Lupa Password Iphone? Ini Solusinya

Iphone sebagai salah satu pabrikan ternama saat ini sudah memiliki banyak pengguna. Percaya atau tidak, bahkan dalam empat tahun terakhir iPhone sukses mencatatkan rekor penjualan tertingginya yakni mencapai 80 juta penjualan.

Artinya apa? Artinya dengan jumlah pengguna yang tinggi, ada kemungkinan masalah yang dihadapi secara akumulatif pun tinggi, termasuk soal lupa password iphone.

Lupa password sesungguhnya adalah hal yang lazim kita alami, terlebih lagi di masa sekarang ini nyaris semua akses dikenai password. Alhasil anda memegang berbagai macam jenis password, yang bisa sama namun bisa pula berbeda-beda.

erase iphone

Bila anda mengalami lupa password iphone anda, pasti jadi panik bukan? Terlebih lagi jika di saat yang sama anda sedang diintai oleh tugas-tugas penting dengan deadline super mepet. Nah jangan khawatir, kami punya solusi lupa password iphone khusus untuk anda!

Meski demikian, perlu diingat bahwa seluruh cara ini melibatkan penghapusan seluruh database yang ada di dalam iPhone anda. Mungkin terdengar menyebalkan, namun menurut kami fitur tersebut ada semata-mata untuk keselamatan dan privasi anda sendiri.

Baca: Bagaimana hacker mencuri password instagram?


Memanfaatkan Fitur Pencarian iPhone Alias Find My iPhone

Sebagaimana peringatan di awal artikel ini, pada prinsipnya seluruh cara yang kami tuliskan disini melibatkan penghapusan seluruh database di dalam iPhone anda. Istilah kerennya adalah data wipe out. Oleh karena itu mohon diingat bahwa seluruh data yang hilang tidak akan kembali kecuali anda pernah melakukan back up.

Untuk memanfaatkan fitur pencarian iPhone ini sebelumnya anda harus terlebih dahulu mengaktivasinya secara manual. Jika anda tidak pernah mengaktivasi fitur find my iphone tentu saja anda tidak bisa mengahapus data-data di iPhone anda menggunakan fitur ini.

find my iphone erase

Untuk melakukan cara ini anda cukup membuka browser anda dan masuklah ke dalam browser, dan ketikkan www.icloud.com/#find pada kotak laman situs di atas. Setelah itu anda sebenarnya diharuskan untuk log in menggunakan Apple ID anda. Dengan kata lain, kami berharap anda pun tidak lupa Apple ID yang anda miliki ini.

Setelah log in anda akan ditampilkan beberapa perangkat yang anda miliki, misalnya disana ada MacBook Pro, iPhone, dan iPad (jika anda memiliki ketiganya. Nah pilihlah perangkat iPhone tentu saja karena anda ingin mereset perangkat ini.

Klik iPhone anda, dan kemudian anda akan diberikan pilihan untuk mengunci total, untuk menyalakan suara iPhone anda keras-keras, dan tentu saja pilihan erase iPhone. Anda sudah tahu bukan pilihan mana yang kami suruh untuk anda? Tepat sekali! Erase iPhone dan data-data di dalam iPhone anda akan terhapus seluruhnya.

Setelah data terhapus, otomatis semua yang ada di dalam iPhone anda sebelumnya benar-benar tidak ada. Ibaratnya anda telah membeli iPhone baru anda. Dengan ini masuklah ke dalam iPhone anda, karena anda tidak akan dimintai password apapun untuk masuk ke dalam iPhone anda.

Baca: Cara melacak ponsel yang hilang


Reset iPhone Anda

Cara yang peratama merupakan cara paling mudah untuk dilakukan, namun merupakan cara yang paling jarang dipilih orang-orang. Alasannya sederhana saja, karena dengan melakukan reset iPhone maka iPhone anda akan kembali menjadi perangkat layaknya ketika anda baru membelinya.

iPhone reset

Dengan kata lain, anda melakukan factory reset. Cara ini adalah cara paling mudah hanya tinggal pencet. Hanya saja anda harus melakukan beberapa persiapan. Pertama-tama tentu siapkan komputer yang terhubung dengan iPhone milik anda, tentunya dengan aplikasi iTunes yang telah terinstall di dalamnya.

Pertama-tama matikanlah iPhone anda, namun dengan cara yang sedikit berbeda dari biasanya. Anda cukup menahan tombol home serta tombol power iPhone anda secara simultan dalam waktu sekitar 10 detik. Jika anda melakukannya dengan benar, harusnya iPhone anda sudah dalam kondisi mati sekarang.

Setelah itu hubungkan iPhone dengan komputer milik anda dengan kabel data bawaan iPhone anda. Setelah berhasil terhubung anda bisa segera menjalankan aplikasi iTunes di komputer anda. Jika iPhone dan komputer anda sudah terhubung, nyalakan kembali iPhone yang anda miliki dengan cara menekan tombol home dan tombol power secara bersamaan.

Kemudian akan muncul warning box di komputer anda yang menyatakan bahwa komputer anda telah mendeteksi iPhone anda dalam kondisi revovery. Anda tidak akan diminta memilih atau melakukan apa-apa pada tahap ini, cukup klik tombol OK.

Setelah itu klik pilihan summary di iTunes anda dan lalu pilihlah pilihan restore. Setelah melakukan ini anda cukup bersabar selama beberapa menit karena saat ini iTunes bersama komputer anda akan bekerja untuk mengembalikan ponsel anda. iTunes secara otomatis akan men-setting iPhone anda kembali seperti sediakala pertama kali anda membeli iPhone anda tersebut.

Sebagaimana yang telah kami ulang-ulang di dalam artikel ini bahwa semua file, pengaturan, aplikasi, hingga password anda akan dihapus tanpa pandang bulu oleh sistem.

Solusi untuk hal ini hanya satu yakni rajin-rajinlah melakukan back up. Namun jika anda belum pernah melakukan back up apapun, maka tidak ada cara untuk mengembalikan seluruh file yang telah terhapus tadi. Sementara anda yang pernah back up, anda cukup membuka back up dan menginstallnya kembali satu persatu ke dalam iPhone “baru” anda.


Mengembalikan Database yang Hilang setelah Reset

iphone cloud

Setelah melakukan reset, tentu saja anda ingin mengembalikan data anda yang hilang bukan? Sekali lagi kami ingatkan jika anda belum pernah melakukan back up maka silahkan gigit jari karena hal ini adalah mustahil.

Lain hal nya dengan anda yang rajin melakukan back up. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan data anda. Cara pertama tentu saja dengan membuka cloud iPhone milik anda menggunakan iPhone yang telah terhubung dengan koneksi internet. Lalu pilihlah pilihan restore file dan voila seluruh aplikasi dan database anda akan kembali seperti semula.

Meski demikian tetap saja ada kekurangan pada beberapa aplikasi. Sebut saja Whatsapp, jika anda tidak pernah melakukan back up chat anda sendiri, dipastikan chat-chat lama anda di dalam aplikasi ini akan hilang, dan seluruhnya tampak seperti baru, meski kontak lama anda tetap aman.

Cara kedua adalah melakukan pengunduhan manual seluruh aplikasi yang anda punya. Meski anda tidak melakukan back up data, Apple secara cerdas akan mencatat seluruh aplikasi yang pernah anda unduh ke dalam perangkat anda sejak awal pertama kali anda memiliki perangkat tersebut.

google cloud platform

Oleh karena itu anda bisa dengan mudah melakukan instalasi seluruh aplikasi tersebut secara manual dengan membuka Appstore milik anda. Meski demikian kelemahan cara ini sudah jelas, karena data-data seperti foto, musik, video, kontak, apalagi chat dan beberapa pesan di masa lalu seluruhnya akan tetap hilang dan tidak akan kembali.

Kesimpulannya, untuk menghindari hal-hal semacam ini kami menyarankan kepada anda untuk melakukan back up iPhone atau perangkat apapun yang anda miliki secara berkala. Sehingga bila anda terpaksa harus me wipe out data, anda tidak perlu mengembalikan data-data tersebut secara manual. Selamat mencoba!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of