13 Chipset Terbaik untuk Smartphone Gaming (2019)

Memilih smartphone untuk kebutuhan gaming memang gampang-gampang susah. Apalagi di zaman sekarang ini, di mana kamu akan menemukan banyak sekali smartphone dengan spesifikasi serta model yang memang dikhususkan untuk main game.

Membeli smartphone gaming juga tidak bisa sembarangan, banyak sekali kelebihan serta kekurangan yang mesti kamu pertimbangkan.

Salah satu yang mesti kamu pertimbangkan sebelum membeli smartphone gaming adalah kualitas chipsetnya. Yep, kata ‘chipset’ mungkin masih asing terdengar. Apa sih chipset itu sebenarnya?

Chipset yang ada di smartphone biasa disebut System on Chip (SoC). Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah ini di beberapa review atau spesifikasi smartphone.

Chipset atau SoC merupakan mesin terintegrasi yang menghubungkan semua komponen dasar sistem komputer di dalam satu chip. Yang berarti prosesor (CPU), pemrosesan grafis (GPU), dan pengontrol lainnya sudah terinput ke sebuah chip tunggal yang biasa disebut chipset.

Jadi, kira-kira chipset terbaik apa yang paling cocok untuk smartphone gaming yang masuk ke daftar rekomendasi kami? Yuk langsung aja simak ulasannya di bawah ini!


1. Nvidia Tegra

Kalau kamu suka main game PC, pastinya tahu kalau Nvidia adalah salah satu pengembang kartu grafik terbaik untuk PC Gaming. Nah, Tegra adalah salah satu System on Chip (SoC) yang dibuat dan dikembangkan oleh Nvidia khusus untuk perangkat seluler seperti smartphone, mobile internet device dan personal digital assistants.

Chipset Tegra banyak digunakan oleh smartphone papan atas dan bisa kamu gunakan untuk memainkan game kualitas HD.

Nvidia Tegra dirancang sebagai prosesor yang jauh lebih efisien dan menekankan fungsi untuk bermain game. Chipset ini juga bisa menjadi learning machine tanpa harus khawatir kehabisan daya.


2. Exynos 9820

Chipset Exynos 9820 dirancang oleh Samsung untuk memaksimalkan kecerdasan pada smartphone.

Dilengkapi dengan tambahan GPU Mali-G76 MP12 dengan kinerja tinggi, Exynos 9820 menawarkan kamu pengalaman bermain game yang sangat papan atas.

Chipset Exynos 9820 memiliki performa unggul yang bisa digunakan untuk multitasking dan dapat menghasilkan kinerja superior yang tahan lama dengan kemampuan akses memori yang telah disempurnakan.

Exynos 9820 memberikan peningkatan dalam hal kinerja sampai 40%, dan peningkatan efisiensi daya sebesar 35% untuk gameplay yang lebih sempurna, mulus, tanpa gangguan dan yang tak kalah penting, irit baterai!


3. Apple A12 Bionic

Chipset Apple A12 Bionic adalah sistem ARM 64-bit pada sebuah SoC yang dirancang dan dikembangkan oleh Apple Inc.

Chipset Apple A12 Bionic ada di iPhone XS, XS Max, XR, dan versi terbaru dari iPad Air dan iPad Mini. Chipset ini memiliki dua core yang bekerja lebih cepat dan lebih hemat energi ketimbang Apple A11.

A12 Bionic memiliki hardware untuk jaringan khusus yang biasa disebut ‘Next-generation Neural Engine’. Hardware jaringan khusus ini memiliki 8 core yang dapat bekerja hingga 5 triliun operasi 8-bit perdetiknya.

Chipset yang memiliki performa tinggi ini memang bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk bermain game!


4. Kirin 980

Usut punya usut, chipset Kirin 980 merupakan SoC dengan fabrikasi 7nm pertama di dunia.

Kirin 980 menggambungkan berbagai inovasi teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja smartphone agar lebih cepat. Kirin 980 biasanya digunakan untuk smartphone buatan Huawei dan Honor.

Chipset ini juga menggunakan ISP pengurangan noise multi-pass untuk menjaga detail penting dan kualitas gambar. Kirin 980 juga dilengkapi CPU ringan yang dapat mengurangi konsumsi daya, sehingga memberikan smartphonemu masa pakai baterai yang lebih lama, alias irit!

Chipset Kirin 980 juga dapat dengan cepat beradaptasi dengan Artificial Intelligence seperti pengenalan objek, pengenalan wajah, segmentasi gambar dan masih banyak lagi.


5. Snapdragon 855+

Salah satu chipset terbaik buatan Qualcomm untuk smartphone gaming adalah Snapdragon 855+.

Snapdragon 855+ dibuat khusus untuk bermain game, dengan kinerja canggih, produksi grafis yang lebih sempurna, peningkatan kinerja CPU, dan konektivitas 4G dan 5G yang semakin kuat.

Dengan chipset ini, kamu akan mendapatkan kecepatan dan efisiensi daya yang sempurna digunakan untuk bermain game.

Chipset Snapdragon 855+ dilengkapi dengan kemampuan canggih dan kecerdasan uktra-responsif. Chipset ini juga menawarkan teknologi audio premium dengan suara surround real-time.

Smartphone dengan Snapdragon 855+ bisa menampilkan lebih dari 1 miliar warna sehingga kamu akan merasakan sensasi bermain game dalam perspektif hiper-realistis!

Baca Juga : 8 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik 2019


6. Helio P90

MediaTek Helio P90 menggabungkan kemampuan hardware terbaik saat ini yang tersedia di smartphone. Chipset ini dilengkapi dengan tingkat pengamanan yang canggih serta sistem deteksi yang sangat presisi.

Chipset buatan MediaTek ini juga memiliki kemampuan control CorePilot untuk peningkatan kualitas gaming yang ciamik, serta algoritma untuk pengurangan noise yang bisa kamu gunakan memotret dalam keadaan gelap.

MediaTek juga telah berhasil menggabungkan CPU Arm Cortex-A75 dengan enam Cortex-A55 dalam satu core yang kuat dan bisa memberikanmu potensi bermain game yang luar biasa.


7. Snapdragon 845

Chipset Snapdragon 845 dirancang dengan fitur dan fungsi yang memungkinkanmu untuk melakukan lebih banyak hal di smartphonemu.

Snapdragon 845 juga memiliki Qualcomm Spectra 280 ISP untuk menghasilkan kamera dan gambar premium serta berkualitas tinggi. Jangan khawatir gambar burem atau jelek, dengan chipset ini kamu akan mendapatkan gambar ultra HD dengan warna yang lebih banyak.

Baca Juga : 6 Aksesoris HP Gaming yang Wajib Punya!

Chipset ini memberikan pengalaman bermain game yang immersif dengan kombinasi Qualcomm Hexagon 685 DSP Generasi ke-3, GPU, VPU dan DPU yang sempurna.

Snapdragon 845 adalah chipset yang hemat energi dan tambahan daya baterai yang bisa bertahan lama.


8. Exynos 9810

Chipset buatan Samsung ini dirancang untuk penggunaan tak terbatas di smartphonemu. Kamu akan mendapatkan kinerja super cepat dan efisiensi dari fitur terkini untuk penggunaan yang lebih mendalam.

Chipset ini memungkinkan identifikasi yang lebih akurat terhadap item atau orang dalam gambar untuk pengkategorian yang cepat.

Exynos 9810 juga menyediakan fitur keamanan canggih seperti pemindai wajah dan masih banyak lagi. Chipset ini menghadirkan CPU generasi ke-3 dengan memori yang sudah dioptimalkan.

Dengan kombinasi CPU octa-core dari empat CPU khusus dan empat Cortex-A55, Exynos 9810 menawarkan kekuatan pemrosesan data yang lebih besar dan banyak, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk pekerjaan multi-tasking ataupun bermain game.

Exynos 9810 juga memiliki fitur ARM Mali-G72 GPU terbaru yang menghadirkan grafik super realistis dan kinerja yang lebih kuat dari sebelumnya. Chipset ini memang dikhususkan untuk pekerjaan berat tapi dengan konsumsi energi yang lebih rendah.


9. Kirin 970

Kirin 970 merupakan chipset 64-bit octa-core ARM LTE SoC dengan kinerja tinggi yang diluncurkan oleh HiSilicon pada tahun 2017.

Chipset ini dilengkapi dengan lebih banyak transistor yaitu 5,5 miliar, GPU Mali G72 serta Neural Network Processing Unit (NPU) yang lebih kuat dan tentu saja sangat cocok digunakan untuk bermain game.

Chipset Kirin 970 ini memiliki kinerja 25 kali lebih cepat dari CPU pada umumnya, tapi dengan konsumsi daya 50% yang jauh lebih rendah.


10. Apple A11 Bionic

Apple A11 Bionic adalah 64-bit ARM SoC yang didesain oleh Apple Inca dan diproduksi oleh Taiwan Semi-conductor Manufacturing Company atau TSMC.

Chipset ini ada di iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X yang baru diluncurkan pada tahun 2017 yang lalu. Chipset A11 Bionic memiliki performa yang lebih tinggi dan efisiensi yang jauh lebih memadai ketimbang Apple A10.

Baca Juga : 11 Rekomendasi Desktop PC Terbaik (2019)

Chipset besutan Apple ini memang memiliki GPU lebih cepat yang bisa memroses gambar dengan lebih baik dan sempurna.

Kerennya lagi, chipset A11 Bionic ini akan memudahkanmu ketika mau bermain game dengan tambahan hardware yang lengkap dan memadai.


11. Intel Atom X3

Intel Atom X3 atau sebelumnya biasa disebut SoFIA (Smart of Feature Phone With Intel Architecture) adalah chipset 64-bit ultra-low power yang diluncurkan pada 2015.

Intel Atom X3 dikhususkan untuk menjadi sistem dengan biaya yang murah untuk smartphone.

Walaupun begitu, jangan remehkan kekuatan dari chipset yang satu ini. Intel Atom X3 memiliki kemampuan tinggi serta berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan untuk bermain game, salah satunya adalah hemat baterai dan anti overheat!


12. PXA1918

Well, chipset yang satu ini mungkin asing terdengar di telingamu. Padahal chipset buatan pabrik bernama Marvell ini sudah memiliki 8 versi chipset yang salah satunya PXA1918 dengan 32-bit dan 64-bit. Chipset ini memiliki kemampuan memroses gambar dan grafik yang cukup baik.

Dengan PXA1918 kamu bisa mendapatkan fitur yang serba terintegrasi dengan efisiensi daya tinggi yang bisa memudahkan kamu untuk bermain game tanpa harus takut perangkat kamu rusak.

Beberapa contoh smartphone yang dilengkapi oleh chipset ini adalah Samsung Galaxy Tab, Motorola Moto dan masih banyak lagi.


13. OMAP

Open Multimedia Applications Platform alias OMAP dikembangkan oleh Texas Instruments adalah chipset yang cukup populer digunakan smartphone ternama.

Dengan chipset ini kamu akan mendapatkan performa tinggi dan efisiensi daya yang super canggih yang sangat berguna untuk bermain game.

Beberapa smartphone yang menggunakan chipset OMAP seperti Samsung, Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan masih banyak lagi.

Nah itulah tadi review RuangLaptop tentang pilihan chipset terbaik untuk smartphone gaming. Lain kali kalau kamu mau beli hp untuk main Fortnote Mobile atau game mobile lainnya, jangan lupa cek chipsetnya ya. Tetap semangat!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of