Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi Redmi Note 3 menjadi salah satu produk smartphone yang paling dicari karena spesifikasi yang oke namun memiliki harga yang terjangkau. Seperti yang sudah kamu ketahui, untuk Xiaomi, harga murah bukan berarti tidak memiliki kualitas.

Xiaomi sendiri adalah sebuah brand yang sudah tidak asing dan sudah banyak digunakan oleh para pecinta gadget di tanah air. Walaupun smartphone ini sudah cukup lama rilis, namun peminatnya sampai sekarang masih banyak karena performa yang cukup handal sehingga sangat mudah untuk melibas game ponsel yang menggunakan resolusi HD seperti PUBG ataupun Mobile Legends.

Kali ini kami akan memberikan review dan rekomendasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 3 yang menjadi primadona di kalangan para gamer saat ini.


Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

1. OS

Smartphone ini masih menggunakan OS Android v5.0 Lollipop dan belum menyediakan upgrade ke versi Android terbaru. Selain itu masih menggunakan MIUI versi 8 dan harus melakukan upgrade OTA untuk bisa menggunakan MIUI versi 10 namun tidak bisa upgrade ke MIUI 11 yang rencananya rilis pada akhir 2019.

2. Non Removable Battery

Smartphone ini menggunakan Non Removable Battery alias menggunakan baterai tanam yang penggantiannya tidak semudah baterai biasa pada umumnya, selain itu harganya lebih mahal dibandingkan baterai biasa.

Jadi, pengguna smartphone ini sebaiknya selalu menjaga pola pemakaian dan charging karena kalau baterainya sudah drop cukup memakan biaya, baik biaya baterainya ataupun biaya servis penggantian baterainya.

3. Belum Ada Screen Protection

Smartphone ini belum memiliki proteksi pada layar seperti pada smartphone kelas atas. Namun kamu biasa menyiasatinya dengan menggunakan screenguard ataupun tempered glass supaya layar selalu terlindungi.

4. Kamera Depan Tanpa Flash

Walaupun kamera depan smartphone ini cukup mumpuni dengan resolusi 5MP, tapi masih belum dilengkapi dengan LED Flash. Jadi kalau kamu sedang berselfie ria di tempat yang minim pencahayaan hasilnya tidak akan maksimal, tapi tidak ada masalah ketika menggunakannya di tempat terbuka dengan pencahayaan bagus.

5. Overheat dan Boros Baterai

Hal ini cuma akan kamu temukan jika menggunakan versi biasa dengan prosesor mediatek. Mediatek fokus pada kemampuan grafis yang tinggi, namun efek sampingnya adalah mengorbankan baterai supaya mendapatkan grafis yang maksimal.

Efek samping yang lain adalah mudah panas karena “memaksa” smartphone bekerja maksimal. Namun pada versi pro dengan prosesor snapdragon kamu tidak akan menemukan masalah ini.

Baca juga: Cara Masuk dan Keluar Fastboot Xiaomi


Kelebihan Xiaomi Redmi Note 3

1. Baterai dan Memory yang Besar

Kapasitas baterai yang dimiliki smartphone ini terbilang besar hingga 4,050 mAH. Dengan kapasitas sebesar ini Xiaomi redmi note 3 dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu juga sudah mendukung fast charging sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama dalam melakukan charging.

Kapasitas memory internal sebesar 16 GB dirasa cukup besar untuk menampung semua kebutuhanmu sehari hari. Kalau kamu merasa kurang, kamu masih bisa menambahkan memory eksternal hingga 32 GB. Dengan kapasitas memory sebesar ini kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan ruang penyimpanan.

2. Desain Berkelas

Xiaomi redmi note 3 dibalut dengan material logam matte finish sehingga keren dan nyaman digunakan. Material yang digunakan sangat halus jadi tidak ada sidik jari yang tertinggal.

Selain itu, smartphone ini juga sangat nyaman digenggam karena tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu tebal. (Lihat 5 model hp terburuk sepanjang sejarah)

3. Resolusi Kamera Tinggi

Apa sih yang dicari dari sebuah smartphone kalau bukan kamera? Xiaomi redmi note 3 memiliki kamera utama dengan resolusi 13MP dan kamera depan sebesar 5MP. Juga mendukung perekaman video FHD dengan resolusi hingga 1080P. Kalau kamu hobi selfie dan berfoto ria, smartphone ini pilihan yang cukup bagus di kelasnya.

4. Keamanan Tinggi

Kalau kamu menganggap lock screen biasa tidak dapat menghindarkanmu dari tangan jahil dan password membuat ribet saat akan membuka smartphone, maka kamu bisa menggunakan fitur fingerprint untuk membuka layar smartphone kamu. Jadi kalau ada orang lain yang mencoba membuka, maka akan langsung ditolak oleh fitur fingerprint ini. Sangat aman bukan?

5. Dapur Pacu Handal

Xiaomi redmi note 3 memiliki dapur pacu handal terbaik di kelasnya dengan menggunakan prosesor Mediatek MT6795 Helio X10 Octa-Core 2.0 Ghz yang didukung GPU PowerVR G6200, 700MHZ. Chipset ini sangat powerful dikelasnya dan cukup optimal saat digunakan untuk bermain game. (Baca chipset terbaik untuk smartphone gaming)

Sementara versi pro akan menggunakan prosesor Snapdragon 650 64-bit hexa-core 1.8 GHz yang didukung GPU Adreno 510.

6. Konektivitas Terbaik

Ponsel pintar ini sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk mengakses internet super cepat. Selain itu juga mendukung dual SIM Card yang keduanya dapat terkoneksi 4G LTE, jadi kamu tidak perlu memindah kartu saat ingin berganti koneksi internet dengan kartu kamu yang lain.


Ada plus minus dari setiap ponsel yang dirilis, termasuk juga pada Xiaomi Redmi Note 3. Smartphone ini tersedia dalam dia versi, versi biasa dan pro dimana kamu bisa memilih dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Apabila budget yang kamu miliki terbatas kamu bisa memilih versi biasa dengan prosesor Mediatek, namun kalau memiliki budget yang sedikit lebih tinggi kamu bisa memilih versi pro dengan prosesor Snapdragon.

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments