3 Cara Mudah Update Android

Seperti yang diketahui jika Android merupakan salah satu sistem operasi atau OS ponsel pintar buatan Google yang paling populer sekarang ini. Android sendiri seperti yang diketahui pula sudah beberapa kali melakukan update sistem operasi di berbagai perangkatnya.

Sistem operasi Android yang terbaru saat ini adalah Android Q, setelah pada tahun 2019 lalu sistem operasinya adalah Android Pie. Sebelum kedua sistem operasi yang terbaru tersebut, Android memiliki beberapa macam sistem operasi lain seperti Oreo, Nougat, Marshmallow, KitKat, Lollipop, serta Jelly Bean.

Update Android memang diperlukan karena ponsel pintar anda akan mendapatkan fitur-fitur baru dari sistem operasi terbaru tersebut serta dukungan update dari banyak aplikasi.

Melakukan update sistem operasi Android membutuhkan koneksi internet yang stabil agar upgrade tidak mengalami corrupt hingga kegagalan yang nantinya akan mengakibatkan terjadi bootlop atau ponsel pintar anda mati secara total.

Maka dari itu, diharapkan sebelum melakukan update Android anda sebaiknya menyimpan semua file anda di tempat lain seperti kartu SD eksternal atau mungkin juga di komputer.

Sebenarnya ada banyak cara update Android yang dapat anda lakukan dan gunakan untuk memperbaharui sistem operasi Android anda. Apa sajakah cara-cara tersebut? Berikut ini adalah pembahasannya. Mari kita simak bersama!


Melalui OTA atau Over the Air

Update dengan OTA merupakan cara yang termudah dan digunakan oleh sebagian besar produsen ponsel.

Untuk melakukan proses pembaharuan sistem operasi melalui OTA, ada tiga syarat utama yang harus terpenuhi, yaitu terhubung dengan koneksi internet yang stabil, memiliki ruang kosong di memori internal (lebih dari 2GB), lalu daya baterai ponsel di atas 50% untuk menghindari ponsel pintar anda mati saat proses pembaharuan berlangsung.

Meski dapat dikatakan jika pembaruan melalui OTA untuk masing-masing ponsel berbeda, namun jika dijelaskan secara umum-nya adalah seperti di bawah ini:

  1. Hubungkan terlebih dahulu perangkat Android anda dengan koneksi internet. Usahakan menggunakan Wi-Fi saja karena akan memakan data yang besar.
  2. Buka pengaturan di perangkat Android anda (ikon roda gigi).
  3. Cari About Phone atau Tentang Perangkat.
  4. Klik menu Update.
  5. Selanjutnya anda akan menemukan tulisan seperti Software Update atau Pembaruan Perangkat Lunak atau System Firmware Update.
  6. Lalu klik pada Check for Update atau Periksa Pembaharuan.
  7. Klik Update jika ada pembaharuan yang tersedia.
  8. Klik pada menu Install dan setelah itu perangkat anda akan memulai proses download serta instalasi sistem operasi terbaru.
  9. Tunggu hingga proses selesai, lalu secara otomatis perangkat Android anda akan melakukan restart.

Melalui PC atau Komputer

Cara update Android yang kedua adalah dengan menggunakan PC atau komputer. Jika anda ingin melakukan pembaharuan melalui PC atau komputer pastikan anda memiliki software yang resmi dari vendor perangkat Android anda atau bisa juga dengan membuka website resmi produsen dari perangkat Android tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website resmi dari produsen perangkat Android milik anda.
  2. Setelah itu, cari lalu klik Support atau Halaman Dukungan dan halaman Download. Di sini anda mungkin harus mengisi informasi perangkat tertentu atau bahkan harus mendaftarkan ponsel pintar Android anda untuk dapat mengakses pembaharuan sistem operasi yang terbaru.
  3. Unduh lalu install Software Device Management. Biasanya nama serta fungsi perangkat itu akan tergantung pada produsen masing-masing.
  4. Setelah itu kembali lagi ke halaman Support serta Download.
  5. Cari pembaharuan yang tersedia lalu hubungkan perangkat Android anda dengan PC atau komputer.
  6. Buka Device Management setelah itu cari tulisan Update lalu klik.
  7. Setelah itu proses update akan dimulai, dan ikuti saja petunjuk yang ada di layar hingga proses selesai

Cara Update Melalui Root ROM

Cara update yang selanjutnya adalah dengan Root ROM. Untuk update dengan cara ini, anda harus menyimpan terlebih dahulu file-file di perangkat Android ke penyimpanan yang lain.

Setiap perangkat Android memiliki rooting yang berbeda-beda, dan rooting yang tidak didukung oleh produsen bisa membatalkan garansi dari Android tersebut. Berikut ini adalah cara update melalui Root ROM:

  1. Cari software root yang akan digunakan dan sesuai dengan model ponsel pintar Android anda
  2. Unduh software tersebut lalu ikuti petunjuk kemudian install di komputer
  3. Hubungkan perangkat Android anda dengan komputer menggunakan kabel USB
  4. Buka software tersebut, lalu proses rooting akan berjalan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.
  5. Langkah terakhir update melalui Root ROM adalah restart perangkat Android anda.

Demikianlah beberapa cara update Android yang dapat anda lakukan sendiri untuk perangkat Android. Bagaimana? Cukup banyak dan mudah bukan?

Cek juga: Apa itu Coding?

ruanglaptop

RuangLaptop menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of