Cara Menghapus Chromium

Pernahkah kamu kebingungan karena menemukan software yang bernama Chromium, yang biasanya kamu tidak merasa menginstallnya namun seringkali ‘nyala’ dan mengoperasikan dirinya sendiri?

Barangkali setelah ini muncul pertanyaan di benakmu apa itu Chromium, mengapa bisa ada di laptopmu, dan apakah Chromium berbahaya? Terakhir tentu saja pasti kamu ingin mengetahui cara menghapus Chromium bukan?

Tenang saja karena melalui artikel ini kami sudah coba merangkum beberapa hal yang barangkali menjadi pertanyaanmu, hingga ke pertanyaan utama apakah Chromium bisa dihapus dan bagaimana cara menghapus Chromium.


Tanya: Apa itu Chromium?

chromium vs chrome

Kalau kamu perhatikan Chromium memiliki logo yang serupa dengan Google Chrome, hanya saja warna utama dari Chrome di Chromium adalah biru mulai dari biru tua, biru muda, hingga putih cenderung biru.

Hal ini dikarenakan memang Chromium merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Google bersama Microsoft, Igalia, dan Yandex. Meski demikian Chromium bersifat free and open source software atau lazim disebut dengan FOSS.

FOSS sendiri merupakan software bebas lisensi yang bisa disalin, dibongkar, dan dipelajari, hingga kamu yang memang mengerti bisa benar-benar memodifikasi software tersebut karena source code yang dimiliki memang sengaja dibuat terbuka.

Tujuannya memang baik, sehingga semakin banyak orang-orang yang berkontribusi di dalam pengembangannya maka akan semakin maju software tersebut. Selain itu memang FOSS dibuat dengan tujuan mendorong gairah orang-orang yang juga ingin mempelajari seluk beluk pengembangan software.

Pada software Chromium sendiri nantinya Google akan membuat kode-kode yang telah ada di dalamnya untuk mengembangkan Chrome yang tentu saja bukan tergolong open source software.

Selain itu karena sifatnya yang terbuka inilah banyak pengembang-pengembang lainnya yang mengembangkan browser mereka sendiri berdasarkan dari Chromium. Sebut saja Microsoft Edge, Opera, hingga Amazon Silk.


Tanya: Lalu Apakah Chromium Berbahaya?

Memang sih pada awalnya Chromium dibuat dengan tujuan yang baik, dan Chromium sendiri merupakan proyek yang resmi sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas, bentukan Google bersama Microsoft.

Sayangnya karena sifatnya yang terbuka inilah kemudian Chromium seringkali disalahgunakan sebagai platform untuk menyusupi komputer user. Biasanya digunakan orang-orang tak bertanggung jawab sebagai adware dan potentially unwanted programs (PUP).

Mengerikannya aplikasi ini bila kamu unduh secara sembarangan tanpa tahu cara memakainya, bisa-bisa menginfiltrasi sistem. Aplikasi ini bila disalahgunakan bisa masuk ke dalam sistem tanpa permisi dan mengendalikan berbagai macam hal serta mendapatkan berbagai informasi dari dalam sistem-mu.

Secara umum sih, berikut ini adalah Threat Summary yang bisa kamu baca dan simpulkan sendiri apakah kamu telah terinfeksi Chromium yang ‘jahat’ atau tidak.

  • Nama – dari segi nama sendiri beberapa antivirus menyebut Chromium sebagai Fake Chrome Browser.
  • Jenis threat meski bisa muncul sebagai virus dalam berbagai macam bentuk, secara umum pengguna yang terinfeksi Chromium bisa terinfeksi Adware, Unwanted Ads, hingga Pop Up Virus yang tentunya mengganggu performa laptopmu.
  • Gejala – laptop yang telah terinfeksi Chromium ‘jahat’ biasanya akan memunculkan iklan-iklan mencurigakan yang sepertinya sih bukan dari situs yang sedang kamu buka. Pada akhirnya akan memunculkan berabagai macam pop up ads yang sangat mengganggu dan menurunkan kecepatan browsing secara signifikan.

Bila menemukan hal-hal di atas, tentu saja kemungkinan laptop yang kamu gunakan sudah terinfeksi Chromium ‘jahat’ dan saran kami tentu saja untuk menghapus Chromium jahat itu dengan segera.

Tapi bagaimana cara menghapus Chromium dari laptopmu?


Cara Menghapus Chromium pada Pengguna Windows

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghapus Chromium, khususnya bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows. Berikut ini adalah cara-caranya, tentu saja cara paling mudah ya!

Menghapus Chromium dengan menggunakan All Program List – cara termudah untuk menghapus Chromium pada Windows yang kamu gunakan adalah dengan fitur bawaan Windows itu sendiri.

Nah pertama-tama kamu bisa langsung membuka Start Menu dan bisa langsung memilih All Program, cari atau ketik Chromium pada bar pencarian. Bila sudah menemukannya maka kamu bisa langsung klik kanan dan pilih Uninstall Chromium.

Seharusnya bila Chromium yang ada di laptopmu tidak disusupi dengan code yang terlalu jahat, kamu bisa dengan mudah menghapus Chromium dengan cara di atas ini. Tapi bagaimana bila belum bisa?

Menghapus Chromium dengan menggunakan Control Panel – masih menggunakan cara konvensional, kamu bisa menghapus Chromium dengan fitur bawaan yang ada pada Windows yakni dengan menggunakan fitur Uninstall a Program di Control Panel.

Cara ini sebagaimana namanya bisa kamu akses degnan cara membuka Control Panel pertama-tama dilanjutkan dengan membuka pilihan menu Uninstall a Program. Dalam daftar program yang sangat panjang itu kamu bisa cari Chromium dan klik Uninstall.

Menghapus data pengguna dan pengaturan – setelah melakukan uninstall Chromiumjangan lupa untuk menghapus data pengguna dan pengaturan alias menghapus seluruh bookmarks, browsing history, dan tentu cookies.

Untuk melakukan penghapusan data-data ini kamu bisa membuka Start Menu dan carilah menu Folder Options. Bila sudah menemukannya maka kamu bisa langsung membuka dan mencari tab View, lalu klik Show hidden files, folders, and drives.

Carilah folder local Chromium di lokasi Computer/Local Disk (C:)/Users/(nama username)/AppData/. Bila sudah buka folder Local dan Roaming, lalu carilah folder Chromium. Bila sudah menemukannya hapuslah seluruh folder Chromium di sana.

Baca juga: Cara uninstall program dari Windows 10


Bagaimana Cara Menghapus Chromium yang Tidak Bisa Di Uninstall

Salah satu kemungkinan terakhir, kemungkinan yang cukup buruk adalah kamu tidak bisa melakukan uninstall Chromium dengan cara-cara di atas. Karena cara di atas merupakan cara yang bisa dilakukan untuk program-program “normal”.

Bila Chromium yang ada di laptop tidak bisa terhapus dengan cara-cara normal di atas, ada kemungkinan Chromium yang kamu unduh tersebut sudah disisipi Malware ataupun Adware yang biasanya memang memiliki proteksi agar tidak bisa dihapus.

Tapi tenang karena ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil bila memang menemukan Chromium yang sulit atau malah tidak bisa dihapus dengan cara-cara di atas.

Pastikan tidak running di background – sebelum kami jelaskan cara menghapusnya, pastikan dulu Chromium sudah dimatikan agar tidak berjalan di background. Caranya adalah dengan membuka Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del.

Setelah itu kamu bisa membuka tab Processes dan carilah Chromium. Bila sudah kamu bisa langsung block seluruh proses yang bernama Chromium dan bisa langsung klik End Task. Bila sudah coba ulangi cara uninstall di atas.

Gunakan software khusus – bila cara ini masih belum bisa menghapus Chromium yang membandel, maka saatnya menggunakan software uninstaller khusus untuk menghapus tuntas Chromium dari laptopmu.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu unduh untuk menghapus Chromium seperti IOBit, ZSoft Uninstaller, Geek Uninstaller, hingga Revo Uninstaller. Keempat aplikasi tersebut merupakan aplikasi uninstaller yang digunakan secara luas sehingga relatif aman dan tentu mudah digunakan.

5 2 votes
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments