Cara Menghemat Kuota Internet di Game Online

Berselancar di internet menggunakan kuota  sudah menjadi kebiasaan setiap hari, tidak terkecuali penggunaannya dalam bermain game online seperti PUBG atau ML.

Selain dengan menggunakan kuota pribadi, berselancar di internet pun bisa menggunakan wifi, akan tetapi masih banyak dari kamu yang sering menggunakan kuota daripada wifi, karena menggunakan kuota biasanya lebih praktis daripada mencari wifi gratisan.

Main game online menggunakan kuota pribadi tentunya bisa bikin boros. Terlebih lagi tidak banyak orang yang paham cara melakukan penghematan kuota

Akibat terlalu terlena akan game online, secara tidak sadar kamu bisa menghabiskan banyak kuota karena tidak bisa mengontrol penggunaannya. Dengan banyaknya keluhan itu, berikut kami sajikan tutorial paling efektif dan mudah untuk menghemat kuota internet di game online!

Baca juga: 50 Game Android Terbaik Sepanjang Masa


Menghemat Kuota Internet Game Online di Komputer/Laptop

Penggunaan kuota internet pada game online rata-rata menghabiskan sekitar 30 hingga 60 MB per setiap jamnya, akan tetapi hal ini juga tergantung dari kamu dalam memilih server game online tersebut, semakin jauh server-nya maka akan semakin banyak kuota internet yang dibutuhkan.

Berikut adalah semacam jalan pintas bagi kamu yang ingin menghemat kuota internet kamu dalam bermain game online, yaitu dengan menonaktifkan program tidak penting yang sering mengambil kuota internet menggunakan Windows Firewall. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, kamu harus memiliki sebuah komputer atau laptop, lalu kemudian kamu buka menu Control Panel, setelah itu kamu klik menu System and Security.System and Security Windows setting
  2. Selanjutnya, ketik dan cari Windows Firewall di komputer atau laptop kamu seperti pada gambar berikutWindows Firewall setting
  3. Setelah itu perhatikan sidebar di sebelah kiri lalu kamu akan menemukan link atau tulisan Advanced settings, setelah itu kamu klik pada tulisan tersebut Advanced firewall settings windows
  4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke tab baru, lalu kamu klik Windows Firewall Properties Windows Firewall Properties windows setting
  5. Nah, pada tahap ini lihat pada tab baru yang muncul tersebut ada empat tab, diantaranya Domain Profile, Private Profile, Public Profile dan IPsec SetingsIPSec Setting windows
  6. Dari sini tergantung dari pengaturan sambungan internet yang kamu gunakan, apakah kamu mengatur pada home, private, atau public. Jika kamu tidak mengetahuinya pun itu bukanlah sebuah masalah, yang berarti kamu harus melakukan hal berikut pada ketiga pilihan menu pada tab
  7. Selanjutnya, kamu akan melihat tulisan Allow di bagian sebelah menu Outbond Connections, lalu kamu ganti menjadi Block. Lakukan hal yang sama pada ketiga tab, setelah selesai klik OK. Setelah itu, kamu akan diarahkan kembali ke tab sebelumya, pada bagian kiri ada tulisan Outbond Rules, lalu kamu klik tulisan itu. Outbound connections windows setting
  8. Kamu akan melihat banyak list, selanjutnya kamu klik menu New Rule yang ada pada sidebar dibagian kanan.
  9. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke tab baru yang muncul, setelah itu kamu pilih Programs lalu klik NextNew rule connection windows setting
  10. Selanjutnya, kamu pilih This Program Path dan kamu klik tombol Browse. Tunggu hingga tab baru muncul, lalu kamu hanya perlu mencari tempat diunduhnya program atau game yang ingin kamu biarkan untuk menggunakan internet. Lalu, disini akan diberi contohnya pada game DOTA 2, yang biasanya ada di C:\Program\Files\Steam\SteamApps\common\dota2beta\dota.exe
  11. Setelah memilih program atau game nya, kamu klik Next lalu akan muncul tab baru lalu pilihlah Allow the ConnectionAllow connection windows setting
  12. Yang terakhir, klik Next sebanyak dua kali, lalu akan muncul kolom Name, selanjutnya isi dengan nama yang kamu inginkan
  13. Klik Finish.

Pada saat penggunaan dan penyettingan Windows Firewall pada komputer atau laptop, akan ada beberapa program yang tidak jalan. Pada saat pengisian Rule, tidak hanya diisi dengan game, akan tetapi digunakan juga browser agar tetap dapat browsing.

Setelah  terisi Rule, apabila kamu ingin menggunakan pengaturan ini, kalian hanya perlu lagi ke bagian Advanced Settings, lalu kamu ubah Allow atau Block nya. Jika tidak sedang menggunakan kuota, kamu bisa mengganti pengaturan ini dengan memilih Allow. Perlu ditekankan lagi pengaturan ini juga dapat mempercepat jaringan internet kamu.

Baca: Cara memperpanjang usia baterai anda


Menghemat Kuota Internet Game Online di Smartphone

Mobile Legends dengan aksesori gamepad

Generasi millennial maupun generasi tua pun, saat ini semakin banyak yang menggunakan ponsel pintarnya untuk bermain game Mobile Legends atau PUBG Mobile.

Dalam memainkan permainan ini tak sedikit dari orang-orang yang kecanduan karena terlalu asyik dan menekuni permainan Mobile Legends atau PUBG-M ini. Bahkan menurut kabar, ada seorang gadis yang bermain Mobile Legends hingga terkena Stroke karena terlalu kelelahan dalam memainkannya.

Memang tak dapat dipungkiri, bermain game bisa membuat senang dan terhibur. Akan tetapi, bukan lagi terhibur namanya kalau kamu main game terus menerus dan tidak kenal waktu. (Kecuali bermain game untuk menghasilkan uang)

Lagipula, bermain game online terlalu lama akan membuat kuota kamu terkikis habis sedikit demi sedikit yang lama-lama bisa membuat miskin.

Untuk bermain game online di ponsel, kamu membutuhkan uang untuk membeli pulsa, paket data hingga membeli beberapa item atau barang di game tersebut. Persiapan keuangan memang diperlukan untuk memainkan game online.

Jika kamu boros dalam pembelian item pada game online, maka tentunya jatah kuota internet menjadi lebih sedikit. Adapula trik bagi kamu yang ingin menghemat kuota internet dalam bermain ML atau PUBG sebagai berikut:

1. Matikan Fitur Auto-Update App

Update notification android smartphone

Di dalam setiap ponsel, akan selalu ada fitur auto-update yang artinya adalah pembaruan aplikasi pada ponsel secara otomatis apabila ponsel kamu terhubung ke internet dan ada aplikasi versi terbaru. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang sadar bahwa fitur ini bisa memboroskan kuota internet.

Untuk mengatasinya kamu bisa mematikan fitur auto-update ini di PlayStore atau AppStore. Cara menonaktifkannya ialah kamu buka PlayStore atau AppStore pada ponsel kamu, lalu cari pengaturan update aplikasi. Disana ada pilihan update otomatis ketika tersambung dengan jaringan wifi.

Cara dibawah ini juga bisa dipakai demi menghemat kuota internet pada smartphone untuk bermain game:

2. Matikan “push notification” pada aplikasi Media Sosial

Pada saat kamu memainkan game Mobile Legends, akan lebih baik kamu untuk selalu fokus ke permainan, jangan memikirkan apalagi sambil membuka notifikasi dari aplikasi Facebook, Instagram atau LINE. Matikan saja semua notifikasi dari aplikasi media sosial tersebut agar kamu tidak merasa terganggu pada saat memainkan game Mobile Legends.

Selain itu juga kamu dapat menghemat penggunaan kuota internet kamu dengan tidak membuka notifikasi, karena apabila membuka notifikasi dari sosmed, maka kuota internet akan terpakai.

Kemudian, untuk fitur ini terdapat di pengaturan ponsel kamu tepatnya di menu Settings, lalu kamu pilih notifications, setelah memasukinya, terdapat pilihan untuk membatasi notifikasi hingga mematikan total notifikasi dari aplikasi apapun.

Tinggal memilih non-aktifkan seluruh notifikasi, kamu dapat bermain Mobile Legends tanpa adanya gangguan dari notifikasi yang muncul pada layar ponsel kamu.

3. Koneksi harus Stabil

Internet meter

Sekali-kali cobalah kamu cek koneksi internet ketika sedang bermain game Mobile Legends, naik turunnya koneksi internet memiliki potensi penambahan pemakaian kuota internet karena bisa menyebabkan log out secara tiba-tiba. Hal ini tentunya sangat dihindari, karena game yang keluar dengan sendirinya akan membuat kamu jengkel.

Nah, bisa jadi koneksi yang tidak stabil lah yang menjadi pemicu mengapa game ter-log out dengan sendirinya. Belum lagi baterai ponsel kamu juga akan cepat habis, karena ponsel kamu berusaha mencari jaringan di situasi sinyal yang jelek.

Borosnya baterai juga bisa disebabkan karena koneksi yang tidak stabil sehingga membuat ponsel bekerja extra demi mendapatkan koneksi yang terbaik dan stabil.

4. Gunakan aplikasi Data Manager

Pada saat ini banyak tersedia berbagai aplikasi pembatas konsumsi kuota data dari sebuah aplikasi. Aplikasi data manager sangat berguna untuk membatasi pemakaian data dari setiap aplikasi yang kamu gunakan. Kamu bisa membatasi suatu aplikasi (misal facebook) untuk hanya menggunakan data sebesar 500MB per bulannya.

Dengan aplikasi data manager yang bisa kamu unduh di PlayStore atau AppStore ini, kamu akan bisa memberi batasan penggunaan kuota.

Ketika konsumsi data dari aplikasi sudah mendekati limit atau batas, kamu akan mendapatkan notifikasi informasi mengenai seberapa banyak hari itu kamu menggunakan kuota data sehingga kamu bisa mengaturnya agar lebih hemat lagi dalam penggunaan kuota internet.

5. Gunakan hotspot gratis

Orang miskin mencari hotspot

Inilah cara yang sudah turun temurun diwariskan kepada kamu para pecinta Game Online untuk bisa memainkan sebuah game tanpa menyedot kuota internet kamu: menggunakan hotspot secara gratis atau cuma-cuma. Apalagi sekarang seiring dengan kemajuan teknologi, hotspot gratisan ini sudah tersebar di hampir setiap sudut kota-kota besar.

Hotspot gratisan ini biasanya ada di taman-taman kota, sekolah, bahkan kampus juga ada meskipun dibatasi jam penggunaannya.

Hotspot gratisan yang tersebar juga kebanyakan berada di tempat makan seperti restoran fastfood, kedai kopi, bahkan saat ini tempat makan pinggir jalan pun ada yang menyediakan hotspot gratisan.

Walaupun untuk menggunakan hotspot gratisan itu kamu tidak sepenuhnya gratis, cukup dengan modal membeli segelas minuman juga kalian akan mendapatkan akses untuk menggunakan hotspot gratisan untuk kamu yang ingin memainkan Mobile Legends.

Kalau hanya satu laptop yang bisa terhubung ke wifi gratisan, kamu juga bisa berbagi internet dengan membuat hotspot di laptop. Dengan cara ini, kamu bisa membagikan jaringan internet gratis ke banyak perangkat!

Kira-kira seperti itulah cara menghemat penggunaan internet ketika kamu ingin bermain game online. Jadi tidak ada salahnya bermain game online, hanya saja kamu perlu memperhatikan waktu yang dikorbankan serta biaya yang tidak sedikit. Pada umumnya waktu dan biaya jika digambarkan berjalan dalam satu garis lurus atau linier.

Semakin sering kamu bermain game, maka semakin besar juga biaya yang mesti dikeluarkan. Kita tidak bisa mengulang waktu yang habis akibat terlalu sering bermain game online. Tetaplah bijak dalam memanfaatkan waktu dan biaya dan selamat bermain!

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
warnet Gea
Guest
warnet Gea

enakan nebeng wifi, atau ke warkop2 ataupun warnet sekarang banyak yang nyediain voucher wifi murah2