8 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop / PC

Mengambil screenshot di laptop adalah hal yang wajib kita semua kuasai- baik untuk tujuan yang mulia seperti menyebarkan informasi penting, gambar lucu ke teman teman, sampai menyebarkan hal-hal “lucu” lainnya.

Namun pernahkah anda menemui suatu gambar, infografik, video, ataupun tulisan yang sangat perlu anda share ke geng anda,tapi anda tidak tahu caranya mengambil screenshot?

Kejadian diatas tentu sangat menyebalkan, dan bisa menimpa siapapun mengingat kita tidak hanya internetan menggunakan laptop kita sendiri melainkan juga laptop kantor, bahkan komputer warnet dengan beragam sistem operasi, mulai dari Windows, Mac, sampai Linux.

Supaya tidak pusing, berikut cara-cara paling mudah untuk screenshot PC / laptop Windows dan Macbook, baik milik pribadi ataupun warnet!

Cek juga: Cara screenshot handphone samsung paling mudah!


Cara Mengambil Screenshot di Windows

Berikut adalah 6 cara SS di Windows:

1. Screenshot Dengan Snipping Tool

Ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk screenshot di Windows.

Dengan Snipping Tool, anda bisa melakukan screenshot hanya di area yang anda mau, karena layar anda tidak akan dipotret seluruhnya secara otomatis, melainkan anda harus drag selector dan pilih area yang ingin dipotret.

Untuk menggunakan Snipping Tool, navigasi ke Start > All Programs > Windows Accessories > Snipping Tool.

Cara mudahnya adalah klik tombol windows di pojok kiri bawah, lalu cari “snipping tool“, lalu program akan muncul.

Cara Screenshot Laptop - Snipping Tool

Klik Snipping Tool, lalu anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Snipping Tool

Untuk mulai melakukan snip, klik New, lalu pilih area di layar yang ingin anda ambil gambarnya dengan menggunakan mouse. Untuk mengatur jenis selector, anda bisa klik Mode, kemudian pilih beberapa selector yang ada disana.

Snipping tool ini tidak akan otomatis menyimpan hasil screenshot, oleh karena itu anda harus men-save sendiri hasil snip anda.

Cara ini adalah yang paling sering kami gunakan untuk screenshot di laptop atau PC.

2. Screenshot Dengan Tombol PrintScreen

PrintScreen adalah sebuah tombol di keyboard laptop/komputer windows anda, biasanya terletak di pojok kanan atas.

Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol PrtScr, lalu buka program Paint (atau software edit gambar lainnya), kemudian klik paste (CTRL+V).

PrtScrScreenshot layar anda akan secara otomatis masuk kedalam Paint, dan yang perlu anda lakukan setelahnya adalah save gambar tersebut.

3. Screenshot Dengan Tombol Windows + PrintScreen

Berbeda dengan hanya menekan tombol PrtScr, kombinasi tombol Windows dengan PrtScr akan secara otomatis menyimpan gambar anda  di folder Pictures > Screenshots.

prtscr + windows

4. Screenshot Dengan Tombol Windows +  H

Dengan kombinasi tombol windows dengan H, anda akan melakukan screenshot seluruh layar. Cara ini juga secara otomatis akan membuka toolbar Windows Share sehingga anda bisa secara instan men-share gambar tersebut ke teman-teman.

Kami tidak terlalu merekomendasikan cara ini karena anda bisa tidak sengaja men-SS bagian layar yang sensitif. Misal foto, username, password dan lain-lain.

5. Screenshot Dengan Tombol Windows + Volume Down

Jika anda menggunakan perangkat Windows Surface, anda bisa menggunakan tombol ‘fisik’ nya untuk melakukan screenshot layar, sama seperti cara screenshot di perangkat Android atau iPhone.

Untuk melakukannya, anda tinggal tekan dan tahan logo windows di bagian bawah Windows Surface anda, sambil pencet tombol volume-down (kurangi volume).

Layar gadget anda akan gelap sekejap, dan hasil screenshot tersimpan secara otomatis di folder Pictures > Screenshots.

6. Screenshot Dengan Snip Editor

Snip Editor

Snip Editor, atau Microsoft Snip, adalah proyek Microsoft Garage yang cara kerjanya sedikit lebih baik dibanding Snipping Tool.

Snip Editor memungkinkan anda untuk mengambil screenshot seluruh layar, window aktif, ataupun area kotak yang anda crop secara manual – dan anda juga bisa menggunakan tombol PrtScr sebagai shortcut software Snip Editor.


Cara Mengambil Screenshot di Macbook

Berikut adalah 2 cara SS di macbook:

1. Screenshot Dengan Shift-Command-3

Shift Command 3

Untuk melakukan screenshot satu layar penuh di Macbook, anda tinggal tekan tombol kombinasi Shift-Command (⌘)-3. Setelah itu anda bisa menemukan gambar hasil screenshot di desktop anda.

2. Screenshot Dengan Shift-Command-4

Berbeda dengan Shift-Command-3, cara screenshot laptop macbook yang satu ini berguna untuk melakukan screenshot dengan area yang anda tentukan sendiri, mirip dengan Snipping Tool pada Windows.

Cara menggunakannya adalah tekan tombol kombinasi Shift-Command-4, lalu drag kursor ke area yang ingin anda ambil gambarnya seperti gambar dibawah.

Drag Screenshot Mac

Sambil menggeser, anda bisa menekan tombol Shift, Option, atau Space untuk mengganti cara selectornya bergerak.

Ketika sudah selesai, anda tinggal melepas tombol di mouse atau trackpad, dan hasil screenshot macbook akan tersimpan secara otomatis di desktop sebagai file *.png.

Jika anda ingin membatalkan screenshot ditengah jalan (sedang men-drag selector), anda hanya perlu klik tombol Esc.

Nah cara ini juga bisa anda gunakan untuk SS satu window yang sedang aktif, tanpa perlu drag selector secara manual. Caranya adalah tekan tombol kombinasi Shift-Command-4, lalu tekan Space. Kursor anda akan berubah menjadi kamera.

Arahkan kursor tersebut ke window yang ingin anda potret, lalu klik untuk mengambil gambar. Hasil screenshot dapat anda temukan di desktop sebagai file *.png.

Capture Window Mac

Dengan adanya artikel ini kami harap tidak ada lagi yang terhambat dalam menyebarkan informasi-informasi bermanfaat dan menarik ke seluruh penghuni internet alias netizen.

Satu hal yang penting adalah anda harus tetap bertanggungjawab dalam menyebarkan informasi, karena beberapa jenis screenshot dapat dikategorikan sebagai tindakan ilegal.

Artikel menarik lain: Cara download video dari facebook

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
aton
Guest
aton

ajib