10 Emulator Android Terbaik untuk PC

Kurang puas dengan layar handphone yang kecil? Kamu bisa mencoba emulator android untuk memainkan game android di laptop ataupun PC!

Ada banyak game mobile yang asik dimainkan di PC dengan menggunakan keyboard, atau kombinasi keyboard dan mouse, atau bahkan kamu juga bisa menggunakan gamepad loh supaya lebih asik.

Kamu tidak terlalu membutuhkan laptop atau PC dengan spek dewa untuk bisa bermain game mobile. Dengan spek yang rendah dan sedang pun kamu sudah bisa bermain game-game mobile, jadi kamu tidak perlu terlalu merisaukan perihal spesifikasi.

Berikut ini RuangLaptop akan memberikan rekomendasi khusus tentang emulator terbaik android yang bisa kamu jadikan pilihan bermain!

Cek juga: Cara Download dan Main Mobile Legends di PC!


1. Andy

Andy

Kamu bisa menggunakan emulator Andy ini secara gratis selamanya tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Kamu bisa leluasa mengeksplorasi Android kamu untuk berbagai macam kebutuhan kamu sehari hari mulai dari yang paling simpel dan sederhana hingga melakukan instalasi root.

Andy bisa digunakan di windows dan mac dengan user interface seperti layaknya Android.

Lihat: Cheat GTA 5 PC, PlayStation, dan XBOX Yang Benar!


2. AMIDuOS

AMIDUOS

AMIDuOS bisa bekerja dalam semua kondisi, baik untuk kamu sebagai developer ataupun menggunakannya untuk kebutuhan sehari hari termasuk bermain game.

Emulator ini bisa bekerja pada windows 7 sampai windows 10 yang terbaru dengan fitur dan dukungan terlengkap. Namun sayang hanya tersedia versi Jellybean dan Lollipop saja.

Kamu bisa menggunakan versi gratisnya selama 30 hari, kalau kamu benar benar cocok dengan emulator ini kamu bisa memilih opsi beli. Untuk Android versi Jelly Bean seharga US$10 (sekitar Rp 130 ribuan) atau Lollipop seharga US$15 (sekitar Rp 200 ribuan).

Lihat: Cara Menggunakan 2 Whatsapp Dalam Satu Handphone


3. Android Studio

Android Studio

Kalau kamu adalah seorang developer, kamu bisa menggunakan Android Studio yang mempuyai lisensi resmi Google.

Kamu bisa menggunakan Android Studio untuk menguji aplikasi termasuk juga untuk bermain game, namun memang dibutuhkan sedikit keahlian coding supaya bisa menggunakan Android Studio.

Aplikasi ini sangat worth it bagi kamu yang menggunakan emulator android yang sangat lengkap.


4. Genymotion

Genymotion

Walaupun Genymotion diperuntukkan untuk para developer, kamu bisa juga menggunakan untuk kebutuhan sehari hari kamu termasuk bermain game.

Developer Genymotion selalu melakukan update berkala supaya bisa terus mengikuti perkembangan android yang ada. Dengan segala kelebihan ini Genymotion bisa diakses dengan biaya langganan pertahun dan opsi free trial kalau kamu ingin mencobanya terlebih dahulu. Genymotion mendukung hingga update Android terbaru.

Baca: 10 Pilihan Keyboard Gaming Murah di 2019!


5. Bluestacks

Emulator Android Bluestacks

Ini adalah salah satu emulator android terbaik dan paling direkomendasikan saat ini. Untuk dapat menjalankan emulator ini dengan normal kamu membutuhkan RAM minimal 2GB dan akan lebih baik lagi di RAM 4GB, dengan spesifikasi menengah.

Bluestacks sangat direkomendasikan karena memiliki performa yang sangat baik, stabil dan dapat melakukan pengaturan lokasi. Developer terus melakukan update pada Bluestacks supaya bisa terus mengikuti update hingga Android yang terbaru.


6. Manymo

Manymo

Kalau kamu bermasalah dengan storage HDD yang tidak terlalu besar, kamu bisa kok mencoba menggunakan Manymo.

Salah satu keistimewaannya adalah kamu bisa menggunakannya di browser sehingga tidak menghabiskan ruang penyimpanan. Pilihan yang cukup bagus namun kekurangannya adalah kamu diharuskan membayar biaya langganan yang cukup mahal.

Baca juga: 10 Aplikasi Al-Qur’an Digital Terbaik di PC


7. KoPlayer

Emulator Android KoPlayer

KoPlayer merupakan pemain baru dalamdunia emulator android. Cukup baik dan cukup ringan untuk laptop ataupun PC kamu yang tidak memiliki spek tinggi dengan penggunaan yang sangat mudah.

KoPlayer memang diperuntukkan bagi para gamer dan bisa mengubah keyboard menjadi sebuah kontroller yang sangat handal. KoPlayer juga mendukung prosesor Intel dan AMD, namun sayang karena masih terus dalam perkembangan emulator ini masih terdapat beberapa bug.


8. MEmu

Emulator Android MEmu

Memu mendukung prosesor Intel dan juga AMD yang khusus diperuntukkan untuk bermain game. Tidak perlu pusing soal spesifikasi karena emulator ini tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi dalam menjalankannya alias sangat ringan dan lancar digunakan.

Emulator ini direkomendasikan untuk kamu yang tidak memiliki laptop atau PC dengan spek tinggi.


9. XePlayer

XePlayer

Namanya masih asing karena memang belum banyak diketahui pengguna emulator android. Tapi walaupun begitu kamu tidak bisa memandang remeh emulator ini terutama kamu yang memiliki spesifikasi laptop atau PC yang rendah.

Tidak banyak pilihan yang bisa digunakan untuk emulator android pada windows XP dan XePlayer adalah salah satunya, namun performa mendekati Nox dan Bluestacks.

Walaupun ringan untuk digunakan, supaya bisa mendapatkan performa terbaik kamu membutuhkan laptop atau PC dengan spesfikasi yang mumpuni.


10. Nox

Emulator Android Nox

Selain Bluestacks, Nox juga adalah salah satu emulator yang sangat direkomendasikan karena sangat cepat dan stabil dalam penggunaannya. Bahkan kamu juga bisa bermain dengan menggunakan gamepad untuk kenyamanan dalam bermain.

Kompatibel untuk dimainkan di Windows dan Mac, namun untuk dapat menjalankannya kamu membutuhkan laptop atau PC dengan spesifikasi menengah dan RAM minimal 2GB atau 4GB supaya mendapatkan performa maksimal.

Demikian 10 emulator Android yang bisa kamu jadikan rekomendasi bermain game Android di laptop. Ada kelebihan dan kekurangan dari masing masing emulator yang bisa kamu simak dan perhatikan. Kamu juga bisa kok mencoba satu persatu dan memutuskan mana yang paling cocok untuk kamu gunakan.

Tertarik menggunakannya? Tinggalkan komentar dibawah!

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 9 votes
Software Name
Andy
Operating System
Microsoft Windows
Software Category
Emulator

Jesslyn Adelia

Jesslyn adalah penulis artikel yang berfokus di topik seputar game, dan telah menulis di berbagai media online ternama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of