Fungsi Airplane Mode Yang Jarang Diketahui

Pengguna smartphone tentu tidak asing lagi dengan fitur Airplane Mode. Fitur yang kerap disebut sebagai Mode Pesawat Terbang ini tidak hanya berfungsi ketika anda sedang berada di pesawat saja.

Fitur Airplane Mode ini akan menonaktifkan segala macam koneksi di ponsel anda, mulai dari koneksi internet, bluetooth, hingga GPS. Hal ini bertujuan agar sistem komunikasi pesawat tidak error sehingga penerbangan pun aman sampai tujuan, karena memang fungsi utama dari fitur satu ini agar sistem komunikasi di pesawat tidak kacau.

Selain fungsi utama tersebut, Airplane mode di android ternyata memiliki fungsi lainnya yang perlu anda ketahui. Tidak hanya berguna ketika di dalam pesawat saja, anda bisa memanfaatkan fitur tersebut ketika mengisi daya, mengistirahatkan ponsel, hingga me-refresh jaringan di smartphone android.


Beberapa Fungsi Airplane Mode yang Jarang Diketahui

Kenali lebih jauh apa saja fungsi dari Airplane mode yang ada di android untuk pengalaman menggunakan android yang lebih fungsional!

1. Menghemat Baterai

Mengaktifkan mode pesawat akan memperpanjang usia baterai dan membuat baterai lebih hemat. Hal ini disebabkan mode airplane akan membuat proses di latar belakang yang memuat jaringan menjadi terhenti. Misalnya saja proses pemuatan data dan jaringan dari SIM Card.

Perpanjang Usia Baterai Anda

Hal ini membuat penggunaan baterai lebih awet, karena proses jaringan di latar belakanglah yang membuat penggunaan daya baterai lebih boros.

Baca: Cara mengatasi baterai android cepat habis

2. Mempercepat Pengecasan

Jika pengisian baterai lambat, cobalah aktifkan Airplane Mode. Saat mode pesawat ini diaktifkan, maka secara otomatis semua koneksi baik itu GPS, Bluetooth, Jaringan seluler, hingga Wifi akan dinonaktifkan. Jika koneksi-koneksi tersebut mati, maka aktivitas smartphone yang tersisa hanya isi ulang daya saja sehingga baterai pun lebih cepat terisi.

3. Menghentikan Notifikasi Yang Mengganggu

Airplane Mode sangat membantu untuk menghindari gangguan notifikasi dari smartphone terutama ketika anda sedang berkendara. Notifikasi tidak akan masuk sehingga anda tetap bisa fokus menyetir.

Hal ini disebabkan karena notifikasi yang masuk berasal dari koneksi internet, dan koneksi internet akan mati ketika Airplane Mode dinyalakan. Hal ini akan membuat notifikasi tidak muncul.

4. Memperbaiki Kualitas Sinyal

Jika tiba-tiba sinyal hilang atau melemah, maka Airplane Mode bisa membantu anda memperbaiki sinyal yang masuk. Ketika mode pesawat ini aktif maka secara otomatis ia akan memutus semua jaringan internet yang terhubung di smartphone. Hal ini akan membuat smartphone mencari jaringan baru kembali ketika mode Airplane Mode dimatikan kembali.

5. Meningkatkan Performa Smartphone

Lalu lintas data keluar dan masuk yang terlalu padat akan menyebabkan smartphone Android menjadi lebih lambat performanya.

Maka dari itu ketika Airplane Mode diaktifkan, lalu lintas data akan mati sementara. Hal ini dapat berguna untuk mengistirahatkan kinerja smartphone beberapa saat. Dan ketika mode tersebut dimatikan, maka smartphone pun akan kembali membaik performanya.

Baca juga: Cara menggunakan fitur motion gesture di android


Beberapa Pertanyaan Yang Sering Muncul

Selain fakta-fakta diatas, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait Airplane Mode:

1. Gimana Cara Menyalakan Airplane Mode?

  • Swipe dari bagian paling atas layar kebawah untuk membuka panel pengaturan.
  • Cari gambar pesawat
  • Tap. Kalau warna pesawatya berubah jadi terang, berarti airplane mode sudah nyala

Ulangi langkah diatas untuk menonaktifkan airplane mode. Ingat bahwa ponsel anda butuh beberapa saat untuk tehubung kembali dengan Wi-Fi dan data seluler.

Kalau cara diatas tidak bisa diterapkan di ponsel anda, lakukan ini: Settings > Network & Internet > Airplane Mode

2. Apa Wi-Fi Bisa Nyala di Airplane Mode?

Ini tergantung ponsel anda, tapi sebagian besar memungkinkan anda untuk tetap menggunakan wifi ketika ponsel sedang dalam airplane mode.

Ketika anda menyalakan Airplane Mode, Wi-Fi akan otomatis mati, tapi anda bisa menyalakan kembali Wi-Fi nya secara manual. Caranya adalah swipe dari atas layar, lalu klik Wi-Fi. Dalam beberapa detik Wi-Fi akan nyala dan ponsel anda tetap dalam airplane mode.

wifi laptop ruang laptop

Banyak maskapai penerbangan sekarang yang menyediakan in-flight Wi-Fi. Dengan ini, anda bisa menggunakan Wi-Fi didalam pesawat ketika berada dalam Airplane Mode. Meskipun demikian, pesawat terbang hanya mengizinkan penggunaan Wi-Fi diatas ketinggian 10.000 kaki, maka pastikan Wi-Fi anda mati ketika sedang takeoff atau landing.

3. Apakah Bluetooth bisa digunakan di Airplane Mode?

Kasus ini mirip dengan Wi-Fi. Menyalakan Airplane Mode otomatis menonaktifkan Bluetooth, tapi anda bisa mengaktifkannya lagi secara manual. Maskapai penerbangan tidak peduli dengan bluetooth karena ia tidak mengganggu komunikasi.

4. Apakah Airplane Mode Menghabiskan Data?

Tentu saja tidak. Airplane Mode sama sekali tidak menggunakan paket data.

5. Apakah Airplane Mode Membantu Performa Game?

Ya, seperti telah dijelaskan diatas, Airplane Mode dapat meningkatkan performa smartphone, dan tidak terkecuali untuk gaming. Kalau anda ingin PUBG atau ML anda lebih mulus, nyalakan airplane mode, dan gunakan Wi-Fi.

Tips Trik Menang PUBG Mobile

Airplane mode juga akan mem-blok iklan didalam game, namun ini tidak berfungsi didalam game yang mengharuskan anda untuk selalu online. Jadi silakan dicoba-coba.

Nah itu dia beberapa fungsi dari Airplane Mode yang mungkin belum anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of