Cara Screenshot Samsung Paling Mudah

Sebagai salah satu raksasa smartphone dunia, Samsung tercatat telah menjual lebih dari 70 juta unit Galaxy per quarter tahunnya di seluruh dunia. Statistik ini menunjukkan HP Samsung saat ini masih merajai dunia ponsel meski banyak pesaingnya dari kelas yang sama berani menurunkan harga jauh di bawah pabrikan ini.

Nama besar HP Samsung inilah yang membuat orang-orang, tidak terkecuali di Indonesia keranjingan terhadap laptop yang satu ini. Setiap tahun ada ribuan pengguna HP Samsung baru, alias yang baru berpindah baik dari pabrikan Apple ataupun Android lainnya.

Salah satu fitur umum dan amat berguna yang dimiliki HP Samsung dan android lainnya adalah screenshot, alias tangkap layar. Bagi padre pengguna baru yang masih belum familiar dengan HP Samsung ini, kami akan memberi tahu kepada anda semua beberapa cara untuk melakukan screenshot HP Samsung.

Baca: Cara screenshot di PC dan laptop


Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Penggunaan tombol fisik untuk melakukan screenshot sebenarnya bukan cara yang aneh, baik bagi para pengguna smartphone android lainnya maupun pengguna smartphone Apple. Karena memang rata-rata ada fitur sederhana ini untuk memudahkan penggunaan smartphone tersebut.

physical button screenshot

Begitu pula dengan HP Samsung, pabrikan ini pun membekali smartphone mereka dengan fitur sederhana ini. Cara pengambilan screenshot dengan fitur ini adalah dengan menekan tombol power di samping serta tombol home secara bersamaan.

Anda akan tahu screenshot telah terambil dengan tanda-tanda suara yang menyerupai shutter kamera. Selain itu pun biasanya anda akan diberikan notifikasi bahwa anda telah mengambil screenshot menggunakan HP Samsung anda.

Cara ini bisa digunakan untuk semua seri Galaxy kecuali seri yang terbaru (Galaxy S8 ke atas). Hal ini dikarenakan tidak adanya tombol fisik home di seri-seri Galaxy yang paling baru. Meski demikian anda tetap bisa mengambil screenshot menggunakan HP Samsung seri terbaru ini.

Caranya adalah dengan menekan tombol volume down bersamaan dengan tombol power. Tombol volume down ini merupakan pengganti tombol home yang memang dihilangkan oleh pabrikan Samsung pada seri-seri terbarunya.

Jika anda sudah mengupdate ke sistem operasi terbaru, anda bisa segera menggambar, crop, atau bahkan membagikan screenshot HP Samsung anda ke media sosial yang anda miliki. Selain itu anda pun bisa langsung mengedit maupun menghapus screenshot yang telah anda ambil tersebut dengan cara menekan notifikasi screenshot yang baru saja anda ambil tersebut.

Samsung Screenshot Physical Button

Untuk mengambil screenshot dengan cara ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda cukup menekan kedua tombol secara bersamaan dalam waktu dua detik saja. Meski demikian, pengalaman kami ada kemungkinan beberapa kali anda gagal mengambil screenshot karena tidak menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.


Metode Palm Wipe Screenshot

Cara ini merupakan salah satu cara khas yang hanya dimiliki HP Samsung saja. Sejauh pengalaman kami menggunakan beberapa ponsel android kami belum menemukan motion gesture semacam ini untuk mengambil screenshot.

Hanya saja metode pengambilan screenshot dengan menyapu layar menggunakan telapak tangan ini hanya bisa anda lakukan pada HP Samsung seri Galaxy 4 dan seterusnya. Karena pada seri yang dikeluarkan sebelum tahun 2013 ternyata belum memiliki fitur ini.

Kemudian sebelum anda bisa mulai mengambil screenshot HP Samsung menggunakan metode ini, tentu saja anda harus mengaktivasi fitur ini sebelumnya. Untuk mengaktivasi fitur ini bukalah settings dan buka pilihan motions and gesture. Setelah itu anda cukup memilih palm swipe to capture box dan HP Samsung anda bisa segera melakukan screenshot dengan fitur ini.

Untuk HP Samsung generasi akhir, anda bisa membuka setting di dalam HP Samsung anda. Kemudian bukalah menu advanced feature. Sama seperti sebelumnya, pilihlah pilihan palm swipe to capture. Setelah anda melakukan ini dapat dipastikan fitur palm swipe ini sudah anda aktivasi.


Scrolling Capture

Diadaptasi dari Samsung Galaxy Note 5, kami rasa fitur scrolling capture ini merupakan salah satu fitur screenshot terbaik milik HP Samsung. Dengan fitur ini anda bisa melakukan screenshot layar suatu laman internet secara penuh.

Meski demikian, fitur ini sebagaimana fitur palm swiping bukanlah fitur yang baru ada belakangan ini pada HP Samsung. Jadi mungkin saja teman-teman anda yang lebih dulu menggunakan HP Samsung sudah mengetahui keberadaan fitur ini. Meski demikian, sama pula seperti palm swiping HP Samsung generasi lama dipastikan tidak dapat menikmati fitur ini.

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas, ketika anda membuka laman internet menggunakan HP Samsung anda, tentu akan muncul laman yang panjang ke bawah. Hal ini tentu berbeda jika anda membuka laman internet tersebut di laptop, PC, atau tablet. Layar yang memanjang ke bawah tentu akan memudahkan para pengguna smartphone.

Melihat hal ini, Samsung kemudian berinisiatif untuk membuat suatu fitur keren dimana anda bisa mengambil screenshot seluruh laman internet tersebut tanpa harus terpotong-potong, ataupun satu persatu. Hal ini tentu saja amat memudahkan bukan?

Lalu bagaimana kah cara melakukan scrolling capture ini? Pertama-tama tentu buka laman internet yang anda inginkan untuk di capture. Anda bisa mengcapture nyaris seluruh laman internet, selama laman tersebut bisa discroll vertikal tentu saja anda bisa mengcapture nya.

Kemudian lakukanlah screenshot di HP Samsung anda menggunakan tombol fisik maupun palm swipe. Selesai melakukan screenshot biasa, anda buka menu edit dan pilihlah scroll capture. Kemudian tekanlah pilihan scroll capture secara terus menerus sampai anda sampai di bagian terbawah laman website yang anda buka.

Setelah itu secara otomatis gambar super panjang secara dimensi vertikal ini akan tersimpan di dalam HP Samsung anda. Tentu saja hal ini akan memudahkan bagi anda yang ingin sewaktu-waktu kembali membukan laman tersebut di HP Samsung anda.


Menggunakan Bixby

Sebagai salah satu pocket assistant, voice assistant, yang dilengkapi dengan kemampuan machine learning penggunaan Bixby dalam navigasi HP Samsung tentu saja bukanlah hal yang luar biasa. Meski demikian kami secara pribadi kurang menyukai penggunaan Bixby ini. Alasannya adalah karena menurut kami kemampuannya masih terbatas jika dibandingkan dengan asisten dari brand lainnya.

Bixby Screenshot

Selain itu tentu saja anda perlu memahami, mengingat Bixby adalah salah satu fitur terbaru milik Samsung Galaxy tentu saja anda tidak bisa menikmati fitur ini jika masih menggunakan HP Samsung seri-seri terdahulu.

Untuk menggunakan Bixby tentu saja pertama-tama anda harus mengaktivasi fitur ini di HP Samsung milik anda. Jika sudah melakukan aktivasi Bixby anda bisa segera mengalihkan layar anda ke tampilan yang ingin anda capture.

Setelah itu anda tekan dan tahan tombol Bixby, atau bisa pula anda mengatakan Hey Bixby untuk mengaktivasi Bixby. Kemudian jika Bixby sudah terbuka, anda bisa mengatakan take a screenshot kepada Bixby untuk segera melakukan screenshot menggunakan HP Samsung anda.

Cara ini jika dituliskan memang mudah. Namun menurut kami, mengingat tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik cara ini malah tergolong cukup rumit dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

One thought on “Cara Screenshot Samsung Paling Mudah

  • September 12, 2018 at 1:49 PM
    Permalink

    anjay laptop sendiri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *