PCSX2, Pilihan Terbaik Emulator PS2 di PC!

Sebenarnya banyak emulator PS2 yang bisa untuk main game PS2 di PC dan laptop. Tapi permasalahannya, kebanyakan emulator yang beredar sama sekali tidak berkualitas.

Mulai dari kualitas game yang jadi jelek sampai tidak responsif, semua akhirnya bikin orang kapok bermain menggunakan emulator.

Tapi sebenarnya ada satu emulator PS2 yang kami rekomendasikan karena performa yang baik. Bahkan kalau kamu cuma punya PC tua atau laptop murah, kamu bisa main game PS2 dengan resolusi yang jauh lebih baik dibanding di konsol!


Rekomendasi Emulator PS2 di PC

Rekomendasi Emulator PS2 di PC

Emulator PS 2 di PC yang paling kami rekomendasikan adalah PCSX2. Tapi sebelum memulai download, kamu bisa terlebih dahulu cek spesifikasi PC atau laptop kamu supaya game bisa berjalan dengan lancar.

Spesifikasi Minimum:

  • Sistem operasi: Windows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit & 64-bit)
  • CPU: Pentium 4 atau Athlon64 @ 1600 STR
  • GPU: DirectX 10
  • RAM: 2 GB

Spesifikasi Rekomendasi:

  • Sistem operasi: Windows 7/8/8.1/10 (64-bit) atau GNU/Linux (64-bit)
  • CPU: Intel Haswell 4xxx series (atau setara AMD) @ 2000 STR
  • GPU: DirectX 11
  • RAM: 4 GB

Tidak tahu CPU kamu masuk yang mana? Cek urutan peringkat semua CPU sebelum lanjut baca.

Untuk main dengan PCSX2 kamu bisa memakai PC ataupun laptop dengan spesifikasi minimum, tapi ada dua hal yang harus kamu catat:

Pertama, mungkin nanti ada beberapa game yang tidak bisa kamu mainkan karena memang membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Dan yang kedua, kamu akan sedikit kesulitan mencapai kualitas grafik HD, tapi kalau kamu berprinsip ‘yang penting bisa main’, maka ini tidak jadi masalah.

Penting: Laptop cepat panas? Ini sebab dan cara mengatasinya!


Persiapan Download dan Install PCSX2

pcsx2 install

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum menginstall software ini. Ada beberapa software yang dibutuhkan oleh PCSX2 supaya bisa optimal, dan kamu tidak perlu khawatir karena software berikut ini gratis dan bisa kamu dapatkan melalui website resmi Microsoft:

Kalau sudah selesai dengan persiapan pertama maka kita akan masuk ke persiapan selanjunya yaitu download alat-alat yang dibutuhkan.

Setelah semua bahan selesai didownload, maka langkah kita selanjutnya adalah menginstall PCSX2. Emulator ini terbilang cukup simpel dan mudah digunakan karena bisa melakukan konfigurasi saat sedang melakukan instalasi.

Konfigurasi pertama adalah setting kontrol yang akan kamu gunakan bermain. Perhatikan pada baris dengan tulisan PAD lalu klik pada Configure untuk melakukan pengaturan. Kamu bisa menggunakan keyboard ataupun joystick.

lilypad pcsx2 settings

Setelah pengaturan kontrol langkah berikutnya adalah memilih dan mengatur bios rom. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan:

  • Cara pertama, kamu bisa mencari bios rom pada lokasi tempat kamu download tadi dengan sebelumnya hilangkan tanda centang pada “use default setting”.
  • Sedangkan cara kedua adalah, letakkan semua bios rom yang sudah di download tadi ke direktori C:\Users\Nama kamu\Documents\PCSX2\bios atau lokasi dimana kamu menginstall PCSX2.

pcsx2 konfigurasi pertama kali

Kamu memiliki dua opsi untuk bermain game:

Opsi pertama adalah menggunakan DVD PS2, tapi kendalanya adalah agak sulit menemukan lokasi penjualan DVD PS2. Caranya adalah pilih pada Config lalu klik Plugin/BIOS Selector, kemudian klik tanda panah ke bawah pada baris CDVD.

Opsi kedua adalah menggunakan ISO PS2 yang bisa kamu download melalui link yang sudah kami berikan diatas. Caranya adalah dengan pilih pada CDVD lalu ISO Selector > Browse, pilih file ISO PS2 yang akan kamu mainkan lalu pilih Open > CDVD, pilih ISO.

Untuk kualitas yang maksimal sebaiknya kamu update terlebih dahulu DirectX dan Visual C++ sesuai rekomendasi yang diminta.

Tapi kalau kamu bermain dengan PC atau laptop spek sedang, kamu bisa masuk ke Config > Video (GS) > Plugin settings.

  • Kalau kamu menggunakan Windows 7 pilih Direct3D9 (Hardware) atau Direct3D11 (Hardware).
  • Kalau kamu menggunakan Windows XP pilih Direct3D9 (Hardware).
  • Kalau kamu menggunakan Windows Vista pilih Direct3D10 (Hardware).

Kalau layar laptop/PC mu kurang nyaman dilihat, kamu bisa menyambungkan laptop ke layar TV untuk pengalaman main game yang lebih memuaskan.

Itulah dia emulator PS2 yang paling direkomendasikan saat ini PCSX2, ingat untuk sealu mengupdate driver GPU kamu supaya bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Kamu bisa memilih bermain menggunakan keyboard atau menggunakan gamepad. Kalau ingin sensasi yang oke banget kamu bisa kok menyambungkan pc atau laptop kamu ke tv layar datar menggunakan kabel HDMI supaya bisa bermain menggunakan layar yang besar.

Sekarang sudah siap bernostalgia? Jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah!

Baca: Suara laptop hilang? Ini penyebabnya!

Jesslyn Adelia

Jesslyn adalah penulis artikel yang berfokus di topik seputar game, dan telah menulis di berbagai media online ternama.

guest
21 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hiru
Hiru
1 tahun yang lalu

punyaQ ram16, gtx 1080ti… kok gk bisa ?

yoni
yoni
1 tahun yang lalu

gan punya problem nih. kenapa pada bagian “select a bios rom”, punya gw ga keluar bios sama sekali. gimana dong ? mohon solusinya.
terima kasih

Reyhan Nabil
Reyhan Nabil
10 bulan yang lalu

bang, punya saya ram 2gb intel core 2 duoo p7570 2.27ghz gpu mobile intel (r) 45 express chpset family kuat gak??

syarfin
syarfin
1 tahun yang lalu

kak aku ga bisa input biosnya tu gimana ya dari tadi gbisa terus

Hendra Andriana
Hendra Andriana
9 bulan yang lalu

Cara mengetasi game lag gimana ya? Padahal spek pc saya udah jauh dari spek rekomendasi

21
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x