Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 8

Salah satu karya terbaik dari Samsung adalah Galaxy Note 8. Ukurannya yang pas serta bentuknya yang menawan membuat banyak orang tertarik untuk membeli ponsel satu ini.

Tak hanya desainnya yang bagus, Anda juga bisa menikmati banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh Galaxy Note 8.

Meskipun dilengkapi banyak fitur dan canggih dengan standar kualitas Samsung yang tinggi, tidak ada ponsel yang sempurna. Tentunya ada beberapa kekurangan yang mungkin patut Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini.

Nah untuk itu, yuk langsung saja simak ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Galaxy Note 8 di bawah ini!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2


Kekurangan Samsung Galaxy Note 8

Berikut adalah beberapa kekurangan Galaxy Note 8 yang perlu anda ketahui:

1. Harganya Terlalu Mahal

Menurut kami, alasan yang bisa dipakai bagi Anda untuk tidak membeli Galaxy Note 8 adalah karena harganya yang terlalu mahal.

Samsung mematok Galaxy Note 8 dengan harga yang tinggi. Sebenarnya tak masalah sih, tapi jika dibandingan dengan OnePlus 5 yang memiliki fitur tak kalah ‘jago’ dari Note 8, tentu saja ponsel buatan Samsung tidak sepadan untuk dibeli.

Anda perlu merogoh kocek sebesar 8 sampai 8,5 juta rupiah untuk memiliki Galaxy Note 8 ini.

2. Penempatan Fingerprint yang Buruk

Tak jauh beda dari Galaxy S8, lokasi sensor fingerprint Note 8 hampir sama buruknya. Menurut kami malah fingerprint di Note 8 yang paling jelek dan menyebalkan.

Fingerprint Note 8 berada lebih jauh dari kamera ketimbang yang dimiliki S8. Ukurannya bahkan terlalu kecil dan diposisikan terlalu tinggi pada bagian belakang handset.

3. Baterai Cepat Habis

Keputusan Samsung untuk membuat Note 8 dengan baterai yang jauh lebih kecil daripada Note 7 sebenarnya dapat dimengerti. Sayangnya, hal ini berarti Note 8 memiliki stamina baterai yang mengecewakan.

Layarnya yang mencapai 2.960 x 1.440 merupakan layar yang harus dihidupi oleh baterai berkapasitas 3.300mAh, dan ini merupakan hal yang sulit. Anda akan merasakan ponsel yang lebih cepat low-bat karena kapasitas baterainya yang kurang maksimal.

Anda pun perlu sering men-charge baterai atau mungkin membatasi penggunaan ponsel kalau tidak terlalu penting.

Anda dapat mencoba memperpanjang usia baterai dengan menurunkan resolusi layar menjadi 2.220 x 1.080 atau 1.480 x 720, atau mengaktifkan Mode Hemat Daya Sedang atau Maksimum (yang dapat mengurangi kecerahan dan resolusi layar, membatasi penggunaan baterai dan mematikan penggunaan jaringan background).


Kelebihan Samsung Galaxy Note 8

Berikut adalah beberapa kelebihan utama yang dimiliki Galaxy Note 8:

1. Spesifikasi Dewa

Tidak dapat disangkal, spesifikasi Galaxy Note 8 menjadi yang hampir mendekati sempurna.

Dengan touchscreen kapasitif AMOLED 6.3 “Infinity Display” yang digerakkan oleh GPU Adreno menggunakan prosesor Exynos Octa-core (bukan Exynos seri lama seperti Galaxy J7 Pro) dan 6 GB RAM, ponsel ini sangat layak untuk digunakan bagi Anda yang suka ‘kemewahan’.

Note 8 juga mempunyai memori 2x lipat lebih besar dari Apple iPhone 6 Plus. Tak lupa, Note 8 juga menawarkan fitur fast wireless charging alias pengisian baterai tanpa kabel.

Selain itu, Note 8 menyediakan folder yang aman di mana Anda bisa memisahkan file dan aplikasi pribadi. Fitur jagoan lain yang dikhususkan untuk pengamanan perangkat pun meliputi pemindaian iris dan fingerprint.

2. Desain yang Menawan

Samsung Galaxy Note 8 sebenarnya memiliki desain yang cukup sederhana. Namun, berhasil menjadi salah satu smartphone paling ‘tampan’ yang dijual di pasaran. Dalam segi desain, Galaxy Note 8 mungkin memenangkan kompetisi jauh diatas Apple.

Tampilan depan Note 8 hampir seluruhnya merupakan layar, dan bagian pojoknya menyatu dengan bingkai handset, membuat layar terlihat sangat cemerlang dan mengkilap. Hal ini juga yang membuat ponsel saingannya terlihat kuno dan ketinggalan jaman.

3. Tambahan S-Pen yang Keren

Stylus S-Pen adalah salah satu fitur bawaan dari Note, dan versi yang dijual bersama dengan Note 8 adalah perangkat kecil yang fantastis.

S pen galaxy note 8

S-Pen dapat dikeluarkan dari ponsel hanya dengan sekali klik, dan jika Anda melakukan hal itu, ponsel akan otomatis meluncurkan berbagai aplikasi yang memang dirancang khusus untuk digunakan bersama dengan S-Pen.

Salah satu aplikasi yang bisa dicoba adalah Screen-Off Memo, yang memungkinkan Anda untuk menuliskan catatan dan dapat Anda pin ke layar (tetap bisa dilihat walaupun ponsel terkunci). Ini sangat sempurna bagi Anda yang doyan berbelanja tapi malas membuat daftar belanjaan.

S-Pen juga ideal digunakan untuk menggambar. Sebuah kolaborasi yang sempurna pada Note 8 karena layarnya yang besar bisa digunakan sebagai ‘kanvas’ virtual Anda.

4. Kualitas Kamera yang Ciamik

Perbedaan terbesar antara Note 8 dan ponsel lainnya ada pada kameranya. Note 8 menggunakan pengaturan dual kamera yang menggabungkan lensa foto 12 MP dengan sensor sudut lebar sebesar 12 MP.

Fitur utama yang ditawarkan oleh Galaxy Note 8 adalah Live Focus, yang memungkinkan Anda mengaburkan background gambar untuk membuat subjek utama benar-benar menonjol.

Fitur ini juga cukup mudah untuk digunakan, Anda hanya perlu mengambil gambar yang berjarak tidak lebih dari 1,2m dari subjek utama Anda, dan tinggal ‘cekrek’ deh.

Anda juga dapat menyesuaikan bokeh ke tingkat yang Anda inginkan, dan efek ini dapat bekerja dengan sangat baik, terutama untuk mengidentifikasi bagian yang ingin Anda blur sambil menjaga bagian utama bidikan untuk tetap dalam fokus.

5. Aplikasi yang Dapat Terhubung Satu Sama Lain

Fitur yang tersedia di Galaxy Note 8 ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya dan Anda pun bisa membuka keduanya secara bersamaan, dalam tampilan layar terpisah, hanya dengan satu ketukan jari Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of