4 Cara Screenshot HP Samsung Paling Mudah

Sebagai salah satu raksasa smartphone dunia, Samsung tercatat telah menjual lebih dari 280 juta unit Galaxy pertahunnya di seluruh dunia.

Statistik ini menunjukkan bahwa Samsung saat ini masih merajai dunia ponsel meski banyak pesaingnya dari kelas yang sama berani menurunkan harga jauh di bawah pabrikan ini.

Salah satu fitur umum dan amat berguna yang dimiliki HP Samsung (dan android lainnya) adalah screenshot, alias tangkap layar. Bagi pengguna baru yang masih belum familiar, berikut adalah beberapa cara screenshot di HP Samsung!


1. Tombol Fisik

Penggunaan tombol fisik untuk melakukan screenshot sebenarnya bukan cara yang aneh, baik itu bagi pengguna Android maupun Apple. Hampir semua jenis ponsel punya fitur sederhana ini.

Samsung pun membekali smartphone mereka dengan fitur ini. Cara pengambilan screenshot dengan tombol fisik biasanya ada 2 cara, yaitu Volume down + Power untuk hp yang relatif baru, dan Home + Power untuk hp yang cukup jadul.

physical button screenshot

Anda akan tahu screenshot telah sukses kalau ada notifikasi suara menyerupai jepretan kamera (cekrek!). Selain itu pun biasanya layar akan berkedip seperti pada gambar diatas.

Anda cukup menekan kedua tombol secara bersamaan dalam waktu dua detik saja. Alasan sebagian besar orang gagal mengambil screenshot adalah tidak menekan kedua tombol secara bersamaan.

Lihat: Cara membuat foto jadi kartun di hp


2. Palm Wipe

Cara ini merupakan salah satu cara khas yang hanya dimiliki HP Samsung. Sejauh pengalaman kami menggunakan beberapa ponsel android merk lainnya, kami belum menemukan motion gesture semacam ini untuk mengambil screenshot.

Metode screenshot dengan menyapu layar menggunakan telapak tangan ini hanya bisa anda lakukan pada HP Samsung seri Galaxy 4 keatas. Karena pada seri yang dikeluarkan sebelum tahun 2013 ternyata belum memiliki fitur ini.

Palm wipe samsung

Sebelum anda bisa mulai mengambil screenshot HP Samsung menggunakan metode ini, tentu saja anda harus mengaktifkan fitur ini.

Untuk mengaktifkannya, bukalah settings dan buka pilihan motions and gesture. Setelah itu anda cukup memilih palm swipe to capture box dan HP Samsung anda bisa segera melakukan screenshot dengan fitur ini.

Untuk HP Samsung generasi akhir, anda bisa membuka setting di dalam HP Samsung anda, kemudian bukalah menu advanced features. Sama seperti sebelumnya, pilihlah pilihan palm swipe to capture. Setelah selesai, dapat dipastikan fitur palm swipe sudah teraktivasi.

Baca juga: Cara cek IMEI handphone


3. Scrolling Capture

Diadaptasi dari Samsung Galaxy Note 5, scrolling capture adalah fitur favorit kami! Dengan scrolling capture, anda bisa melakukan screenshot layar suatu laman internet secara penuh.

Seperti fitur palm swiping, scrolling capture adalah fitur yang baru ada belakangan ini di HP Samsung. Jadi mungkin untuk anda yang samsung-nya masih seri lama alias jadul, tidak bisa menikmati fitur ini.

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas, ketika anda browsing internet, tentu anda perlu scrolling kebawah untuk membaca seluruh halaman.

Melihat hal ini, Samsung kemudian berinisiatif membuat suatu fitur keren dimana anda bisa mengambil screenshot seluruh halaman tersebut perlu screenshot berkali-kali. Amat memudahkan bukan?

Lalu bagaimana caranya scrolling capture? Pertama buka laman internet yang mau dicapture, kemudian lakukan screenshot menggunakan tombol fisik maupun palm swipe.

Seketika setelah ada bunyi “cekrek!” dan layar berkedip, segera klik tombol “Scroll Capture” yang ada dibagian bawah layar anda (seperti gambar dibawah). Klik terus secara berulang sampai mendapat seluruh bagian halaman yang diinginkan.

Scroll Capture Samsung

Setelah itu secara otomatis gambar super panjang secara dimensi vertikal ini akan tersimpan di dalam HP Samsung anda. Tentu saja hal ini akan memudahkan bagi anda yang ingin sewaktu-waktu kembali membuka laman tersebut di HP Samsung anda.

Lihat: Cara screenshot PC dan laptop


4. Bixby

Sebagai salah satu pocket assistant, voice assistant, yang dilengkapi dengan kemampuan machine learning penggunaan Bixby dalam navigasi HP Samsung tentu saja bukanlah hal yang luar biasa.

Meski demikian kami secara pribadi kurang menyukai penggunaan Bixby ini. Alasannya adalah karena menurut kami kemampuannya masih terbatas jika dibandingkan dengan asisten dari brand lainnya.

Bixby Screenshot

Selain itu tentu saja anda perlu memahami, mengingat Bixby adalah salah satu fitur terbaru milik Samsung Galaxy tentu saja anda tidak bisa menikmati fitur ini jika masih menggunakan HP Samsung seri-seri terdahulu.

Untuk menggunakan Bixby tentu saja pertama-tama anda harus mengaktivasi fitur ini di HP Samsung milik anda. Jika sudah melakukan aktivasi Bixby anda bisa segera mengalihkan layar anda ke tampilan yang ingin anda capture.

Setelah itu anda tekan dan tahan tombol Bixby, atau bisa pula anda mengatakan Hey Bixby untuk mengaktivasi Bixby. Kemudian jika Bixby sudah terbuka, anda bisa mengatakan take a screenshot kepada Bixby untuk segera melakukan screenshot menggunakan HP Samsung anda.

Cara ini jika dituliskan memang mudah. Namun menurut kami, mengingat tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik cara ini malah tergolong cukup rumit dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

Demikianlah tutorial lengkap untuk screenshot di smartphone Samsung. Hati – hati dalam penggunaannya karena mengambil screenshot bisa jadi melanggar hukum (misalnya chat). Semoga bermanfaat dan jangan lupa share!

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments