16 Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk PC 2020

Memilih antivirus yang tepat untuk PC kamu merupakan hal yang sangat penting, mengingat betapa krusialnya keamanan dan kinerja perangkatmu.

Antivirus bekerja untuk melindungi PC dari serangan malware. Malware adalah software berbahaya yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, laptop, server, bahkan jaringan komputer sekalipun! Beberapa jenis malware lebih dikenal dengan nama ‘virus’.

Namun, malware juga populer dengan istilah lainnya yaitu seperti Trojan horses, worms, adware, spyware, scareware, ransomware, dan berbagai macam sebutan yang lain.

Virus berbahaya ini dapat mengancammu dengan berbagai macam permasalahan yang merugikan seperti mampu melakukan enkripsi, melakukan pencurian, membajak atau mengubah sistem kerja pada perangkatmu. Yang lebih buruknya lagi, virus ini juga dapat memantau segala aktivitasmu tanpa sepengetahuanmu.

Nah, untuk mencegah hal buruk terjadi, ada baiknya kamu menginstall software antivirus pada PC-mu. Kira-kira antivirus mana yang paling oke? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


1. Microsoft Defender

Microsoft Defender

Sebenarnya, jika kamu sudah selalu konsisten menggunakan komputer dengan cara yang aman seperti selalu meng-update software dengan versi yang terbaru, menggunakan kata sandi yang kuat, dan mengabaikan email atau tautan yang sekiranya berbahaya, kamu akan terhindar dari serangan virus-virus komputer yang nakal.

Namun, terkadang bisa saja kamu melupakan salah satunya dan pada akhirnya komputer kamu jadi berpotensi untuk diserang virus. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan Microsoft Defender.

Microsoft Defender sendiri merupakan sebuah antivirus gratis buatan Microsoft yang sudah tersedia pada perangkat dengan Windows 10.

Uniknya, Microsoft Defender bisa melindungi PC-mu dengan proteksi maksimal untuk akun pribadi, keamanan perangkat, kontrol browser atau aplikasi, dan yang jadi andalan adalah pencegahan maksimal untuk berbagai macam virus berbahaya yang suatu waktu bisa saja menyerang perangkatmu.

Baca juga: 3 Tips Simpel Mengamankan Data dan Privasi di Laptop


2. Avast Free Antivirus

Avast Free Antivirus

Salah satu antivirus terbaik lainnya yaitu Avast. Avast Free Antivirus adalah software pembasmi virus yang komprehensif dan efisien. Avast juga menjadi antivirus yang paling populer berkat kinerjanya yang sudah tepercaya.

Fitur-fitur dari Avast yang bisa kamu gunakan untuk mencegah serangan virus antara lain opsi pemindaian PC yang detail dan dioptimalkan, database virus yang selalu di-update, serta kecepatan optimalisasi komputer yang mumpuni.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Avast Free Antivirus ini adalah penggunaan yang simpel dan lebih cepat daripada versi yang sebelumnya.

Gak usah khawatir soal hacker yang bisa membobol data dalam perangkat PC-mu karena Avast menawarkan fitur proteksi maksimal pada setiap data yang tersimpan. Avast juga telah meningkatkan fitur pengamanan komputer dan pemblokiran situs atau alamat email yang berbahaya. Aman banget kan?

Lihat: Cara hacker mengetahui password instagram anda


3. BullGuard Antivirus

BullGuard Antivirus

BullGuard adalah antivirus yang sangat efektif digunakan untuk melindungi perangkat PC atau laptopmu dari berbagai macam ancaman seperti virus, keylogger, adware, dan masih banyak lagi.

BullGuard telah dilengkapi beragam fitur canggih seperti real-time protection, 24/7 support, spam filtering, dan safe browsing. Semua fitur tersebut bisa menyelamatkan perangkatmu dari bahaya virus jahat yang mengintai setiap waktu.

Software antivirus ini juga sangat mudah untuk digunakan dan dapat dinavigasi oleh pengguna dari hampir semua kalangan.

BullGuard juga sangat konsisten untuk terus memperbarui database virus di perangkatmu agar bisa secara maksimal digunakan untuk melacak malware berbahaya setiap harinya.

Secara keseluruhan, BullGuard Antivirus adalah utilitas pengamanan perangkat yang sangat bagus untuk kamu coba.

Baca: Tips aman dan nyaman berselancar di internet


4. Bitdefender Antivirus 

Bitdefender Antivirus 

Bitdefender sudah menjadi nama yang banyak dikenal sebagai software antivirus yang bisa bekerja dengan efektif dengan menghasilkan kinerja terbaik untuk pengamanan perangkatmu dari serangan malware.

Software antivirus ini dapat langsung mendeteksi dan memberi notifikasi jika ada aktivitas mencurigakan pada PC-mu.

Bitdefender tak hanya melakukan pemindaian pada PC-mu tapi juga secara real-time memberikan perlindungan nyata untuk mencegah virus dan ancaman berbahaya lainnya menyusup ke perangkatmu kapan saja.

Selain itu, Bitdefender juga memiliki interface yang sangat user-friendly dan enak dipandang mata. Tak hanya itu saja, antivirus ini begitu mudah digunakan berkat fitur one-click control yang membuat pengamanan perangkat jadi lebih praktis.

Singkatnya, Bitdefender Antivirus menawarkan metode yang sederhana dan efektif untuk senantiasa menjaga PC-mu agar terlindung dari serangan malware sepanjang waktu.

Menarik: Cara melihat status whatsapp tanpa ketahuan!


5. McAfee Total Protection

McAfee Total Protection

McAfee bisa dibilang merupakan pelopor dari software antivirus pertama yang sudah ditemukan sejak tahun 1987 oleh John McAfee.

Sama seperti kebanyakan antivirus lainnya, McAfee memiliki fitur full-scan untuk keseluruhan sistem perangkat, pemindaian cepat untuk file yang berpotensi dihinggapi virus, sampai pemindaian khusus yang bisa ditentukan sendiri olehmu.

Tak hanya itu, fitur McAfee ‘WebAdvisor’ dapat melindungi browsermu dari situs web yang berisiko membawa malware. Ini juga bisa melakukan pemblokiran langsung ke situs hosting malware.

McAfee Antivirus mempunyai mode Smart Access default yang mampu mengontrol izin penggunaan internet untuk beberapa program di PC-mu secara otomatis.

Buat kamu yang mau bikin PC jadi anti lemot, kamu bisa menggunakan fitur App Booster dari McAfee yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi apa saja yang paling sering kamu gunakan.

Dengan fitur Shredder Tool McAfee, kamu juga dapat menghapus file ‘sensitif’ dengan aman tanpa harus takut file bocor dan jatuh ke pihak yang salah.


6. Kaspersky

Kaspersky

Kaspersky merupakan antivirus yang dibuat oleh Kaspersky Lab dan didesain khusus untuk melindungi perangkat PC-mu dari serangan malware yang berbahaya.

Fitur-fitur perlindungan dari Kaspersky antara lain real-time protection, deteksi, dan pembasmian virus perusak seperti worm, Trojan, spyware, keylogger, adware, dan lain sebagainya.

Kaspersky juga memiliki fitur pemindaian sistem yang canggih dan mumpuni. Jangan khawatir soal file atau data krusial yang tersimpan di PC-mu itu, Kaspersky mampu melindungi data yang ada di perangkat PC-mu dari para hacker jahat.

Dengan penggunaan antivirus Kaspersky, kamu dapat meminimalisir kerusakan yang sudah lebih dulu terjadi karena serangan virus.

Keuntungan lain dari Kaspersky yang bisa kamu manfaatkan kalau kamu sudah punya anak adalah fitur safe browser yang akan melindungi internet dari konten-konten tidak pantas dan tidak mendidik.

Tak hanya itu saja, Kaspersky dapat dengan rutin membersihkan dan mengoptimalisasi perangkat PC-mu. Keren kan?


7. Smadav Antivirus

Smadav Antivirus

Buat kamu yang zaman dulunya sering main ke warnet, pasti udah gak asing lagi kan dengan nama antivirus yang satu ini? Ya, Smadav!

Smadav memang antivirus asli dari Indonesia yang dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 yang lalu.

Walaupun Smadav buatan lokal, tapi jangan ragukan kualitas antivirus ini. Smadav merupakan software antivirus gratis yang dirancang untuk memberikan perlindungan  maksimal pada PC-mu setiap waktu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih rata-rata warnet menggunakan Smadav sebagai antivirus mereka? Well, hal ini sebenarnya berkaitan dengan fungsi utama dari Smadav itu sendiri, yaitu perlindungan PC dari perangkat luar tambahan seperti Flash Disk, USB cable, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Flash Disk memang berpotensi membawa bahaya malware pada perangkatmu. Apalagi sekelas warnet yang perangkatnya digunakan oleh hampir semua kalangan, sudah pasti membutuhkan antivirus kuat yang bisa ‘mengamankan’ perangkat komputer atau laptop mereka dan Smadav lah jawabannya!

Dengan Smadav, kamu tak perlu khawatir lagi dengan virus-virus nakal yang mengintai karena Smadav mampu membersihkan dan menjaga setiap data yang tersimpan pada sistem di PC-mu.

Berbeda dengan antivirus yang lain, Smadav merupakan ‘Low Resource Antivirus’ yang artinya hanya menggunakan sedikit memori pada komputer atau laptopmu.


8. Malwarebytes

Malwarebytes

Malwarebytes adalah pemindai virus populer yang mampu mendeteksi dan menghapus berbagai macam ‘benalu’ PC seperti rootkit, worm, spyware, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Malwarebytes juga sangat sederhana, kamu hanya perlu menginstall software antivirus ini di perangkatmu, lalu mereka akan secara otomatis melakukan pemindaian secara keseluruhan pada sistem dan file yang ada di PC-mu.

Selain itu, Malwarebytes dapat memindai perangkatmu dengan real-time untuk mencegah malware atau situs web apapun menginfeksi PC-mu.

Malwarebytes dilengkapi dengan Artificial Intelligence yang mampu melindungi setiap komputer dan laptopmu, bahkan tanpa harus jadi beban sama sekali!

Antivirus ini juga dapat menghentikan ransomware berbahaya dengan fitur Next-Gen Technologi yang bekerja secara proaktif untuk melindungi berbagai file yang ada di perangkatmu. Fitur tersebut merupakan tenaga pertahanan yang komprehensif dan kuat untuk pemblokiran ransomware.


9. Avira Free Antivirus

Avira Free Antivirus

Avira adalah antivirus asal Jerman yang dibuat oleh Tjark Auerbach pada tahun 1986. Avira berhasil mendapatkan peringkat sebagai pemenang penghargaan antivirus paling komprehensif berkat konsistensinya terhadap perlindungan perangkat dari semua jenis ancaman berbahaya.

Selain itu, Avira juga dapat mengamankan berbagai macam data, melindungi privasi, dan memastikan PC-mu tetap bebas virus sepanjang waktu.

Kerennya lagi, antivirus ini melakukan pemindaian berbasis Cloud untuk hasil perangkat yang lebih bersih dan aman. Tak tanggung-tanggung, Avira Free Antivirus mampu mendeteksi dan membasmi 99,99% malware yang berpotensi merusak perangkatmu.

Antivirus ini bisa memblokir situs-situs yang sudah terinfeksi atau diduga phising secara otomatis. Untuk menerapkannya, kamu bisa menggunakan fitur Browser Tracking Blocker atau Website Safety Advisor pada perangkatmu, lalu Avira akan dengan cepat melakukan tugasnya untuk membasmi beraneka ragam virus pengganggu.


10. AVG Antivirus

AVG Antivirus

AVG Antivirus sebenarnya merupakan bagian dari Avast. Walaupun begitu, kedua antivirus ini memiliki keunggulannya masing-masing.

AVG adalah produk software antivirus terbaru yang akan memastikan keamanan perangkatmu dengan baik. Antivirus ini kaya akan fitur dan mempunyai interface yang ‘segar’ serta sangat mudah untuk digunakan.

Software antivirus yang satu ini juga mempu melindungi komputer atau laptopmu dari virus, worm, rootkit, spyware, dan lain sebagainya saat kamu sedang browsing sesuatu secara online atau mungkin mengecek email.

AVG memang dirancang untuk mereka yang membutuhkan sistem antivirus terbaik dan kinerja yang ‘anti-ribet’.

Tak hanya itu saja, AVG mampu memeriksa file sebelum kamu men-downloadnya, serta memblokir tautan yang terinfeksi virus berbahaya. Hal ini tentu saja bisa mengamankan data pribadimu tanpa harus takut privasi terancam.


11. Panda Antivirus

Panda Antivirus

Panda adalah antivirus terbaru yang bisa memberikan perlindungan maksimal untuk komputer atau laptop Anda.

Software antivirus yang satu ini memiliki tampilan interface yang sangat intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, kamu bisa terbebas dari berbagai macam virus dan penipuan online dengan antivirus Panda.

Dengan menginstall Panda, kamu bisa chattingan, share foto dan video, baca blog kesukaan, belanja online, atau browsing apapun dengan aman dan tanpa harus khawatir terganggu oleh virus berbahaya.

Selain itu, basis data pendeteksian virus pada antivirus Panda terletak di Internet (Cloud). Jadi, komputer atau laptopmu gak akan membatasi penggunaan sumber daya ketika antivirus sedang bekerja.

Antivirus Panda memungkinkanmu untuk menikmati pengalaman menggunakan perangkat yang aman dan nyaman berkat berbagai macam fitur modern serta canggih yang tersedia.


12. Norton Security (LifeLock)

Norton Security

Buat kamu yang doyan banget wara-wiri di internet, kamu wajib menggunakan antivirus yang satu ini untuk mengamankan perangkatmu. Ya, Norton Security mampu mendeteksi virus dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Gak cuma itu aja, Norton Security bisa mencegah hacker mencuri datamu dengan cara melindungi username dan password sosial media atau platform apapun yang kamu simpan di komputer dan laptopmu.

Fitur lain yang perlu kamu coba adalah back up data yang bisa melakukan penyimpanan data dengan sangat aman di Cloud tepercaya.

Norton Security juga dilengkapi dengan interface yang user-friendly dan tentu saja begitu mudah untuk digunakan tanpa perlu khawatir masalah privasi akan terancam.


13. Sophos Home Free

Sophos Home Free

Sophos Home Free merupakan antivirus yang bisa melindungi setiap PC yang ada dari virus, malware, ransomware, dan beraneka ragam situs web yang berbahaya.

Fitur unggulan dari software antivirus ini adalah kamu dapat mengelola sendiri pengaturan keamanan untuk seluruh perangkat milik anggota keluarga lainnya supaya hal buruk tidak terjadi.

Sophos Home Free juga mampu mencegah dan menghentikan penjahat online yang biasa memanfaatkan kerentanan data di perangkatmu dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan oleh fitur Business-Class Security yang mengandalkan real-time protection untuk mengamankan setiap data atau file yang tersimpan di komputer atau laptopmu.


14. Trend Micro Antivirus Plus

Trend Micro Antivirus Plus

Salah satu software antivirus terbaik ini memang memberikanmu keamanan dan menjamin privasi online yang akan membuatmu merasa tenang untuk menggunakan internet.

Trend Micro Antivirus Plus bisa melindungimu dari pencurian identitas yang membahayakan kehidupan. Selain itu, antivirus ini juga bisa mengamankan perangkat komputer atau laptopmu dari gangguan ransomware, virus, spam, spyware, dan berbagai macam ancaman lainnya.

Trend Micro memberitahu kamu tentang tautan atau email berbahaya yang berpotensi merugikanmu dengan cara mengirimkan notifikasi yang jelas dan cepat.

Software antivirus ini juga dilengkapi dengan tampilan interface yang sederhana tapi tetap terlihat intuitif dan tentu saja sangat mudah untuk digunakan.


15. ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus adalah perlindungan paling efektif yang bisa kamu gunakan untuk memerangi beraneka ragam ancaman internet yang berpotensi mendatangkan virus ke perangkatmu.

Software antivirus keren yang satu ini menawarkan proteksi perangkat yang komprehensif dan anti spyware tanpa mempengaruhi kinerja perangkatmu.

Dengan teknologi ThreatSense® yang canggih, ESET NOD32 AntiVirus akan secara proaktif melindungi komputer dan laptopmu dari serangan virus, trojan, worm, ransomware, adware, spyware, rootkit, dan situs berbahaya lainnya.

ESET NOD32 Antivirus juga menjadi salah satu antivirus tercepat, yang karena saking cepatnya, kamu gak bisa melihat cara dia bekerja.


16. Comodo Antivirus

Comodo Antivirus

Comodo yang satu ini bukan nama kadal endemik yang tinggal di Nusa Tenggara Timur ya, melainkan sebuah antivirus yang mampu melindungi perangkatmu dari berbagai macam virus berbahaya.

Comodo Antivirus merupakan software andal yang menyediakan tingkat keamanan tinggi untuk komputer atau laptop berbasis Microsoft Windows.

Kamu dapat menggunakan Comodo untuk melakukan pemindaian virus secara real-time tanpa harus khawatir masalah privasimu akan terancam.

Interface dari antivirus Comodo ini juga terlihat elegan tapi tetap mengusung tema yang sederhana yang nyaman dilihat. Tak hanya itu saja, software antivirus ini sangat memungkinkan untuk diubah dan disesuaikan pengaturannya dengan kebutuhanmu.


Nah, itu dia beberapa antivirus terbaik yang bisa kamu coba untuk mengamankan perangkatmu dari serangan virus dan hacker jahat. Apakah kamu sudah pakai salah satunya? Atau mungkin baru mau memutuskan akan menggunakan antivirus yang mana?

Jangan bingung, yuk share jawaban atau pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini supaya kita bisa saling berbagi ilmu 🙂

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Software Name
Microsoft Defender
Operating System
Microsoft Windows
Software Category
Antivirus

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of