10 Pilihan Aplikasi Al-Qur’an Digital PC (Gratis)

Saat ini PC tidak hanya menjadi sebuah sarana untuk bekerja dan belajar saja, namun sudah lebih dari itu anda bisa melakukan apa saja dengan menggunakan PC, termasuk juga untuk beribadah. Kamu bisa membaca Al Quran melalui aplikasi AlQuran digital yang bisa kamu download di PC.

Memang saat ini waktu yang kamu miliki semakin sedikit terlebih jika kamu sibuk melakukan setiap pekerjaan kantor maupun menyelesaikan pendidikan. Namun, kesibukan itu bukanlah alasan anda untuk tidak melakukan amalan amalan agama.

Jika anda membawa Al Quran kemana mana, mungkin kamu takut Al Quran tersebut akan terlempar kemana mana. Kamu bisa membaca AlQuran dimana saja melalui PC untuk mengisi waktu luangmu.

Dibandingkan hanya melihat sosial media saat anda sedang beristirahat setelah lelah bekerja ataupun belajar, lebih baik kamu menenangkan diri dengan membaca ayat suci Al Quran.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi AlQuran digital PC terbaik dan gratis untuk anda pasang di PC kamu!

Cek juga: 9 Aplikasi Al-Quran Terbaik untuk Android

10. Murotal

Murotal

Aplikasi Al Quran digital pertama yang bisa kamu coba adalah Murotal. Aplikasi ini sudah cukup terkenal dan sudah digunakan banyak orang. Terdapat 20 Qori ternama dalam aplikasi Murotal dan memiliki terjemahan Al Quran dalam 20 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Desain serta tampilannya yang sederhana mempermudah penggunanya dalam melakukan ibadah terutama membaca kitab suci Al Quran. Murotal juga menyediakan metode latihan yang cukup mudah untuk menghafal Al Quran.

9. Al Quran dan Hadist

Al Quran dan Hadist

Ini adalah aplikasi all in one, dimana kamu disini tidak hanya bisa membaca Al Quran saja tapi kamu disini bisa juga membaca kurang lebih 1100 hadist yang terdapat dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga menyediakan fitur print yang akan mempermudahmu untuk mendapatkan versi cetak.

Terjemahan dari aplikasi ini juga sangat lengkap mendukung sangat banyak bahasa termasuk di dalamnya bahasa indonesia.

8. Zekr

Zekr

Zekr memiliki fitur yang sangat lengkap dan juga sangat mudah dalam penggunaannya. Memiliki terjemahan bahasa yang sangat lengkap termasuk juga Bahasa Indonesia, jadi kamu akan sangat mudah dalam memahaminya.

Kamu juga bisa mendengarkan Qori ternama dunia. Terdapat juga pilihan online dan offline dalam penggunaan apliasi Zekr ini.

7. MyQuran Indonesia Lite Quran

MyQuran Indonesia Lite Quran

MyQuran Indonesia Lite adalah buatan anak bangsa yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu bisa juga mendengarkan lantunan lafadz Alquran dengan menggunakan aplikasi MyQuran Indonesia Lite.

Desainnya yang sederhana dan juga elegan, jadi kamu bisa sangat nyaman dalam menggunakan aplikasi ini. Penggunaanya cukup mudah dan bisa digunakan secara offline sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan kuota internet.

6. Al Quran Mushaf Madinah

Al Quran Mushaf Madinah

Pengguna aplikasi ini akan dimudahkan dengan beragam fitur yang ada pada aplikasi Al Quran Mushaf Madinah. Kamu bisa mencari lafadz Al Quran yang akan dicari dengan menggunakan aplikasi ini.

Cara penggunaannya hanya tinggal menyisipkan lafadz yang ingin kamu cari dalam bahasa arab. Kamu juga bisa melakukan penggantian warna pada setiap lafadz Al Quran.

5. Al Quran Explorer

Aplikasi Alquran PC Al Quran Explorer

Al Quran Explorer hanya tersedia dalam bahasa inggris saja, namun bukan berarti aplikasi ini mempersulit kamu dalam membaca Al Quran. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, terutama untuk kamu yang menyukai tampilan lama.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dimana terdapat satu tampilan utama dan satu sidebar di sisi kiri untuk melakukan navigasi.

4. My Quran Indonesia 1.2.2

Aplikasi Alquran PC My Quran

Mungkin kamu bertanya tanya, apa perbedaan aplikasi ini dengan MyQuran Indonesia Lite Quran. Tidak banyak hal yang berbeda, namun aplikasi ini memiliki versi yang lebih baru dan masih tetap mempertahankan desain yang elegan dan sederhana.

Dalam versi ini sudah disediakan tajwid yang sangat lengkap dengan banyak pilihan terjemahan, salah satunya adalah bahasa indonesia. Aplikasi ini juga memiliki reminder waktu membaca alquran.

3. Quran-Terjemahan v8.1

Quran-Terjemahan v8.1

Fitur aplikasi ini sangat lengkap, termasuk memiliki tajwid yang lengkap dan juga terjemahan yang sangat lengkap. Kamu juga bisa membuat alarm pengingat untuk reminder waktu kamu membaca Al Quran.

Kamu juga akan menemukan fitur “Sound Folder” yang memudahkanmu untuk menyimpan audio Al Quran yang ingin kamu baca nanti.

2. Al Quran

Aplikasi Alquran PC Al Quran

Aplikasi Al Quran ini hanya tersedia dalam terjemahan Bahasa Inggris saja, walaupun begitu akan sangat membantu kamu dalam membaca Al Quran dalam bentuk digital. Selain itu aplikasi ini juga sangat berguna untuk kamu yang sedang mempelajari bahasa inggris, karena dapat meningkatkan pemahaman bahasa inggrismu saat membaca terjemahannya disini.

Kalau OS yang kamu gunakan masih Windows 8, maka aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan karena memang khusus dibuat untuk pengguna Windows 8.

1. Ayat KSU (King Saud University)-Electronic Mosshaf Project

Aplikasi Alquran PC Ayat KSU (King Saud University)-Electronic Mosshaf Project

Aplikasi ini bernama “Ayat” dan merupakan salah satu aplikasi Al Quran digital yang paling direkomendasikan karena sangat lengkap termasuk juga memiliki salingan Mosshaf Al-Madina, Mosshaf Al-Tajwid dan Mosshaf Warsh. Aplikasi ini memiliki pilihan online dan offline, sehingga bisa menyesuaikan kondisi kamu saat ini.

Kamu juga bisa mendengarkan salah satu dari 20 Qori ternama dalam bentuk MP3. Selain itu Ayat juga memiliki terjemahan hingga 20 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Demikianlah tadi review mengenai 10 pilihan aplikasi alquran digital PC yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu bisa mencobanya satu persatu mana aplikasi yang paling cocok untuk kamu gunakan untuk mempermudah kamu dalam membaca Al Quran.

Kamu sudah menggunakan aplikasi yang mana? Atau kamu mempunyai rekomendasi lain? Berikan komentarmu ya!

Artikel menarik lain: Pilihan Aplikasi Absensi Online Terbaik

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of