Perbedaan Vegas Pro dan Adobe Premiere Pro

Vegas Pro dan Premiere Pro adalah sofware edit video yang sudah sangat umum digunakan oleh konten kreator untuk membuat konten video, apa sih perbedaan antara keduanya ini?

Di era digital yang semakin maju ini, semakin banyak bermunculan content creator di berbagai platform seperti instagram, youtube, hingga facebook. Para content creator ini dituntut untuk membuat inovasi dan semakin kreatif di setiap konten yang mereka ciptakan, salah satunya yaitu konten berupa video.

Tak hanya content creator, masyarakat biasa pun sering membuat konten video dengan berbagai tujuan beragam. Untuk mempercantik dan menyempurnakan video yang dibuat, dibutuhkan software untuk mengedit video tersebut.

Kalau kamu bingung mau menggunakan yang mana, kali ini RuangLaptop akan memberikan ulasan mengenai perbedaan antara Vegas Pro dan Adobe Premiere Pro.

FiturVegas ProPremiere Pro
Sistem OperasiWindowsMacOS, Windows
HargaRp8.501.556 (selamanya)Rp3.237.600 (per tahun)
InterfaceMudah digunakan, beberapa opsi dapat disesuaikan.Dapat menyesuaikan tata letak dan ukuran windows.
Pengeditan 4KMendukungTidak mendukung
Koreksi WarnaKontrol warna tersedia, tetapi tidak mudah digunakanKontrol warna yang mudah digunakan dan intuitif.
Motion GraphicTidak.Ya, dengan integrasi After Effects.
AudioBasic editing dan Mixing audio.Editing audio yang lebih baik, plus tautan ke Adobe Audition.
IntegrasiTidak adaYa, dengan kompatibilitas antar program Adobe lainnya.
Kolaborasi PenggunaTidak.Cocok untuk kolaborasi dengan tim di berbagai sistem atau program.
PluginBeberapa plugin dasar tersedia.Sejumlah besar plugin disediakan pihak ketiga.

Platform

Terdapat dua platform yang biasa dipilih para pengguna, yaitu Mac dan Windows. Vegas Pro mampu bekerja dengan baik pada Windows. Namun, sejauh ini Vegas Pro masih belum tersedia untuk Mac. Adobe Premiere Pro telah mampu bekerja dengan baik di kedua platform baik Windows maupun Mac.

Interface

Adobe Premiere Pro dan Vegas Pro memiliki kesamaan bila dilihat sekilas. Jika dilihat lebih detail lagi, Adobe Premiere Pro memiliki lebih banyak fitur, tools dan fasilitas untuk editing video.

Sedangkan untuk Vegas Pro akan lebih mudah digunakan bagi para pemula dengan fitur dan tools yang cukup sederhana. Perlu diingat bahwa fasilitas yang diberikan Vegas Pro masih terbatas. Sehingga, untuk editing tingkat lanjut lebih disarankan menggunakan Adobe Premiere Pro.

Adobe Premiere Pro 2020

Stabilitas

Adobe Premiere Pro dengan berbagai fitur dan fasilitas yang diberikan memang tergolong memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Terdapat banyak forum komunitas yang seringkali membahas tentang berbagai masalah beserta solusinya dari Adobe Premiere CC. Secara keseluruhan memang Vegas Pro lebih stabil untuk digunakan.

Namun, meskipun begitu sudah terdapat banyak dukungan dari berbagai komunitas untuk kedua software ini.

Fitur

Fitur yang paling menonjol perbedaannya yaitu pada Color Correction and Color Grading. Adobe Premiere Pro bisa menampilkan hasil yang lebih baik dalam teknik pewarnaan, pencahayaan hingga ketajaman warna. Dalam hal motion graphics, Premiere masih lebih unggul dibandingkan Vegas.

Pasalnya, di dalam Premiere terdapat beberapa tools animasi built-in yang canggih sekaligus memudahkan pengguna dalam berkreasi. Adanya tools After Effect menambah kelebihan bidang motion graphics milik Premiere. Di sisi lain, untuk Vegas Pro masih belum memiliki tools yang memadai untuk membuat motion graphics seperti halnya Premiere.

Dari segi audio, Premiere memfasilitasi penggunanya untuk menghapus, memusatkan atua memberikan tambahan audio bila dibutuhkan. Sedangkan Vegas sedikit menyulitkan pengguna karena fitur audionya yang tersembunyi. Premiere dan Vegas sama-sama memiliki fitur multicam yang memungkinkan gambar muncul dari berbagai sudut.

vegas pro 17

Performance

Premiere didukung dengan banyak Codec. Vegas maupun Premiere sama-sama bisa mengatasi permasalahan editing pada video dari kamera standart hingga kelas atas. Namun, perbedaan akan muncul ketika sudah lebih membahas tentang standar sinematik, resolusi maupun jumlah bit yang lebih tinggi.

Keduanya membutuhkan minimal RAM 8 GB dan GPU VRAM sebesar 4GB. Untuk Vegas bisa bekerja minimal di Windows 7. Sedangkan Premiere bisa bekerja pada Windows 10 ke atas.

Mana Yang Lebih Baik?

Vegas Pro maupun Adobe Premiere Pro memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika anda pengguna Mac, tentu Vegas tidak bisa anda gunakan. Perihal harga, keduanya memiliki harga yang ditawarkan masing-masing.

Kembali lagi bahwa tidak ada software video editing yang sempurna. Software yang lebih baik digunakan yaitu software video editing yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x