Ini Penyebab HP Cepat Panas! (dan cara mengatasinya)

Sebagai salah satu perangkat yang memiliki CPU, smartphone cukup rentan mengalami panas alias overheating. Terlebih lagi jika anda rajin menggunakan smartphone anda untuk bermain game, biasanya selain baterai cepat habis, HP anda tersebut pasti akan panas.

Lalu bagaimana cara mengatasi smartphone yang mengalami overheat tersebut? Nah kami punya beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Untuk itu, setidaknya ada tiga hal yang harus anda ketahui, yang pertama adalah darimana munculnya panas di smartphone, kedua apa yang menyebabkan smartphone anda overheating, dan terakhir tentu saja bagaimana cara mengatasi hal tersebut.


Darimana Datangnya Panas pada Smartphone

Alasannya sederhana, dimana ada listrik maupun gerakan mekanik disana pasti ada panas. Sementara agar smartphone anda tetap hidup, tentu saja disana ada listrik. Semakin berat smartphone anda bekerja tentu saja semakin banyak listrik yang terlibat di dalam sana. Konsekuensinya tentu saja semakin banyak panas yang tercipta.

Logikanya ketika anda sedang bermain game misalnya, tentu saja otak pada smartphone anda akan bekerja keras. Selain itu, unit pemroses grafis di smartphone anda pun akan mati-matian bekerja.

Akibatnya, daya yang diminta akan semakin tinggi dan tentu saja listrik yang dibutuhkan semakin banyak, dan akhirnya ponsel anda akan menjadi hangat.

Kesimpulannya, sekadar hangat bukanlah hal yang aneh dan harus anda khawatirkan karena hal tersebut merupakan proses yang normal terjadi pada ponsel anda. Pertanyaan utamanya adalah bagaiman jika smartphone anda menjadi panas hingga taraf anda tidak nyaman lagi menggenggamnya.

Baca: Daftar aplikasi android yang memberatkan ponsel anda


Kenapa Bisa Overheating?

phone temperature checking

Sebagaimana yang telah kami jelaskan, chip smartphone anda sudah disdesain sedemikian rupa. Akibatnya tentu ketika smartphone anda digunakan, anda akan merasakan hangat, namun tidak panas (overheating).

Chip dalam smartphone sudah cukup cerdas untuk mendeteksi adanya suhu abnormal yang berlebihan. Jika hal tersebut terdeteksi pada smartphone anda, chip secara otomatis akan menurunkan kecepatannya sehingga suhu akan berkurang.

Lalu mengapa sebenarnya terjadi overheating? Alasan pertama tentu saja jika anda terlalu memforsir ponsel anda. Salah satunya bisa karena anda memainkan game terlalu lama. GPU akan bekerja keras secara terus menerus dan hal ini merupakan salah satu alasan lazim smartphone mengalami overheating.

Selain itu jika anda (terutama pengguna android) memasukkan banyak fitur, fungsi, widget, dan sembari multitasking yang banyak, hal ini juga akan memicu terjadinya overheating. Apalagi kalau anda meng-overclock smartphone untuk mendapat performa ekstra.

Baca: Cara overclok android

Seluruh hal ini akan meminta CPU bekerja lebih keras, meminta daya lebih tinggi, dan akhirnya smartphone anda akan menjadi panas hingga overheating.

android widget

Alasan lain bisa datang dari lingkungan dimana anda meletakkan smartphone anda. Mudah saja, ketika anda membuka smartphone anda di terik matahari tentu saja akan menyebabkan ponsel anda menjadi lebih panas. Kami yakin hal ini cukup sering anda rasakan, terutama bagi anda yang tinggal di daerah dengan matahari yang terik.

Terakhir, bisa jadi memang ada kegagalan piranti keras di dalam smartphone anda. Sebut saja Snapdragon 810 yang dahulu banyak digunakan pada smartphone flagship berbagai macam merk.

Prosesor tersebut terkenal dengan kecepatannya, namun dikompensasi dengan panas yang berlebihan. Oleh karena itulah kemudian banyak yang menambahkan sistem pendinginan yang baik untuk mengimbangi hal ini.

Sistem pendinginan yang tidak bekerja baik, ataupun kerusakan sistem prosesor di dalam smartphone anda bisa jadi biang keladi overheating. Overheating jenis ini juga bisa terjadi kalau anda me-root android, kemudian memaksa prosesor untuk bekerja lebih keras.

Baca: Cara root android

Untuk mengetahui hal ini tidaklah mudah. Tapi setidaknya jika anda sudah berusaha menghindari beberapa sebab smartphone anda panas, anda bisa curiga terjadi kerusakan piranti keras di smartphone anda. Silahkan anda bawa ke toko resmi untuk diperbaiki.


Apa Solusinya?

Solusi paling mudah tentu saja dengan merawat smartphone anda dengan baik. Hal utama yang harus anda lakukan adalah hindari ponsel terkena panas secara langsung, terutama dalam posisi baterai terisi penuh alias 100%.

Selain itu masih terkait baterai, untuk memperpanjang serta menjaga performa baterai ada beberapa perlakuan khusus yang bisa anda terapkan. Pertama, jangan pernah mengosongkan baterai anda. Silahkan anda mulai melakukan recharge smartphone anda jika baterainya sudah berkisar di angka 20 hingga 30 persen.

Kemudian jika anda terpaksa harus melakukan recharge baterai smartphone anda semalaman, letakkan smartphone anda di permukaan yang dingin dan datar seperti lantai. Jangan letakkan di atas tempat tidur, sofa, atau tempat yang tidak rata lainnya yang menyebabkan panas terperangkap. Jangan lupa untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, dengan tidak meletakkan HP dekat dengan jendela rumah.

Galaxy Note 7 power saving mode

Cara lain yang bisa anda lakukan tentu saja dengan mengaktivasi mode penyimpanan daya alias power saving. Jika anda merasa hal ini terlalu ribet, biasanya anda bisa menjadwalkan mode ini, terutama pada smartphone android keluaran terbaru. Selain itu hindari penggunaan Bluetooth terlalu lama, atau WiFi pada kondisi yang tidak stabil.

Masih berkaitan dengan piranti lunak alias software, anda bisa mematikan semua apps yang tidak digunakan di smartphone anda. Apalagi apps-apps yang bisa berjalan di background. Hal tersebut akan membuang-buang baterai dan tentu akan menyebabkan smartphone anda cepat panas.

Anda pun harus memilih-milih serta memilah-milah widgets maupun fitur-fitur tambahan yang ingin anda nikmati. Anda bisa menghapus segala jenis widgets serta fitur-fitur yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam smartphone anda. Apalagi jika smartphone anda tergolong generasi lama yang biasanya tidak terlalu kuat menjalankan fitur dan widgets-widgets di masa sekarang.

Kemudian alih-alih meningkatkan brightness smartphone anda di cahaya terik, anda bisa beli layar penangkal silau alias glare screen. Meningkatkan kecerahan smartphone, meski terlihat sepele sebenarnya bisa meningkatkan suhu secara terus menerus dan akhirnya menyebabkan smartphone overheat. Jadi hindari lah hal ini.

Selain hal tersebut, anda boleh membiasakan diri untuk mengubah mode smartphone anda menjadi airplane mode ketika tidak digunakan. Tentu saja kami tidak merekomendasikan hal ini bagi anda yang memang tergolong sibuk dan banyak dihubungi oleh orang-orang. Tapi hal ini walaupun sepele ternyata bisa menurunkan suhu smartphone anda cukup banyak loh!

Phone case

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah menghindari penggunaan case atau cover yang terlalu menutup rapat smartphone anda. Kami tidak melarang anda membeli case yang unik ataupun bergambar hal-hal kesukaan anda. Tapi ingatlah untuk membiarkan smartphone anda sedikit bernapas, dengan memilih case yang agak terbuka, atau sekalian saja tidak menggunakan case.

Jika anda tidak mau menghindari hal ini, solusi yang bisa kami berikan adalah untuk sesekali membuka casing smartphone anda. Jika anda merasa smartphone anda melambat, dan mulai panas yang diluar kewajaran, anda bisa segera melepas casing smartphone anda. Cara ini cukup praktis kok, apalagi bagi anda yang masih ingin menggunakan casing yang hits.

Kesimpulan

Oke, mungkin tidak banyak anda yang membaca bagian ini. Tapi sebagaimana yang telah kami jelaskan, smartphone menjadi panas adalah hal yang wajar dan dapat dimaklumi. Tapi ketika panas membuat tangan tidak nyaman maka hal tersebut patut anda waspadai.

Setelah itu semua anda bisa menerapkan, setidaknya sepuluh tips dan trik yang mudah yang telah kami ulas secara singkat di atas. Dengan demikian kami yakin anda tidak perlu lagi mengalami smartphone yang overheating, dan tentunya anda bisa menggunakan smartphone anda secara maksimal, selamat mencoba!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of