Cara Menghilangkan Iklan di Android

Dunia periklanan digital memang saat ini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat yang melakukan perdagangan. Periklanan telah dimulai ribuan tahun yang lalu ketika bangsa-bangsa di dunia mulai melakukan transaksi pertukaran barang.

Kira-kira 3000 tahun sebelum sebelum masehi, bangsa-bangsa seperti Mesopotamia dan Babilonia telah meletakkan dasar-dasar dalam dunia periklanan yang terus berkembang hingga seperti yang terlihat sekarang ini.

Masyarakat dahulu melakukan upaya teknik pemasaran melalui door to door yang menyampaikan pesan dari pedagang kepada pembeli, hal ini berarti sama dengan kegiatan komunikasi. Jadi, secara umum prinsip periklanan adalah aktivitas komunikasi.

Zaman terus berkembang hingga saat ini semakin banyak perantara dalam melakukan periklanan baik secara langsung maupun secara online, tak terkecuali melalui handphone atau ponsel kalian. Iklan tak selamanya disukai oleh banyak orang, ada yang pro maupun kontra dalam dunia periklanan.

Misalnya iklan blackpink-nya Shopee yang dilarang oleh KPI karena astagfirullah sekali:

blackpink

Atau yang ini:

Lisa blackpink

Sudah? Kalau sudah, berikut ini cara menghilangkan iklan. Bukan dari televisi, tapi Android:

Baca: Berapa penghasilan youtuber sebenarnya?


Menghilangkan iklan di Handphone Android

Iklan yang muncul di ponsel khususnya di android bisa jadi menganggu dan apabila kalian tidak bisa mengatur emosi, bisa-bisa ponsel kalian melayang di udara alias dilempar, jadi rusak, dan pada akhirnya perlu mengeluarkan uang untuk membeli ponsel baru.

Munculnya iklan, terkadang juga bisa membawa banyak virus ke ponsel kalian.

Bagi kalian yang sering berselancar di dunia internet melalui ponsel, maka iklan memang bukanlah hal yang asing, beberapa pemilik website menampilkan iklan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut. Hal ini terjadi juga dengan para developer aplikasi dan game di android, para developer game dan aplikasi menyematkan iklan untuk meraup keuntungan.

Sebenarnya tidak ada yang melarang untuk menampilkan iklan di aplikasi ataupun di website, akan tetapi kadar penggunaannya harus dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Selama iklan ditampilkan dalam jumlah yang wajar serta penempatannya tidak mengganggu, tidak akan jadi masalah.

Yang menjengkelkan adalah kalau di sebuah website atau game terdapat banyak sekali iklan yang menghalangi, ditambah lagi jika ada iklan pop-up yang tiba-tiba muncul ketika kalian membuka website atau aplikasi tertentu.

Bukannya mendapatkan informasi dari sebuah website ataupun mendapatkan kesenangan dalam bermain game, tetapi kalian akan mendapatkan tampilan iklan sebagai suguhan.

mobile ads phone

Untuk menghindari hal tersebut, maka, kalian harus menyimak beberapa ulasan berikut ini:

Menghilangkan Iklan dari Google Chrome

Bagi kalian yang belum terpasang aplikasi Google Chrome di ponsel kalian, segeralah unduh aplikasi ini, karena aplikasi Chrome ini dapat menghilangkan iklan yang mengganggu di layar ponsel kalian.

Memang secara kondisi default, Chrome akan tetap mengeluarkan iklan, namun setelah mengalami beberapa setelan, iklan yang berada di website tidak akan muncul atau dalam tanda kutip di block. Berikut adalah serangkaian cara agar Chrome tidak menampilkan iklan.

Yang pertama, kalian buka ponsel kalian lalu masuk ke browser Chrome, lalu pilih menu Settings kemudian pilih Site Settings selanjutnya pilih Pop-Ups and Redirects untuk di non-aktifkan.

Selanjutnya, apabila kalian ingin memblokir iklan secara total pada saat kalian berselancar di internet menggunakan Chrome maka, yang perlu kalian lakukan adalah me-non-aktifkan Java Script. Untuk me-non-aktifkannya kalian gunakan cara seperti diatas, seperti buka Chrome, pilih Settings, kemudian pilih Site Settings, selanjutnya pilih JavaScript untuk di non-aktifkan.

Akan tetapi, perlu diketahui juga, bahwa memang dengan me-non-aktifkan JavaScript kalian bisa memblokir iklan dan pop-up yang muncul, namun tetap saja ada beberapa fungsi dan fitur website yang ketika sudah menggunakan JavaScript,namun tidak berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, apabila ingin menambahkan pengecualian pada website tertentu yang kebal dari JavaScript dan ingin fitur JavaScript kalian tetap berfungsi, pilihlah +ADD SITE EXCEPTION

Nah, itulah beberapa cara yang dipakai agar iklan yang mengganggu dapat terblokir saat berselancar Internet dengan menggunakan Google Chrome. 

Menghilangkan Iklan dengan AdBlock Browser

Bagi kalian yang bukan pengguna Chrome dan ingin praktis menghilangkan iklan (bukan menghilangkan HP, baca cara untuk melacak hp hilang), maka kalian memiliki pilihan terbaik yaitu dengan menggunakan aplikasi Adblock Browser.

Aplikasi yang satu ini telah dirancang untuk kalian yang sering browsing namun tanpa adanya iklan.

Tidak perlu mengatur setelan ini itu, cukup install aplikasi AdBlock Browser, maka, kalian akan dapat dengan bebas browsing internet tanpa adanya iklan pop-ups maupun JavaScript yang datang untuk mengganggu layar ponsel kalian ketika sedang berselancar internet. Selamat mengunduh dan mencobanya.

Menghilangkan Iklan dengan UC Browser

Memang tak bisa dipungkiri bahwa, hampir setiap browser memiliki fitur-fitur untuk memblokir iklan yang mengganggu. Mungkin aplikasi ini merupakan satu dari sekian banyak aplikasi browser yang dapat memblokir iklan-iklan yang dirasa mengganggu, nama aplikasi tersebut ialah UC Browser.

Melalui UC Browser, kalian dapat melakukan penyetingan agar iklan yang datang mengganggu tak lagi muncul di hadapan layar ponsel kalian. Simak beberapa langkah dalam penggunaan UC Browser berikut ini:

Yang pertama, kalian harus mengunduh aplikasi ini lewat Google Play, setelah terpasang di ponsel kalian, kalian masuk, lalu pilih menu Settings yang memiliki ikon gear,kemudian kalian scroll ke bawah lalu pilih Ad Block.

Selanjutnya, kalian aktifkan Ad Block. Apabila iklan di website yang kalian akses sangat mengganggu, maka kalian dapat mengaktifkan pilihan Powerful Ad Blocker.

Itulah beberapa langkah yang dilakukan ketika kalian menggunakan aplikasi UC Browser untuk memblokir berbagai iklan yang muncul untuk mengganggu kalian, semoga dapat terbantu dan selamat mencobanya.

Menghilangkan Iklan di Game atau App dengan NoRoot Firewall

Bermain game memang menjadi kebutuhan yang seharusnya dapat menghibur diri, akan tetapi bagaimana apabila justru malah membuat jengkel karena banyak iklan yang mengganggu kalian dalam bermain game? Nah, kini ada sebuah aplikasi dari Google Play yang dapat kalian unduh untuk menghilangkan iklan di game kalian, nama aplikasinya ialah NoRoot Firewall.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat mengatur aplikasi ataupun game apa saja yang dengan syarat tidak boleh mengakses koneksi data alias tidak menggunakan internet. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan akses root. Simak beberapa ulasan berikut tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi NoRoot Firewall berikut ini:

Pertama, kalian harus mengunduh aplikasi ini lewat Google Play. Setelah terpasang di ponsel, kalian buka aplikasinya, pilih tombol Start, kemudian akan muncul peringatan. Setelah itu pilih OK atau Always Allow dan jangan lupa centang lingkaran diatas pilihan tombol Deny dan Always Allow.

Kemudian, kalian masuk ke pilihan tab APPS. Disitu kalian akan melihat semua daftar aplikasi dan game yang ada pada ponsel kalian. Disinilah kalian bisa dengan bebas mengatur aplikasi mana saja yang diizinkan untuk diakses internetnya dan yang tidak diizinkan untuk mengakses internet.

Penggunaannya kalian cukup membedakan tombol ceklis hijau dan tombol silang merah, perbedaannya apabila kalian mencentang sebuah aplikasi ataupun game maka aplikasi atau game tersebut dapat diakses oleh jaringan internet, namun berbanding terbalik ketika kalian mensilang aplikasi atau game, hal itu akan membuat kalian memblokir akses internet agar kalian bisa dengan bebas menggunakan aplikasi atau game tersebut tanpa terganggu oleh yang namanya iklan.

Hal ini tidak berlaku apabila aplikasi atau game yang kalian mainkan atau gunakan harus terhubung dengan koneksi internet, jadi kesimpulannya aplikasi NoRoot Firewall ini tidak akan berlaku dan bekerja pada aplikasi atau game yang memerlukan koneksi internet, aplikasi atau gameyang akan bekerja pada aplikasi NoRoot Firewall ini haruslah yang tidak menggunakan koneksi internet.

Demikian semua ulasan mengenai bagaimana cara-cara untuk menghilangkan atau memblokir iklan pada sebuah ponsel berbasis Android, semoga dapat membantu para pembaca. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *