5 Pameran Teknologi Besar yang Batal Karena COVID-19

COVID-19 mengguncang banyak industri di seluruh penjuru dunia yang mengakibatkan anjloknya pasar saham dan harga bahan bakar minyak.

Industri teknologi juga kena imbas dari pandemi ini, seperti Apple yang mengalami penurunan penjualan iPhone hingga 60% di Cina. Tak sedikit pula event teknologi skala besar yang terpaksa harus dibatalkan demi memerangi penyebaran COVID-19 yang lebih masif.

Berikut adalah daftar event teknologi yang dicancel karena pandemi virus Corona.

1. E3 2020

E3

E3 direncanakan berlangsung di bulan Juni, namun di minggu ini, ESA (Entertainment Software Association) mengumumkan bahwa expo gaming ini akan dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Dengan penurunan popularitas di kalangan gamer hardcore semenjak E3 mulai beralih fokus ke influencer dan bintang film, pembatalan acara ini tentunya semakin berdampak negatif terhadap reputasi expo gaming super besar ini.

Beberapa jurnalis meyakini bahwa ini adalah akhir dari riwayat E3, terlebih karena korporasi besar seperti Sony dan Nintendo memilih untuk menyelenggarakan acara mereka sendiri, sebut saja PSX dan Nintendi Direct.

2. Mobile World Congress (MWC) 2020

Mobile World Congress (MWC) 2020

MWC adalah event dimana korporasi besar merilis dan memperkenalkan teknologi baru untuk smartphone untuk publik.

Beberapa korporasi bahkan memanfaatkan event ini untuk memamerkan ponsel baru mereka yang belum dirilis. Namun, banyak perusahaan yang membatalkan keikutsertaan mereka karena COVID-19, dan penyelenggara MWC pun memutuskan untuk meng-cancel event ini.

Hal ini memaksa banyak brand smartphone untuk membuat event mereka sendiri (seperti livestream) untuk memperkenalkan produk dan teknologi terbarunya ke pasaran.

3. SXSW 2020

SXSW 2020

SXSW, atau South by South West adalah acara utama untuk penggemar teknologi, film, dan musik. Ini adalah pertama kalinya SXSW harus dibatalkan sejak 34 tahun terakhir.

SXSW dibatalkan oleh walikota Austin (lokasi diselenggarakanya event ini), menurutnya pembatalan ini karena banyak vendor yang mundur dan juga untuk menjaga keselamatan public figure yang akan hadir di event ini. SXSW pun merilis statement bahwa acara ini akan diselenggarakan secara online.

4. Facebook F8

Facebook f8

Facebook menyelenggarakan acara tahunan yang memamerkan teknologi terbaru dan inovasi yang hadir di sluruh bisnis mereka, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Acara ini dijadwalkan 5-6 Mei 2020, namun dibatalkan karena pandemi COVID-19. Facebook pun berencana membuat sebuah event pengganti untuk para siswa yang rutin menghadiri event tahunan ini.

5. Google I/O

google i/o

Konferensi raksasa ini mempertunjukkan fitur, teknologi, dan inovasi terbaru yang hadir di seluruh lini masa produk Google, seperti Android dan Google Assistant. Namun, Google merilis statement bahwa konferensi ini harus dibatalkan, mengikuti anjuran kesehatan dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan WHO (World Health Organization).

Tiket yang sudah dibeli akan refund (pengembalian uang), dan para pendaftarnya akan mendapat kesempatan untuk langsung membeli tiket Google I/O 2021.

Di beberapa minggu kedepan, Google akan mencari cara untuk memperkenalkan fitur-fitur baru ke para developer, yang mungkin akan hadir dalam bentuk live streaming atau event online serupa.

Sungguh disayangkan banyak event teknologi harus batal karena pandemi COVID-19, namun tentu semua ini demi mencegah penyebaran virus yang semakin tak terkontrol.

Pertemuan skala besar adalah hal yang harus dihindari di waktu seperti sekarang, namun tentunya para penyelenggara tetap mencari jalan lain sebagai pengganti event tadi. Siapkan koneksi internet karena banyak event yang pindah ke online.

#depokaman #Covid19

ruanglaptop

RuangLaptop menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of