3 Headset Gaming Terbaik di Tahun 2019

Setelah sebelumnya kami merilis artikel berisi daftar rekomendasi headset gaming murah di 2019, sekarang saatnya mengulas 3 headset gaming terbaik yang bisa anda gunakan di 2019 sebagai seorang gamer.

Untuk gamer casual, mungkin headset gaming tidak terlalu penting. Sekedar headset dengan desain seperti pesawat alien, nyala-nyala, dan tombol yang ribet. Tapi untuk gamer serius, headset gaming ini sangat penting karena tanpanya, mereka tidak akan bisa mendengar ambient, footstep, atau petunjuk lainnya yang bisa menentukan kalah atau menangnya.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 3 jenis Headset Gaming terbaik yang patut untuk anda pertimbangkan!

Baca: 6 Aksesoris HP Gaming yang Wajib Punya!


1. SteelSeries Arctis 2019 Edition

SteelSeries Arctis 2019 Edition

Yang pertama, Headset SteelSeries yang meluncurkan Headset terbarunya yaitu Arctis 2019 Edition, yang terdiri dari tiga varian diantaranya, Arctis 3, Arctis 5 dan Arctis 7.

Kesemua jajaran headset SteelSeries Arctis 2019 Edition ini merupakan pembaharuan dari produk seri Arctis 3, Arctis 5 dan Arctis 7 sebelumnya. Pembaharuan yang dilakukan pun tidak mencakup hardware dan software nya.

Berikut 5 keunggulan dari headset SteelSeries Arctis 2019 Edition:

Desain yang Baru

Dari setiap produk, untuk masalah desain, memang merupakan suatu hal yang pasti diperhatikan, begitu pun dengan Headset SteelSeries Arctis 2019 Edition ini, desain sudah diperbaharui, kemudian warna yang digunakan headset terbaru ini terlihat lebih kalem dan elegan dengan balutan warna hitam dan putih yang menawan enak untuk dipandang.

Kemudian untuk ukurannya pun sedikit diperbesar dengan tujuan meningkatkan kenyamanan penggunanya ketika menggunakan headset ini.

Selain itu, bahan yang digunakan sebagai pelapis rangka aluminium headset ini juga mengalami peningkatan, baik dari segi visual dan dari segi kenyamanannya ketika digunakan.

Kenyamanan yang Lebih Baik

Pada SteelSeries Arctis 2019 Edition ini tidak hanya mengubah penampilan pada desainnya saja, kenyamanan untuk pengguna headset ini juga ditingkatkan. Salah satu peningkatan dari seri sebelumnya adalah ketebalan busa yang digunakan. Bobot headset juga lebih ringan di seri ini.

Hal tersebut membuat kalian tidak mudah lelah ketika menggunakan headset SteelSeries Arctis 2019 Edition. Dengan rangka headset yang terbuat dari bahan alumunium yang dibalut dengan bahan yang lembut, SteelSeries memastikan headset ini dapat digunakan selama berjam-jam tanpa mengurangi rasa nyaman di kepala dan di telinga kalian.

Kualitas Audio yang Lebih Baik

Peningkatan kualitas audio adalah sebuah keharusan ketika SteelSeries merilis jajaran produk Arctis. SteelSeries Arctis 2019 Edition menghasilkan audio 60 persen lebih kencang di range netral dan mid.

Headset ini juga berhasil mengurangi distorsi dan noise yang mengganggu, sehingga suara yang dihasilkan menjadi sangat jernih. Hal ini membuat SteelSeries Arctis 2019 Edition tidak hanya cocok untuk bermain game, tetapi juga untuk mendengarkan musik dan menonton film.

Menggunakan Teknologi Terbaru

Peningkatan kualitas SteelSeries Arctis 2019 Edition lainnya adalah penggunaan teknologi baru yang digunakan. Salah satu fitur yang dimunculkan adalah DTS Headphone: X 2.0. Fitur teknologi ini merupakan pembaharuan dari teknologi sebelumnya yang bernama DTS Headphone: X.

DTS Headphone: X 2.0 steelseries

Sistem teknologi ini memungkinkan suara game terdengar menjadi lebih jelas dan nyata. Selain itu, headset ini juga dibekali dengan dukungan audio 3 dimensi yang pada dasarnya memungkinkan audio untuk dicampur secara real-time oleh prosesor DTS itu sendiri.

Akses ke Game Digital to Analog Converter

Pada versi sebelumnya, GameDAC atau Game Digital to Analog Converter hanya bisa didapatkan apabila kalian membeli SteelSeries Arctis Pro Edition. Hal ini tidak lagi berlaku setelah seri Arctis 2019 keluar. Kalian bisa membeli GameDAC ini.

GameDAC berukuran mini ini menjanjikan kualitas suara yang lebih baik ketimbang apabila kalian mencolokkan headset langsung ke komputer. Kuncinya terletak pada chip Sabre 9018 yang dibuat ESS Technology, chip ini mendukung resolusi hingga 24-bit/96kHz.

Untuk menggunakannya, kalian hanya tinggal menancapkannya ke komputer via USB, lalu pasang headset ke GameDAC.

Itulah 5 keunggulan headset SteelSeries Arctis 2019 Edition yang harus kalian ketahui sebelum kalian memilikinya. Bagi kalian yang berencana melakukan pembaharuan komponen gadget demi mendukung kelancaran kalian dalam bermain game, SteelSeries Arctis 2019 Edition adalah pilihan yang harus kalian pertimbangkan.

Kalian bisa membeli jajaran SteelSeries Arctis 2019 Edition ini mulai dari harga terendahnya 1,4 jutaan keatas.


2. Razer ManO’War 7.1

Razer ManO’War 7.1

Selanjutnya, bagi para gamers pecinta headset wireless, tentu sudah tidak asing lagi dengan merek Razer ManO’War. Melihat popularitasnya yang cukup tinggi dan merupakan salah satu headset gaming terbaik pada tahun 2019, ternyata Razer menghadirkan tipe Razer ManO’War 7.1 atau Wired, yaitu varian yang dilengkapi dengan kabel.

Berikut beberapa ulasan mengenai spesifikasi dari headset Razer ManO’War 7.1 ini:

Bahan Material yang Kokoh dan Nyaman

Pada pandangan pertama, headset Razer ManO’War ini sudah langsung memberikan kesan yang sangar dan keren. Ukuran headband yang besar dan lebar membuat headset ini terasa kokoh dan tangguh.

Selain itu, adanya bantalan yang cukup tebal di bagian tersebut membuat headset ini nyaman di kepala kalian. Meskipun terlihat besar dari luar, bobot berat dari headset ini hanya sebesar 333 gram saja, jadi sangat mudah untuk dibawa kemana saja.

Bantalan yang tebal pada headset ini juga ditemukan pada bagian earcup. Dengan bahan kulit sintetis, bantalan pada earcup memiliki diameter dalam sekitar 6 cm, diameter luar sebesar 10,5 cm dan ketebalan sekitar 2,5 cm.

Tidak hanya bantalannya saja, untuk memberi kenyamanan yang lebih, headset ini juga memiliki engsel putar pada pangkal earcup-nya. Yang tentu akan memudahkan kalian mengatur letak headset agar terasa lebih nyaman pada saat bermain game.

Hal ini terbukti, meskipun headset ini digunakan untuk bermain game selama 2 sampai 3 jam, kepala maupun telinga kalian tetap akan bebas dari rasa nyeri ataupun pegal yang melanda.

Kualitas Performa Surround Sound yang Maksimal

Pada saat bermain game, tentu dengan adanya sistem audio yang berkelas, maka akan sangat membantu kalian dalam meningkatkan skill dalam bermain game.

Apalagi, kalau kalian memainkan game dengan genre first-person shooter atau FPS. Kalian kerap membutuhkan dukungan audio dengan kualitas yang baik demi bisa memetakan dan mengetahui posisi lawan-lawan kalian di dalam permainan.

Dalam hal ini, Razer ManO’War 7.1 sama sekali tidak mengecewakan. Dengan driver magnet Neodymium yang dimiliki, ManO’War mampu memproduksi surround sound dengan cukup detail.

Razer ManO’War 7.1

Apalagi pada saat kalian bermain game perang seperti PlayerUnknown Battlegrounds (PUBG), suara-suara langkah kaki, pesawat, maupun kendaraan lain dapat didengar dengan jelas dan mudah di jarak yang dekat maupun yang jauh sekalipun.

Dengan ukuran earcup yang besar, membuat headset ini mampu mengisolasi suara dari luar dengan baik. Pada informasi dari website Razer, mereka mengklaim ManO’War 7.1 ini memiliki rentang frekuensi 20 hingga 20000 Hz, dengan sensitivitas 118 dB sehingga menimbulkan kekedapan suara yang baik sekali.

Konektivitas untuk beragam jenis Platform

Meskipun Razer dikenal sebagai produsen perangkat gaming untuk Komputer atau Laptop, namun bukan berarti ManO’War tidak bisa digunakan untuk perangkat lain. Penggunaan kabel braided sepanjang 1,3 meter dengan jack berukuran 3,5 mm menunjukkan bahwa headset ini juga bisa digunakan untuk smartphone ataupun tablet.

Selain itu, headset ini juga berfungsi dengan baik pada saat disambungkan ke PlayStation 4. Baik kualitas audio maupun kinerja dari mikrofon bekerja sama baiknya seperti saat terpasang di Komputer.

Kemudian, mikrofon pada headset ini juga dapat ditarik dan disembunyikan, letaknya sendiri tertanam di earcup sebelah kiri. Jadi kalian bisa dengan mudah untuk mengatur posisinya sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk kalian yang menggunakan komputer jangan khawatir, headset ini tetap memberikan kualitas yang lebih baik dengan menyertakan sebuah adaptor USB. Adaptor ini mampu memberikan surround sound 7.1 yang lebih jernih dan detail dibanding saat menggunakan kabel jack sebesar 3,5 mm biasa.

Itulah 3 keunggulan yang dimiliki headset Razer ManO’War ini, meskipun headset ini menyasar gamers dengan budget yang lebih rendah, Razer tidak sembarang memangkas fitur orisinil ManO’War dalam varian wired-nya kali ini.

Bagi sebagian orang, pengorbanan pemangkasan fitur lampu LED tampaknya masih bisa ditoleransi, asalkan pemangkasan fitur tidak dilakukan pada kualitas audionya.

Lebih jauh lagi, headset ini bahkan seolah memahami perilaku gamers pecinta wireless yang notabennya tidak bisa diam ketika berada di depan komputer, dengan memberikan tambahan kabel ekstra, para gamers bisa dengan bebas melakukan pergerakkan.

Secara keseluruhan, headset Razer ManO’War 7.1 Wired dapat menjadi salah satu headset yang dipertimbangkan oleh kalian para gamers yang tidak hanya menginginkan gengsi dengan nama Razer, tetapi juga audio yang berkualitas dengan harga cukup menantang.

Untuk harganya sendiri Razer ManO’War 7.1 dibanderol dengan harga mulai dari 1,9 jutaan hingga 2,5 jutaan rupiah.


3. Turtle Beach 350 Stealth VR

Turtle Beach 350 Stealth VR

Headset gaming terbaik tahun 2019 selanjutnya adalah Turtle Beach 350 Stealth VR, headset ini bisa disandingkan dengan VR atau Virtual Reality.

Memiliki kabel dengan ukuran ketebalan 3,5 mm, memiliki fitur-fitur seperti, Battery-powered amplification yang artinya headset ini dapat digunakan 30 jam lamanya dalam sekali pengecasan, kemudian fitur Variable bass boost, Full-range audio, Mic monitoring, Removable noise-cancelling microphone, Ergonomic VR design dan Swappable cable system

Dengan perangkat VR atau virtual Reality seperti GTC Vive dan Oculus Rift membuat perangkat ini berbeda dari headset lainnya, karena dispesialisasikan untuk bersanding dengan perangkat virtual reality. Headset Turtle Beach 350 Stealth VR ini merupakan salah satu perangkat yang sangat fleksibel di kelasnya.

Turtle Beach 350 Stealth VR

Headset ini memiliki lingkaran kepala headset yang kokoh, membuat headset ini cocok untuk dipakai bersamaan dengan perangkat VR, bahkan bagi kalian yang memiliki kepala berukuran besar pun masih akan tetap nyaman untuk digunakan, karena memiliki desain yang ergonomis.

Kemudian headset ini memiliki mikrofon Monitoring yang memungkinkan kalian untuk mengecek suara kalian sendiri. Meskipun terdapat kelebihan yang memukau, namun terdapat beberapa kelemahannya yakni, desain terasa lebih murahan dibandingkan dengan headset premium lainnya dan headset ini tidak dilengkapi dengan fitur surround sound.

Untuk harganya sendiri, headset ini dibanderol dengan harga 950 ribuan rupiah.

Kira-kira seperti itulah penjelasan mengenai jenis-jenis tipe headset gaming yang terbaik pada tahun 2019. Dalam membeli headset untuk bermain game, dibutuhkan kualitas suara yang baik, karena itu, dibutuhkan ketelitian ketika hendak membeli sebuah headset untuk gaming supaya tidak menyesal.

Selamat berburu headset gaming yang terbaik, jangan lupa share dan komentar!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of