Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Saat ini, TV maupun laptop merupakan perangkat yang banyak dimiliki oleh orang-orang terutama generasi milenial. Seakan-akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Keduanya pun bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan, dan orang-orang kemudian mencari cara menyambungkan laptop ke TV.

Sebut saja TV pintar alias smart TV, ataupun TV yang dihubungkan dengan chrome cast maupun WiFi dongle lainnya. Atau lebih mudah lagi, banyak orang-orang yang mencoba menghubungkan laptop mereka dengan TV layar besar yang mereka miliki di rumah.

Kebanyakan orang yang menyambungkan laptop ke TV mereka di rumah pun pada dasarnya hanya ingin menonton film dengan layar lebar sehingga dapat merasakan pengalaman menonton film yang lebih baik. Lagipula jarang ada orang yang memainkan game di layar TV, karena kami jamin mata anda akan pusing, dan gambarnya pun biasanya tidak tajam.

Baca: Cara berlangganan Netflix!

Nah bagi anda yang baru mengetahui ada cara-cara seperti ini, anda tidak perlu khawatir. Anda tidak perlu ikut-ikutan membeli TV cerdas untuk pengalaman menonton, atau berselancar di Youtube yang menyenangkan. Kami punya beberapa cara menyambungkan TV dengan laptop yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Secara umum ada dua metode yang bisa anda tempuh untuk menyambungkan TV dengan laptop anda, pertama adalah menyambungkannya secara fisik menggunakan kabel HDMI ataupun VGA. Kedua adalah menyambungkannya secara nirkabel menggunakan chromecast, apple TV, maupun dongle WiFi lainnya.


Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel

Pertama-tama anda bisa lihat colokan yang ada di laptop anda. Namun pada umumnya di masa sekarang semua laptop yang dijual sudah memiliki colokan untuk HDMI maupun untuk VGA, sehingga anda bisa memilih dengan kabel apa anda menyambungkan laptop dengan TV anda.

cable

Hanya saja kami lebih merekomendasikan kabel HDMI untuk menyambungkan laptop dengan TV anda. Mengapa? Karena dengan kabel HDMI anda sudah secara langsung menyambungkan audio maupun visual laptop dengan TV anda. Meski demikian harganya menurut kami cukup mahal mengingat kemampuannya yang mumpuni.

Sementara jika anda memutuskan untuk menyambungkan laptop dengan TV anda menggunakan kabel VGA, tentu saja anda harus membeli kabel audio dengan colokan 3,5 mm. Karena kabel VGA hanya menyambungkan visual laptop anda saja.

Bagaimana jika laptop anda tidak memiliki output video. Okelah, pada awal-awal kemunculan beberapa notebook super tipis, beberapa pabrikan memutuskan untuk tidak memberikan anda output video. Tapi toh anda tahu kan solusinya? Tentu saja dengan membeli adapter colokan, mudah saja.


Kabel HDMI

HDMI yang memiliki kepanjangan High Definition Multimedia Interface merupakan salah satu pilihan paling baik untuk menyambungkan laptop ke TV anda saat ini. Selain kualitas gambar dan suara yang maksimal, tentu saja menurut kami cara ini adalah cara yang paling praktis yang bisa anda coba.

hdmi cable

Untuk menyambungkan laptop ke TV menggunakan HDMI, tentu saja anda harus memiliki colokan HDMI di TV maupun laptop anda. Kemudian beli kabel HDMI di toko-toko terdekat, maupun toko online. Nah khusus untuk ini kami sarankan anda untuk membeli kabel yang sedang saja, tidak terlalu mahal namun bukan kabel yang murahan.

Setelah menyolokkan kabel HDMI ke laptop dan TV, harusnya laptop anda akan menyesuaikan pengaturan gambarnya menjadi pengaturan maksimal alias terbaik yang bisa digunakan.

Apalbila laptop anda tidak secara otomatis mengaturnya menjadi pengaturan paling optimal, anda pun bisa melakukannya secara manual. Anda bisa langsung klik kanan di desktop dan buka graphic configuration. Cara lain adalah melalui control panel, display, dan pilihlah adjust resolution.


Kabel VGA

Biasanya anda yang menggunakan ini, belum memiliki TV dengan teknologi terbaru. Tapi sebenarnya TV layar datar 10 tahun ke belakang, menurut pengalaman kami seharusnya sudah memiliki colokan HDMI kok. Jadi kami tidak terlalu menyarankan anda menggunakan cara ini.

aten vga cable

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di awal bahwa penggunaan kabel VGA tidaklah praktis, karena hanya menyambungkan visual laptop anda saja, tidak dengan audio. Akibatnya anda masih harus menyambungkan audio laptop anda ke TV menggunakan kabel audio dengan colokan 3,5 mm.

Masalah kedua datang, karena tidak semua TV memiliki colokan audio 3,5 mm. Solusinya? Tentu saja lagi-lagi anda harus membeli adapter audio visual khusus untuk TV anda.

Jika sudah selesai dengan piranti keras yang dibutuhkan, anda bisa langsung menyambungkan laptop dengan TV anda sebagimana anda menyambungkan laptop dengan TV anda menggunakan kabel HDMI. Laptop anda akan melakukan pengaturan secara otomatis, dan jika tidak anda bisa melakukan nya secara manual sebagaimana yang kami jelaskan sebelumnya.


Menyambungkan Laptop ke TV secara Nirkabel

Cara ini merupakan cara yang boleh di bilang lumayan praktis, anda tidak perlu berurusan dengan kekusutan kabel-kabel di rumah anda. Meski demikian kekurangannya adalah perangkat tambahan yang harus anda beli menurut kami harganya cukup mahal.

maplin sv 1760

Pertama-tama tentu saja anda harus memiliki sistem internet nirkabel di rumah anda. Modal pertama yang cukup mahal bukan? Setelah itu anda pun harus membeli apa yang disebut WiFi Dongle, dan pabrikan yang paling terkenal sebagai penyedia perangkat ini adalah Google Chromecast.

Selain itu ada beberapa laptop yang memang sudah dibekali suatu sistem nirkabel built in yang disebut dengan Intel Wireless Display (WiDi) dan sudah kompatibel dengan beberapa perangkat dongle yang dijual secara umum. Beberapa laptop tersebut misalnya Dell Inspiron 15 7000 series 7548, HP Spectre x360, HP 14-am505tu, dan masih banyak lagi.

maplin sv 1760

Seluruh perangkat tersebut memiliki kemampuan mirroring, dimana tampilan di laptop dan bahkan tablet anda bisa ditampilkan pula di TV anda. Anda hanya cukup menyolokkan perangkat tersebut di TV anda, dan voila secara otomatis laptop maupun tablet anda akan tersambung ke TV anda.

Namun kembali lagi, sebagaimana yang telah kami jelaskan di awal bahwa harga yang harus anda bayarkan terkait ini boleh dibilang cukup mahal. Misalnya saja jika anda ingin mentransmisikan video full HD 1080p, kami merekomendasikan anda membeli perangkat yang berharga 3-4 juta rupiah. Perangkat tersebut misalnya Maplin One for All SV1760 atau IOGear GW3DHD.

Baca: Cara mengatasi laptop yang lemot


Menyulap TV Menjadi Smart TV Menggunakan Dedicated media Streamer

Dedicated media streamer

Dedicated media streamer merupakan salah satu solusi yang saat ini banyak ditempuh oleh orang-orang yang memiliki TV LED dan ingin mengubahnya menjadi TV pintar. Selain praktis, menurut kami cara ini pun terbilang murah, dan anda pun akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan para pengguna TV pintar.

Lalu yang dimaksud dengan dedicated media streamer adalah perangkat yang memiliki kemampuan menghubungkan TV anda dengan koneksi internet. Akibatnya TV anda bisa digunakan untuk melakukan streaming berbagai media yang ada di Internet.

Beberapa dedicated media streamer bahkan sudah terafiliasi dengan penyedia layanan audio visual di dunia maya, seperti Netflix ataupun Spotify. Sehingga ketika anda menyambungkan perangkat ini dengan TV anda, anda bisa dengan otomatis berselancar di dunia maya.

Beberapa perangkat dedicated media streamer yang cukup kami rekomendasikan misalnya Google Chromecast, Apple TV, Roku Streaming Stick, hingga Westren Digital WDTV. Pada akhirnya keputusan kembali pada anda, apakah anda memilih harga murah namun tidak praktis? Atau praktis namun harga cukup mahal? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *