Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 (PENTING!)

Siapa sih yang tidak kenal dengan sistem operasi satu ini? Ya, Windows 10! Setelah sebelumnya kita sudah lebih dulu mengenal Windows 7, Windows 8, Windows Vista dan Windows XP, sekarang hampir semua pengguna Windows sudah berpindah ke Windows 10.

Kenapa mesti diberi nama Windows 10 dan bukan Windows 9? Usut punya usut, ini terjadi karena Windows 10 merupakan platform jangka panjang yang komprehensif dan Microsoft merasa sistem operasi ini tidak cocok jika dinamakan Windows 9.

Dirilis pada 29 Juli 2015, sistem operasi ini bisa digunakan secara gratis dan untuk Anda yang menggunakan Windows 7 atau 8 bisa langsung meng-upgrade perangkat Anda ke sistem operasi teranyar ini.

Nah, sebelum Anda berniat membeli PC dan beralih sepenuhnya ke Windows 10, ada baiknya Anda memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari Windows 10 yang akan kami ulas dengan lengkap di bawah ini. Yuk langsung disimak saja!


Kelebihan Windows 10

1. Fitur Modern yang Canggih

Sebagai sistem operasi terbaru, Microsoft sudah melengkapi Windows 10 dengan berbagai macam fitur mumpuni dan berbeda dengan Windows sebelumnya.

Windows 10 memiliki fitur setting yang terintegrasi dengan Drive yang ada, jadi Anda tak perlu khawatir kehilangan akses data dan sebagainya.

Windows 10 juga sangat up-to-date yang terbukti dengan konsep Always Sync yang diusung oleh mereka. Tak lupa juga dengan fitur Windows Mixed Reality dan upgrade browser Edge yang semakin menambah keseruan ketika menggunakan Windows 10.

2. Kompatibel untuk Dipasang Disemua Perangkat

Jangan khawatir, Windows 10 bisa dipasang hampir disemua perangkat Anda. Tak hanya komputer atau notebook saja, tapi juga bisa digunakan di  tablet bahkan smartphone Anda.

3. Pas untuk Main Game

Ini dia kabar bagus untuk para gamers. Mengupdate perangkat Anda dengan sistem operasi Windows 10 merupakan pilihan yang sangat tepat karena Windows 10 memang dirancang supaya Anda lebih leluasa untuk memainkan game kesukaan Anda.

Windows 10 sudah dilengkapi dengan DirectX 12 yang memang begitu powerful dan terkoneksi dengan hardware yang biasa Anda gunakan untuk bermain game.

Cek juga: 8 Cara Efektif Membersihkan RAM Laptop!

4. Menu Start yang Praktis

Berbeda dengan Windows 8 yang banyak dikeluhkan karena memiliki menu start yang sulit digunakan dan kurang efisien, Windows 10 mempunyai menu start yang sangat praktis dan dinamis.

Mungkin Anda menyadari bahwa menu start yang ada di Windows 10 mirip seperti perpaduan antara menu start dari Windows 7 dan Windows 8.

5. Memiliki Fitur Virtual Dekstop

Virtual Desktop merupakan salah satu fitur unggulan yang ada pada Windows 10. Virtual Desktop sendiri merupakan teknologi yang bisa membantu Anda untuk membuat beberapa desktop sesuai dengan keinginan Anda.

Teknologi ini berfungsi untuk Anda yang memerlukan pencarian file dengan cepat dan tepat. Tak hanya itu saja, dengan fitur ini Anda bisa berpindah desktop dengan mudah.

Cek Juga : Cara mudah membuat hotspot di laptop

6. Jauh Lebih Aman

Windows 10 memiliki sistem keamanan yang keren. Ada beberapa fitur security yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan perangkat Anda. salah satunya adalah Windows Hello yang memiliki cara yang mirip seperti smartphone yaitu retina scanner atau fingerprint.

Anda juga tidak memerlukan software tambahan untuk antivirus karena keamanan pada Windows 10 sendiri sudah ketat.

7. Cocok Digunakan untuk Multitasking

Windows 10 lebih cocok digunakan untuk multitasking. Sebenarnya tak jauh beda sih dari versi pendahulunya Windows 7 dan 8, tapi Anda akan lebih terbantu dengan menggunakan Windows 10 ini.

Sistem operasi terbaru ini memudahkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu layar yang sama.

8. Aktivasi yang Gampang

Kalau Anda masih menggunakan sistem operasi versi lama, ada baiknya segera diupgrade ke Windows 10 yang akan memudahkan perangkat untuk terhubung dengan Microsoft Account.

Rincian aktivasi akan tersimpan secara otomatis pada akun Microsoft Anda yang berbentuk Digital Entitlement License.

9. Sistem Operasi yang Lebih Touch-Friendly

Windows 10 memiliki dukungan maksimal untuk perangkat touchscreen seperti tablet, laptop biasa hingga ke type hybrid. Windows 10 memang merupakan sistem operasi yang paling cocok digunakan untuk touchscreen.


Kekurangan Windows 10

Windows 10 error

1. Agak Sulit Dioperasikan

Windows 10 sepertinya agak sulit untuk digunakan oleh orang awam. Alih-alih membuat sistem operasi yang memudahkan, Microsoft malah membuat Windows 10 untuk orang yang sudah terbiasa memakai komputer.

Windows 10 juga tidak terlalu user-friendly seperti Windows 7. Ya sebenarnya bisa karena terbiasa kan. Jadi sebaiknya biasakan diri Anda untuk menggunakan Windows 10 supaya lebih terbiasa.

2. Sering ‘Update’

Windows 10 juga belum sepenuhnya ‘sempurna’. Masih banyak pembaruan yang datang dari Microsoft dan Anda mesti siap untuk sering meng-update perangkat Anda

Dikarenakan programnya yang masih belum ‘utuh’, Windows 10 jadi punya performa yang kurang maksimal.

3. Tidak untuk Keperluan Biasa

Windows 10 juga sepertinya tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari karena Windows 10  belum sepenuhnya ‘final’ dan masih ada banyak pembaruan yang harus Anda lakukan.

4. Sering Ganti Experience

Kekurangan lainnya yang ada di Windows 10 adalah perubahan yang rutin terjadi termasuk ke UI dan UX-nya.

Banyaknya perubahan ini juga mungkin bisa mengganggu Anda yang tidak mengikuti perkembangan tentang Windows 10.

Walaupun ini merupakan perubahan yang baik, namun tetap saja Anda akan merasa keteteran dengan perubahan di Windows 10 yang begitu cepat.

5. Boros Kuota Internet

Banyaknya update membuat Anda bisa dengan cepat kehabisan kuota internet. Berbeda dari versi Windows sebelumnya, Windows 10 mengharuskan Anda untuk update beberapa kali sebulan hingga update tahunan.

6. Windows Store yang Belum Lengkap

Kekurangan terakhir yang patut diperhatikan adalah aplikasi yang ada masih belum atau kurang lengkap. Aplikasi yang ada pun masih berupa aplikasi biasa (win32).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of