10 Rekomendasi Laptop 4 Jutaan di 2020

Kalau bicara laptop, tidak banyak expert yang bisa membantu anda memilih laptop yang tepat. Tapi berkat internet, anda bisa searching dan membandingkan satu laptop dengan yang lain, sampai ke melihat ulasan pengguna.

Anda harus tahu hal-hal yang paling dibutuhkan dari sebuah laptop. Hampir semua brand punya seri termahal dan termurahnya, jadi satu yang harus anda incar diawal adalah brand. Setelah menentukan brand, akan jadi sangat mudah menentukan jenis laptop yang mau dibeli.

Untuk harga 4 jutaan, anda bisa mengincar prosesor i3 atau i5, kartu grafik Intel terintegrasi, RAM 4GB dan 500GB sampai 1TB HDD. Pastikan juga laptopnya memiliki port (lubang) colokan yang anda butuhkan, entah HDMI, USB, atau lainnya. Pastikan juga daya tahan baterainya minimal 4 jam.


1. ACER ASPIRE E5-574-53QS

ACER E5-574

Laptop produksi Acer ini dilengkapi prosesor Intel Core i3-8130U generasi ke-8, dengan clock speed 2,2GHZ yang bisa di boost sampai 3,4GHz.

Laptop ini dilengkapi layar LED backlit 15,6 inci, yang tentunya idel untuk menonton film dan berbagai jenis video. Windows 10 sudah terpasang didalamnya, dan disediakan juga webcam HD serta DVD drive.

Acer Aspire memiliki desain elegan berwarna hitam, dan hanya berbobot 2,3 kg, sehingga cocok untuk anda yang suka bepergian membawa laptop. Kualitas suaranya bagus dan berkat 2 speaker stereo didalamnya.

RAM 6GB kami rasa cukup untuk menyelesaikan hampir semua kegiatan sehari-hari, namun pastinya butuh upgrade kalau anda mau bermain video editing, rendering 3D dan semacamnya.

Kemungkinan besar anda tidak akan kekurangan ruang penyimpanan, karena Acer Aspire ini menyediakan kapasitas 1TB HDD. Bicara soal port colokan, tersedia 1 x USB 3.1, 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, dan HDMI dengan HDCP. Baterainya kuat, bisa tahan 13.5 jam kalau diisi sampai penuh.


2. ASUS VIVOBOOK F441

asus vivobook f441

VivoBook F441 dari Asus ini dilengkapi prosesor AMD A9-9429 Dual Core, dengan kecepatan 3GHz yang bisa di boost ke 3,4GHz.

Layarnya berukuran 14 inci FHD, dengan mode ASUS Eye Care untuk mengurangi sinar biru yang membuat sakit mata. Laptop ini sudah dipasang Windows 10, dan punya webcam VGA.

Bobotnya juga ringan, cuma 1,7 kg, yang berarti anda bisa membawanya kemana-mana tanpa perlu sakit punggung. Kalau anda pecinta musik, laptop ini cocok karena kualitas speakernya bagus dengan ICEpower dan SonicMaster, serta ada jack audio untuk menggunakan headset kesayangan anda.

RAM DDR4 8GB menjamin anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, alias multitasking tanpa takut ngelag.

Ruang penyimpanan internalnya juga besar, yaitu 1TB HDD yang bisa anda tingkatkan sendiri kalau kekurangan ruang. Colokan di laptop ini juga tak tanggung-tanggung, ada card reader, 1 x USB 2.0, 1 x USB 3.0 dan 1 x USB 3.1.

Dengan baterai terisi penuh, laptop 4 jutaan ini bisa bertahan sampai 36 jam bergantung pemakaiannya.


3. HP PAVILION 15

HP PAVILION 15

HP Pavilion 15 dilengkapi prosesor AMD A6 yang berkecepatan 1.6 GHz. Layar 15.6 Inci HD LED touchscreen (1366 x 768) menampilkan warna jernih, sehingga cocok digunakan untuk melihat foto dan menonton video.

Laptop ini sudah dipasangi Windows 10 S, bluetooth, dual speaker, dan CD/DVD burner yang sudah jarang ditemukan di laptop modern.

Pavilion 15 ini pipih, dan bobotnya tidak sampai 2 kg, sehingga menjadikannya enak dibawa kemana mana.

Ruang penyimpanan laptop ini agak kecil, yaitu 128GB. Namun, anda bisa dengan mudah menyimpan file di perangkat penyimpanan tambahan seperi Harddisk eksternal, Flashdisk, Google Drive, dan banyak lainnya.

Laptop ini memiliki berbagai jenis colokan, termasuk diantaranya HDMI, Ethernet, 1 x USB 2.0, 1 x USB 3.0, dan 3-in-1 card reader. Daya tahan baterainya sekitar 5 jam setelah dicas penuh.


4. ASUS X555QA

ASUS X555QA

Asus X555QA dilengkapi prosesor AMD quad-core dengan speed 3.6 GHz. Layarnya 15.6 inci LED HD, ditenagai teknologi ASUS Splendid.

Komputer ini diinstal Windows 10 Professional, yang tentunya memberikan keamanan tambahan dan fitur konektivitas lebih ketimbang Windows 10 Home.

Laptop ini tipis, kecil dan ringan (2 kg), menjadikannya mudah dimasukkan kemana mana.

Teknologi audio ASUS SonicMaster memberikan suara berkualitas tinggi untuk anda yang suka nonton film atau mendengarkan musik. Laptop ini menyediakan RAM 8GB, yang bisa anda upgrade kapanpun anda mau.

Penyimpanan 256GB SSD seharusnya cukup untuk berbagai keperluan seperti menyimpan musik, film, dan dokumen. Laptop ini memiliki colokan HDMI, VGA, dan 2 lubang USB 3.0.


5. DELL INSPIRON 15 3000

INSPIRON 15 3000

Kalau uang adalah pertimbangan utama, dan anda butuh laptop yang bisa menyelesaikan segala jenis pekerjaan, pertimbangkan Dell Inspiron 15 3000.

Laptop dengan layar 15,6 inci, RAM 8GB, dan grafik Intel HD 620 ini bekerja sangat baik dengan Windows 10 yang dipasang didalamnya. Ini adalah laptop yang kokoh dan bisa diandalkan. Kapasitas 1TB didalamnya juga cukup untuk menyimpan berbagai jenis file.

Warna notebook ini ada diantara hitam dan silver, membuatnya tampak glossy dan elegan. Ada juga model terbaru dari Inspiron 15, tapi harganya diatas 5 juta, dan touchpadnya sering dikeluhkan oleh para penulis dan programmer yang menggunakannya.


6. HP STREAM 11

HP STREAM 11

Hp Stream adalah pilihan tepat untuk anda yang butuh laptop murah, kuat, dan portabel. Ini adalah perangkat yang cocok digunakan nonton Netflix, Youtube, VLC, dan lain lain.

Laptop ini hadir dengan Windows 10 Pro terinstal didalamnya. Versi Pro ini memberikan keunggulan dari segi keamanan dan konektivitas ketimbang Windows 10 Home.

GPU Intel HD didalamnya sangat efisien dan bisa menjalankan banyak game-game ringan. Meskipun HP tidak banyak digemari orang Indonesia, namun kami rasa spesifikasi dan harganya sangat worth it untuk dibeli.

Secara keseluruhan, laptop ini cukup kuat berkat Intel Celeron N3060. Baterai yang bisa tahan 8 jam serta bobotnya yang sedikit diatas 1 kg ini menjadi satu kelebihan, terutama untuk orang yang senang bepergian sambil bawa-bawa laptop.


7. LENOVO THINKPAD YOGA 2-IN-1 CONVERTIBLE

LENOVO THINKPAD YOGA 2-IN-1 CONVERTIBLE

laptop 2-in-1 11 inci ini punya spesifikasi papan atas, termasuk diantaranya layar IPS dan SSD. Ini adalah laptop yang pas untuk multitasking, gaming, dan nonton film.

Ia mengusung tema warna hijau, dan bisa dilipat menjadi layaknya tablet tanpa harus melepas keyboard. Boot up nya sangat cepat, dan bisa langsung digunakan dalam 30 detik sejak dipencet tombol ON nya.

Layarnya sangat responsif, dan ia bisa menghandle berbagai macam software. Jangan sampai ketagihan saja bolak-balik melipat layar.

Dengan harga 4 jutaan, laptop 11 inci ini menurut kami worth it. Tapi kalau tujuannya main game, jangan beli karena laptop ini tidak dirancang untuk main game. Lenovo Thinkpad Yoga 2-in-1 Convertible dirancang untuk pekerjaan sehari hari dan mudah dibawa kemana mana.


8. ​ASUS TRANSFORMER MINI

ASUS TRANSFORMER MINI

Laptop compact dari ASUS ini dilenkapi dengan prosesor Intel Atom Quad Core x5-Z8359 berkecepatan 1.92GHz.

Layar 10.1 inci nya menampilkan gambar jernih meskipun dilihat dari sudut manapun. Ia sudah diisi Windows 10, memiliki keyboard yang bisa dilepas, serta touchscreen pen.

Transformer Mini adalah laptop super tipis yang dibuat dengan magnesium. Dengan bobot dibawah 900 gram, laptop ini cocok untuk anda yang senang bepergian. Kualitas suara lapotp ini agak kurang, namun kelebihan di sektor lain membuatnya tetap pantas dipertimbangkan.

Perangkat ini bisa digunakan sebagai laptop ataupun tablet, dan memiliki RAM 4GB, yang menurut kami sudah cukup.

kalau anda butuh kapasitas penyimpanan besar, laptop ini bukan untuk anda karena memori internalnya hanya 128GB. Namun, anda bisa menggunakan colokan lain untuk menyambung harddisk eksternal. Beberapa lubang colokan di laptop ini antara lain 1 x micro HDMI, 1 x USB, 1 x micro USB, micro SD dan jack headset.

Baterai laptop ini bisa bertahan 12 jam setelah diisi penuh, namun tetap tergantung pemakaian ya.


9. HP PAVILION 15.6 (Bekas)

HP PAVILION 15.6

HP Pavilion bekas ini sudah di refurbish (diperbarui) agar tampak kekinian. Laptop ini diisi Intel Core i3-7100 dengan speed 2.4GHz. Windows 10 juga sudah terpasang didalamnya.

Fitur paling menonjol dari laptop ini adalah layar multitouch 15,6 inci WLED dengan backlit.

Laptop ini memiliki warna silver dengan garis hitam di pinggiran layar, dan beratnya 2.9 kg. Kartu grafik Intel 620 menghasilkan gambar yang jernih dengan hampir tidak ada pantulan (glare). RAM 8GB didalamnya juga cukup untuk segala mayoritas aplikasi dan pekerjaan.

Laptop ini dilengkapi 1TB HDD yang kami rasa cukup besar untuk menyimpan segala macam media, dokumen, dan file-file lainnya. Untuk colokan, terdapat 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, HDMI, dan display port.

Mikrofon dan jack headphone juga tersedia, baterainya pun menurut kami tahan lama.


10. LENOVO G50

LENOVO G50

Lenovo IdeaPad G50 ini sering dipuji berkat layar touchscreen dan fitur-fitur bisnisnya. Lenovo punya keunggulan di sektor bisnis, dan laptop Lenovo memang sering dipakai oleh profesional dan kalangan bisnis.

Laptop ini sangat fungsional, dan memiliki desain inovatif. Windows 10 sudah terpasang didalamnya, dan tentunya merupakan OS yang paling cocok untuk laptop touchscreen.

IdeaPad G50 juga sanggup menangani Ubuntu OS tanpa masalah. Bobotnya di rentang normal, tidak ringan tidak berat, namun cukup tipis untuk bisa dibawa-bawa dengan ransel.

Baca juga: Pilihan laptop 5 jutaan terbaik!

4 2 votes
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments