20 Game PC Jadul & Lawas yang Masih Seru Dimainkan!

Game PC sekarang lebih banyak fokus ke perkembangan grafik dan visual secara keseluruhan. Baik itu tekstur kulit yang sangat detil, efek angin dan ledakan yang realistis, cipratan air yang berasa nyata, sampai ke virtual reality dimana kamu akan berasa masuk sepenuhnya ke dunia game.

Lain halnya dengan game jadul, lawas, atau bahasa kasarnya tua, dimana experience bermainnya lebih difokuskan dari segi cerita.

Entah kamu mau nostalgia, atau menyelesaikan hutang masa kecil karena ada game yang belum tamat, memainkan satu game jadul itu sekali lagi saja akan membuatmu lebih menghargai betapa besarnya pengaruh mereka dalam dunia gaming modern.

Selamat datang di Ruanglaptop, dan inilah 20 game jadul yang harus kamu mainkan lagi, atau mungkin baru mau coba sekarang. Yuk dibaca!


1. Myst

Myst pc

  • Rilis: September 24, 1993
  • Developer: Cyan

Myst adalah game puzzle petualangan yang rilis di awal 90-an dan menjadi game dengan penjualan terbanyak di dekade itu. Kamu akan menjelajahi beragam dunia yang berbeda, bermodalkan sebuah buku magis dimana kamu akan menyelesaikan banyak misteri dan menemukan potongan halaman buku yang hilang.

Tujuan akhirmu adalah menyelematkan satu dari dua bersaudara yang terperangkap di (tentunya) sebuah buku, atau kamu juga bisa memilih meninggalkan mereka yang terperangkap didalam buku.

Myst unggul di aspek suara dan tampilan visualnya. Meskipun begitu, gameplaynya mendapat komentar yang beragam, mulai dari pujian hingga kritikan pedas. Terlepas dari itu semua, Myst adalah salah satu game jadul yang wajib fardhu ain kamu mainkan.

Baca: 63 game PC terbaik sepanjang masa!


2. Duke Nukem 3D

Duke Nukem 3D pc

  • Rilis: January 29, 1996
  • Developer: 3D Realms

Karakter di Duke Nukem bisa dipastikan terinspirasi dari stereotipe protagonis film action di akhir 80-an dan awal 90-an. Rambut cepak, kacamata hitam, tank top, otot yang berlebihan dan tentunya super jago dan pintar dalam segala hal. Kamu akan membantai musuh-musuh yang mengganggu liburannya di Los Angeles, sambil menyelamatkan sejumlah wanita cantik.


3. Doom

Doom pc

  • Rilis: December 10, 1993
  • Developer: id Software

Doom adalah leluhur dari smeua game bergenre first-person shooter. Sebagai game horor sci-fi, di Doom kamu akan bergabung dengan pasukan tentara luar angkasa yang membantai monster-monster dari neraka.

Meskipun bukan yang terbaik dari segi cerita, game ini menonjolkan grafik 3D nya, serta mode multiplayer yang seru. Sekarang, kamu bisa memainkan Doom di hampir semua mesin komputer, mulai dari printer sampai mesin ATM.


4. Oddworld: Abe’s Oddysee

Oddworld - Abe's Oddysee pc

  • Rilis: September 19, 1997
  • Developer: Oddworld Inhabitants

Ini adalah game prison break dari RuptureFarms, sebuah pabrik pengolahan daging yang memblender satwa lokal untuk dikonsumsi alien Glukkon. Ketika Abe sadar apa yang terjadi, ia bisa memilih untuk membantu teman-teman Mudokon nya kabur.

Kamu bisa memilih untuk menjadi pahlawan atau tidak, tapi akan ada konsekuensi yang kamu hadapi di akhir game ini berdasarkan berapa banyak yang diselamatkan.

Oddworld: Abe’s Oddysee sudah dibuat remake nya pada tahun 2014 sebagai Oddworld: New ‘n’ Tasty, jadi bisa kamu cobain juga setelah main game yang satu ini.


5. Monkey Island 2: LeChuck’s Revenge

Monkey Island 2 - LeChuck's Revenge pc

  • Rilis: December 3, 1991
  • Developer: LucasArts

Ini adalah game kedua dari series Monkey Island, dan menceritakan kisah kembalinya seorang bajak laut LeChuck, yang bangkit sebagai zombie setelah kematiannya di seri game yang pertama, Monkey Island.

Edisi spesial game ini rilis di 2010, dengan voiceover baru dan sistem hint, yang tentunya akan memudahkan kamu dalam memainkan bagian puzzle yang sangat susah dan jadul. Kamu juga bisa switch antara versi original dan versi baru, jadi jangan takut kehilangan experience-nya!


6. Day of the Tentacle

Day of the Tentacle pc

  • Rilis: June 25, 1993
  • Developer: LucasArts

Masterpiece lain dari LucasArts, Day of the Tentacle lebih terkenal dari Grim Fandango, dan merupakan sekuel dari Maniac Mansion 1987. Sebagai game point-and-click yang berfokus di time travel, kamu bisa berganti antar tiga karakter yang terpisah oleh mesin waktu yang rusak.

Game ini di-remake pada tahun 2016 oleh Double Fine studio, sehingga kamu bisa menikmati karya seni ini dengan resolusi tinggi, serta audio yang sudah remastered.


7. Hexen: Beyond Heretic

Hexen - Beyond Heretic pc

  • Rilis: October 30, 1995
  • Developer: Raven Software

Sebagai perpaduan game first-person shooter dan fantasi, kamu bisa memilih tiga kelompok karakter sebelum menginvasi dunia penuh monster yang perlu dilibas.

Game ini adalah sekuel dari Heretic, 1994, dan kamu harus memilih fighter, cleric, atau mage sebelum menyerang Serpent Riders, bos terakhir yang menunggu di sebuah ruangan penuh jebakan dan teka-teki. Hexen memang bukan yang terbaik dari segi grafik, tapi ada banyak mod yang bisa kamu pasang untuk meningkatkan tampilan game ini.


8. Grim Fandango

Grim Fandango pc

  • Rilis: October 30, 1998
  • Developer: LucasArts

Grim Fandango adalah game berdasarkan cerita yang lucu dan menghibur, dimana kamu akan memainkan Manny Calavera, seorang agen travel underworld yang berpetualang di dunia kematian.

Sebagai game petualangan pertama yang dirender dalam 3D, plot yang kuat, dan puzzle super menantang, LucasArts membuat game ini bertahan lama di posisi puncak.

Sering disebut sebagai game petualangan terbaik di era 90-an, game fenomenal ini di-remake pada tahun 2014, dan juga merilis versi Android dan iOS nya.


9. Quake

Quake pc

  • Rilis: June 22, 1996
  • Developer: id Software

id Software mengguncang dunia gaming sekali lagi, 3 tahun setelah rilisnya Doom. Game ini tidak menggunakan engine yang sama dengan Doom, dan merender grafik 3D nya sedemikian rupa sampai membuat banyak orang bolos sekolah demi main Quake.

Setting di game ini adalah Medieval Gothic, dan multiplayernya sudah mendukung jumlah pemain yang banyak: 8 orang (ketimbang sebelumnya yang cuma 4).

Quake adalah game pertama yang punya map terpisah untuk multiplayer. Game ini bisa dibilang sama pentingnya dengan Doom dalam membentuk lanskap gaming modern yang kita kenal sekarang.


10. StarCraft

StarCraft pc

  • Rilis: March 31, 1998
  • Developer: Blizzard Entertainment

Diluncurkan sebelum Activision membeli perusahaan induk Blizzard, Vivendi, StarCraft adalah game real-time strategy yang dengan setting di luar angkasa. Kamu akan memilih satu dari tiga ras, membangun markas serta mengatur sumber daya, sampai akhirnya menyerbu markas lain dan menjajahnya.

StarCraft adalah game pc terbaik di tahun rilisnya, dan menjadi sebuah fenomena secara kulural di korea selatan. Game ini di-remaster pada tahun 2017.


11. Final Fantasy 8

final fantasy 8

  • Rilis: February 11, 1999
  • Developer: Square Enix

Final Fantasy 8 bukan sekedar lanjutan dari pendahulunya, ia mendobrak banyak hal dari berbagai segi. Mekanisme permainan dirombak ulang sehingga jauh berbeda dari pendahulunya.

Alih-alih membeli senjata, di game ini kamu harus merakitnya sendiri menggunakan bahan yang ada. Alih-alih memperkuat karaktermu seiring kenaikan level di game, kamu harus mengumpulkan mantra untuk meningkatkan kekuatan. Mantra-mantra tersebut juga tidak lagi bisa didapatkan dari buku atau kristal, melainkan harus kamu curi dari musuh.

Hampir semua yang ada di game ini dirombak ulang dari seri Final Fantasy sebelumnya, dan ini merubah stigma yang sudah melekat erat sehingga experience nya akan berbeda dari beberapa game sebelumnya.


12. Resident Evil 2

resident evil 2

  • Rilis: January 21, 1998
  • Developer: Capcom

Resident Evil 2 adalah salah satu game terbesar dan terpopuler di tahun 90-an, dan lebih berasa seperti film yang interaktif ketimbang game di kala itu. Dengan setting beberapa bulan setelah RE1, RE2 menunjukkan seluruh isi kota Raccoon City yang telah hancur dilanda virus zombie.

Kamu akan berperan sebagai polisi bernama Leon Kennedy, bersama Claire Redfield untuk menyelamatkan diri mereka dari wabah zombie dan menyelamatkan beberapa survivor di kota itu.


13. Chrono Trigger

chrono trigger pc

  • Rilis: March 11, 1995
  • Developer: Square Enix

Crono adalah nama protagonis di game ini. Sebagai seorang anak yang hidup di tahun 1000 Masehi, ia terjebak dalam misi menyelamatkan dunia ketika sebuah portal waktu tiba-tiba terbuka dan menelan temanna Marle. Crono ikut masuk kedalam portal untuk menyelamatkan Marle, dan disinilah petualanganmu mengarungi waktu dimulai.

Yang awalnya hanya sebuah usaha menyelamatkan Marle, berubah menjadi suatu misi besar menyelamatkan dunia dari kehancuran akibat terbukanya portal waktu.

Konsep time-travel ini membedakan Chrono Trigger dan game RPG lainnya, karena setiap keputusan dan aksimu di suatu masa yang lalu akan mempengaruhi jalan cerita game ini di masa depan. Beberapa game lain di era SNES juga mulai mengeksplor genre time-travel ini, namun hanya di Chrono Trigger kamu akan menyaksikan keseluruhan eksistensi planet mulai dari asal-usul manusia sampai mendekati waktu kiamat.


14. System Shock 2

System Shock 2 pc

  • Rilis: August 11, 1999
  • Developer: Irrational Games

System Shock 2 adalah game tentang ketakutan dan kelangkaan. Game pertama dari Irrational Games ini adalah asal usul dari mekanik game sekarang seperti BioShock: buat dunia yang akan kamu jelajahi, masukkan karakter, dan biarkan pemain menyaksikan kehancuran dunia tersebut.

Tidak ada yang lebih menakutkan dari perasaan tegang dan isolasi, ditambah dengan kelangkaan peralatan, bahan untuk hidup, dan tanpa teman yang bisa membantu. Inilah yang ditawarkan System Shock 2, sebuah game yang kompleks dan pastinya sangat menakutkan.

Nah, selain 14 game diatas, berikut kami berikan bonus beberapa game jadul lainnya yang tidak kalah seru!


15. Thief

Thief pc

  • Rilis: November 30, 1998
  • Developer: Looking Glass Studios

16. Star Wars: TIE Fighter

Star Wars- TIE Fighter pc

  • Rilis: July 4, 1994
  • Developer: Totally Games

17. Deus Ex

Deus Ex pc

  • Rilis: June 23, 2000
  • Developer: Ion Storm

18. Baldur’s Gate

Baldur's Gate pc

  • Rilis: December 21, 1998
  • Developer: BioWare

19. Diablo 2

Diablo 2 pc

  • Rilis: June 29, 2000
  • Developer: Blizzard Entertainment

20. Half-Life 2

Half-Life 2 pc

  • Rilis: November 16, 2004
  • Developer: Valve

Ditengah membanjirnya pilihan game modern, terkadang kualitas justru dapat ditemukan di game-game lawas. Demikian tadilah daftar lengkap game jadul yang harus kamu mainkan. Selamat nostalgia dan selamat bermain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *