Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S8

Salah satu produk Samsung yang sedang gencar dicari adalah Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Karena bentuk serta desainnya yang ciamik, Samsung Galaxy S8 menjadi smartphone dambaan banyak orang.

Smartphone ini juga banyak menawarkan fitur mumpuni yang mungkin saja tidak dimiliki oleh ponsel lainnya. Namun, tetap saja di mana ada kelebihan, di situ sudah pasti ada kekurangan.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S8 ini supaya tak salah beli HP. Yuk langsung disimak saja informasi lengkapnya di bawah ini!


Kekurangan Samsung Galaxy S8

Berikut adalah 4 kekurangan Samsung Galaxy S8:

1. Lokasi Fingerprint yang Kurang Pas

Mirip Galaxy Note 8, lokasi fingerprint Galaxy S8 juga bisa dibilang buruk.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ memiliki fingerprint yang bersebelahan dengan kamera belakang.  Tidak seperti Galaxy S7, di mana sidik jari terletak di sweet spot yang pas dan nyaman yaitu tepat di bagian bawah layar.

Dengan fingerprint yang ditempatkan lebih tinggi daripada ponsel lainnya, Anda pun perlu menjangkau jari dengan lebih keras karena letak fingerprint yang cukup jauh. Menurut kami, malah sebenarnya Anda membutuhkan 2 tangan agar pas menjangkau ke arah fingerprint.

2. Masalah Bloatware

Tak jauh beda dengan Galaxy J7 Pro, Samsung Galaxy S8 memiliki banyak sekali bloatware. Bloatware sendiri adalah aplikasi yang dipasang pada perangkat Android oleh pabrik yang membuat perangkat yang terkadang dapat mengancam keamanan perangkat dari serangan peretas.

Dengan menggunakan smartphone ini, Anda bisa memiliki dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat. Misalnya, 2 kalender, 2 browser, 2 pemutar musik, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa terjadi karena salah satu aplikasi adalah aplikasi buatan Google (ingat bahwa S8 memakai android). Sedangkan, aplikasi yang lainnya adalah aplikasi buatan Samsung.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa terus bekerja di background perangkat dan dapat mengurangi kinerja serta usia baterai. Sebenarnya, Anda dapat menonaktifkan dan menghapus aplikasi itu, tetapi akan sulit karena satu aplikasi terhubung ke aplikasi lainnya.

3. Kurangnya Kapasitas Baterai

Samsung Galaxy S8 dan S8+ memiliki kapasitas baterai 3000 dan 3500 mAh. Sedangkan pendahulunya yaitu S7 dan S7 Edge memiliki kapasitas baterai sebesar 3000 dan 3600 mAh, keduanya dikategorikan sebagai smartphone dengan kualitas baterai yang bagus.

Masalahnya adalah, S8 memiliki ukuran layar 5,8 inci dan S8 + 6,2 inci. Namun, Samsung mengemas kapasitas baterai sama dengan pendahulunya (seri S7). Malah, Galaxy S7 edge memiliki kapasitas yang sedikit lebih tinggi daripada S8+.

Hasilnya adalah  Galaxy S8 memiliki daya tahan baterai yang lebih rendah yang bisa bertahan selama 3 sampai 5 hari, berbeda dengan seri Galaxy S7 yang dapat hidup hingga 4-6 hari.

Hal ini menjadikan Galaxy S8 bukan ponsel yang ideal untuk pelancong jarak jauh, kecuali jika Anda ingin mempunyai powerbank. Namun, Galaxy S8 masih dilengkapi dengan fitur fast-charging.

Cek juga: 5 Ponsel Yang Cocok Untuk Orang Tua!

4. Gampang Kotor

Galaxy S8 memiliki sebagian besar elemen yang terdiri dari kaca. Seperti  produk ponsel Samsung lainnya, ini hanya akan menghasilkan banyak bekas sidik jari menempel pada kaca dan kemudian membuat ponsel menjadi kotor dan terlihat kusam.


Kelebihan Samsung Galaxy S8

Berikut adalah 6 keunggulan Samsung Galaxy S8:

1. Desain yang Fantastik

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, Galaxy S8 dan S8+ adalah smartphone yang sangat ‘cantik’. Ponsel ini memiliki desain luar biasa yang bisa dilihat dari sisi manapun.

Galaxy S8 dan S8+ dilengkapi dengan bentuk yang ‘pas’ dan tetap nyaman digenggam karena ukurannya tidak terlalu besar. Samsung juga berhasil mengepak ponsel ini dengan penuh gaya.

2. Tampilan yang Luar Biasa

Tampilan top-notch pada Galaxy S8 benar-benar membuat perbedaan yang besar. Jika Anda menginginkan ponsel yang dilengkapi dengan tampilan luar biasa, Samsung Galaxy S8 adalah ponsel yang tepat.

Muncul dengan tampilan ‘Infinity’, Samsung menetapkan standar baru untuk pengalaman bermain smartphone yang mendalam. Galaxy S8 memiliki layar AMOLED 5,8 inci yang cerah, tajam dan sangat menakjubkan. Smartphone ini juga menawarkan kontras yang fantastis.

3. Hardware dan Spesifikasi Terbaik

Seperti biasa, flagships Samsung hadir dengan perangkat keras dan spesifikasi yang sangat baik. Galaxy S8 memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 835 (di Amerika Serikat), dan Samsung Exynos 8895 (di Eropa dan Asia).

Apa lagi kelebihannya? RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Jika Anda menemukan bahwa 64 GB tidak cukup bagi Anda, Anda dapat mengembangkannya hingga 256 GB lho.

4. Kamera yang Super Cemerlang

Salah satu kelebihan dari Galaxy S8 adalah kameranya yang memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan aperture f 1.7 dan kamera depan 8 MP dengan aperture yang sama bagusnya. Ada 8x pembesaran digital, pemrosesan gambar multi-bingkai, mode pro dan masih banyak lagi.

5. Fitur dan Keamanan Tambahan

Samsung Galaxy S8 dan S8+ hadir dengan begitu banyak fitur keren. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, seperti mode satu tangan, filter cahaya biru, dan lainnya.

Jika Anda memerlukan ponsel dengan tingkat keamanan yang canggih, S8 adalah pilihan bagus. Anda dapat membuka kunci perangkat Anda dengan banyak cara, termasuk menggunakan fingerprint dan pemindai mata.

Jika Anda ingin memastikan semua file, foto, dan hal-hal lain yang tersimpan agar tidak tersebar, Anda dapat mengatur folder di mode aman.

6. Anti Air

Di antara banyak hal keren yang dimiliki ponsel ini, ternyata ponsel ini juga tahan air lho. Tak hanya itu saja, mereka juga dapat tahan terhadap debu. Galaxy S8 dan S8+ datang dengan peringkat IP68. IP adalah singkatan dari International Protection Marking, dan digit angka yang ada dibelakangnya menunjukkan ketahanan perangkat terhadap debu dan air.

Digit angka pertama adalah untuk debu dan yang kedua untuk air. Misalnya, ambil contoh iPhone 7 yang bersertifikat IP67. Jadi, dalam hal tahan debu, iPhone 7 dan Galaxy S8 berada di peringkat yang sama. Namun, berbeda dengan hal tahan air, Samsung S8-lah yang menang. Ponsel ini bisa berada di dalam air sedalam 1,5 m selama 30 menit.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of