Penyebab dan Solusi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

Sebagai salah satu media penyimpanan, harddisk eksternal menjadi senjata yang cukup mumpuni untuk kamu yang sibuk dan membutuhkan ruang penyimpanan besar.

Memang sangat praktis, namun ia juga sering bermasalah, salah satunya adalah harddisk eksternal tidak terbaca saat terkoneksi ke PC ataupun Laptop. Penyebabnya pun sangat beragam mulai dari hardware sampai software.

Harddisk yang tidak terbaca ini bisa menjadi petaka besar, apalagi kalau kamu harus mengakses sebuah file untuk urusan penting dan mendesak.

Jangan panik, kali ini RuangLaptop akan kupas tuntas penyebab dan solusi harddisk eksternal tidak terbaca. Simak dengan baik!

Cek juga: Berbagai Macam Penyimpanan File Online (Cloud)


Penyebab Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

harddisk pecah disk

1. Faktor Usia

Sama seperti perangkat elektronik yang lain, hardisk memiliki usia pemakaian untuk dapat bekerja dengan baik. Semakin lama usia penggunaan, maka kinerjanya akan semakin menurun.

Terlebih lagi, harddisk memiliki piringan yang berputar didalamnya (mirip CD). Semakin tua umur, tentunya putaran tidak akan semulus ketika masih baru.

2. Kabel

Kabel disini adalah kabel dari hardisk eksternal ke port USB. Bisa jadi karena kesalahan penggunaan atau saat membawa terjadi masalah pada konektor yang mengakibatkan terhambatnya transfer data hingga tidak terbaca.

Biasanya kabel yang sering rusak adalah kabel yang bukan bawaan, atau kabel bawaan tapi harddisk nya bukan brand besar.

3. Jarang di defrag

Penggunaan hardisk eksternal yang tinggi kadang mengakibatkan sampah seperti cache. Defragment adalah salah satu cara untuk menjaga performa hardisk tetap optimal dan menghindari bad sector.

4. Jatuh

Ini adalah faktor penyebab terbesar yang mengakibatkan hardisk tidak terbaca, terlebih lagi kalau pernah terjatuh cukup keras. Akibatnya adalah komponen yang ada di dalam hardisk akan mengalami kerusakan.

Mirip poin nomor 1, bagian yang paling rentan rusak ketika jatuh adalah piringan didalamnya yang selalu berputar ketika nyala.

Selain harddisk, jatuh ini juga bisa menyebabkan flashdisk tidak terbaca, namun resikonya tidak sebesar harddisk, karena di flashdisk tidak ada komponen yang bergerak.

Sering terjadi: Suara Laptop Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya!


Solusi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

laptop hard disk port

1. Ganti Kabel Hardisk Eksternal

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penggantian kabel harddisk eksternal. Karena seringkali ini adalah sumber permasalahan dari kasus harddisk tidak terbaca.

Kalau setelah ganti kabel, harddisk tetap tidak terbaca berarti permasalahannya bukan pada kabel.

2. Pindahkan Port USB

Bisa jadi port USB yang digunakan untuk menyambungkan harddisk eksternal mengalami kendala, sehingga tidak bisa membaca harddisk. Kamu bisa mencoba untuk memindahkan port USB yang kamu gunakan ke port yang lain.

Memang sepele, tapi ini sering sekali terjadi. Coba ganti port USB di laptop yang sama, atau coba colok ke laptop lain. Kalau ada beberapa port USB di harddisk kamu, coba juga semuanya.

3. Reinstall Driver hard disk

Saat harddisk disambungkan ke Laptop atau PC, seharusnya Windows secara otomatis akan langsung dapat membaca. Apabila tidak, berarti mungkin ada permasalahan pada driver.

Untuk yang belum tahu, driver adalah software yang bisa ‘memperkenalkan’ sistem operasi dengan si harddisk. Seharusnya driver sudah otomatis ditangani oleh sistem operasi, namun kalau terjadi masalah, kamu bisa coba instal ulang driver. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties.
  • Pilih Device Manager.
  • Lalu cek pada “USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device” apakah ada tanda seru yang warnanya kuning atau tidak.
  • Jika ada tanda tersebut, kamu bisa klik Update Software.
  • Klik pada “Browse My Computer for Driver Software”.
  • Lalu “Let me pick from a list of device drivers on my computer
  • Kamu harus pastikan “Show compatible hardware” hanya tercentang pada “USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device”.
  • Pilih next dan instal, tunggu prosesnya sampai selesai.

Kalau setelah melakukan tahap diatas, masalah belum juga teratasi, berarti masalahnya bukan pada driver. Lanjutkan membaca.

Cek juga: 10 Rekomendasi Laptop dengan Hard Drive Besar!

4. Lakukan Management Ulang pada Disk Management

Cara ini bisa kamu lakukan kalau pada langkah sebelumnya ternyata tidak ada masalah pada driver. Berikut langkah-langkah untuk mengatur ulang Disk Management:

  • Klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage.
  • Cek apakah harddisk eksternal kamu terdeteksi atau tidak. Kalau ada, kamu bisa klik kanan pada drive lalu klik Delete Volume.
  • Klik kanan pada drive yang sudah dihapus tadi, dan klik pada new simple volume.
  • Ikuti petunjuk dan langkah yang ada. Pada pilihan Format Drive, kamu bisa pilih FAT32.

Note: Yang harus kamu ketahui adalah, cara ini dapat membuat semua data kamu hilang, karena cara ini akan memformat semua data pada harddisk.

Apabila harddisk sudah terbaca, kamu bisa kembalikan ke NTFS dengan cara format ulang supaya bisa dipakai.

5. Ganti Casing Harddisk

Cara ini berlaku kalau kamu menggunakan harddisk bekas laptop sebagai harddisk eksternal. Bisa jadi konektor yang ada di casing mengalami masalah, sehingga tidak bisa membaca harddisk di dalamnya.

Dalam keadaan seperti ini, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengganti casing harddisk dengan yang baru.

Diatas tadi adalah penyebab kenapa harddisk eksternal bisa sampai tidak terbaca oleh PC ataupun laptop. Walaupun ukuranya kecil kamu harus benar benar menjaga supaya kondisinya tetap baik demi menjaga performa harddisk eksternal kamu.

Menarik: 10 Pilihan Aplikasi Al-Qur’an Digital PC

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of