Review Acer Chromebook Spin 713

Laptop Chromebook mulai mendapat tempat di hati pengguna. Beberapa brand pun mulai gencar memproduksi laptop kategori ini. Salah satu yang ada di pasaran adalah Acer Chromebook Spin 713. Laptop ini termasuk segmen laptop bisnis sehingga memiliki performa tinggi dan spesifikasi canggih.

Banyak yang mengira laptop dengan Chrome OS memiliki banyak kekurangan terkait kompatibilitas, spesifikasi, dan fitur. Chromebook memang tidak untuk semua jenis orang, hanya dikhususkan untuk kegiatan yang mengandalkan internet konstan (tentunya bukan desain atau gaminng).

Laptop ini hanya butuh sekian detik untuk siap dipakai. Prosesornya produk keluaran Intel generasi terbaru, dengan dukungan Solid-State Drive sehingga menjadikan produk buatan Acer ini layak untuk keperluan bisnis.

Baca: Pertanyaan umum seputar Google Chrome


Spesifikasi Utama

Sebagai laptop bisnis dan premium, spesifikasi utama berperan sangat penting. Acer memberikan beberapa pilihan processor Intel yaitu i3-10110U, i5-10210U, dan i7-10510U. Semuanya adalah intel generasi kesepuluh yang khusus untuk produk laptop dan tablet. Ketiga processor tersebut akan memberikan performa yang optimal terutama untuk model teratas.

Kapasitas RAM terdiri dari 8GB dan 16GB DDR4. RAM 8GB tersedia untuk varian i3 dan i5. Kalau membutuhkan performa lebih tinggi, kamu sebaiknya memilih kombinasi RAM 16GB dan prosesor Core i7. Selain itu, laptop ini menggunakan SSD dengan kapasitas 128GB dan 256GB.

Berhubung ini adalah chromebook, yang artinya sebagian besar pekerjaan kamu dilakukan dan disimpan di internet, kami rasa kapasitas 128GB sudah cukup kalau memang budget menjadi kendala. Varian i5 dan RAM 8GB pun bahkan sudah cukup untuk penggunaan standar Chromebook. Berikut spek yang kami review.

Spesifikasi:

  • Prosesor: Intel Core i5-10210U
  • RAM: 8GB LPDDR4 dual-channel
  • Penyimpanan: 128GB PCIe NVMe SSD
  • Berat: 3.02 pounds
  • Dimensi: 11.83 x 9.25 x 0.66 inches
  • Baterai: 48Wh 3-cell battery
  • Layar: 13.5-inch, 3:2 touchscreen, 2256 x 1504
  • Kamera: Front-facing, 1280 x 720
  • Wi-Fi: Wi-Fi 6, 2.4 GHz and 5 GHz
  • Bluetooth: 5.0

Desain

Acer Chromebook Spin 713 tenda

Aspek pertama yang akan dibahas adalah desain. Bentuk dasarnya mengadopsi pendekatan mewah dan elegan serta dinamis.

Bagian luarnya menggunakan material yang kokoh dengan level militer. Artinya, laptop ini bisa bertahan dari gangguan dan tekanan luar. Proteksi yang dipakai untuk layar adalah gorilla glass agar layarnya bertahan lama tanpa retak atau lecet.

Ini adalah laptop 2-in-1, yaitu perangkat yang mampu menjadi laptop dan tablet secara bersamaan. Ketika digunakan normal, tentu bentuknya seperti laptop biasa.

Lipat kearah berlawanan sehingga cover menjadi satu dengan bagian bawah, setelah itu laptop berganti menjadi tablet. Mode tablet akan menonaktifkan keyboard dan touchpad sehingga laptop harus dioperasikan dengan layar sentuh.


Display

Display

Laptop ini menggunakan layar dengan ukuran 13.5 inch. Resolusinya adalah 2256 x 1504 piksel dengan perbandingan 3:2. Aspect ratio yang sedikit lebih kotak ini menjadi salah satu keunggulan utamanya.

Dimana hampir semua laptop mengusung model lebar, Chromebook Spin 713 justru hadir dengan layar lebih “kotak” yang memberikan ruang visual lebih luas secara vertikal.

Fitur untuk layar adalah backlit, IPS, dan proteksi gorilla glass. Acer juga memberikan kemampuan touchscreen yang responsif. Bezelnya yang tipis pun membuat ukuran laptop ini tetap ramping ketimbang laptop lain dengan ukuran layar yang sama.

Bagian display mampu menahan guncangan terutama saat dipakai di mode tablet. Gorilla glass dikenal sebagai proteksi handal. Acer menjamin laptop dan engsel tidak terganggu meskipun sering dilipat. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan lepas atau patah.

Lihat: Pilihan laptop 3 jutaan terbaik di 2020


Colokan

Acer Chromebook Spin 713 port kiri

Untuk urusan colokan, Acer memberikan variasi yang standar dan cukup untuk menunjang aktivitas normal.

Di bagian kiri terdapat USB-C, USB-A, jack audio, dan slot untuk microSD. Di bagian kanan ada port HDMI dan USB-C. Selain itu, ada tombol power dan pengaturan volume.

Karena chromebook hanya ditujukan untuk penggunaan standar, slot dan port yang ada di produk ini sudah lebih dari cukup untuk menunjang pekerjaan.

Acer Chromebook Spin 713 port kanan


Grafik

Kemampuan grafik laptop ini cukup bagus meskipun menggunakan grafik bawaan Intel. Perlu kamu ketahui, processor generasi terbaru telah mendapatkan update sehingga kapabilitas grafiknya lebih handal.

Kamu bisa menjalankan aplikasi di Chrome OS dengan lancar. Ketika menggunakan setting tertinggi untuk video, kartu grafiknya masih mampu menunjang dengan baik.

Dari sisi grafik, kapabilitas termasuk sudah baik. Tentu saja, kamu masih bisa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan grafik tinggi seperti video editing. Akan tetapi, setting harus diturunkan dan hindari melakukan rendering untuk video berdurasi lama.

Sebaliknya, kebutuhan dasar seperti streaming dan membuka browser dapat berjalan lancar meskipun kamu melakukannya secara berlebihan.

Gaming? Tentu tidak bisa. Lupakan soal gaming dengan kartu grafik terintegrasi.


Baterai

Salah satu keunggulan Chromebook buatan Acer adalah baterai. Dengan desain yang cenderung kecil dibandingkan model 2-in-1 lainnya, kamu bisa bekerja hingga lebih dari 10 jam dengan semua fitur penunjang yang aktif. Kapabilitas ini sangat dibutuhkan untuk keperluan bisnis apalagi traveling.

Performa baterai semakin bertambah kalau kamu mengurangi beberapa setting. Kamu dapat mengubah ke mode tablet dan kemampuan baterai tetap sama. Tentu saja, charger masih dibutuhkan kalau ingin digunakan dalam jangka waktu lebih lama dari yang seharusnya.


Audio

Kamu dapat memainkan musik kesukaan dan memasang mode loudspeaker, tapi hasilnya adalah suara terdengar pecah ketika meningkatkan volume. Hal tersebut bukan sesuatu yang aneh sebab laptop ini memang dirancang untuk bisnis dan kerjaan.

Kalau mengecilkan volume, suara masih nyaman tetapi tetap tidak sebagus kualitas speaker premium. Acer belum memaksimalkan bagian ini dan kamu sebaiknya berharap produk terbaru lebih nyaman untuk para penyuka musik.


Webcam

Webcam berada di bagian atas seperti biasa dengan sensor lampu. Resolusi kamera tersebut sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan kamu terkait foto dan video. Fungsinya lebih optimal kalau kamu mengatur setting ke level tertinggi.

Kamera ini bisa untuk mengambil foto langsung, hingga merekam video. Kamu bisa menyimpan di SSD lalu transfer ke media lain. Kualitas gambar dan video sangat bagus serta resolusinya ada di 1080p. Kalau ingin hasil video lebih halus, turunkan ke720p.


Sistem Operasi dan Aplikasi

Acer Chromebook Spin 713 adalah laptop dengan sistem operasi bawaan Chrome OS buatan Google. Kamu akan mendapatkan versi terbaru serta aplikasi bawaan yang kompatibel untuk pekerjaan kantor dan tugas sejenis. Kamu juga akan menerima update secara berkala.

Satu lagi yang menarik adalah, pembelian laptop ini disertai bonus tambahan Google Drive 100GB yang berlaku hingga 2 tahun (kalau di toko-mu tidak ada, cari toko lain)


Acer Chromebook Spin 713 jauh

Bagi kamu yang ingin merasakan Chromebook level bisnis, Acer Chromebook Spin 713 adalah pilihan yang sangat tepat. Laptop ini memang bukan perangkat berbasis Windows. Namun, mayoritas aplikasi sudah kompatibel dan dapat sinkron dengan software lain. Laptop ini juga langsung terhubung ke aplikasi bawaan Google secara online.

Spesifikasi cukup mumpuni karena memakai processor buatan Intel terbaru (10th Gen). Performa juga ditunjang dengan SSD dan RAM yang mampu melaksanakan apapun dengan cepat.

Selain itu, kamu bisa mengubah laptop ke mode tablet. Semua fitur dan spek penunjang di laptop ini sudah sesuai dengan ekspektasi kami untuk sebuah Chromebook.

Kredit: LaptopMag

Summary
Review Date
Reviewed Item
Chromebook
User Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Acer Chromebook Spin 713
Price
IDR 9177000
Product Availability
Available in Store Only

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
2 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
FERDY
FERDY
8 bulan yang lalu

kalau chromebook nggak ada windows nya ya?

2
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x