegal dan mulai menggunakan cara legal.

Sudah pakai aplikasi yang mana?

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments