Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Informatika

Apa itu informatika? Jurusan teknik informatika merupakan salah satu jurusan kuliah yang sedang naik daun, karena dianggap sebagai jurusan yang potensial. Berkat dunia komputer yang semakin berkembang pesat, maka teknik informatika semakin berkembang mengikuti perkembangan jaman.

Berdasarkan data dari ITB Career Center, penghasilan sarjana S1 Teknik Informatika yang lulus tahun 2017 adalah paling tinggi diantara semua jurusan lain, yaitu 16 juta rupiah perbulan. Diikuti dengan teknik perminyakan dengan gaji 12 juta per bulan.

Sebelum kamu memasuki bangku kuliah, pelajaran yang disajikan sifatnya umum, sehingga lulusannya belum memiliki kemampuan yang spesifik. Masuk ke dunia kuliah, maka para pelajarnya akan memiliki kemampuan detail mengenai salah satu bidang.

Lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang ilmu ini sangatlah berlimpah, karena banyak perusahaan atau instansi yang ingin melakukan pengembangan teknologi.


Apa Itu Informatika?

Berbagai jenis komputer sejak awal kemunculannya

Teknik informatika yaitu ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai teknik dalam pengolahan data menggunakan komputer dan teknik informatika menghubungkan teknologi dengan logika berfikir manusia. Secara umum, bidang ilmu yang paling banyak dikaji yaitu tentang komputasi dengan pemrograman, jaringan komputer dan rekayasa perangkat lunak atau RPL.

Teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang dijalankan di tingkat perguruan tinggi dan menjadi salah satu jurusan yang sangat banyak peminatnya. Bidang ilmu ini menerapkan prinsip ilmu komputer dengan berbagai analisis matematis, sehingga jurusan ini nantinya banyak berhubungan dengan angka.


Pentingnya Mempelajari Bidang Ilmu Informatika

hacker ig

Pada dasarnya peminat jurusan ini memang terus meningkat setiap tahunnya, bahkan bisa mengalahkan berbagai fakultas yang lebih dulu ada. Dengan mempelajari teknik informatika, maka kamu bisa mendaptkan berbagai ilmu yang bermanfaat untuk masa depan. Teknik informatika memang merambah berbagai teknik di dunia teknologi, sehingga peluang suksesnya sangat terbuka lebar.

Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa ditekuni di teknik informatika dan tingkat gajinya terbilang sangat menggiurkan. Pekerjaan yang bisa ditekuni seperti Programmer, Software Developer, System Analyst, IT Consultant dan masih banyak yang lainnya.

Lulusan teknik informatika bisa bekerja untuk instansi, perusahaan dan berbagai berbagai usaha kecil menengah atau UKM.


Macam Pekerjaan Dalam Dunia Informatika

self managed server

Programmer menjadi salah satu profesi yang sangat potensial di era teknologi, karena banyak sekali pengembang teknologi yang membutuhkan jasa Programmer.

Ketika kamu menjadi Programmer junior atau pemula, maka kamu bisa memperoleh gaji sekitar 5 sampai 10 juta. Apabila kemampuan kamu sudah semakin meningkat, maka akan banyak perusahaan yang menawari kamu untuk bekerja dengan gaji yang lebih tinggi.

Software developer adalah profesi yang bertujuan untuk menciptakan aplikasi atau software dan hasil kerjanya, akan dipakai untuk menjalankan suatu sistem.

Kebanyakan pemesan aplikasi adalah perusahaan yang ingin membuat kerja karyawannya lebih efisien, dan mayoritas aplikasi tersebut mengarah ke mobile app alias aplikasi smartphone, berkat membludaknya pengguna smartphone di sejak beberapa tahun terakhir.

Sebagai software developer kamu bisa merancang, memodifikasi, dan berkontribusi dalam pengembangan software di platform seperti github untuk proyek skala kecil maupun internasional.

System Analyst adalah suatu profesi yang kerjanya untuk menganalisa sistem yang dijalankan di suatu perusahaan dan kerja dari System Analyst sangat berhubungan dengan Programmer.

System Analyst akan melakukan analisa dengan berbagai tahapan seperti melakukan penelitian, perencanaan, koordinasi, perbaikan sistem yang sudah berjalan atau membantu memilih perangkat lunak yang cocok untuk dijalankan di perusahaan.

IT Consultant merupakan profesi yang tugasnya memberikan ide untuk menggunakan teknologi informasi, supaya semua tujuan bisnis bisa dicapai dengan efektif.

IT Consultant akan melayani berbagai keluhan yang dilontarkan oleh klien, sehingga sistemnya bisa berjalan lebih efektif dan perusahaan lebih cepat untuk berkembang. Tidak hanya itu, masih banyak lagi profesi yang bisa tekuni saat mengambil jurusan teknik informatika.

Sekarang kamu sudah mengetahui lebih mendalam mengenai dunia informatika dan masa depannya. kamu bisa mulai memilih apa yang akan kamu perdalam dan selanjutnya menjadi sumber penghasilan kamu di masa mendatang.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan praktisi SEO, dengan spesialisasi di sektor teknologi dan game.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x