14 Game Simulator Kereta Api Terbaik PC

Untuk yang hobi main game kereta api, pastinya sudah tahu kalau permainan kereta itu menenangkan sekaligus menantang. Terlebih lagi bagi kamu yang memang merupakan penggemar atau ‘fanatik’ kereta api, tidak sedikit game yang bisa mengalahkan serunya mengatur sistem kereta api dan perlintasannya dalam satu waktu sekaligus.

Meskipun memang tidak dimainkan oleh gamer-gamer pada umumnya, tapi game kereta api memiliki daya tariknya tersendiri bagi penggemar kereta api, dan di artikel kali ini kami sudah membuat list berisi game kereta api terbaik yang bisa kamu mainkan di PC.

Hanya yang terbaik yang kami masukkan kedalam list ini. Kami juga mengambil referensi dari beberapa situs gaming besar dan terkemuka di dunia. Berikut adalah list yang bisa menjawab pertanyaan “Apa game kereta api terbaik?”.

Lihat: 63 Game PC Terbaik Sepanjang Masa!


14. Railway Empire

railway empire

Sistem Operasi: Windows, PS4, Xbox One

Bangun jaringan rel kereta api-mu di amerika tahun 1830-an, dan buat stasiun keretamu sendiri dengan 40 pilihan tipe kereta yang bisa kamu beli.

Railway Empire menyediakan lima era inovasi kereta yang berbeda, dan menyuguhkan hal-hal tidak terduga yang memaksa kamu untuk tetap beroperasi dengan performa tinggi.

Bangun infrastruktur seperti pabrik dan gedung kantor, kembangkan ratusan teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan, sediakan atraksi untuk turis supaya stasiun-mu selangkah didepan kompetitor, serta pertahankan operasi bisnismu dengan merekrut/memecat para pekerja!


13. Sid Meier’s Railroads

sid meier's railroad

Sistem Operasi: Windows, Mac

Ini adalah satu game simulasi kereta api terbaik yang pernah ada. Kamu mungkin pernah mendengar nama Sid Meier sebagai kreator game yang hebat, dan tentunya game kereta api buatannya ini pun tidak kalah keren.

Kalau kamu suka kereta api dan pernah suka game-game tipe Tycoon, maka kemungkinan besar kamu juga akan menyukai game ini!

Cek juga : 50 Game Android Terbaik Sepanjang Masa!


12. Railroad Pioneer

Railroad Pioneer

Di game ini, kamu adalah pemilik sebuah perusahaan kereta tahun 1800-an. Kamu harus menghubungkan satu kota dengan kota lainnya menggunakan lintasan kereta. Sistem kereta yang kamu dirikan akan digunakan untuk transportasi manusia, serta pengiriman produk komersil antar kota.

Seiring berkembangnya jalur yang dibangun, kamu akan merasakan tantangan yang umum dihadapi di zaman itu, terutama di sektor bisnis kereta api. Kamu juga akan berkesempatan untuk mengeksplor beberapa track kereta yang bersejarah di Amerika Serikat.

Di game ini ada 10 pilihan campaign yang bisa kamu mainkan, dan semuanya didasari oleh kisah sejarah yang nyata dan akurat. Ada juga beberapa pilihan mode permainan, lanskap, industri, dan profesi yang bisa kamu pilih.

Lihat: Game PC Jadul yang Masih Seru Dimainkan!


11. Train Valley

Train Valley

Sistem Operasi: Windows, Mac

Game ini penuh dengan variasi, keseruan, dan imajinasi. Tidak heran kalau Train Valley pernah memenangkan beberapa award yang bergengsi. Harganya tidak mahal, grafiknya ciamik dan gameplay-nya mendukung 12 bahasa yang berbeda.

Game ini memiliki 4 chapter yang masing-masing mengeksplor zaman yang berbeda dalam sejarah transportasi. Kualitas game ini seperti puzzle, maka jangan heran kalau kamu membutuhkan kemampuan otak yang cukup tinggi untuk bisa menyelesaikan permainan ini!

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk memainkan game ini tidak begitu tinggi, oleh karena itu game ini akan bisa dimainkan di hampir semua komputer ‘standar’ saat ini.


10. Bounty Train

Bounty Train

Sistem Operasi: Windows, Mac

Bounty Train adalah game kereta api yang kompleks, dengan kebebasan yang sangat luas bagi para pemainnya. Game ini seru dan menyenangkan, meskipun berasa agak repetitif didalam gameplay-nya.


9. Mini Metro

Mini Metro

Sistem Operasi: Windows, Mac, Android, iOS

Game ini sebenarnya bukan 100% tentang kereta, namun tentang manajemen stasiun bawah tanah (subway) seperti MRT yang sekarang ada di Jakarta.

Kalau kamu suka dengan urusan manajemen stasiun semacam ini, maka ini adalah game yang tepat. Mungkin kalau kamu jago, bisa jadi kerja di MRT Jakarta betulan!


8. Tumbleweed Express

Tumbleweed Express

Sistem Operasi: Windows, Mac

Ini adalah game kereta yang menyenangkan dan menarik. Grafik game ini tidak begitu luar biasa, namun banyaknya pilihan senjata dan aksi yang kental membuatnya sangat seru untuk dimainkan! (cek juga game balap mobil terbaik di pc)


7. Train Simulator 2018

Train Simulator 2018

Sistem Operasi: Windows

Kalau kamu pernah duduk santai dan memainkan game Euro Trucker, lalu berharap truk-truk yang kamu kendalikan hanya bisa bergerak maju atau mundur, maka game ini sangat cocok untuk kamu.

Di game ini kamu akan menjadi masinis yang mengendalikan kereta maju, mundur, mempercepat, memperlambat dan berhenti. Semua harus disesuaikan dengan kondisi lintasan, sudut belokan, situasi sekitar dan lain-lain. Berasa jadi masinis betulan!


6. OpenTTD

Open TTD game kereta api

Sistem Operasi: Windows

Ini adalah game yang tidak membuat kamu bosan dengan banyaknya variasi sistem rel kereta yang bisa dibuat. Kalau kamu ingin banyak eksperimen, kamu bisa membuat kecelakaan kereta sebesar apapun yang kamu mau.

Game ini lebih seru dimainkan di mode multiplayer karena kamu bisa bersaing dengan pemain lain untuk membangun sistem rel. Kamu juga bisa mencuri ide bangunan dari permainan orang lain, lalu mengimplementasikannya ke sistem rel kereta kamu!


5. Ticket to Ride

Ticket to Ride

Sistem Operasi: Windows, Mac, Android, iOS.

Ini adalah game yang seru, tapi bukan seperti game simulasi PC populer lain yang kamu bayangkan. Game ini lebih seperti board game ketimbang game 3 dimensi. Kalau kamu suka permainan board game, maka kamu bisa mencoba game seru yang satu ini!


4. Trainz Simulator 12

Trainz Simulator

Sistem Operasi: Windows, Mac, Android, iOS

Bangun dan operasikan sistem rel kereta impian kamu dengan teman-teman! TS12 memiliki fitur fitur paling menarik sepanjang sejarah Trainz. Kamu bisa merasakan pengalaman mengoperasikan lokomotif-lokomotif yang bertenaga sambil mengarungi perkotaan dan pedesaan.

Desain dan bangun rel kereta kamu sendiri menggunakan Trainz Surveyor, serta akses ribuan barang yang ada di Trains Download Station. Kamu juga bisa melihat sistem rel yang sudah kamu bangun dari sudut pandang satelit.


3. Railroad Tycoon 3

Railroad Tycoon 3

Sistem Operasi: Windows

Dengan hampir 60 lokomotif yang tersedia, game ini memiliki jumlah lokomotif terbanyak sepanjang sejarah Railroad Tycoon. Mulai dari lokomotif buatan Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, Jepang, Italia, Afrika Selatan, Polandia, Rusia, sampai lokomotif fiksi seperti E-88 dan TransEuro.

Interface di game ini sudah sepenuhnya 3D, dengan pergerakan kamera yang bebas dan kebebasan merotasi rel dan struktur hingga 360 derajat.

Model ekonomi di game ini juga sudah dirombak, kalau di game sebelumnya kamu hanya bisa mengambil peralatan di stasiun, di game ini semuanya menjadi lebih dinamis. Produk-produk skala besar bisa kamu angkut dari berbagai tempat, dan keuntungan akan ditentukan dari perbedaan harga (margin) antara lokasi tujuan dan sumber pengangkutan.


2. Train Fever

train fever

Sistem Operasi: Windows

Ini adalah game offline (single-player) yang bisa ditamatkan dalam waktu 20 jam. Setting waktu di gameplay-nya mulai dari tahun 1850 sampai 2050.

Game ini bertemakan lingkungan yang mirip dengan eropa, dan area perkotaannya berkembang seiring kamu memainkan game ini. Kamu akan membangun infrastruktur seperti rel kereta dan stasiun, serta harus menjaga operasinya tetap lancar.

Kamu juga akan membeli kendaraan dan membangun rute transportasi, sebelum nantinya menjadi perusahaan raksasa di bidang transportasi.


1. Train Sim World

train sim world

Sistem Operasi: Windows, PS4, Xbox One

Kalau kamu pernah memainkan Microsoft Flight Simulator dan ketagihan, maka game ini tidak jauh beda, hanya saja kali ini kamu akan mengontrol sebuah kereta api dengan sangat realistis. Terdapat banyak jenis kereta, mulai dari kereta tua sampai yang terbaru.

Agak berbeda dengan game lain yang ada di artikel ini, TSW atau Train Sim World sangat berfokus pada simulasi kereta yang realistis. Saking serius dan detilnya sebuah kereta api, game ini lebih layak disebut sebagai “simulasi” ketimbang game,

Di TSW kamu akan merasakan bagaimana ribetnya membuat sebuah kereta bergerak maju, mengatur kecepatan, berhenti di posisi yang tepat, mematuhi rambu-rambu rel kereta, dan banyak hal lainnya yang kemungkinan besar belum kamu dapatkan di game kereta api lain.

1
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Wahyudi
Guest
Wahyudi

Spesifikasi komputer untuk main game kereta ini bagaimana?