Ini Cara Membuat Google Form [Tutorial Lengkap]

Formulir adalah dokumen yang penting bagi pelajar maupun pekerja, karena formulir adalah satu cara yang sangat efektif untuk mengumpulkan data.

Beberapa tahun yang lalu, pengumpulan data masih dilakukan dengan cara yang ‘kuno’. Anda perlu print selebaran kuesioner, kemudian bagikan kepada responden yang sesuai. Sekarang semua lebih mudah berkat kehadiran Google Form. Tidak perlu capek-capek sebar selebaran lagi!

Tapi sebelum masuk ke cara membuat Google Form, ada baiknya kita pelajari sama-sama tentang pengertian Google Form beserta sejarah pembuatannya. Yuk langsung saja!


Apa Itu Google Form?

Google Form adalah platform khusus yang diciptakan oleh Google untuk penyediaan layanan formulir secara online. Dengan Google Form Anda bisa mengelola dan menganalisis survey dengan benar, serta mendapatkan hasil instan yang tepat. Anda juga bisa meringkas hasil survey dengan mengubahnya menjadi grafik atau diagram.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat polling quick count, formulir pendaftaran acara, dan kuesioner kuis dengan mudah dan tentu saja gratis.

Google Form juga terhubung dengan Google Drive, jadi anda bisa mengaksesnya dari perangkat apapun karena filenya tersimpan di penyimpanan cloud. Jangan takut data bakal hilang, karena semua data akan otomatis tersimpan di Google.

Sheet dan Forms

Pada tahun 2008, Google Form merupakan salah satu fitur Google Spreadsheet. Anda dapat membuat formulir di spreadsheet, membaginya dalam page yang berbeda dan melihat tanggapan responden yang sudah masuk.

Seiring waktu, Google pun menambahkan lebih banyak fitur, dan akhirnya mengubah Google Form menjadi aplikasi mandiri di tahun 2016. Sekarang Anda bisa mengaksesnya dengan mudah di docs.google.com/forms atau lewat Google Drive yang ada di ponsel Anda.


Cara Membuat Google Form

Untuk yang masih bingung gimana caranya membuat Google Form, jangan cemas. Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat Google Form lewat situs Google Form dengan singkat dan padat (tidak sampai 5 menit!). Pastikan anda sudah punya akun Google.

Berikut cara membuat Google Form:

  1. Buka situs https://docs.google.com/forms/.
  2. Klik pilihan ‘Blank’ (lembar kosong dengan simbol +) atau pilih template-template yang sudah tersedia. Blank google forms
  3. Beri nama formulir Anda dengan mengklik ‘Untitled Form’ dan menggantinya dengan nama baru.
  4. (Opsional) Anda juga bisa mengubah tampilan Google Form hanya dengan klik tombol-tombol yang ada.

Selesai, Google Form sudah terbuat. Langkah selanjutnya adalah mengisi form tersebut:


Cara Membuat Pertanyaan / Kuesioner di Google Form

Google form memiliki banyak sekali pertanyaan yang variatif yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jenis pertanyaan yang bisa Anda berikan seperti pilihan ganda, jawaban singkat hingga kotak setuju/tidak setuju.

Anda juga dapat menambahkan gambar dan video atau bahkan meminta responden mengunggah file dengan jenis yang sama.

  1. Klik ‘Untitled Question‘ untuk memasukkan pertanyaan Anda
  2. Jika Anda ingin mengubah jenis pertanyaan, klik panah kebawah (dropdown)
  3. Untuk menentukan apakah responden harus menjawab pertanyaan, Anda hanya tinggal kilk ‘Required
  4. Jika ingin menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question
  5. Kalau Anda mau menambahkan salinan pertanyaan yang sudah ada, klik ‘Duplicate

Setiap perubahan yang dibuat akan disimpan secara otomatis. Untuk melihat history perubahan yang Anda lakukan pada Form, klik ‘Preview’ (icon mata) yang ada di pojok kanan atas.

Google Form memiliki beberapa opsi dalam pengaturannya. Toolbar di sebelah kanan dapat membantu Anda untuk menambahkan lebih banyak pilihan formulir.

Langkah selanjutnya adalah mengirim form tadi ke para responden.

Baca juga: Aplikasi absensi online untuk siswa dan karyawan


Cara Mengirim Google Form yang Sudah Dibuat

Kalau Anda sudah melengkapi Google Form dan siap mengirimkannya pada responden, Anda bisa mengirimkannya langsung lewat email atau membagikan linknya lewat pesan chat.

Berikut cara lengkapnya:

  1. Klik ‘SEND’ yang ada di pojok kanan atas.
  2. Jika responden terbatas pada circle organisasi Anda, kumpulkan alamat email satu-persatu terlebih dahulu.
  3. Pilih opsi dengan apa Anda ingin mengirim Google Form. Anda bisa mempersingkat URL lalu meng-copynya untuk disalin.
  4. Jika Anda ingin mengirimkannya via sosial media, Anda hanya perlu mengklik salah satu ikon sosial media yang tersedia.

Setelah membagikan Google Form, Anda bisa melihat hasil survey yang Anda lakukan di bagian ‘Response’ yang tepat berada di sebelah kolom ‘Question’.

Anda juga dapat mengubah form ke versi spreadsheet hanya dengan meng-klik ikon berwarna merah yang ada di pojok kanan atas.

Nah, gimana? Ternyata gampang banget kan bikin Google Form? Bahkan nggak perlu menghabiskan waktu berjam-jam lho. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Penting:

5 1 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments