Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime

Samsung kembali mengeluarkan ponsel dengan harga murah dan spesifikasi yang keren ke pasaran. Tidak diragukan lagi, ponsel itu adalah Samsung Galaxy J7 Prime.

Galaxy J7 juga memiliki beberapa seri dengan fitur yang berbeda. Namun, usut punya usut, Galaxy J7 Prime juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membawanya pulang dari toko elektronik terdekat.

Nah daripada bingung jadi beli atau tidak, yuk langsung saja dilihat kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy J7 Prime di bawah ini!


Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime

Berikut adalah 5 kelemahan J7 Prime:

1. Tidak Ada Konektor untuk USB-C

Salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy J7 Prime adalah tidak adanya konektor untuk USB tipe C. Padahal, penggunaan USB tipe C sangat berguna karena bisa dicolok bolak-balik (tidak perlu salah colok lagi), serta kebanyakan port USB-C biasanya menggunakan USB 3.0 atau USB 3.1, sehingga mendukung kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi,

USB tipe C juga telah menjadi port standar dan banyak digunakan oleh smartphone terbaru.

2. Tak Punya Fitur Fast-Charging

Untuk Anda yang selalu bergerak dengan cepat, pasti juga membutuhkan fitur fast-charging untuk perangkat yang Anda gunakan.

Sayang sekali, Galaxy J7 Prime tidak dilengkapi oleh fitur mumpuni ini. Meskipun demikian, kalau anda tinggal di area perkotaan, pastinya tidak ada masalah karena anda bisa menemukan lubang colokan dimana-mana.

3. Tidak Ada Sensor Infrared

Berbeda dengan smartphone keluaran Xiaomi yang sudah terdapat sensor infrared, Samsung sepertinya masih ‘pelit’ untuk memasukkan fitur ini kedalam ponsel buatannya.

Ini sungguh mengecewakan karena infrared sensor bisa berguna untuk menjadi remote untuk mengontrol AC, TV dan yang lainnya.

4. Aplikasi Bawaan yang Tidak Penting (Bloatware)

Kerugian keempat dari Samsung Galaxy J7 Prime adalah ponsel ini dimuat dengan beberapa aplikasi yang tidak penting yang tidak dapat dilepas (uninstall) dan aplikasi ini dapat mengambil banyak ruang memori internal yang terpasang di dalamnya.

Sebenarnya sah sah saja sih jika Samsung menyisipkan beberapa aplikasi bawaan kedalamnya, asalkan bisa dihapus ya tidak masalah.

5. Baterai yang Rese

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy J7 Prime yang patut dipertimbangkan adalah baterainya yang tidak bisa dilepas. Jangan pernah mencoba untuk melepasnya karena Anda malah bisa merusaknya.


Kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime

Berikut adalah 5 kelebihan J7 Prime:

1. Layar dan Tampilan yang Super

Banyak kritikus yang bersikap sinis terhadap J7 Prime, karena layar ponsel ini terdiri dari panel TFT. Namun, fakta yang ada menegaskan sebaliknya.

Panel Full HD 5,5 inci pada Samsung J7 Prime sebenarnya terlihat cukup baik. Faktor TFT hanya muncul ketika Anda melihatnya dari sudut ekstrem, sesuatu yang sangat tidak perlu untuk dipedulikan.

Warna terlihat sangat mencolok berkat kehadiran AMOLED. Anda tidak dapat mengubah suhu warna dan kontras dari menu pengaturan, tetapi pilihan defaultnya cukup bagus kok.

Kecerahan maksimum yang dihadirkan pun cukup tinggi, sehingga visibilitas luar ruangan tidak menjadi masalah untuk Anda. Namun, Anda harus beralih ke tingkat kecerahan secara manual atau memeriksa mode luar pada layar ponsel Anda karena Samsung masih bersikeras untuk tidak menambahkan sensor cahaya pada ponsel seri J-nya.

2. Desain yang Menarik

Samsung tak berhenti memanjakan mata pembeli dengan desain ponsel mereka yang menarik. Galaxy J7 Prime terlihat sangat ‘elegan’ dengan body krom yang keren.

Bagian belakang J7 Prime terbuat dari logam dengan kualitas tinggi. Penempatan speaker pun tepat di tepi kanan tanpa merusak desain J7 Prime itu sendiri. Ponsel ini berbentuk sangat ramping dan mudah dibawa.

Sebenarnya, desain Galaxy J7 Prime cukup minimalis. Tak hanya itu saja, J7 Prime juga dilengkapi fitur fingerprint yang dapat membaca sidik jari Anda untuk membuka kunci pada ponsel (Anda harus menekan tombolnya terlebih dahulu).

Samsung juga menyediakan slot kartu MicroSD khusus dan slot kartu SIM ganda yang dipasang di tepi kiri ponsel.

3. Performa yang Stabil

Samsung Galaxy J7 Prime ditenagai oleh prosesor 1.6GHz Exynos 7870 octa-core yang dipasangkan dengan RAM 3GB dan penyimpanan sebesar 16GB. Ponsel ini juga didukung oleh penambahan kartu MicroSD hingga 256GB yang akan berguna bagi Anda.

Kabar baik bagi para gamers sejati! Galaxy J7 Prime tidak gampang nge-lag seperti ponsel lainnya. Anda bisa menggunakan ponsel ini dengan nyaman tanpa harus takut lemot.

Satu hal yang perlu diingat adalah data aplikasi tidak dapat dipindahkan ke memory card. Anda harus menyimpan semua game di penyimpanan internal.

Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan software TouchWiz berbasis Android Marshmallow yang bisa mengintegrasikan banyak fitur-fitur eksklusif J-series, aplikasi Microsoft, Google Apps dan beberapa Samsung Apps juga.

Fitur S-Planing dan Secure Folder adalah beberapa tambahan yang menarik yang sungguh bermanfaat dari Galaxy J7 Prime.

Dengan S-Planing, Anda dapat mengatur dan membuat pengingat dibeberapa tanggal untuk melakukan panggilan, mengakses penghemat baterai dan memilih kontak untuk meneruskan panggilan Anda jika baterai ponsel Anda mati. Ini bisa berfungsi bagi Anda yang malas men-charge baterai ponsel.

4. Kamera dengan Kualitas Bagus

Samsung Galaxy J7 Prime hadir dengan kamera yang memiliki kualitas pencahayaan yang bagus, baik di dalam maupun di luar ruangan. Fokus dan kecepatan pengambilan gambarnya pun patut diacungi jempol.

5. Kapasitas Baterai yang Besar

Walaupun baterainya tidak bisa dilepas, Samsung Galaxy J7 Prime memiliki kapasitas baterai yang sangat baik. Bahkan pada penggunaan yang berat, ponsel ini berhasil mempertahankan 30 hingga 40 persen baterai mereka.

Baterai J7 Prime dapat bertahan selama dua hari lho. Selain itu, bahkan dengan sisa baterai 5 persen sekalipun, Anda dapat mengaktifkan fitur penghemat baterai yaitu S Power Planning dan tidak perlu khawatir kehilangan panggilan penting untuk beberapa jam ke depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of