13 Pertanyaan Umum Seputar PDF (FAQ)

PDF adalah format dokumen yang sangat populer di dunia. Konsistensi tampilan visual setiap dokumen dan kompatibilitas di berbagai perangkat semakin melambungkan nama format file yang satu ini. Satu-satunya kekurangan hanyalah betapa sulitnya jenis dokumen ini untuk diedit.

Sebagai salah satu format dokumen paling populer, banyak pertanyaan berseliweran seputar jenis file satu ini. Bagaimana cara editnya? Siapa penemunya? Dan masih banyak lagi.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah 13 pertanyaan umum mengenai file berjenis PDF!

1. Apa kepanjangan PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format.

2. Siapa penemu format PDF?

PDF diciptakan oleh Adobe Systems di tahun 1993, namun dibuka untuk publik pada tahun 2008.

3. Apa tujuan dibuatnya file PDF?

PDF pada awalnya diciptakan untuk membaca dokumen, bukan untuk mengedit. Ini banyak membuat frustrasi karena banyak kebutuhan merubah file sumber. Pada akhirnya banyak software edit PDF yang dikembangkan.

4. Bagaimana cara edit PDF?

PDF bisa diedit dengan Adobe Acrobat Pro, website editor PDF online, atau merubah formatnya ke docx dulu kemudian edit di Microsoft Word. Cek artikel lengkapnya mengenai cara edit PDF.

5. Bagaimana cara merubah format dokumen Word jadi PDF?

Caranya buka dokumen tersebut, pilih File di toolbar atas, pilih Save as dari dropdown, lalu pilih PDF.

6. Kenapa file PDF populer?

PDF populer untuk membaca dokumen karena layout dokumen yang tidak akan berubah-ubah di perangkat manapun. Tidak seperti Microsoft Word yang bisa membuat dokumen tiba-tiba berantakan. PDF juga memiliki sistem proteksi lebih aman.

7. Apakah tulisan didalam dokumen PDF bisa di search?

Tulisan di dalam dokumen PDF bisa di search menggunakan shortcut keyboard standar, yaitu CTRL+F, lalu ketik tulisan yang ingin anda cari.

8. Apakah PDF kompatibel di semua sistem operasi?

PDF kompatibel di semua sistem operasi, mulai dari Windows, Unix, Mac, Android, iOS, BlackBerry, dan beberapa lainnya. Pastikan Adobe Reader sudah terinstal untuk memastikan dokumen bisa tampil dengan sempurna.

9. Bagaimana cara kerja PDF?

PDF adalah format file yang menangkap semua elemen dari dokumen, dan menjadikannya sebagai gambar elektronik. File PDF dibuat menggunakan Adobe Acrobat, Acrobat Capture, atau software serupa lainnya.

10. Apakah PDF lebih baik dari Word?

Dari segi pembaca, PDF lebih baik karena ia dokumennya akan konsisten secara visual di perangkat apapun. Dari segi penulisan, Word lebih baik karena mengedit file PDF cukup ribet.

11. Apakah Windows 10 punya PDF editor?

Tidak, Windows 10 tidak dilengkapi dengan editor PDF dari bawaannya. Anda perlu menginstal software pihak ketiga atau menggunakan editor PDF online.

12. Bagaimana cara edit PDF tanpa Adobe?

Ada beberapa pilihan, antara lain editor PDF online, aplikasi editor PDF pihak ketiga, atau buka dokumen PDF dengan Google Docs.

13. Apa struktur file PDF?

PDF adalah file 7-bit ASCII, kecuali beberapa elemen yang memiliki konten biner. Sebuah file PDF dimulai dengan header berisi nomor tersebut dan versi format, contohnya %PDF-1.7.

0 0 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments