25 Game Online PC Terbaik, Langsung Mabar!

Apa serunya online dibanding offline? Banyak yang bilang lebih rame, lebih asik, bisa main dengan teman, dan lain sebagainya. Meskipun pasar game online di Indonesia didominasi oleh mobile, namun tidak sedikit juga yang tetap cinta dengan sensasi menghantam tombol WSAD, spasi, serta klik kiri pada mouse.

Ya, kami membawakan daftar game online terbaik yang bisa kamu mainkan di PC sesegera mungkin, dan kami memasukkan berbagai jenis game, termasuk didalamnya game gratis maupun berbayar, spek tinggi maupun rendah, dan genre puzzle sampai RPG.

Selamat datang di RuangLaptop, berikut adalah 25 game online PC terbaik!


25. Fortnite

Platform: PC, Mac, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS.

Kalau PUBG adalah battle-royale realistis, Fortnite adalah Battle-Royale versi kreatif. Sungguh, perbedaan utama PUBG dengan Fortnite hanya ada di kreatifitas. Kalau di PUBG kamu harus mempelajari lingkungan dan dengan cermat, di Fortnite kamu lah yang membentuk lingkungan itu.

Kamu bisa membuat tangga, gedung, tembok, dan segala objek lain yang bisa digunakan untuk membawamu selangkah menuju kemenangan. Sensasi bermain game ini adalah lebih fun alias menyenangkan, ketimbang PUBG yang serius dan butuh fokus super tajam.

Fortnite adalah game survival yang dipenuhi dengan karakter berwarna dan aksi akrobatik. Kamu juga dapat memainkan mode Players vs Environment di mana kamu bisa bergabung dengan pemain lain dan melawan musuh yang dikendalikan komputer.

Banyak yang bilang kalau game ini seperti perpaduan sempurna antara pengumpulan sumber daya di Minecraft, dan gameplay berbasis survival di PUBG. Jika kamu ingin menikmati game co-op survival yang ringan, maka Fortnite jelas merupakan game yang tepat (bukan PUBG).


24. Overwatch

Overwatch

Platform: PC, PS4, dan Xbox One.

Overwatch dengan cepat mengumpulkan perhatian jutaan pemain di seluruh dunia dengan gameplay yang mencolok dan grafis yang penuh warna.

Setiap karakter dalam permainan dilengkapi dengan background yang menakjubkan dan mendalam yang memberi tahu kamu tentang apa sih yang mereka lakukan sebenarnya.

Overwatch adalah game campuran yang hebat antara game tembak-menembak dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang menyatukan grafik terbaik di dunia.

Kamu akan merasakan sensasi gameplay tembak-menembak yang serba cepat, dicampur dengan elemen-elemen dari MOBA dimana kamu bisa mendapatkan berbagai kemampuan heroik super kuat untuk mengalahkan musuh.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membunuh semua musuhmu dan menyelesaikan misi.


23. DOTA 2

Platform: PC, Mac, Linux

Satu lagi game PC online paling populer saat ini adalah DOTA 2. DOTA 2 merupakan sekuel mod DOTA populer untuk Warcraft 3 dan ini adalah salah satu MOBA paling populer yang paling laku.

Sekedar mengingatkan, game ini jadi penyebab utama mahasiswa dropout saking bikin ketagihannya.

DOTA 2 sebenarnya menggabungkan gameplay strategis yang mendalam yang mungkin sedikit rumit untuk pemula, tapi jangan khawatir, game ini juga menawarkan tutorial dan panduan untuk membantu kamu memainkan game ini.

DOTA 2 adalah game MOBA sederhana di mana kamu memiliki tim beranggotakan 5 orang bertarung melawan tim yang serupa. Tujuan utama dari permainan ini adalah menghancurkan tim musuh.

Kamu harus melakukan permainan dan strategi berbasis tim untuk mendapatkan kesempatan menang. Coba mainkan DOTA 2 karena ia sepenuhnya gratis!

Cek Juga : 15 Rekomendasi Game FPS Terbaik untuk PC


22. Counter Strike : Global Offensive

Platform: PC, Mac, Linux, PS3, Xbox 360

Counter Strike telah menjadi salah satu game first-person shooter yang paling populer di PC. Game ini awalnya dibuat sebagai mod untuk permainan Half-Life, lalu berkembang pesat dan berubah  menjadi permainan sendiri

Di game ini kamu bisa bergabung dengan tim teroris atau kontra-teroris. Kalau kamu bergabung dengan teroris, kamu (atau teman setim) harus menanam bom di salah satu lokasi spesifik yang tersedia di peta.

Sebaliknya, tim kontra-teroris harus mencoba menonaktifkan bom yang ditanam, atau mencegah teroris menanamnya. Ini adalah pertempuran sengit dan cepat yang melibatkan strategi, kecerdasan, serta kelihaian memainkan mouse dan keyboard.

Walaupun game ini premium alias berbayar, ada versi gratis yang tersedia di Steam yang dapat kamu coba sebagai free-trial sebelum membeli versi penuhnya.


21. PUBG

PUBG PC

Platform: PC, Xbox One, PS4, Android, dan iOS.

PlayerUnknown Battlegrounds, juga dikenal sebagai PUBG adalah definisi, bahkan sinonim dari Battle Royale.

Ada banyak game battle royale yang hebat, tetapi PUBG tetap menjadi yang teratas karena ia menawarkan elemen gameplay keren, persaingan sengit, hingga sensasi deg-degan yang membuat ketagihan.

Game ini berfokus sepenuhnya pada gameplay survival berskala besar. Kamu mendarat di sebuah pulau besar di mana kamu harus mulai mencari jarahan, termasuk diantaranya pakaian, tempat tinggal, senjata, dan lain-lain.

Seketika setelah mendarat? Brutal total tanpa aturan. Semua pemain saling membunuh satu sama lain seperti di alam liar. Satu-satunya yang membatasi hanyalah zona biru yang semakin mengecil.

Saran kami, mainkan PUBG di komputer spek tinggi, karena resolusi dan framerate akan sangat berpengaruh pada kemenangan. Cek dulu spesifikasi minimumnya di internet, dan kalau sudah yakin, langsung akses situs-situs download game PC yang kredibel untuk membelinya.

Simpelnya, game ini adalah tentang bertahan hidup. Dan satu cara paling pasti untuk bertahan hidup adalah dengan membunuh.


20. Rocket League

Platform: PC, macOS, Linux, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Game ini sangat unik. Jika kamu mencari game percampuran balap dengan sepak bola, Rocket League adalah game tepat yang bisa memompa adrenalin.

Rocket League merupakan game seru yang sangat adiktif dan menyenangkan. Kamu bisa bergabung dengan 1 atau 2 pemain lain dan menghadapi pemain lain dari seluruh dunia.

Kamu dapat bermain bersama temanmu dalam pertandingan multiplayer split-screen saat bermain online. Selain itu, game ini juga memungkinan kustomisasi mobil.


19. Borderlands 2

Platform: PC, macOS, Xbox 360, dan PS3.

Borderlands adalah game multiplayer yang diisi dengan elemen menyenangkan dan mengasyikkan, sehingga menjadikannya game tembak-menembak yang unik.

Game ini berfokus pada penjarahan dan pencurian banyak barang. Borderlands 2 menghadirkan elemen-elemen yang umumnya ada di game fps, namun dengan sedikit polesan untuk membuatnya lebih unik.

Kamu akan mendapatkan akses ke sejumlah besar senjata aneh, kocak, lucu, tapi juga kuat. Game ini menghilangkan kesan ‘serius’ dari game tembak menembak, dan berfokus pada aksi over-the-top yang dicampur dengan humor.

Rasakan sensasi melempar pedang dari senjata, atau bermain-main dengan pistol. Game ini berhasil menggabungkan komedi kedalam game tembak menembak yang anti-mainstream!


18. Path of Exile

path of exile PC game

Platform: PC, PS4, dan Xbox One

Jika kamu kecewa dengan Diablo III, maka kamu harus coba main Path Of Exile.

Memainkan game ini akan membuat kamu berfikir, bahwa sejatinya Path of Exile merupakan penerus sejati Diablo II, dan berhasil mengembalikan semua kenangan lama.

Path of Exile memang terlihat sangat mirip dengan Diablo II. Namun, ia menawarkan kualitas grafik yang jauh lebih baik. Path of Exile memiliki gameplay yang disetting di dunia terbuka nan luas yang dapat kamu jelajahi.

Kamu harus berkeliling untuk membunuh monster dan mengumpulkan barang langka. Kamu juga wajib menjelajahi gua-gua besar dan ruang bawah tanah yang dipenuhi dengan monster jahat, lalu bunuh mereka semua untuk mengumpulkan barang barang berharga.

Game ini memungkinkan kamu untuk bekerja sama dengan pemain lain dalam mode co-op (multiplayer). Tetapi, keseruan sebenarnya adalah ketika masing-masing pemain mendapatkan peta mereka sendiri yang luas untuk dijelajahi.


17. Titanfall 2

Platform: PC, PS4, dan Xbox One

Titanfall 2 boleh rilis pada 2016, tetapi ia masih memegang tahta sebagai salah satu game PC online terbaik yang bisa kamu mainkan.

Di Titanfall 2, pemain mengendalikan robot besar (Titans) yang memiliki kemampuan ‘aneh’ misalnya berlari di dinding. Walaupun Titanfall 2 memiliki mode single-player yang solid dengan cerita unik, mode multiplayer di game ini jauh lebih menarik.

Ada banyak mode multiplayer yang didukung oleh Titanfall 2, termasuk Amped Hardpoint, Bounty Hunt, Pilot vs Pilot, Capture the Flag, dan masih banyak lagi.

Mode multiplayer Titanfall 2 akan menempatkan kamu di medan perang, dimana kamu harus menggunakan keterampilan dan berbagai gadget yang dimiliki untuk melawan musuh. Titanfall 2 adalah game FPS seru, kacau, dan ramai yang tentunya harus kamu coba.


16. EVE Online

Platform: PC, macOS, Linux, Android, dan iOS

Kalau kamu suka pertempuran, EVE Online adalah game yang harus kamu coba. Game pertempuran MMO ini penuh dengan pertempuran penuh adrenalin yang menantang.

Walaupun game ini sudah tua karena dirilis tahun 2003, ia masih sangat layak untuk masuk dalam daftar ini. EVE Online memiliki semua aspek yang tepat dalam sebuah game, dan kabar baiknya adalah ia gratis untuk dimainkan.

EVE Online menawarkan banyak gameplay, dan kemungkinan besar kamu akan hanyut didalam keseruannya.


15. Rainbow Six Siege

Platform: PC, Xbox One, dan PS4

Rainbow Six Siege adalah game PC online bergenre FPS, mirip dengan Counter Strike.

Namun, permainan ini menitikberatkan strategi dan kerjasama tim ketimbang kelihaian menggerakkan mouse dan memencet WSAD.

Game ini sangat seru dimainkan dengan teman, karena kamu harus mempelajari peta, dan berkoordinasi dengan rekan tim untuk mengalahkan musuh-musuh yang ada.

Game ini juga telah menerima banyak pembaruan pasca peluncurannya di 2016 untuk menambah lebih banyak konten, termasuk DLC terbarunya, Operation Grim Sky yang diluncurkan pada September 2018.


14. World of Tanks Blitz

Platform: PC, macOS, Xbox 360, Xbox One, PS4, dan Android

Suka tank? Kalau iya, World of Tanks adalah game PC online seputar tank terbaik yang bisa dimainkan.

World of Tanks adalah game perang online yang menampilkan kendaraan lapis baja abad ke-20, mulai dari kendaraan lapis baja ringan hingga tank berat.

World of Tanks juga masuk kategori eSport, dan telah menerima beberapa penghargaan seperti Golden Joystick di 2018.


13. Hearthstone

Platform: PC, macOS, Android, dan iOS

Hearthstone adalah permainan kartu online yang sangat ramai dimainkan. Game ini membawa mode permainan perdagangan ke dunia online, dimana kamu dapat melawan pemain lain dalam pertandingan 1v1.

Mental, kreatifitas, dan strategi sangat dibutuhkan untuk mengalahkan lawan dalam game ini. Hearthstone adalah game gratis, tetapi ada fitur berbayarnya juga.

Mirip dengan permainan kartu pada umumnya, Hearthstone memungkinkan kamu membeli kartu yang random. Gunakan kartu-kartu ini untuk membuat deck yang kuat, dan jadilah pemain handal.

Hearthstone adalah permainan yang cukup sederhana, tapi sangat membuat ketagihan. Meskipun cuma kartu, tapi game ini memiliki grafik luar biasa dan animasi yang menarik untuk menambah elemen keseruan didalamnya.

Jika kamu suka permainan kartu online, maka Hearthstone tidak diragukan lagi jadi pilihan teratas.


12. Minecraft

Platform: PC, macOS, PS4, Xbox One, PS3, Xbox 360, Android, iOS, Nintendo Switch, Linux, Nintendo 3DS, Wii U, PS Vita, Windows Phone, Fire OS

Minecraft adalah salah satu game survival paling populer sepanjang masa, dengan grafik pixelated, dan gameplay yang sangat solid serta bikin ketagihan.

Di game ini, kamu bisa menuangkan kreatifitas tanpa batas dalam menjelajah dunia super luas, membangun bagunan kompleks dan segala hal lain.

Kamu harus berkeliling untuk menambang dan menyusun sendiri sumber daya yang ada. Kamu juga wajib membangun tempat berlindung sebelum malam tiba dan makhluk jahat datang.

Sebenarnya, game ini 100% tentang kreativitas. Kamu dapat dengan bebas membangun apa pun yang kamu inginkan. Entah itu membangun istana, rumah, atau seluruh kerajaan yang penuh dengan pasukan.

Kamu juga dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan di Minecraft. Jika kamu suka membuat barang-barang, menjelajahi peta yang luas, dan berkreasi, maka ini adalah permainan yang cocok untukmu.


11. League of Legends

Platform: PC, macOS

League of Legends adalah salah satu MOBA paling populer di dunia, dan merupakan pesaing utama DOTA 2. Bahkan sebenarnya League of Legends jauh lebih kompleks dibanding DOTA 2.

Game ini menggabungkan banyak fitur baru dan unik dari genre MOBA, sehingga membuatnya unik dari DOTA 2 dan mengubah keseluruhan gameplay.


10. Hitman 2

Hitman 2 ramai manusia

Agen 47 telah menjatuhkan banyak target musuh selama hampir 20 tahun di seri Hitman, tetapi seri terbarunya jauh lebih seru.

Hitman 2 memang paling kuat di mode offline-nya, dimana anda jadi pembunuh bayaran yang harus membunuh target secara diam-diam ditengah keramaian atau penjagaan yang ketat.

Banyak sejali rintangan, tantangan, dan faktor tak terduga yang ada di game ini, mulai dari warga, polisi, ledakan, suara langkah kaki, peredam, sampah, pakaian, dan banyak sekali sampai tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Tidak bisa dipungkiri mode offline-nya memang menang, tapi mode online nya juga seru, yaitu anda bersaing dengan hitman lain (teman anda) dan berlomba untuk membunuh target lebih dulu.


9. Automata

Platform: PC

Automata adalah game RPG offbeat yang berfokus pada robot yang dikirim ke Bumi untuk menyelamatkan manusia, dengan cara memusnahkan mesin berbahaya yang mendominasi bumi.

Tetapi sebenarnya ceritanya tidak sesederhana itu. Tidak semua mesin yang kamu hadapi adalah robot tak berotak. Beberapa dari mereka cukup cerdas bahkan memiliki impian serta tujuan yang mungkin berbahaya.

Kisah yang ada di Automata sangat fantastis, dengan banyak twist yang mengubah perspektif kamu tentang semua karakter. Sidequest di game ini juga ditulis dengan baik.

Selain Life is Strange, ini adalah salah satu game dengan cerita anti-mainstream yang sedikit melampaui batas.

Grafik di game ini cukup baik, meskipun sudah cukup berumur dan tidak diupdate lagi oleh developernya.


8. Ni no Kuni II : Revenant Kingdom

Platform: PC

Salah satu game JRPG tercantik dan paling ambisius di PC adalah Ni No Kuni 2.

Ni no Kuni II : Revenant Kingdom bercerita tentang Evan Pettiwhisker Tildrum, raja kucing yang berangkat untuk membangun kerajaan baru yang damai, dan membentuk lingkaran teman-teman baru setelah mahkotanya yang dicuri oleh mahluk jahat.

Ni No Kuni 2 menggunakan grafik yang dibuat oleh Studio Ghibli, yang memadukan open world dengan pertempuran orang ketiga real-time (TPS), serta menempatkan tokoh utama dalam settingan kerajaan.

Di game ini kamu akan mengeksplorasi kerajaan baru, mengunjungi tempat-tempat jauh yang fantastis, mendapatkan perlengkapan yang lebih baik, dan menggali ruang bawah tanah untuk mendapatkan penghasilan. Semua bisa dilakukan dengan teman secara online, dan kamu akan membawa semuanya kembali ke tempatmu untuk membangun kerajaan sendiri.

Ni No Kuni 2 adalah dongeng lucu, yang dibungkus dengan gameplay kompleks, yang tentu saja membuatnya jadi jauh berbeda dengan game-game lain pada umumnya.


7. Starcraft II

Platform: PC, macOS

Starcraft II adalah game strategi online yang paling banyak dimainkan, dan menguji kecerdasan serta kemampuan untuk mengakali lawan. Game ini adalah tentang mengumpulkan sumber daya, membangun struktur, dan merencanakan serangan terhadap musuh.

Starcraft II menawarkan mode cerita dimana kamu bisa melakukan pertarungan pamungkas antar tiga ras utama di alam semesta, yaitu Terrans, Protoss, dan Zergs.

Mode multiplayer adalah bagian paling seru, karena kamu dapat melawan siapa pun untuk pertempuran 1v1, dan membuktikan strategis siapa yang paling bagus.

Game ini sepenuhnya tentang mengakali musuh dan menghancurkan basis mereka. Jika kamu tipikal orang yang suka menyusun strategi perang dan sedikit persaingan, maka Starcraft II adalah game yang tepat.


6. Team Fortress 2

Team Fortress 2

Platform: PC, macOS, Linux, PS3, dan Xbox 360

Game Overwatch tidak akan ada kalau itu bukan terinspirasi Team Fortress 2.

Team Fortress 2 adalah game tembak-menembak penuh adrenalin, gameplay serba cepat, dan karakter yang mencolok. Game ini memperkenalkan sistem class yang kemudian diadopsi oleh semua game lain di genre shooter.

Game tembak-menembak ini menghadirkan gameplay cepat dan berfokus pada kerjasama tim. Jika kamu suka game shooter ramai, asik, cepat, dan penuh adrenalin maka ini adalah game yang sempurna.


5. Warframe

Platform: PC, Nintendo Switch, Xbox One, dan PS4

Warframe adalah salah satu sesepuh di dunia gaming online. Walaupun sudah cukup tua, Warframe secara konsisten diupdate untuk menjaga sensasi bermain agar tetap menarik bagi pemain baru ataupun lama. Game ini terakhir diupdate pada November 2018.

Di Warframe, kamu akan mengontrol anggota klan yang terbuat dari cryosleep untuk berperang dengan banyak klan lainnya dari luar angkasa.

Game ini sebenarnya gratis, tapi ada juga transaksi mikro untuk mendapatkan akses ke berbagai item dalam game (seperti beli skin di PUBG).


4. Terraria

Platform: PC, macOS, Linux, Android, iOS, PS4, Xbox One, Nintendo Switch, Nintendo 3DS, Xbox 360, PS3, PS Vita, Wii U, dan Windows Phone

Terraria adalah campuran dari banyak genre, baik itu survival, side-scroll, menambang, atau platformer.

Grafik retro di game ini membuatnya semakin menarik. Di game ini kamu bisa menambang, membuat, membangun, dan bertarung melwawan musuh untuk menjarah harta.

Terraria berhasil memadukan unsur-unsur RPG dengan fitur layaknya Minecraft, dan memberi kamu sensasi baru dalam bermain game online. Kamu juga bisa menjelajahi gua-gua penuh bahaya untuk menjarah item langka.

Namun, permainan ini sebenarnya berfokus pada pembangunan, sementara bagian aksi dan petualangannya hanyalah sesi sampingan.

Jika kamu menyukai game platform yang dicampur dengan RPG dan elemen survival, maka Terraria adalah game yang sempurna.


3. Tekken 7

Platform: PC, PS4, Xbox One

Tekken adalah salah satu seri game fighting terbaik yang pernah ada. Meskipun bukan yang pertama, namun Tekken-lah yang mempopulerkan genre 3D fighting.

Tekken 7 membawa gameplay yang menarik bersama dengan grafik 3D yang sangat mengesankan. Tekken 7 menghadirkan sejumlah besar karakter lama yang dapat kamu pilih sesuka hati.

Daftarnya karakternya sangat beragam, dan tentu saja kamu dapat memilih karakter apapun yang sesuai dengan gaya bertarungmu.

Selain cuma berantem, Tekken 7 menawarkan mode cerita, di mana kamu dapat mempelajari background semua karakter dan cara memainkannya.

Untuk mode multiplayer, kamu bisa menguji keterampilanmu dan melawan pemain hebat dari seluruh dunia. Jika kamu menyukai game 3D fighting kompetitif, tidak ada yang lebih baik dari Tekken 7.


2. Onward

Platform: Windows PC

Onward sering dianggap Counter-Strike versi lebih lambat.

Dua tim yang terdiri masing-masing dari lima orang saling memperebutkan tujuan sambil bertarung dengan senjata yang ada. Onward mewajibkan kamu memiliki strategi apik dan berkepanjangan untuk bertahan hidup. Semua berkat banyaknya musuh yang mengintai.

Siap-siap merasakan sensasi deg-degan seperti jantung copot ketika memainkan game ini!


1. Grand Theft Auto 5

GTA V Trevor hide

Platform: PC

GTA 5 adalah seri GTA terbaik sampai saat ini, begitu pula dengan mode multiplayernya dimana anda akan menjalankan misi bersama teman, jalan-jalan ditengah kota Los Santos bersama pemain lain, membeli kapal pesiar, membeli apartemen mewah, dan segala kekacauan ala GTA lainnya.

GTA 5 bisa dimainkan di PC kelas rendah sekalipun (lebih ringan dari GTA 4). Kebebasan menjelajah dunianya yang terbuka luas pun belum ada tandingannya.

Grafik yang realistis, gameplay openworld, warga yang lalu lalang, lalu lintas ramai, atmosfir, kehebohan sampai keindahan pantainya membuatmu berasa betulan sedang ada di Los Angeles.

Jadi, kira-kira game online terbaik mana dulu nih yang bakal kamu coba mainkan? Atau mungkin malah ada beberapa game yang sudah kamu mainkan sebelumnya? Tinggalkan komentar!

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments