6 Perkembangan Pesat Teknologi Smartphone di 2019

Pembicaraan soal kecanggihan dari smartphone tidak akan ada habisnya. Di zaman sekarang ini smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari yang tidak bisa lepas dari diri kita meskipun cuma 10 meter. Perkembangan smartphone pun bukan hanya dari software-nya saja, namun juga dari segi hardware.

Manfaat yang kita dapatkan dari perkembangan teknologi smartphone sudah sangat terasa. Hanya dengan beberapa sentuhan kita dapat dengan mudah mengakses semua kecanggihan teknologi dari smartphone ini.

Lalu apa sajakah teknologi smartphone yang berkembang pesat saat ini? Yuk, langsung saja simak ulasan dari kami di bawah ini!

1. Wearable Device

Wearable Device alias gadget yang dikenakan di tubuh menjadi semakin populer di 2019.

Yang kami maksud Wearable Device adalah kacamata, gelang, dan smartwatch. Semua bisa disinkron dengan smartphone.

Di akhir 2019, para ahli memprediksi bahwa lebih dari 125 juta perangkat Wearable Device akan diluncurkan ke pasar. Bandingkan dengan tahun 2015 yang hanya 50 juta.

Apa alasan kepopulerannya? Tentu saja karena mereka bisa dihubungkan alias disinkronisasi dengan smartphone. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan smartphone dari kantong atau tas, melainkan cukup operasikan Wearable Device yang nempel di tubuh kamu.

Baca: Cara pakai WhatsApp Web di PC

2. Biometrics

Teknologi yang berkembang selanjutnya adalah biometrics, yang lebih sering kita kenal sebagai sensor fingerprint atau face unlock.

Tapi biometric sebenarnya bukan hanya sensor fingerprint atau face unlock. Biometric berarti teknologi yang bisa mengenali manusia berdasarkan manusia itu sendiri. Beberapa contohnya adalah:

  • sensor suara
  • sensor wajah
  • sensor tandatangan
  • sensor sidik jari

Ambil contoh fingerprint atau biasa disebut dengan sensor sidik jari. Sensor ini memiliki bentuk seperti lempengan yang berukuran 0.01 inci. Sangat tipis bukan? Ia akan bekerja sebagai pemindai sidik jari pemilik smartphone yang akan melindungi data-data penting di dalamnya.

3. Wireless Charger

Teknologi terbaru dari charger smartphone adalah wireless charging. Dengan teknologi ini smartphone akan terlihat lebih keren dan canggih karena baru beberapa jenis smartphone saja yang memiliki fitur ini.

Wireless charging menggunakan medan magnet untuk transfer energi dari charger ke smartphone melalui induksi elektromagnetik. Tidak perlu colok lagi, kamu hanya perlu meletakkan smartphone di Charging Pad, dan baterai akan terisi.

Wireless charger merupakan salah satu teknologi smartphone yang sedang berkembang pesat. Dalam waktu dekat katanya wireless charger ini akan bisa digunakan pada semua jenis smartphone, baik itu Android maupun iPhone. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan teknologi wireless charger ini jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya ya!

4. Prosesor

Prosesor merupakan salah satu organ paling penting pada sebuah alat elektronik, terutama smartphone. Hardware yang satu ini memiliki peran sebagai otak smartphone, dan prosesor Snapdragon adalah salah satu jenis prosesor tercanggih di pasaran saat ini.

Bekerja secara efisien dan membuat performa smartphone menjadi lebih cepat, jenis prosesor Snapdragon tentunya menjadi prosesor yang paling laku. Tipe dari prosesor ini diantaranya ada dual core, quad core, sampai octa core.

5. Kamera

Review kamera nokia 9 pureview

Ketika memilih sebuah smartphone selain dari performanya terkadang kebanyakan kaum hawa akan mempertimbangkan bagian kamera sebelum membelinya. Dulu, resolusi kamera smartphone paling hanya berukuran 2 MP saja, tetapi sekarang sudah berkembang pesat menyaingi kamera DSLR.

Bahkan, smartphone keluaran 2019 rata rata dilengkapi dual camera, triple, sampai 5 kamera belakang! Resolusinya pun mencengangkan yaitu mencapai puluhan megapixel per kameranya.

6. RAM

ram smartphone

Dulu, RAM cuma jadi pertimbangan penting untuk PC atau lapptop. Itu ketika rata rata laptop pasaran memiliki RAM sekitar 2 sampai 4 GB.

Sekarang, berhubung banyak sekali fitur yang ditambahkan ke smartphone, baik dari segi hardware maupun software, RAM ponsel pun perlu ditingkatkan secara sangat drastis.

Ponsel keluaran 2019 paling tidak harus memiliki RAM sebesar 2GB untuk penggunaan yang nyaman. Besar kecilnya kapasitas RAM tergantung dari jenis perangkat supportnya seperti prosesor. Untuk pertama kalinya, RAM smartphone canggih di pasaran mendekati RAM yang umum digunakan di laptop atau PC, yaitu 8 GB sampai 16 GB.

Demikian informasi tentang 6 teknologi smartphone yang sudah berkembang pesat hingga saat ini. Jadi, buat kamu yang ingin membeli smartphone jangan lupa cek beberapa spesifikasi teknologi diatas, ya!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of