Pilihan Website Untuk Desain Logo Online

Semakin banyak bisnis baru bermunculan, semakin banyak pula kebutuhan membuat logo. Logo adalah penggambaran brand yang paling ngena, karena ia menghadirkan elemen visual mulai dari bentuk hingga warna. Untuk kebanyakan entrepreneur, jasa design logo online adalah pilihan tepat karena si founder tidak perlu repot mendalami desain, tinggal terima jadi.

Apakah butuh desainer handal, atau orang awam pun bisa? Yang perlu dipahami adalah, desain logo bukan sekedar membuat bentuk dan warna yang bagus. Desain logo mempertimbangkan semua aspek mulai dari bagus atau tidaknya gambar, apa persepsi calon pelanggan (dan masyarakat) terhadap logo tersebut, hingga apa yang “dirasakan” ketika melihat logo tersebut.

Logo sangat erat kaitannya dengan brand, yang efeknya sangat besar terhadap keberlangsungan sebuah bisnis untuk jangka panjang. Tanpa brand yang baik, mungkin perusahaan kamu bisa berjualan (bahkan untung besar), tapi selang beberapa waktu, orang-orang akan lupa dan bisnis kamu mudah tergantikan oleh kompetitor.

Beberapa logo yang sudah sangat melekat di kepala kita dan tidak mungkin lepas: McD, Starbucks, Nike.

Kalau kamu bercita-cita membangun brand se-sukses mereka, mulailah dari menentukan identitas brand, alias kamu ingin bisnis kamu dipandang seperti apa oleh customer.

Contoh kalau kita ingat starbucks, mungkin kita otomatis membayangkan area ngopi nya yang nyaman, kalau ingat nike, kita membayangkan sepatu olahraga yang digunakan atlit kelas dunia. Nah tentukan bisnis kamu mau diingat bagaimana.

Bagaimana Cara Buat Logo?

Kalau sudah, saatnya membuat logo.

Kami paham kebanyakan founder bukan ahli di bidang desain, dan menyewa desainer bukan pilihan bijak untuk bisnis yang baru muncul. Disinilah kamu bisa menggunakan beberapa jasa design logo online, baik itu mendesain sendiri dengan bantuan program, ataupun membayar freelancer untuk menyelesaikan pekerjaan desain mu.

Kalau kamu punya sisa-sisa skill desain dan mau buat desain sendiri, coba website Wix, Canva, atau Logomaker. Ketiga website ini jangkauan nya sudah mendunia untuk urusan desain logo.

Tiga website diatas dilengkapi dengan segala macam peralatan yang kamu butuhkan untuk membuat logo, dan yang paling penting: gampang. Lagipula website mereka memang ditujukan untuk orang yang mau membuat logo berkualitas tinggi, tanpa skill desain yang menyerupai desainer handal.

Berikut adalah beberapa website untuk membuat design logo online:

1. Visme

visme

Visme memiliki tool desain logo yang mudah dipakai, dengan fitur autosave yang menambah keamanan untuk logo kamu kalau-kalau internet mati atau laptop hang. Website ini gratis, namun kalau mau menggunakan fitur premium, kamu harus lengganan paket basic, standard, atau complete.

2. Canva

canva

Canva sudah tak diragukan lagi kualitasnya di bidang desain. Website yang menyediakan berbagai platform desain, mulai dari presentasi sampai jasa buat instagram story ini memiliki dashboard dan tool desain yang lengkap dan sangat simpel.

Untuk mulai design logo online lewat Canva, kamu harus buat akun gratisan terlebih dulu. Kalau dirasa fitur gratisan nya kurang, kamu bisa upgrade ke akun berbayar untuk mendapat fitur lebih lengkap.

3. Fastwork

fastwork

Yang satu ini beda sendiri, karena logo akan dikerjakan sepenuhnya oleh freelancer. Kamu terima jadi.

Kalau kamu benar benar tidak punya waktu, tentu solusinya adalah membayar freelancer untuk membuat desain logo berdasarkan spesifikasi yang kamu berikan. Sejauh pengalaman kami, website fastwork.id menyediakan jasa desain logo online dengan beragam style freelancer dan beragam spesialisasi jenis logo.

Yang bisa jadi keluhan ketika membayar freelancer adalah revisi desain logo yang berulang-ulang. Sebenarnya ini bisa dihindari kalau si pembeli (kamu) menyediakan spesifikasi yang sangat jelas, dan deskripsi perusahaan yang detil, mulai dari produk, target pasar, brand seperti apa, hingga gaya bahasa yang kamu gunakan.

Kenapa hal-hal diatas penting? Bukannya si tukang desain logo tinggal membuat logo saja? Benar, tapi desainer butuh paham sampai ke ubun-ubun tentang desain seperti apa yang mau mereka buat, untuk siapa desain nya, dan ingin menimbulkan persepsi seperti apa. Itulah kenapa segala detil tentang perusahaan kamu jadi sangat penting.

Apakah kami lebih menyarankan metode ini ketimbang membuat logo sendiri? Jawabannya ya, karena seorang desainer punya kemampuan menerjemahkan bahasa brand kedalam sebuah logo (skill yang tidak dimiliki orang awam, meskipun jago editing).

Untuk mulai, langsung akses https://fastwork.id/logo-design , lalu buat akun seperti biasa, kemudian pilih jenis layanan yang kamu butuhkan.

4. Tailor Brands

tailorbrands

Tailor brands merupakan salah satu pemain besar di sektor desain. Website nya enak dilihat dan navigasi nya mudah.

Ketika masuk website nya, kamu akan diminta mengisi nama logo (buat saja nama brand), kemudian akan diminta memilih jenis bisnis kamu. Selanjutnya kamu akan diberikan banyak pilihan untuk semakin mengerucutkan jenis logo yang kamu suka.

Di ujung pun kamu akan diminta registrasi sebelum bisa mendownload logo. Lakukan saja registrasi (gratis), kemudian download logonya. Tentunya kalau mau fitur yang lebih premium, kamu diharuskan membayar.

5. FreeLogoDesign

Platform design logo online ini memiliki lebih dari 1000 template yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo.

Menariknya, kamu bisa menggabungkan dua atau lebih template, dan me-modifikasinya dengan tulisan dan icon untuk menghasilkan logo yang kamu inginkan.

Dengan versi gratis, kamu bisa mendapat logo ber-resolusi 200×200 pixel. Kalau butuh resolusi lebih dan berbagai format file, kamu diminta membayar langganan. Triknya? Screnshot saja, atau download gambar kecil lalu perbesar ukurannya.

6. LogoMakr

Saat membuka situs ini, kamu akan langsung disajikan dashboard pembuatan logo. Kamu bisa memilih berbagai icon lalu mengeditnya untuk menyesuaikan dengan bisnis kamu.

Untuk bisa save dengan resolusi tinggi, kamu akan dikenakan biaya 19 USD atau setara 240 ribu rupiah, yang menurut kami tidak sepadan karena kamu bisa membayar freelancer handal di indonesia dengan harga segitu.

Demikian panduann yang bisa kami berikan untuk kamu yang butuh buat logo, tapi kekurangan waktu atau skil mendesain logo menggunakan software semacam adobe photoshop ataupun coreldraw.

Desain logo untuk perusahaan hanya satu kali di awal, namun bisa menentukan sukses atau gagalnya perusahaan berkat image brand yang dibentuk oleh sebuah logo. Pikirkan matang-matang!

0 0 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments