Review Acer Aspire ES1-131: Celeron dengan Windows 10

Pengguna laptop di Indonesia tentu tidak asing dengan merk Acer, salah satu perusahaan penyedia laptop kelas atas ini terkenal dengan kualitas produknya yang baik dengan harga yang sangat terjangkau.

Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai salah satu laptop Acer yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, Acer Aspire ES1-131.

Laptop Acer Aspire ES1-131 dibundel dengan sistem operasi windows terbaru yaitu Windows 10 Home. Sistem operasi ini dapat dikatakan seperti penggabungan antara Windows 7 dan Windows 8, menghasilkan penampilan / User Interface yang mudah serta fitur-fitur yang menarik dan tentu sangat inovatif.

Dengan sistem operasi ini anda dapat langsung menghubungkan Windows 10 dengan ponsel.

Laptop Acer Aspire seri ES1-131 adalah seri upgrade dari seri Acer Aspire sebelumnya, ES1-111. Seri ini membawa perbaruan di CPU , dimana Intel Celeron seri Braswell menggantikan seri Bay Trail. Pilihan tepat bagi anda yang ingin membeli laptop yang compact.


Spesifikasi

  • Prosesor Intel® Celeron® N3050 Generasi Braswell (1.6 – 2.16 GHz)
  • HDD 500 GB dan RAM 2 GB
  • Layar 11.6 Inch LED dengan resolusi 1366 x 768 pixel
  • Dua Speaker terintegrasi dengan High-Definition Audio
  • Bluetooth 4.0, konektivitas Wi-Fi, SD Card Reader, dan port USB 3.0
  • Windows 10 Home

Bahasan Singkat

Laptop Acer seri sebelumnya yaitu ES1-111 menggunakan prosesor Intel Celeron generasi Bay Trail, sekarang seri ES1-131 sudah menggunakan prosesor generasi Braswell yang lebih hemat daya.

Prosesor dual-core yang diperkenalkan pada bulan April 2015 lalu ini dirancang dengan teknologi manufaktur 14nm sehingga penggunaan daya pada prosesor ini lebih efisien dibanding generasi sebelumnya.

acer aspire es 1 131

Prosesor ini cukup kencang untuk melakukan browsing, bekerja dengan office, dan memainkan file multimedia. Prosesor Intel Celeron N3050 di dalam ES1-131 ini adalah prosesor yang khusus didesain untuk notebook kelas pemula.

Prosesor Intel Celeron sudah terintegrasi dengan arsitektur grafis Intel Gen8, dan mendukung DirectX 11.2. Clock speed yang dimiliki oleh prosesor grafis Intel generasi kelima (HD Graphics 5300) ini adalah 600 MHz.

GPU terintegrasi ini dua kali lebih cepat dibanding GPU HD Graphics yang ada pada seri sebelumnya (Intel Bay Trail). Dukungan grafis ini cukup untuk memainkan file multimedia. Dengan laptop ini anda setidaknya dapat memainkan game-game pc ringan, namun bukan game keluaran terbaru yang super berat.


Windows 10 Home

Laptop Acer Aspire ES1-131 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home. Sistem operasi terbaru dari Windows ini memiliki layout tampilan seperti windows 7, namun dengan ‘feel’ modern seperti pada Windows 8.

Pada versi terbaru Windows ini anda dapat lebih mudah bekerja secara multitasking, fitur yang ditawarkan antara lain :

  • InstantGo. Memungkinkan waktu booting yang jauh lebih cepat
  • Teknologi proteksi untuk melindungi sistem anda dari Malware atau Software yang berbahaya
  • Virtual Desktop. Ketika Anda sedang bekerja dengan banyak program, Windows 10 memungkinkan Anda untuk dapat membuat desktop virtual agar dapat menayangkan semua halaman program dengan mudah
  • Microsoft Edge. Browser terbaru besutan Windows pengganti Internet Explorer ini membawa banyak peningkatan pada performa dengan tampilan yang lebih minimalis. Microsoft Edge memungkinkan Anda untuk dapat menulis atau mencoret-coret suatu halaman Web lalu membaginya ke teman Anda
  • Continuum. Fitur ini memungkinkan sistem operasi untuk menayangkan tampilannya secara proporsional pada berbagai ukuran layar.
  • Cortana. ‘Siri’ versi Windows kini hadir di Windows 10. Dengan kecerdasan buatan yang sudah jauh ditingkatkan, Cortana membantu anda menyelesaikan beragam pekerjaan anda, serta memberikan informasi yang anda butuhkan. Ingin tahu lebih jauh mengenai Windows 10 ? Tanya saja pada Cortana.

Baca juga: Rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa

3 1 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments