Dimana WhatsApp Menyimpan File Gambar?

WhatsApp selain digunakan untuk bertukar text, ia juga merupakan sarana utama bertukar media seperti foto, video, screenshot, lagu, hingga dokumen.

Ketika sedang chatting, rasanya mudah saja untuk membuka file yang dikirim tersebut, tinggal klik, kemudian ia muncul di layar anda. Foto akan tampil, suara dan video akan diputar, dan dokumen akan terbuka dengan mudah.

Tapi ada satu musuh bebuyutan semua pengguna WhatsApp di dunia, yaitu file nya disimpan dimana?

Kami rasa masalah ini sudah ditanyakan berjuta-juta kali oleh para pengguna WhatsApp, namun tak kunjung selesai, yang berarti masih sangat banyak orang yang belum tahu lokasi penyimpanan foto, video, dokumen, dan file lainnya dari WhatsApp.

Mengingat ini pertanyaan yang cukup serius, langsung saja kami beberkan dimana WhatsApp menyimpan file gambar dan media lainnya. Ada dua jenis WhatsApp disini yaitu WhatsApp biasa dan WhatsApp Web untuk kamu yang memakai PC.


WhatsApp biasa (Smartphone)

penyimpanan file whatsapp

Kalau kamu menerima kiriman file via WhatsApp di smartphone-mu, maka lokasi penyimpanannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka File Explorer.
  2. Internal Storage > WhatsApp > Media.
  3. Buka folder yang sesuai dengan jenis file yang kamu cari. Misal kalau kamu cari gambar, buka WhatsApp Images.
  4. Kalau file yang kamu cari tidak ketemu, coba buka-buka folder yang berjudul Private atau Sent.

WhatsApp Web

tombol download gambar whatsapp web

Kalau kamu pengguna WA di PC, maka file apapun yang dikirim oleh lawan bicara mu tidak akan langsung tersimpan secara otomatis, melainkan kamu harus klik tombol download dulu, barulah WhatsApp Web akan menyimpan file tersebut.

Misalnya kamu mau menyimpan file gambar, pertama klik gambar yang sudah kamu terima, lalu klik tombol download di pojok kanan atas. Logonya akan berbentuk seperti tanda panah kebawah. Ini akan membuat browser-mu menyimpan file di folder download standar, biasanya di folder Downloads baik itu MacOS ataupun Windows.

Perlu diketahui pula bahwa hingga saat ini WhatsApp web belum memiliki fitur khusus seperti di ponsel dimana kamu bisa mengatur apakah ingin menyimpan gambar secara otomatis ataupun tidak.

Namun secara umum file yang kamu unduh akan masuk ke folder download sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas apabila kamu tidak mengutak-atik file destinasinya.

Demikian penjelasan singkat dan padat tentang lokasi penyimpanan file di WhatsApp, semoga tidak bingung lagi. Tinggalkan komentar!

3.5 2 votes
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments