Kenapa Gojek Mengubah Logonya?

Gojek merupakan salah satu super app yang memiliki gelar decacorn pertama di Indonesia. Hal ini berkat kepiawaian Nadiem Makarim yang merupakan salah seorang Co-Founder dari Gojek dengan ide-ide cemerlang dan kepemimpinannya yang ciamik.

Awalnya Gojek muncul dengan logo seseorang yang sedang standing dengan menggunakan motornya, dengan logo yang memiliki nuansa penuh berwarna hijau. Logo ini begitu melekat di hati pelanggannya saat itu.

Akan tetapi kemudian Gojek berani melakukan gebrakan baru yang cukup kontroversial. Dimana Gojek memilih untuk mengubah logonya secara keseluruhan. Logo yang sebelumnya sudah melekat begitu baik di masyarakat dipertaruhkan ke dalam satu logo baru.

Pertanyaan yang tentu saja membuat kita mengerenyitkan dahi kita, kenapa Gojek mau repot-repot mengubah logonya dan apa sebenarnya makna di balik perubahan logo Gojek.


Perubahan Logo Gojek: Cerita dari Dalam

perubahan logo gojek

Di awal sebenarnya keputusan untuk mengubah logo merupakan sebuah keputusan yang cukup membuat syok, namun sekaligus membuat para karyawan Gojek excited. Bagaimana tidak, keputusan ini tentu saja ditengarai bisa mengorbankan banyak hal, dan yang terpenting bisa mengorbankan identitas perusahaan.

Menurut pengakuan para pekerja di Gojek, perubahan logo ini awalnya membuat pikiran mereka berkecamuk. Mengubah logo gojek berarti mengubah seluruh atribut yang sudah dicetak, hingga pengubahan branding secara umum.

Meski demikian alasan utama dari berubahnya Gojek adalah logo awal yang digunakan oleh mereka dianggap sudah lagi tidak sesuai dengan layanan yang saat ini diberikan oleh perusahaan tersebut.

Logo awal mereka yang terinspirasi dari abang-abang ojek, tentu saja masih cocok dengan layanan yang mereka keluarkan di awal-awal perusahaan ini berdiri yakni layanan ojek online yang saat itu terbilang baru.

Setelah perundingan yang cukup panjang, akhirnya tim Gojek sepakat untuk membuat logo baru mereka yang diberi nama dengan Solv. Logo yang menurut kami simpel namun tentu saja pasti memiliki banyak arti di dalamnya.

Mendesain logo solv gojek

Solv sendiri terdiri dari satu lingkaran kecil berwarna hijau, yang dikelilingi garis tebal berwarna hijau. Menariknya logo ini bisa dimaknai secara luas dan amat bergantung dari sudut pandang orang yang melihat.

Menurut staf dari Gojek sendiri, logo ini bahkan bisa dilihat sebagai:

  1. Tombol power, yang bisa memiliki makna sesuai dengan misi yang dipunya oleh Gojek yakni untuk mendorong orang-orang untuk hidup lebih bebas.
  2. Sebagian orang melihat logo ini sebagai ikon pencarian dimana bisa dimaknai sebagai Gojek yang merupakan perusahan tempat orang-orang mencari berbagai macam hal untuk kehidupan mereka sehari-hari.
  3. Sebagian lagi melihat driver Gojek yang dikelilingi oleh orang-orang, yang dilihat dari atas.

Apapun itu, perubahan logo Gojek menurut kami merupakan salah satu breakthrough menarik yang pernah dibuat oleh suatu perusahaan besar. Mempertaruhkan banyak hal di awal, dan ternyata bisa semakin sukses saat ini.


Mengapa Gojek Mengubah Logonya?

kenapa gojek mengubah logonya

Memang, mengganti logo suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah. Gojek melakukannya dan itu berhasil, oleh karena itulah hal ini merupakan hal yang patut kita apresiasi. Nah tapi sebenarnya apa alasan Gojek mengubah logonya?

Menurut keterangan yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak Gojek, perubahan logo merupakan salah satu upaya rebranding sehingga mampu merefleksikan perjalanan perusahaan Gojek mulai dari layanan transportasi roda dua hingga saat ini mengelola berbagai layanan jasa di Indonesia.

Selain itu ada beberapa alasan khusus yang diungkapkan oleh Fatema Raja yang merupakan UX Lead Gojek mengenai alasan Gojek mengubah logonya yang fenomenal itu.

Visibilitas – salah satu alasan penting mengapa logo Gojek yang begitu fenomenal diubah adalah karena logo tersebut tidak cukup baik bila dilihat dari posisi tertentu. Pada jarak yang cukup jauh, logo Gojek yang lama akan sulit terlihat sehingga membuat pengenalan dan edukasi brand pada masyarakat menjadi tidak optimal.

Fleksibilitas – bila di awal Gojek hanya memiliki layanan transportasi online serta pengiriman logistik online, saat ini diketahui gojek sudah memiliki dua puluhan lebih layanan jasa yang bernaung dibawah enam sub kategori.

Bila menggunakan logo yang lama Gojek kemudian berpotensi kehabisan warna dan tentu hal ini merupakan hal yang kurang baik di dalam dunia branding. Perubahan logo ini kemudian diikuti dengan rebranding anak-anak usaha milik Gojek yang digolongkan berdasarkan warna.

Beberapa pilihan warna yang kemudian digunakan setelah melakukan rebranding adalah sebagai berikut ini:

  1. Warna hijau yang melambangkan layanan jasa seputar logistik serta transportasi daring.
  2. Warna merah yang merepresentasikan layanan jasa makanan.
  3. Warna biru yang melambangkan layanan finansial dan pembayaran milik Gopay.
  4. Warna merah muda yang melambangkan layanan hiburan.
  5. Warna oranye yang melambangkan layanan belanja kebutuhan harian.
  6. Warna ungu yang melambangkan layanan bisnis.

Intinya setelah membuat logo yang baru, Gojek kemudian bisa merapikan seluruh brand yang mereka miliki. Hasilnya tentu saja pengenalan dan edukasi brand yang jauh lebih baik dan optimal kepada masyarakat.

Transformasi – sama seperti sebelumnya, perubahan logo Gojek saat ini dirasa penting untuk melepaskan identitas mereka di awal-awal kemunculannya yakni sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ojek online.

Dengan transformasi ini diharapkan para pelanggan akan teredukasi bahwa Gojek saat ini sudah menjelma menjadi perusahaan super yang memiliki layanan jasa nyaris di semua lini kehidupan, dan bukan hanya layanan jasa ojek online saja.

Penegasan visi – selain berdampak bagi para pelanggan dan masyarakat, ternyata perubahan logo Gojek juga berdampak besar bagi tim internal dan seluruh karyawan yang bekerja di Gojek loh.

Dengan perubahan logo ini maka secara tidak langsung, mau tidak mau, dan suka tidak suka, Gojek telah menegaskan bahwa saat ini mereka bergerak di bidang lifestyle dan bukan lagi persoalan ojek online saja.

Hal ini tentu nantinya akan berdampak besar bagi mental serta cara kerja karyawan Gojek. Meski ‘hanya’ perubahan logo, tapi ternyata memiliki dampak yang begitu besar ya!


Apa Makna Logo Gojek yang Baru?

makna logo baru gojek

Logo Gojek yang baru dibuat saat ini, sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas, diberi nama Solv yang merupakan salah satu logo yang diklaim unik, berbeda dengan para kompetitor, mudah diingat, serta bisa digunakan untuk branding di berbagai tempat karena ke-simpel-annya.

Solv sendiri dihadirkan sebagai salah satu solusi dari permasalahan dan kebutuhan konsumen Gojek, alias Solver. Menurut pihak Gojek sendiri, Solv merefleksikan satu tombol serba guna yang dapat digunakan untuk semua.

Lingkaran berwarna hijau menurut pihak Gojek bisa melambangkan ekosistem Gojek yang tangguh, solid, dan tentu dapat memberikan manfaat yang besar untuk semua kalangan yang terlibat dengan Gojek.

Tapi di sisi lain mereka pun tidak mengelak bila ada orang yang mengartikan logo ini sebagai arti yang lain. Intinya sih logo ini merupakan wujud transformasi Gojek yang semula menjadi pemecah masalah transportasi (ojek online) menjadi pemecah nyaris seluruh masalah kebutuhan konsumennya (Solving – Solv).

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments