10 Aplikasi Meeting Online yang Direkomendasikan Saat ini

Di zaman yang serba canggih ini penggunaan aplikasi yang banyak dilakukan untuk mempermudah segala macam kegiatan termasuk salah satunya adalah meeting yang saat ini sudah mulai banyak menggunakan aplikasi meeting online.

Selain karena sekarang masih masa pandemi yang tidak memungkinkan orang berkerumun, meeting online dapat menghemat waktu dan tenaga ketika sedang membahas sesuatu yang memang dianggap penting tanpa harus dilakukan tatap muka secara langsung.

Disamping itu banyak sekali kegunaan dari pada aplikasi ini salah satunya adalah dalam kegiatan perkuliahan yang tanya pengaplikasiannya dilakukan secara online yang mana pada saat atau waktu tertentu kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan secara offline.

Mari kita lihat jenis-jenis aplikasi meeting online yang direkomendasikan saat ini.


1. Zoom

aplikasi meeting online Zoom

Aplikasi meeting online yang satu ini mulai naik daun semenjak pandemi Covid-19. Zoom memudahkan Anda untuk melakukan meeting online dengan jumlah maksimal 25 orang pada versi gratisnya dan dapat ditingkatkan dengan versi berbayarnya.

Yang membuat aplikasi ini menarik adalah fitur share screen yang memungkinkan para peserta meeting melihat langsung layar laptop atau pc Anda secara real time. Jadi dengan zoom Anda dimungkinkan untuk membuat berbagai slide presentasi untuk mendukung materi yang sedang dibahas.

Kalau Anda merasa bosan dengan latar belakang yang itu itu saja, Anda bisa kok menggantinya dengan berbagai gambar unik untuk membuat meeting Anda lebih berwarna. Cek juga artikel kami mengenai cara pakai zoom untuk meeting online.


2. Skype

aplikasi meeting online Skype

Skype adalah aplikasi buatan microsoft yang memungkinkan Anda bertatap muka dengan 25 orang sekaligus secara online hanya melalui satu panggilan saja.

Aplikasi ini cukup fleksibel karena dapat digunakan pada banyak perangkat seperti smartphone, PC/Laptop sampai smart tv.

Yang menjadikan Skype begitu populer adalah kualitas video dan suara yang sangat baik dalam kondisi sinyal yang naik turun sekalipun.

Selain itu, Anda juga bisa merekam seluruh isi meeting online Anda dengan mudah, jadi Anda tidak perlu lagi lupa apa isi meeting online Anda saat itu. Menarik bukan?


3. Google Meet

aplikasi meeting online Google Meet

Dulu aplikasi ini bernama Google Hangout, lalu berganti nama menjadi Google meet. Aplikasi ini sudah banyak digunakan pada rapat perusahaan skala besar karena dapat menampung hingga 250 orang dalam satu kali panggilan.

Dalam pembaruannya beberapa bulan yang lalu, Google Meet sudah mendukung fitur video, share screen dan juga bisa mengganti background dengan mudah.

Anda juga bisa mengundang orang diluar anggota video dengan menggunakan meeting code ke orang yang ingin diundang, sehingga orang luar bisa bergabung pada meeting Anda dengan sangat mudah.


4. Whatsapp

aplikasi meeting online Whatsapp

Apabila Anda ingin melakukan meeting kecil dengan beberapa orang saja, maka Anda bisa menggunakan whatsapp. Orang yang bisa Anda undang meeting bisa mencapai 8 orang dan cukup efisien kalau ingin melakukan meeting online hanya dengan beberapa orang saja.

Terlebih, saat ini Whatsapp sudah banyak digunakan sebagai sarana komunikasi yang cukup ideal dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya.


5. Facetime

Facetime

Aplikasi besutan Apple ini cukup oke untuk digunakan sebagai sarana meeting online karena dapat menampung hingga 32 orang dalam sekali meeting.

Berbeda dengan aplikasi meeting online lainnya, dengan menggunakan Facetime Anda bisa lebih fleksibel menggunakan kamera depan atau belakang pada smartphone untuk menunjukkan sebuah objek ke para peserta meeting.

Namun sayang, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada produk Apple saja seperti iPhone, iPand, dan pod Touch


6. Join.me- simple meetings

Join.me- simple meetings

Join me ini merupakan aplikasi video conference yang pertama dan terbilang juga cukup begitu populer di tanah Indonesia. Tapi yang perlu Anda ketahui jikalau aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang begitu efisien dan juga canggih yang di dalamnya sehingga membuat banyak orang yang mencoba untuk mempergunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memiliki cara penggunaan atau model yang mirip sekali dengan Whatsapp yaitu anda mempergunakan nomor telepon untuk kemudian saling terhubung antara orang yang satu dengan orang yang lain.

Jika dilihat dari segi keamanan nya sendiri memang aplikasi ini begitu terjaga dan hanya orang yang mempunyai nomor telepon sajalah yang nantinya dapat kemudian mengikuti meeting tersebut.


7. Slack

Aplikasi Meeting Online Slack

Pernah mendengar aplikasi yang satu ini? Sampai dengan saat ini sendiri memang aplikasi ini begitu banyak dipergunakan dan juga sudah cukup populer di seluruh penjuru dunia, tapi memang jarang sekali ditunjukkan untuk kepentingan pribadi, melainkan kebanyakan adalah untuk kepentingan rapat dan juga bisnis sebuah perusahaan.

Aplikasi ini tergolong memiliki jaringan begitu kuat sehingga sesama rekan bisnis tidak akan terganggu obrolan pentingnya.

Jumlah maksimal yang bisa dipergunakan dalam aplikasi ini adalah 15 orang saja. Di dalam aplikasi ini juga memungkinkan anda melakukan presentasi, atau share berbagai file-file penting lainnya.


8. Cisco Webex Meetings

Cisco Webex Meetings

Jika anda ingin melakukan meeting pada sebuah media online yang memiliki banyak orang (mencapai 100) maka anda bisa mencoba aplikasi ini.

Fitur-fitur yang dapat dipergunakan oleh penggunanya adalah fitur screen sharing, unggahan dokumen dan juga video sampai dengan papan virtual.


9. Clickmeeting webinar app

Clickmeeting webinar app

Adapun yang selanjutnya adalah clickmeeting webinar app. Yang bisa dilakukan oleh penggunanya adalah melakukan pemanggilan video dengan jumlah 25 peserta. Fitur yang dimiliki pada aplikasi ini begitu baik sehingga Anda akan dipermudah dalam menikmati setiap panggilan-panggilan yang Anda lakukan.


10. Amazon Chime

Amazon chime

Amazon chime merupakan aplikasi selanjutnya yang dapat kemudian Anda pergunakan selain aplikasi diatas, di mana aplikasi inilah yang nantinya memungkinkan untuk Anda secara cepat dan juga mudah dapat berbagi layar walaupun jumlahnya begitu terbatas.

Nah itulah tadi pilihan apliasi meeting online yang direkomendasikan saat ini, terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini. Anda sudah pakai yang mana saja? Yuk berikan komentarnya dibawah.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan praktisi SEO, dengan spesialisasi di sektor teknologi dan game.

guest
1 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
SAFE JRX SID
SAFE JRX SID
9 bulan yang lalu

#SAFEJRXSID MATI KAU SITUS KAPITALIS

1
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x