7 Rekomendasi Mouse Gaming 2021

Cari mouse gaming terbaik itu gampang, tinggal cari yang paling mahal dan langsung ketemu. Tapi cari yang pas antara harga dan kualitas? Tidak semudah itu.

Untuk urusan mouse, sudah ketebak nama-nama yang muncul seperti Logitech, SteelSeries, Razer dan mungkin beberapa lainnya. Sayang sekali harus kami akui Logitech masih jadi pemenangnya, sebagian besar pilihan mouse disini juga Logitech.

Khusus mouse gaming, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan mulai dari DPI, bobot, bentuk mouse, jumlah tombol, polling rate, akselerasi maksimum dan tentu saja harga.

Performa mouse bisa tertulis diatas kertas, tapi preferensi dan kenyamanan itu lain cerita. Cocok-cocokan antar orang, dan masing-masing punya preferensi berbeda, bahkan kalaupun bentuk tangannya sama persis.

Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu penjelasan IPS, LOD, DPI dan Polling Rate pada mouse, berikut 7 mouse gaming rekomendasi RuangLaptop!


1. Logitech G603

logitech g603

Kalau bicara performa, pastinya G703 HERO dan G Pro Wireless jadi juaranya. Tapi kedua mouse tadi sangat mahal sampai menurut kami sih agak berlebihan cuma untuk sebuah mouse.

Logitech G603 ini termasuk ke nanggung karena bukan termasuk murah, bukan juga yang terbaik dengan harga berjuta-juta rupiah. Logitech G603 dibandrol di harga 800 – 900 ribu dengan spesifikasi sama persis dengan G703 HERO. Bedanya cuma G603 tidak ada lighting, dan tidak ada port usb melainkan diganti dengan konektivitas bluetooth.

Logitech G603 khusus untuk tangan kanan karena ada sedikit miring kebawah di bagian kanan, ukurannya cukup besar sehingga pasti ‘pas’ digenggaman semua ukuran tangan, tidak akan kekecilan seperti G304 untuk kamu yang bertangan besar (nanti dibahas dibawah).

Tombol ada 6, ada 4 settingan DPI, mode bluetooth, mode Low dan High untuk kerjaan normal dan main game. Tentunya penggunaan daya baterai jauh lebih irit di mode Low.

G603 dilengkapi 2 slot baterai AA, tapi jangan pernah mengisi keduanya dengan baterai AA (apalagi baterai bawaan) karena akan jadi sangat berat. Saran kami beli adapter AAA ke AA, lalu pasang satu saja baterai (atau 2, boleh…) supaya betul-betul ringan. Kamu juga bisa pakai aluminium foil kalau malas beli adapter.


2. Steelseries Rival 3 Wired

Steelseries Rival 3 Wired

Steelseries adalah brand alternatif untuk peralatan gaming budget. Mouse gaming satu ini sudah dilengkapi 35G acceleration dan polling rate 1000Hz 1ms.

Steelseries mengklaim mouse ini bisa tahan 60 juta klik sebelum akhirnya rusak. Jumlah tombol ada 6, dengan bobot 77g tanpa kabel yang berarti mouse ini tergolong nyaman digunakan untuk gaming.

Kalau memang cari irit, pilih brand alternatif seperti Steelseries ini ketimbang Logitech karena harganya bisa jauh lebih murah. Meski memang kualitas Logitech diatas yang lain, seringkali harga jutaan tidak masuk akal saja untuk sebuah mouse.


3. Logitech G102 Lightsync

Logitech G102 Lightsync

Ini adalah mouse gaming wired dari logitech yang harganya masih masuk di kantong rakyat.

Berhubung ini adalah mouse gaming, penggunaan kabel ketimbang wireless jadi kelebihan tersendiri terutama dari segi bobot, karena tidak butuh baterai yang biasanya jadi sumber pemberat utama.

Mouse ini tersedia dalam dia varian warna, putih dan hitam, dilengkapi RGP Lightsync, dengan total 5 tombol yang dapat diprogram dan 1 tombol kontrol DPI. Resolusinya 200 – 8000 DPI dengan dimensi mouse 116,6 x 62,15 x 38,2 mm. Beratnya 85g.

Kalau kamu beli online, biasakan buat video unboxing karena banyak toko-toko online main curang dan menolak retur cacat ketika tidak ada video unboxing.


4. Logitech G304 Lightspeed Wireless

Logitech G304

Bentuk hampir sama persis dengan G102, bedanya yang ini mouse wireless alias tanpa kabel.

Tentu untuk penggunaan normal wireless lebih unggul, karena tidak perlu berurusan dengan kabel dan bisa kontrol laptop dari jarak jauh. Tapi khusus untuk gaming, ini adalah kekurangan karena wireless berarti kamu harus menambah bobot mouse dengan baterai lagi, yang biasanya baterai AA.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa pakai baterai AAA ketimbang AA, dan tempel alumunium foil untuk menghubungkan sisi positif baterai dengan sisi positif mouse. Tidak ada alumunium foil? Beli adapter AAA ke AA di toko online.

Memakai baterai AAA ketimbang AA sangat siginfikan bedanya di pergelangan tangan yang harus menggerakkan mouse terus menerus, apalagi di game FPS atau MMORPG yang pergerakannya dahsyat.

Kritik kami untuk mouse ini adalah agak terlalu tipis dan ramping, sehingga kalau tangan kamu besar, akan terasa pegal lama-lama karena ada bagian tangan yang “ngambang”.


5. Logitech G Pro HERO

Logitech G Pro HERO

Mouse gaming wired yang satu ini termsuk agak berat di 83g, namun dengan fitur yang menakjubkan juga seperti sensor HERO 25K, 5 tombol yang dapat diprogram + 1 tombol kontrol DPI, resolusi 100 – 25.000 DPI, akselerasi maksimum 40 G, kecepatan maksimum 400 IPS, dan klaim dari logitech bahwa tombol di mouse ini bisa bertahan sebanyak 50juta klik.

Mouse ini cocok untuk kamu yang main game FPS kompetitif namun kurang tepat untuk MMORPG karena total jumlah tombol yang cuma 6.

Baca juga: Pilihan laptop MSI murah untuk gaming


6. RAZER NAGA PRO

razer naga pro

Dengan harga 2 jutaan, mouse gaming ini tentunya bukan untuk sembarang orang, bahkan bukan untuk sembarang gamer karena mouse gaming ini lebih ditujukan untuk kamu yang game enthusiast yang punya uang berlebih.

Jumlah tombol yang bisa kamu kustomisasi mencapai 42 tombol, dan ia bersifat modular yang artinya bisa kamu bongkar pasang sesuai jenis tombol yang dibutuhkan.

Mouse ini menyediakan 3 pilihan panel, yaitu 12 tombol yang cocok untuk MMO, 6 tombol untuk MOBA dan battle royale, serta 2 tombol untuk FPS. Untuk lebih detil, baca review lengkap razer naga pro disini.


7. Logitech G600 MMO Gaming Mouse

LOGITECH G600 MMO

Terdapat 20 tombol pada mouse Logitech G600 MMO yang akan lebih memudahkan kamu dalam bermain game. Posisi 12 tombol yang terdapat pada sisi kiri mouse juga akan memudahkan kamu untuk menggunakan shortcut dengan jempol tangan.

Seluruh fitur yang terdapat pada mouse ini dapat diprogram sesuai dengan keinginan dan selera kamu. Bentuk mouse ini didesain khusus untuk kenyamanan tangan ketika bermain dalam jangka waktu yang lama.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai mouse gaming dan pilihannya yang terbaik di 2021. Semoga bisa menambah pengetahuan, dan selamat berburu mouse gaming!

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
4 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Kemey
Kemey
1 bulan yang lalu

Gimana maksudnya pakek aluminium foil untuk tukar baterai a2 jadi a3 supaya lebih ringan??

Dzikri
Dzikri
22 hari yang lalu

tangan saya gede pake logitech g304 bikin kram, mouse nya tipis makin bawah makin tipis. Kalo tangan gede mending beli selain logitech (kecuali g pro, dia gede)

Didik
Didik
1 bulan yang lalu

Razer naga pro muahal bener kelebihannya apa apakah main cod or pubg bisa autowin wkwkw

4
0
Tulis komentar.... Bebas!x