Berbagai Macam Penyimpanan File Online (Cloud)

Berbagai pekerjaan dan kegiatan kita kini mulai bergantung pada penyimpanan berbasis cloud ketimbang metode penyimpanan tradisional seperti di flashdisk dan masih banyak lagi.

Penyimpanan cloud jauh lebih mudah dan sederhana ketimbang penyimpanan pada umumnya, entah dalam pusat data, konektivitas, server dan lain sebagainya.

Penyimpanan online diperkenalkan oleh Amazon 13 tahun lalu dengan nama Simple Storage Service.

Mengingat banyaknya penyedia layanan penyimpanan cloud, kamu harus memilih cloud yang menawarkan keamanan tingkat tinggi untuk menjaga datamu serta memiliki layanan dan penawaran yang berguna untuk perkembangan pekerjaaanmu.

Kebetulan banget nih, kali ini kami telah menyediakan daftar pilihan penyimpanan cloud terbaik yang bisa kamu coba. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : 3 Cara Simpel Mengamankan Data dan Privasi di Laptop


1. OneDrive Cloud Storage

OneDrive sudah terintegrasi dengan Windows 10, jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya. Tak hanya itu saja, OneDrive bisa kamu gunakan menyinkronkan gambar di perangkatmu.

OneDrive juga dilengkapi dengan fitur Autodesk AutoCAD yang sudah terkoneksi dengan software yang ada di perangkatmu.

Ada aplikasi khusus untuk perangkat Android dan iOS. Untuk kamu yang menggunakan Mac, ada juga aplikasi OneDrive di App Store.Kekurangan dari OneDrive adalah, cloud ini hanya dilengkapi ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB.


2. pCloud Cloud Storage

Kamu bisa menggunakan pCloud untuk menyimpan dan menyinkronkan file media berukuran besar sekalipun.

Tak ada batasan untuk ukuran file yang harus kamu unggah. Layanan ini tersedia untuk semua desktop dan ponsel. Jangan khawatir, kamu juga bisa login pCloud lewat webnya langsung.

Jangan cemas soal keamanan data, pCloud menjamin privasimu hingga 100% aman dan kamu bisa menggunakan fitur pCloud Crypto untuk mengunci file menggunakan kata sandi hanya dengan membayar biaya perbulannya.

pCloud juga menawarkan layanan pengamanan data hingga seumur hidup lho.


3. IDrive Cloud Storage

Salah satu cloud terbaik lainnya adalah IDrive. IDrive menawarkanmu sinkronisasi berkelanjutan terhadap file-file yang kamu simpan dengan cara yang cepat dan mudah.

Ada satu fitur unggulan dari cloud yang satu ini. Kalau kamu gak sengaja menghapus file atau data penting dari komputermu, file kamu tidak akan hilang kok. Malah masih akan tersimpan di IDrive sampai kamu benar-benar menghapusnya secara permanen.

Dengan IDrive, kamu juga bisa men-share file lewat email, Twitter, sampai Facebook sekalipun.

Keuntungan lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan IDrive adalah fitur face recognize yang akan membantumu mengatur file gambar untuk disinkronisasi di semua perangkatmu.

Kerennya lagi, IDrive akan mengirimkanmu hard disk fisik jika kamu kehilangan semua data penting. Ini akan memudahkan pemulihan file yang sebelumnya telah hilang.

Kekurangan dari cloud IDrive ini yaitu tidak memiliki fitur two-factor authentication.


4. Mega Cloud Storage

Kalau kamu sedang mencari penyimpanan online yang memiliki fitur lengkap tapi gratis, Mega adalah jawaban yang tepat.

Dengan tampilan sederhana dan mudah digunakan, Mega menawarkan penyimpanan cloud yang bisa kamu gunakan untuk menyinkronkan berbagai jenis file hanya dalam sekali klik.

Mega juga memberikan keamanan penuh terhadap file-mu dengan fitur enkripsi untuk setiap file yang ada di perangkatmu. Kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 50GB secara gratis.


5. Google Drive Cloud Storage

Well, siapa sih yang gak kenal sama salah satu penyimpanan cloud terbaik yang satu ini? Yep, Google Drive namanya!

Google Drive yang diluncurkan pada tahun 2012 ini memang menjadi pilihan paling tepat untuk kamu yang mau menyimpan file atau data secara aman.

Penyimpanan online ini biasanya sudah terintegrasi dengan perangkat Android, tapi pengguna dari platform lain juga bisa menggunakan fitur penyimpanan gratis ini kok.

Kamu bisa menyimpan foto dengan kualitas HD di smartphonemu bersamaan dengan penggunaan Google Photos serta membuat Google office suite-mu sendiri yang biasa dikenal dengan G Suite.

Dengan Google Drive, kamu bisa menyimpan file jenis apa pun hingga berkapasitas 15GB secara gratis.

Kekurangan dari Google Drive adalah tampilan interface versi webnya yang kurang enak dilihat dan agak membingungkan.


6. Zoolz Cloud Storage

Ada banyak fitur yang akan kamu sukai dari Zoolz Cloud Storage ini. Zoolz sangat cocok untuk penggunaan pribadi maupun bisnis.

Platform penyimpanan ini memberikan interface yang mudah digunakan dengan berbagai opsi yang multi-fungsi.

Gak cuma itu aja, Zoolz juga menawarkan pengoprasian cloud yang terintegrasi dengan penyimpanan eksternal lokal.

Zoolz akan membiarkanmu mengupload semua tipe file dengan berbagai ukuran tanpa harus takut kehabisan ruang penyimpanan.

Baca Juga : Kenalan Dengan Big Data: Pengertian dan Kegunaannya

Sebagai pengguna baru, kamu akan secara otomatis mendapatkan penyimpanan dengan kapasitas mencapai 7GB secara gratis.

Zoolz bisa memantau file-mu lalu memulai back-up sekitar 5 menit sekali tanpa harus merasa khawatir kehilangan file berhargamu.


7. Box Cloud Storage

Penyimpanan online bernama Box ini memang terlihat ‘out-of-the-box‘. Selain karena banyaknya fitur canggih yang mereka tawarkan, Box juga menyediakan berbagai opsi tanpa batas untuk penyimpanan file-mu.

Dengan Box, Kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 10GB secara gratis.

Box menghadirkan fitur ‘Business Plans’ dengan pengamanan tingkat tinggi yang menjamin privasi dari setiap file-mu.

Kerennya lagi, Box didukung oleh sejumlah platform utama seperti Google Docs dan Office 365. Box juga terintegrasi dengan G-suite lho, ini berarti file Sheets, Docs dan Slides akan secara otomatis tersimpan di dalam Box. Sama seperti OneDrive, Box juga sudah terkoneksi dengan AutoCAD.


8. Degoo Cloud Storage

Walaupun namanya masih asing terdengar, Degoo tak kalah keren kok dari penyimpanan cloud lainnya.

Penyimpanan online ini telah berhasil menarik lebih dari 15 juta pengguna sejak peluncurannya pada awal tahun 2019.

Degoo juga digadang-gadang berhasil menjadi salah satu platform cloud yang bisa mengenkripsi file yang disimpan di tempat yang berbeda dan diperkirakan 20rb pengguna bergabung dengan Degoo setiap harinya.

Tak jauh berbeda dengan penyimpanan online lainnya, Degoo mendukung two-factor authentication lewat perantara Google sign-in.


9. NextCloud Cloud Storage

NextCloud sebenarnya bukan platform khusus penyimpanan online, melainkan sebuah web yang menyediakan software gratis yang bisa kamu download dan install untuk menggunakan layanan cloud di servermu sendiri.

Menggunakan server di home network untuk penyimpanan cloud bisa jadi lebih aman. Karena kamu bisa mengaktifkan enkripsi yang akan memastikan informasi dari file apa pun tidak akan lolos begitu saja dari perangkatmu.

Gak perlu khawatir akan merasa kesulitan. Walaupun kamu bukan ahli IT atau tidak memiliki kemampuan menggunakan server, kamu tetap dapat memakai NextCloud yang telah dikonfigurasi sebelumnya kok.

NextCloud jenis ini menyediakan penyimpanan hingga 1 TB yang akan menjaga dan menyinkronkan setiap datamu.


10. SpiderOak

SpiderOak menjadi cloud yang cukup populer digunakan untuk penyimpanan data dan file berkat sistem pengamanannya yang cukup tinggi.

Data dan file kamu akan secara otomatis terenkripsi sebelum disinkronkan. Kamu bisa menggunakan SpiderOak dengan berbagai macam perangkat dari mulai smartphone hingga PC dengan beragam sistem operasi seperti Windows, Mac hingga Linux.

Jika menggunakan smartphone entah itu Android atau iOS, SpiderOak hanya akan menjadi aplikasi read-only yang artinya kamu hanya bisa melihat file tapi tidak bisa mengupload atau menyinkronkan apa pun.

Gak cuma lewat aplikasi, kamu juga bisa menggunakan SpiderOak lewat web yang memiliki interface cukup baik.

Walaupun berbayar, kamu bisa mendapatkan layanan penggunaan dan fitur canggih serta mumpuni selama 21 hari secara gratis.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of