14 Keyboard Mechanical Terbaik di Indonesia (2021)

Laptop atau PC saja tidak cukup, saat ini ada banyak peripherals yang bermunculan dan dijual dengan harga yang beragam. Salah satunya adalah keyboard mechanical, peripherals ini mulai mendapatkan tempat setidaknya dalam 3 tahun terakhir.

Bagi kamu khususnya generasi milenials, kebanyakan mungkin tidak pernah merasakan keyboard mechanical. Karena saat ini kebanyakan pabrikan membuat keyboard membrane switch dengan alasan mudah dibuat dan tentu saja harganya relatif lebih murah.

Perbedaannya dengan keyboard mechanical adalah dari mekanismenya, bila keyboard membran menggunakan rubber dome yang relative tahan lama maka keyboard mekanik menggunakan pegas mekanik yang tahan lama dan memberikan spring effect yang khas.

Nah tapi keyboard mekanik apa saja yang layak dibeli saat ini? Ini dia 14 keyboard mekanik terbaik yang bisa kamu pergunakan di tahun 2021!

Cek juga: Pilihan Keyboard Mechanical Murah dan Berkualitas


1. SteelSeries Apex Pro

SteelSeries Apex Pro

Penggunaan Gaming | RGB Ya | Harga Rp 2.800.000,-

SteelSteries Apex Pro merupakan salah satu keyboard yang cukup legendaris dimana keyboard mekanik ini banyak digunakan oleh para pemain game saat ini. Meski demikian kamu tetap bisa menggunakannya untuk harian kok.

Terbuat dari bahan alumunium yang membuatna cukup solid, SteelSeries Apex Pro menggunakan double-shot ABS keycaps yang terasa sangat kuat dan menurut kami akan tahan lama di dalam penggunaan sehari-hari.

Keunggulan lain dari keyboard mechanical yang satu ini adalah wrist rest yang diberikan, yang bisa kamu lepas. Tentu saja hal ini membuat keyboard mekanik dari SteelSeries ini menjadi semakin ergonomis dan bisa membuat pengalaman gaming-mu semakin baik.

Keyboard mekanik ini sangat diminati karena menggunakan teknologi switch OmniPoint dimana teknologi ini memberikan penggunanya keleluasaan untuk menentukan nilai aktuasi menggunakan software bawaan.

Artinya kamu yang ingin menggunakan keyboard ini dalam fast paced game bisa membuat nilai aktuasi serendah mungkin. Bahkan misalnya bagi kamu pemain CSGO bisa membuat tombol WASD dengan nilai aktuasi rendah, namun tombol G tinggi agar tidak mudah tertekan.

Akan tetapi kekurangan dari SteelSeries Apex Pro adalah tidak ditemukannya dedicated macro keys yang merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemain MMO. Tapi selain itu sih menurut kami keyboard gaming yang satu ini sangat layak untuk kamu beli.

Lihat: Kenapa Keyboard Kita QWERTY? Apa Sejarahnya?


2. Razer BlackWidow Elite

Razer BlackWidow Elite

Penggunaan Gaming, Office, Mixed | RGB Ya | Harga Rp 2.500.000,-

Razer memang tidak pernah mengecewakan ketika mengeluarkan peripherals untuk para gamers. Termasuk keyboard mekanik Razer BlackWidow Elite ini, dari bentuk saja sudah tampak sangat menggiurkan.

Nah menariknya meski memang dibuat khusus untuk para gamers, keyboard mekanik Razer BlackWidow Elite ini sangat enak untuk digunakan mengetik. Alias sangat typist friendly dan bisa digunakan bagi kamu yang mengetik untuk bekerja sehari-hari.

Keycaps yang terbuat dari plastik ini pun menurut kami tidak tampak murahan, apalagi keyboard mekanik yang satu ini sudah mendukung RGB sehingga memang tetap membawa kesan gaming yang khas.

Selain itu keyboard Razer BlackWidow Elite juga tergolong ke dalam salah satu keyboard mekanik yang paling ergonomis. Belum lagi wrist rest detachable yang juga menurut kami sangat empuk dan, keren!

Menggunakan Razer Orange Switches, laptop ini menurut kami sudah memiliki kualitas yang oke. Switch yang dimiliki cukup senyap, memberikan tactile feedback, dan bahkan menurut kami bisa disejajarkan dengan switch Cherry MX Brown.

Selain itu keyboard mekanik yang satu ini juga memiliki dedicated media keys serta key macro yang tentunya sangat berguna bagi para pemain MMO. Satu-satunya kekurangan dari keyboard ini adalah belum wireless sehingga cukup mengganggu pandangan. Tapi secara kualitas dan performa, tidak perlu ditanya!


3. Logitech G915 TKL

Logitech G915 TKL

Penggunaan Office, Gaming, Tablet | RGB Ya | Harga Rp 4.000.000,-

Dengan harganya yang mencapai Rp 4 juta, tentu saja kualitas yang dimiliki oleh Logitech G915 TKL ini luar biasa baik. Bahkan menurut kami keyboard mekanik yang satu ini adalah yang terbaik di kelas wireless.

Beberapa keunggulan dari keyboard mekanik yang satu ini adalah terasa durable, latensi yang sangat rendah, serta menggunakan switch dari Kailh yang memberikan feel penggunaan layaknya laptop.

Walhasil Logiteh sukses membuat keyboard mekanik nirkabel dengan latensi yang sangat rendah, namun desain yang sangat tipis, dan jujur saja sangat enak untuk digunakan mengetik alias typist friendly.

Build quality yang dimiliki oleh laptop mekanik keluaran Logitech yang satu ini pun tidak main-main. Berbahan baku aluminium alloy, tentu saja laptop ini tampak semakin premium dan durable, luar biasa!

Akan tetapi memang Logitech tidak memberikan dedicated macro keys ataupun bahkan number pad pada laptop ini. Tapi tidak salah juga karena memang menurut kami peruntukannya adalah untuk mengetik.

Meski demikian laptop ini tetap memiliki fitur RGB yang bagi sebagian orang cukup penting. Tapi intinya dengan uang sekitar Rp 4 juta, kamu tidak akan menyesal apabila membeli keyboard mekanik dari Logitech ini.

Baca: Rekomendasi laptop 10 jutaan terbaik!


4. HperX Alloy Origins

HperX Alloy Origins

Penggunaan Gaming, Office | RGB Ya | Harga Rp 1.400.000,-

Keyboard yang satu ini memang sempat mendapat kritikan keras dari beberapa reviewer di luar negeri. Pasalnya, line penerus HyperX Alloy FPS ini dianggap hanya mengubah nama serta mengubah port MicroUSB menjadi USB Type C saja.

Meski demikian menurut kami keyboard mekanik yang satu ini memiliki desain yang simpel, elegan, namun tidak meninggalkan kesan gaming yang ada. Dengan harga 1,4 juta saja kamu sudah bisa membawa pulang keyboard mekanik full RGB yang satu ini.

Ke-simpel-an keyboard mekanik yang satu ini justru membuat keyboard dari HyperX ini tampak sempurna. Kamu bisa membawanya kemana-mana untuk dibuka dan menemanimu mengetik atau bermain game.

Namun kamu juga bisa meletakkan keyboard mekanik yang satu ini di atas meja kerjamu, tanpa harus membuat meja kerjamu tampak terlalu ‘gaming’ dan terlalu norak. Yah tapi memang pada akhirnya soal selera sih.

Switch yang digunakan oleh keyboard yang satu ini boleh jadi mengikuti Cherry MX Red yang legendaris itu. Memiliki travel 3,8 mm dengan nilai aktuasi 1,8 mm yang ternyata angka-angka ini mirip sekali dengan switch Cherry Red MX di 4 mm dan 2 mm.

Pada akhirnya HyperX Alloy Origins merupakan salah satu keyboard mekanik dari kelas entry level yang menurut kami paling layak dibeli. Apalagi harga yang ditawarkan pun cukup miring dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang sekelas.


5. Kinesis Freestyle Edge RGB

Kinesis Freestyle Edge RGB

Penggunaan Gaming | RGB Ya | Harga Rp 4.000.000,-

Berbeda dengan beberapa jenis keyboard mekanik yang kami bahas sebelumnya, Kinesis Freestyle Edge RGB menawarkan pengalaman gaming yang berbeda sama sekali karena bentuknya yang terpisah.

Menariknya kamu bisa memilih beberapa varians dari keyboard mekanik ini, yang seluruhnya menggunakan switch dari Cherry MX yang legendaris. Total kamu bisa memilih hingga tiga varians switch.

Untuk mengetik memang keyboard yang satu ini tidak terlalu kami rekomendasikan, kecuali kamu yang benar-benar mengetik dengan kaidah 10 jari sehingga bisa menggunakan keyboard secara terpisah macam ini.

Akan tetapi Kinesis Freestyle Edge RGB ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang bermain secara hardcore. Selain lebih ergonomis, keyboard mekanik yang satu ini pun sangat menarik perhatian bila kamu taruh di set up PC gaming yang kamu miliki.

Meski demikian memang, apalagi bila kamu sudah menggunakan keyboard konvensional bertahun-tahun. Berpindah dari keyboard konvensional ke keyboard tipe split seperti ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Kamu jelas harus membiasakan diri serta berlatih lagi untuk menggunakan keyboard split seperti ini. Pada akhirnya sih kalau ingin membeli keyboard ini, pastikan dulu sesuai peruntukannya dan pastikan kalau kalian benar-benar akan menggunakan keyboard model ini seterusnya.


6. Obinslab Anne Pro 2

Obinslab Anne Pro 2

Penggunaan Gaming, Tablet | RGB Ya | Harga Rp 1.800.000,-

Keyboard mekanik yang satu ini merupakan salah satu keyboard mekanik terbaik yang memiliki desain paling praktis saat ini. Meski berukuran kecil namun keyboard mekanik dari Obinslab ini memiliki build quality yang oke punya.

Selain itu salah satu keunggulan dari keyboard mekanik yang satu ini adalah kamu bisa memilih beberapa varians switch yang ada. Beberapa yang ditawarkan mulai dari Cherry MX, Gateron, hingga switch Kailh.

Belum lagi settingan makro yang bisa kamu ubah sesuka hatimu, dan meski tidak memiliki dedicated arrow keys kamu tetap bisa mengubah beberapa tombol yang ada di keyboard ini sebagai arrow keys.

Selain itu kebanyakan dari pengguna Obinslab Anne Pro 2 ini membuat keyboard mekanik kustom mereka sendiri dengan mengganti keycaps yang ada sesuka hati mereka, sehingga sesuai dengan preferensi masing-masing.

Meski demikian keyboard mekanik yang satu ini menurut kami kurang cocok apabila digunakan harian untuk mengetik. Entah mengapa feel yang didapatkan untuk mengetik masih terasa kurang dengan menggunakan keyboard mekanik yang satu ini.

Selain itu seperti yang kami katakan di awal bahwa keyboard ini benar-benar ringkas, dan bahkan saking ringkasnya barangkali produk ini bukanlah untuk semua orang. Apalagi harganya yang nyaris menyentuh angka 2 juta, barangkali produk ini memang hanya untuk seorang enthusiast saja ya.


7. Razer BlackWidow V3 Pro

Razer BlackWidow V3 Pro

Penggunaan Gaming, Office | RGB Ya | Harga Rp 3.800.000,-

Meski sama-sama nirkabel seperti Logitech G915 TKL, keyboard mekanik yang satu ini menurut kami tidak bisa dibilang sebagai pesaing dari keyboard mekanik nirkabel keluaran Logitech tesebut.

Bila keyboard mekanik keluaran Logitech tersebut cenderung simpel, Razer BlackWidow V3 Pro ini merupakan salah satu keyboard mekanik fullsize yang sengaa diciptakan untuk kebutuhan gaming.

Terbuat dari aluminium serta plastik, tidak membuat keyboard mekanik ini tampak murah. Malahan menurut kami keyboard mekanik keluaran Razer ini terasa sangat kokoh dan durable ketika digunakan untuk bermain game ataupun mengetik.

Meski demikian dari segi feels untuk mengetik, Razer BlackWidow V3 Pro ini masih terasa kurang. Ketika diuji coba untuk mengetik, kecepatan mengetik menggunakan keyboard wireless ini menjadi agak lambat.

Selain itu salah satu kekurangan dari keyboard keluaran Razer ini adalah software yang ada hanya kompatibel sdengan sistem operasi Windows saja. Jadi siap-siap gigit jari bagi kamu yang menggunakan sistem operasi lainnya.

Keyboard Razer BlackWidow V3 Pro ini pun tidak terlalu senyap, dan tidak memiliki tactile feel. Meski demikian tetap saja laptop ini termasuk ke dalam salah satu keyboard mekanik terbaik yang layak kamu beli saat ini.


8. Logitech G413

Logitech G413

Penggunaan Gaming, Office | RGB Ya | Harga Rp 1.200.000,-

Selain HyperX Alloy, Logitech G413 juga merupakan salah satu keyboard mekanik budget yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu beli. Untuk harga 1,2 juta rupiah laptop ini sangat layak untuk digunakan bermain game ataupun mengetik.

Terbuat dari bahan baku brushed aluminium frame serta keycaps yang terbuat dari plastik, keyboard mekanik yang satu ini tetap tidak kehilangan sentuhan elegannya. Tapi memang jujur saja ketika disentuh keycaps nya terasa murah.

Kelebihan lain yang bisa ditonjolkan oleh keyboard mekanik yang satu ini adalah sudah bisa terkoneksi dengan software bawaan Logitech G Hub yang membuat user bisa mengatur macros, backlightning, hingga melakukan pengaturan maksimal 6 profil.

Memiliki jarak pre travel yang cukup pendek, membuat keyboard ini cukup responsif saat digunakan bermain game dan sangat nyaman untuk digunakan mengetik. Akan tetapi memang hal ini membuat risiko tombol terpencet ataupun typo saat mengetik menjadi tinggi.

Selain itu switch yang dimiliki oleh keyboard mekanik yang satu ini pun cukup senyap, sehingga bisa kamu gunakan bahkan di tempat-tempat yang agaknya cukup sensitif terhadap suara. Misalnya seperti di perpustakaan.

Nah tapi untuk ukurang keyboard gaming, memang Logitech tidak menyertakan wrist rest sebagaimana para pesaingnya. Tapi toh harganya yang hanya 1,2 juta ini membuat kami tidak terlalu banyak berekspektasi terhadap keyboard mekanik yang satu ini.

Tapi pada akhirnya keyboard gaming yang satu ini tetap layak untuk dibeli.


9. WASD Code V3

WASD Code V3

Penggunaan Gaming, Office, Coding | RGB N/A | Harga Rp 4.100.000,-

Dibuat oleh perusahaan keyboard asal California, WASD Code V3 sukses menjadi salah satu keyboard mekanik yang paling disukai oleh banyak orang saat ini. Bentuknya simpel dengan warna hitam elegan membuatnya sangat disukai.

Menariknya WASD memiliki satu fitur kustomisasi yang menurut kami cukup eksklusif dimana mereka mengizinkan konsumen mereka mengunggah desain pribadi masing-masing untuk kemudian diprint di keycaps dari keyboard ini.

Tapi memang WASD Code V3 ini tampaknya dibuat untuk kamu yang banyak di lingkungan kantor dimana keyboard ini memiliki suara yang cukup senyap, dengan desain bawaan yang hitam legam yang elegan.

WASD menyediakan hingga lima jenis switch berbeda yang bisa kamu pilih, mulai dari MX Green, MX Clear, hingga MX Zealios yang boleh dibilang cukup langka. Selain itu kamu bisa meminta WASD untuk menambahkan pre-installed o-rings agar keyboard mekanik ini semakin senyap.

Dengan backlight yang berwarna putih, membuat keyboard mekanik ini semakin elegan dan cocok untuk kamu letakkan di meja kerjamu. Yang pasti keyboard ini tidak akan menarik perhatian dari rekan-rekan kerja di sekelilingmu.

Akan tetapi sayangnya memang ketersediaan keyboard mekanis WASD Code V3 ini sangat terbatas di Indonesia. Pun ada, harganya mahal sekali yakni mencapai Rp 4.000.000,- yang artinya memang silahkan membeli bila sudah yakin dan dana nya tersedia.


10. MSI Vigor GK50 Elite

MSI Vigor GK50 Elite

Penggunaan Gaming | RGB Ya | Harga Rp 900.000,-

Bukan untuk semua orang, namun keyboard mekanik yang satu ini menurut kami tetap bisa dimasukkan ke dalam keyboard mekanik terbaik di tahun 2020 ini. Menggunakan Kailh Box Whites, keyboard ini menghasilkan switch yang ‘clicky’.

Meski demikian sasis alumunium dengan logo MSI yang khas di balik tombol arrow, serta RGB per-key yang tampak sangat cerah, serta keycaps berwarna hitam dengan layout tulisan yang ‘gaming’ sekali membuat laptop ini tampak segmented.

Kami yakin tidak semua orang percaya diri untuk menggunakan keyboard mekanik maca mini, apalagi bila digunakan di kantor. Backlighting RGB yang warna-warni dari keyboard mekanik ini pastinya akan membuatmu menjadi pusat perhatian di kantor.

Meski demikian untuk harga keyboard mekanik di bawah 1 juta rupiah, MSI Vigor GK50 Elite sudah sangat mumpuni, dimana sudah memiliki ketahanan terhadap air serta debu, dan tentunya sangat stabil dan kokoh.

Keyboard dari MSI Vigor GK50 Elite ini pun memberikan sensasi tactile dan audible feedback yang sangat terasa. Hal ini tentu semakin menegaskan kalau keyboard mekanik ini tidak cocok digunakan di kantor atau lingkungan yang senyap.

Tapi untungnya travel yang dimiliki oleh keyboard mekanik yang satu ini cukup pendek, sehingga cocok dan nyaman-nyaman saja apabila kamu gunakan untuk bermain fast paced game seperti CoD Warzone misalnya.


11. Redragon K552-RGB

Redragon K552-RGB

Penggunaan Gaming, Office | RGB Ya | Harga Rp 400.000,-

Keyboard mekanik seharga Rp 400.000,- ini meruapkan salah satu yang sangat kami rekomendasikan bagi kamu yang masih ragu ataupun bingung untuk mulai menggeluti dunia keyboard mekanik.

Dengan harga yang sangat murah, dibandingkan dengan beberapa keyboard mekanik yang kami bahas disini Redragon K552 nyatanya memiliki build quality yang sangat luar biasa serta feeling yang cukup oke saat digunakan.

Menggunakan switch Cherry MK Blue clone, keyboard ini memiliki sensasi tactile dan audible click yang sangat terasa. Dengan travel 4 mm dengan nilai aktuasi 2 mm, keyboard ini sebenarnya cukup ‘so-so’ untuk digunakan oleh orang yang ingin belajar memakai keyboard mekanik.

Selain itu switch yang dimiliki oleh keyboard ini tentunya membuatmu sulit menggunakan keyboard ini di lingkungan yang senyap. Dimana memang switch ini sudah terkenal memiliki suara yang nyaring.

Kekurangan yang dimiliki oleh keyboard ini adalah keycaps yang terbuat dari plastik ABS yang akan using seiring dengan penggunaannya. Akan tetapi tentu dengan harga 400 ribu rupiah tidak banyak hal yang bisa kamu minta.

Nah tapi tetap saja keyboard mekanik yang satu ini kami rekomendasikan untuk dibeli bagi kamu yang ingin mempelajari dunia keyboard mekanik. Apalagi masalah keycaps yang kurang berkualitas, sebenarnya bisa kamu antisipasi dengan membeli keycaps custom secara terpisah.

No problemo!


12. Keychron K2

Keychron K2

Penggunaan Gaming, Office | RGB Ya | Harga Rp 1.000.000,- s/d Rp 1.800.000,- (tergantung switch)

Kesan pertama yang bisa kami berikan terhadap Keychron K2 adalah sangat praktis dan fully customize-able. Belum lagi keyboard ini tidak menggunakan kabel sama sekali alias wireless, tapi tetap responsif.

Mirip seperti Redragon K552, Keychron K2 menurut kami merupakan salah satu keyboard mekanik yang bisa dibeli bagi kamu yang baru belajar dan ingin mencoba pindah menggunakan keyboard mekanik.

Bedanya Keychron K2 tidak menggunakan kabel dan hal tersebut merupakan salah satu fitur yang paling kami sukai. Dari segi desain pun, keyboard ini sangat simpel namun tetap elegan sehingga cocok-cocok saja kamu letakkan di meja kerjamu.

Keyboard Keychron K2 ini menggunakan tiga pilihan switch mulai dari brown switch, blue switch, hingga red switch yang masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda

Build quality yang ditawarkan oleh Keychron K2 pun tidak perlu dipertanyakan, dimana keyboard ini menggunakan frame aluminium yang sangat kokoh, serta keycaps bawaan yang juga tidak terasa murah.

