6 Game Olahraga Terbaik untuk PC, Xbox, dan PS4

Di era visualisasi yang kelewat canggih seperti sekarang, game bergenre olahraga semakin sedikit peminatnya jika dibandingkan dengan dulu sewaktu masih berjayanya Winning Eleven.

Saat ini para gamer lebih condong mendewakan game petualangan atau battle-royale (misal PUBG) dengan dramatisasi action layaknya film hollywood.

Walaupun begitu, game olahraga tetap memiliki komunitas setia yang fanatik, dan tentunya didominasi oleh game sepakbola dan basket.

Hal itu sangat wajar mengingat sepakbola dan basket adalah dua olahraga terpopuler di dunia. Ditambah lagi di negara Indonesia tercinta ini, hampir semua orang cuma main bola kaki atau futsal, dan bukan olahraga yang lain.

Karena inilah, para developer game olahraga terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi dalam hal grafik dan gameplay. Semua demi mengembalikan kejayaan untuk genre ini.

Selamat datang, dan berikut adalah rekomendasi 6 game olahraga terbaik versi RuangLaptop!


1. FIFA 19

fifa 19 neymar

  • Sistem Operasi: PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
  • Mode: Single-player, Multiplayer

Salah satu game olahraga yang paling terkenal saat ini dan memiliki komunitas penggemar fanatik adalah FIFA 19. Dengan gameplay yang menarik dan hampir terlihat nyata, game ini menjadi rekomendasi pertama untuk kamu pecinta game olahraga terutama sepakbola.

Selain terdapat fitur-fitur unik yang membuatmu tidak cepat bosan, kamu akan merasakan seperti bermain dengan para pemain aslinya. Game ini juga menghadirkan FUT yaitu FIFA Ultimate Team yang dimana kamu bisa melawan pemain-pemain lain secara online.

Selain satu lawan satu, terdapat pula mode online sebelas lawan sebelas, dimana kamu akan memilih satu posisi di permainan sepakbola, dan pemain lain memainkan posisi lainnya. Persis seperti main bola sungguhan, tapi online.

Game ini tersedia di berbagai macam platform seperti Playstation 4, Xbox One, Playstation 3, Android, Nintendo Switch dan PC alis komputer.


2. Pro Evolution Soccer (PES) 2019

PES 2019 Liverpool Mo Salah poster

  • Sistem Operasi: PlayStation 4, Xbox One, Android, Microsoft Windows, iOS
  • Mode: Single-player, Multiplayer

PES dan FIFA bisa diibaratkan seperti agama. Tidak ada pemain FIFA yang juga main PES, begitu pula sebaliknya.

Pro Evolution Soccer 2019 adalah musuh besar FIFA 19. Game besutan Konami ini memiliki pergerakan yang lebih halus, namun karena masalah lisensi sehingga nama pemain, klub, dan stadiumnya tidak bisa pakai nama asli, banyak orang yang lebih memilih FIFA 19 khususnya di Indonesia.

Berbagai hal mendasar di game olahraga ini memiliki animasi yang akurat, dan perlu kamu kontrol sampai ke hal kecilnya. Dribble yang lebih realistis membuat pemain membutuhkan waktu penyesuaian yang lebih lama, dan melepaskan tendangan juga terasa lebih sulit.

“Realistis” adalah kata paling tepat untuk PES 2019. Dalam hal ini, kesabaran sangatlah penting karena kamu tidak bisa memainkan game ini seperti simulasi dimana semuanya jadi sangat cepat.

Karena semua yang serba realistis, game ini jadi tidak cocok kalau kamu cuma mau main untuk ‘seru-seruan’, karena bisa dipastikan ke-realistis-an nya bisa bikin frustrasi.

Selain mode multiplayer offline, terdapat pula mode multiplayer secara online yang pastinya akan sangat menyenangkan untuk kamu mainkan.


3. NBA 2K19

nba 2k19 lebron james

  • Sistem Operasi: PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS, Microsoft Windows
  • Mode: Single-player, Multiplayer

Bagi kamu yang suka olahraga bola basket, game NBA 2K19 ini adalah satu-satunya yang perlu dilirik (buang NBA Live).

Game yang dikembangkan oleh 2K ini memang patut diapresiasi. NBA 2K19 merupakan satu-satunya game basket yang bisa menyaingi kualitas game olahraga populer lainnya seperti FIFA dan Pro Evolution Soccer.

Kualitas yang ditawarkan dalam game ini sangat baik kalau dilihat dari sisi grafik, gameplay, dan presentasi pertandingan secara keseluruhan.

Satu contoh pengingkatan yang signifikan dari NBA 2K18 adalah shooting-nya yang jauh lebih realistis. Kamu juga akan lebih mudah untuk mengendalikan pemain-pemainnya, sehingga mencetak skor tidak seribet dulu lagi.

Selain pertandingan biasa, terdapat mode GM yang banyak menghadirkan perubahan. Kamu juga bisa memilih siapa pelatih yang ingin dipilih sesuai dengan kemampuan yang ada. Apabila pemain berkembang maka harga pemain itu akan meningkat secara drastis.

Game ini sendiri telah tersedia di berbagai macam platform seperti Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, Xbox 360, Playstation 3 dan Microsoft Windows (PC) atau laptop.


4. Madden NFL 2019

Madden 19 - game olahraga terbaik

  • Sistem Operasi: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
  • Mode: Single-player, Multiplayer

Game besutan Eletronic Arts ini adalah tentang American Football. Grafik yang diperlihatkan di dalam game ini juga terlihat begitu nyata, dan sistem pertandingannya pun sangat baik untuk liga sekelas NFL. Dengan menggunakan Frostbite Engine, game ini berhasil menciptakan grafik yang menakjubkan untuk kamu mainkan.

Terdapat pula fitur-fitur unik dari game ini, yakni kamu bisa membuat tim impian yang kamu inginkan. Kamu juga bisa melawan musuh secara online dengan menggunakan mode multiplayer. Tentu saja dengan mode tersebut, bermain game akan terasa lebih seru, karena bisa berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia yang memainkan game ini.

Game ini juga pernah meraih penghargaan Satellite Award untuk Outstanding Sports/Racing Game. Satellite Award merupakan sebuah acara bergengsi yang memberikan penghargaan kepada film, TV, serta new media.

Salah satu bagian dari new media di acara ini tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah video game. Karena memang digabungkan dengan berbagai jenis kategori lainnya, tidak banyak kategori penghargaan yang ada untuk video game.


5. EA Sports UFC 3

ea sports ufc 3

  • Sistem Operasi: PlayStation 4, Xbox One
  • Mode: Single-player, Multiplayer

Game yang satu ini tidak hadir di PC. Jadi kalau kamu tidak punya PS4 atau Xbox One, skip ke list selanjutnya.

Game MMA besutan EA Sports ini merupakan game beladiri, atau lebih tepatnya Mixed Martial Arts. Game ini menawarkan grafik dan pergerakan pemain yang sangat nyata.

Kemudian, game ini juga mengembangkan mode sosial favorit penggemar: Knockout Mode, yang menjadikan pertandingan antara pemain menjadi lebih cepat dan menantang. Pertarungan juga akan semakin seru mengingat pengisi suara komentar pada mode pertarungan di EA SPORTS UFC 3 ini adalah Snoop Dogg.

Fitur gameplay dan mode pertarungan baru saja tidak akan lengkap tanpa adanya teknologi yang menunjang kualitas grafik game ini. Oleh karena itu, EA Sports mengembangkan sebuah teknologi animasi bernama Real Player Motion (RPM) yang menyuguhi game ini dengan paling tidak 5000 animasi baru; memaksimalkan efek pergerakan dan respon atlit dalam sebuah petarungan.


6. Football Manager 2019

Football Manager 2019

  • Sistem Operasi: Nintendo Switch, Microsoft Windows, Macintosh operating systems, Linux
  • Mode: Single-player, Multiplayer

Bagi kamu yang menyukai dan senang ketika mengatur sebuah tim olahraga sepakbola, maka Football Manager 2019 adalah satu satunya pilihan.

Sebelum berubah jadi Football Manager di tahun 2005, franchise game ini dikenal sebagai Championship Manager.

Championship Manager telah populer sejak tahun 1992 dan menjadi game manajer olahraga sepakbola terbaik di dunia. Pergantian nama tersebut terjadi pada tahun 2005 akibat perselisihan yang terjadi antara pihak publisher, yaitu Eidos Interactive, dengan sang pengembang yakni Sport Interactive.

Buntut dari perselisihan ini adalah, nama dari game ini berubah menjadi Football Manager dan mulai dijual pada tahun 2005.

Walaupun berubah nama, franchise ini tetap menjadi salah satu game olahraga terlaris sepanjang masa. Di Football Manager 2019, kamu dapat menangani lebih dari 2.500 klub sepakbola dan bermain di lebih dari 140 liga di 50 negara. Semua pemain dari seluruh dunia akan bertarung di sini dan memperebutkan gelar pemain terbaik sepanjang tahunnya.

Menariknya lagi, terjalinnya kerjasama antar pihak pengembang dengan klub sepakbola profesional membuat game ini menjadi lebih mengesankan untuk dimainkan.

Itulah penjelasan dan review singkat mengenai game olahraga terbaik dan paling direkomendasikan untuk kamu. Sebenarnya masih ada banyak game olahraga lainnya, namun sesuai judul artikel, kami hanya menampilkan pilihan yang terbaik saja.

Selamat berburu game olahraga untuk kamu nikmati di waktu senggang, tinggalkan komentar, dan jangan lupa share artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *