Jenis dan Ukuran RAM DDR: 512KB hingga 16GB

RAM merupakan salah satu komponen terpenting bagi komputer. Selain processor, RAM juga merupakan salah satu penentu seberapa cepat komputer atau laptop dapat bisa membaca sebuah program dan kemudian memprosesnya.

Semakin besar ukuran kapasitas RAM, maka semakin cepat pula sebuah komputer bisa membaca dan menjalankan satu aplikasi. Begitupun kebalikannya, apabila suatu komputer memiliki kapasitas RAM yang kecil, kinerjanya tentu akan jadi lebih lambat.

Perkembangan dari RAM (terutama pada PC) diramalkan akan tumbuh pesat dalam bentuk peningkatan kapasitas yang super drastis. Didasari oleh pertumbuhan harddisk yang kini bisa mencapai ukuran 24 terabyte, banyak sumber meyakini bahwa beberapa tahun lagi RAM untuk komputer pribadi akan sampai ke ukuran 1 terabyte.

Lalu apa saja jenis-jenis dan ukuran RAM yang banyak berseliweran di pasaran sekarang? Simak ulasannya!


RAM Terkecil hingga Terbesar

Saat ini, RAM secara umum menggunakan tipe RAM DDR 3. Namun demikian, sudah ada pengembangan yang baru dari tipe RAM ini, yaitu RAM DDR 4 dengan kapasitas yang jauh lebih besar, namun masih cukup jarang untuk bisa digunakan. Berikut adalah 4 jenis RAM berdasarkan socketnya:

  1. DDR 1
  2. DDR 2
  3. DDR 3
  4. DDR 4

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

jenis ddr ram

Dari berbagai RAM DDR ini, anda perlu memperhatikan dan mengetahui bagaimana caranya membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR3 dan kini DDR 4 agar pada saat ingin membeli perlengkapan hardware ataupun pengecekan spesifikasi yang tepat, tidak tertukar antara RAM DDR satu ke RAM DDR lainnya.

Berbagai macam ukuran RAM dari mulai yang terkecil hingga yang terbesar, berikut macam-macam ukuran RAM dari yang terkecil hingga yang terbesar, diantaranya:

1. Ukuran RAM dibawah 1 GB

ram 512kb

Memang, pada saat ini komputer atau laptop yang memiliki ukuran RAM dibawah 1 GB bisa dikatakan ketinggalan zaman dan kuno. Komputer atau laptop yang memiliki ukuran RAM dibawah 1 GB biasanya terdiri dari banyak kapasitas ukuran, mulai dari ukuran 512 KB hingga 512 MB.

Untuk RAM dengan ukuran seperti itu digunakan pada komputer di sekitar tahun 1990, dimana pada saat ini fungsi komputer masih terbatas hanya untuk office dan juga masih belum memiliki OS alias masih menggunakan command DOS untuk pengoperasiannya.

Untuk saat ini, memang sudah tidak digunakan lagi untuk RAM yang berkapasitas dibawah 1 GB, karena processor yang digunakan sudah tidak mendukung, baik dari segi kecepatan maupun socket dari RAM tersebut.

2. Ukuran RAM 1 GB

ram 1gb

Selanjutnya, seiring dengan teknologi yang semakin maju, RAM beranjak ke ukuran 1 GB, dengan kapasias ini merupakan jenis RAM dengan tipe DDR 1, yang saat ini sepertinya juga sudah jarang digunakan lagi.

Penggunaannya pun masih terbatas pada office dan juga pada beberapa game yang berukuran ringan, karena lebih banyak digunakan pada komputer dengan processor Intel di bawah Pentium 4 atau Pentium 3.

3. Ukuran RAM 2 GB

ram 2gb

Generasi berikutnya adalah jenis RAM DDR 2 dan DDR 3. RAM jenis DDR 2 dan DDR 3 ini memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB. Apabila digabungkan dengan processor yang memiliki dual slot memory, maka suatu komputer bisa menampung kapasitas RAM sebanyak 4 GB. Kapasitas RAM sebesar 4 GB sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komputer modern saat ini.

Dengan ukuran RAM 2 GB, suatu komputer atau laptop sudah bisa menjalankan multitasking dengan cukup baik, meskipun belum menyangkut multitasking pada aplikasi yang sangat berat. Namun untuk keperluan gaming, RAM dengan kapasitas 2 GB ataupun 2 x 2 GB sudah dirasa masih sangat kurang.

4. Ukuran RAM 4 GB

ram 4gb

Selanjutnya RAM dengan ukuran 4 GB, merupakan RAM generasi DDR 3. Bagi komputer atau laptop yang memiliki dual slot memory, bisa menggunakan 2 x 4 GB sehingga total memiliki kapasitas RAM sebesar 8 GB.

Pada saat ini hampir semua komputer ataupun laptop menggunakan RAM berjenis DDR 3 baik itu dengan menggunakan kapasitas 2 ataupun 4 GB. Hal ini menunjukkan bahwa, banyak laptop yang kapasitas RAM maksimalnya adalah 8 GB.

5. Ukuran RAM 8 GB

ram laptop 8gb

Untuk saat ini pengembangan baru untuk sebuah RAM pada komputer atau laptop adalah tipe DDR 4. Dimana jenis yang satu ini bisa terbilang sangat bagus dan mendukung kapasitas RAM dengan ukuran 8 GB.

Teruntuk anda yang memiliki hobi bermain game di komputer atau laptop, kapasitas RAM tersebut dapat kaliah pilih karena dapat menjalankan sebuah aplikasi dengan sangat baik dan juga dapat berjalan secara maksimal.

6. Ukuran RAM 16 GB

ram 16gb

Untuk anda yang masih belum puas dengan komputer atau laptop anda yang memiliki kapasitas RAM sebesar 8 GB, RAM jenis DDR 4 ini juga menawarkan kapasitas yang lebih besar lagi, yaitu RAM dengan ukuran sebesar 16 GB.

Kalau laptop atau PC anda mendukung dual-slot memory, anda dapat menggabungkan 2 RAM 16 GB sehingga akan memperoleh kapasitas RAM total sebesar 32 GB.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of