Akhirnya Keychron K2 bisa kamu pilh, apabila kamu ingin mencoba sensasi menggunakan keyboard mekanik nirkabel, yang bisa dikustomisasi secara penuh. Dengan harga yang relatif murah tentunya!


13. Wooting One

Wooting One

Penggunaan Gaming | RGB Ya | Harga N/A

Keyboard yang barangkali tidak bisa kamu temukan di Indonesia ini termasuk ke dalam salah satu keyboard mekanik yang cukup unik. Terbaik? Mungkin tidak, tapi keyboard ini memiliki ciri khas yakni merupakan keyboard mekanik analog pertama di dunia.

Wooting One memiliki kemampuan untuk ‘merasakan’ tekanan yang kamu berikan terhadap masing-masing keycaps, atau istilah bekennya pressure-sensitive keys. Hal ini tentunya menjadi salah satu yang paling dicari-cari oleh para gamers.

Selain itupun kamu juga tetapi bisa melakukan kustomisasi nilai aktuasi dari keyboard yang satu ini dengan menggunakan software bawaan yang diberikan oleh Wooting sendiri. Membuat keyboard mekanik ini sebagai salah satu yang paling ideal untuk bermain game.

Bayangkan saja, khususnya bagi kamu yang senang bermain game balap. Dimana ketepatan kontrol sangat dibutuhkan, mulai dari gas, rem, hingga ketepatan kontrol saat berbelok. Hal yang tidak bisa didapatkan dengan menggunakan keyboard mekanik biasa.

Dengan Wooting One kamu bisa melakukan kontrol secara presisi hingga pengalaman bermain game balap menggunakan keyboard pun menjadi semakin sempurna. Tentunya hal ini sangat berguna, bagi kamu yang belum mampu membeli kontroler stir untuk bermain game balap.

Sayangnya memang kami sendiri tidak menemukan keyboard mekanik yang satu ini di Indonesia. Ketersediaannya yang sangat langka inilah yang amat kami sayangkan, dan satu-satunya cara untuk membeli keyboard ini hanyalah melalui e-commerce internasional seperti Amazon.


14. Happy Hacking Keyboard Professional Hybrid Wireless

Happy Hacking Keyboard Professional Hybrid Wireless

Penggunaan Gaming, Coding, Office | RGB N/A | Harga Rp 4.500.000,-

Happy Hacking merupakan salah satu lini usaha Fujitsu di Jepang, yang sangat terkenal di kalangan pecinta Keyboard Mekanik. Meski demikian memang merk ini terasa sangat asing bagi orang-orang awam kebanyakan.

Padahal perusahaan ini telah membuat keyboard mekanik yang sangat populer sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Termasuk Happy Hacking Keyboard Professional Hybrid yang satu ini, dimana merupakan salah satu yang terbaik yang bisa kamu miliki.

Hanya memiliki 60 keys, keyboard yang satu ini merupakan salah satu keyboard mekanik praktis terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Belum lagi desainnya yang sangat elegan sehingga terasa pas bahkan digunakan di meja kerjamu.

Switch yang dimiiliki oleh keyboard mekanik yang satu ini pun menurut kami tergolong yang terbaik di kelasnya. Menggunakan switch Topre, yang mengombinasikan switch mekanik dan membran, keyboard ini terasa empuk dan stabil saat digunakan.

Bermain game, coding, atau untuk digunakan mengetik bagi kamu yang bekerja dengan banyak mengetik pun terasa ringan. Artinya selain praktis, keyboard ini sangat versatile dan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Belum lagi konfigurasi manual yang bisa kamu buat sesuka hatimu. Kamu bisa mengubah-ubah input dari keyboard ini dengan software Happy Hacking Keyboard Keymap Tool. Tapi hati-hati ya, semakin banyak yang kamu ubah, bisa membuat kamu pusing saat menggunakannya.

Namun pada akhirnya memang dengan harga yang lebih dari 4 juta rupiah ini, tentu akan banyak orang yang berpikir sebelum membeli keyboard dari Happy Hacking ini. Yah, menurut kami pribadi sih memang keyboard mekanik ini dibuat untuk para enthusiast.

Tapi worth it!

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x