Review Acer Nitro 5 (2020)

Percaya atau tidak, uang yang harus kamu keluarkan saat ini untuk mendapatkan sebuah laptop gaming tidaklah sebanyak dahulu. Mahal? Tentu saja, namun dibandingkan beberapa tahun ke belakang harga laptop gaming, khususnya entry level, cenderung turun.

Hal ini tidak terlepas dari harga beberapa komponen yang juga cenderung turun. Apalagi beberapa produsen komponen (sebut saja AMD) cukup percaya diri mengeluarkan produk yang memiliki kemampuan oke namun harga di bawah saingannya yang sekelas.

Salah satu pengguna produk tersebut adalah Acer Nitro 5 (2020), yang memiliki kemampuan di atas rata-rata khususnya untuk kelas laptop gaming entry level. Namun apakah laptop ini benar-benar layak untuk kamu beli?


Spesifikasi Umum

  • CPU: Intel Core i7 10750H, 2.60 GHz up to 5.00 GHz, 6 cores 12 threads dengan 12 MB smart cache
  • RAM: 8 GB DDR4 2993 SDRAM, dual slot up to 32 GB
  • Kapasitas: 512 GB SSD NVMe PCIe, upgradeable with 1 slot SATA dan 1 NVMe SSD
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4 GB GDDR6 1024 CUDA cores; Intel UHD Graphics
  • Layar: 15.6 inch LCD IPS, FHD 1920×1080, referesh rate 144 Hz, 250 nits, 45% NTSC, anti glare
  • Port: 1x Kensington Lock, 2x USB 3.1 Gen 1 Type A, 1x USB 3.1 Gen 2 Type A, 1x USB 3.1 Gen 2 Type C, 1x Audio Combojack, 1x HDMI port, 1x DC-in port
  • Baterai: 57 Wh dengan adapter 135 Watt
  • Dimensi: 363 mm x 255 mm x 23,9 mm
  • Bobot: 2,17 kg dan 345 gram charger
  • Harga: Rp 16.999.000,-

Kelebihan Price to performance sangat baik, sistem pendinginan yang sangat efektif, harga murah, konektivitas lengkap

Kekurangan bobot tergolong berat, ukuran agak besar


Desain

acer nitro 5 desain

Mengusung desain gaming yang tegas, Acer Nitro 5 memiliki bodi dengan lekuk-lekuk bergaris khas laptop gaming, serta aksen warna yang cenderung terang. Dalam hal ini Acer Nitro 5 diberikan aksen warna merah terang.

Warna yang ditawarkan oleh Acer pun terbatas, dimana Acer Nitro 5 hanya tersedia dalam warna Black Matte yang (sekali lagi) diberikan ornamen-ornamen dan garis serta aksen warna merah terang.

Bahan yang digunakan oleh Acer Nitro 5 sendiri merupakan polycarbonate ataupun plastik yang diberikan metal brushed finish. Lapisan yang diberikan oleh Acer ini membuat bahan plastik ini tetap bisa tampil keren, dan tidak terasa murahan.

Menariknya Acer Nitro 5 tidak memiliki logo Predator yang khas di bagian sasis belakang. Logo Predator khas milik Acer yang bisa menyala sudah ditinggalkan oleh Acer Nitro 5 ini, alih-alih digantikan dengan logo ACER saja.

Dari sisi desain memang laptop ini masih sangat gaming dan agak tebal. Akan tetapi hilangnya logo khas predator di sasis belakang membuat laptop ini menjadi lebih tipis, dan tentu menjadi sedikit lebih elegan.

Ukuran dari laptop ini pun tidak bisa dibilang compact dan praktis dimana Acer Nitro 5 memiliki dimensi 363 mm x 255 mm x 23,9 mm. Adapun bobot dari Acer Nitro 5 adalah sekitar 2,17 kg dengan bobot adapter charger sekitar 345 gram.

Meski meninggalkan beberapa aksen gaming, yang jelas Acer Nitro 5 tetap tampil bak laptop gaming yang cukup kental. Apalagi bentuknya yang masih cukup bulky dengan garis-garis dan lekuk yang sangat tegas.

Apakah ini bisa menjadi deal breaker? Menurut kami sih kembali lagi kepada kamu, bagi kamu yang tidak terlalu peduli dengan bentuk suatu laptop maka tidak ada salahnya membeli laptop ini, toh memang laptop ini laptop gaming bukan?


Display

layar acer nitro 5

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Acer Nitro 5 adalah kualitas layarnya yang menurut kami sudah cukup mumpuni. Khususnya bagi kamu yang menggunakan laptop ini sebagai gear untuk bermain game harian saja.

Dari segi desain layar, Acer Nitro 5 sudah memiliki bezel yang berukuran 7,02 mm di sisi kiri serta kanan. Adapun di bagian atas terdapat bezel yang cukup tebal untuk meletakkan webcam dari laptop ini.

Memang ada banyak laptop gaming yang memiliki bezel dengan ukuran yang lebih tipis dari yang dimiliki oleh Acer Nitro 5 ini, akan tetapi dengan bezel setipis ini pun tampilan laptop ini sudah cukup cantik. Apalagi nilai screen to body ratio yang sudah mencapai 80%.

Acer pun sudah cukup bermurah hati dengan memberikan laptop ini layar IPS sebenarnya, meski hanya memiliki 45% NTSC. Akan tetapi salah satu keunggulan dari kualitas layar Acer Nitro 5 adalah reproduksi warna yang sangat konsisten.

Dengan ukuran layar 15.6 inch LCD, refresh rate 144Hz, resolusi FHD 1920×1080, dan lapisan anti glare, Acer Nitro 5 menurut kami sudah memiliki kualitas layar untuk bermain game yang luar biasa baik!

Salah satu kelemahan dari layar Acer Nitro 5 selain akurasi warna yang kurang oke, adalah tingkat kecerahannya yang terlalu rendah. Laptop ini diklaim memiliki kecerahan hanya sekitar 250 nits saja.

Meski demikian kembali lagi, Acer Nitro 5 merupakan laptop gaming, dan sesuai peruntukannya tentu sah-sah saja kualitas layar seperti ini. Namun bagi kamu yang ingin laptop yang bisa diajak melakukan desain grafis dan semacamnya, Acer Nitro 5 kurang cocok untuk kamu.


Keyboard

acer nitro 5 keyboard

Desain keyboard Acer Nitro 5 menurut kami serupa dengan keyboard standar pada laptop-laptop gaming Acer. Berukuran full size qwerty dengan numpad keyboard pada laptop ini memiliki font yang ‘gaming sekali’.

Selain itu masih seperti laptop gaming kebanyakan, Acer memberikan aksen khusus berupa box outline berwarna putih pada tombol WASD. Hal ini seakan ingin menegaskan bahwa laptop ini memang benar untuk bermain game.

Selain itu tombol power dari Acer Nitro 5 saat ini berada menyatu dengan layout keyboardnya. Akan tetapi hal ini tidak terlalu mengganggu karena tombol power kali ini diletakkan di atas numpad, sehingga menghindari salah tekan ketika sedang digunakan megetik.

Feel mengetik menggunakan Acer Nitro 5 menurut kami biasa-biasa saja, namun memang tidak bisa dibilang tidak enak juga. Dengan travel distance 1,6 mm laptop ini bisa juga diajak untuk mengetik cepat.

Untuk menambah ketampanan dari laptop ini, keyboard pada Acer Nitro 5 sudah dilengkapi dengan RGB 4 zones yang bisa kamu atur warnanya melalui software Nitrosense yang merupakaan software bawaan dari laptop ini.

Adapun touchpad yang dimiliki oleh Acer Nitro 5 menurut kami sudah cukup oke dari segi desain dan posisi. Secara personal kami menyukai posisi dari touchpad Acer Nitro 5 yang berada di tengah-tengah sejajar dengan space button.

Selain itu dari segi penggunaan pun touchpad miliki Acer Nitro 5 ini sudah sangat oke. Permukaannya cukup licin dengan akurasi yang cukup tinggi. Wajar saja, karena Nitro 5 kali ini sudah didukung oleh Windows Precision Driver.


Audio

Untuk ukuran laptop seharga 16 jutaan seperti Acer Nitro 5 ini, menurut kami kualitas audio yang ada sudah layak kok. Walaupun memang sebenarnya kualitas ini tergolong biasa-biasa saja, malah mungkin kurang bagi kamu yang cukup jeli.

Acer Nitro 5 sendiri dibekali dengan speaker downfiring dengan posisi di kanan dan kiri. Walaupun posisinya agak menyamping, hal ini tidak mengubah fakta bahwa speaker downfiring kualitasnya berubah-ubah sesuai dengan permukaan tempat laptop dibuka.

Meski demikian kamu juga dibekali oleh Acer dengan software bawan dtsX Ultra. Setidaknya hal ini bisa mengobati kekecewaan kamu yang ingin membeli laptop ini terkait kualitas speaker yang dimiliki.

Pada akhirnya kami menyarankan kamu yang ingin menggunakan laptop ini untuk bermain game, untuk membeli headphone ataupun speaker eksternal tambahan. Sehingga pengalaman bermain game menggunakan laptop ini akan jauh lebih memuaskan.


Port dan Konektivitas

acer nitro 5 port

Ditinjau dari segi port dan konektivitas, Acer Nitro 5 menurut kami tergolong sebagai salah satu laptop gaming dengan pilihan port (colokan) yang paling lengkap. Meski memang hal ini harus mengorbankan dimensi dan berat dari laptop.

Di sisi kiri kamu dapat menemukan Kensington Lock, port Ethernet RJ-45 1 buah, USB 3.1 Gen 1 Type A 1 buah, serta port combo audiojack 1 buah. Adapun di sisi kanan terdapat USB 3.1 Gen 2 Type C 1 buah, USB 3.1 Gen 2 Type A 2 buah, serta port HDMI.

Hal yang cukup menarik dari laptop ini adalah posisi DC-in yang berada di bagian belakang. Lebih tepatnya berada di bagian tengah dari sasis laptop ini. Unik memang, tapi hal ini menurut kami tidak terlalu mengganggu ataupun memberikan keuntungan lebih dari segi pemakaian.

Dari segi konektivitas, laptop ini sudah didukung dengan Intel WiFi 6 AX201 yang tentunya sudah support bagi kamu yang hobi bermain game dengan internet, dan dalam intensitas tinggi.

Masih belum cukup, Acer Nitro 5 juga telah dibekali dengan Bluetooth 5.1. Bagi kamu yang seorang casual gamers mungkin hal ini tidak terlalu berpengaruh. Tapi bagi kamu yang senang bermain dengan segala peripherals berbasis Bluetooth, hal ini adalah angin segar!


Baterai dan Performa

acer nitro 5 internal

Salah satu keunggulan dari Acer Nitro 5 adalah performanya yang cukup baik, meski tergolong laptop gaming dari kelas entry level. Apalagi mengingat harganya yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan laptop gaming di kelas lainnya.

Acer Nitro 5 sendiri dibekali dengan processor Intel Core i7 generasi ke 10 2.60 GHz yang bisa di-boost hingga 5.0 GHz. Kecepatan ini tergolong kencang untuk ukuran laptop gaming dari kelas entry level.

CPU yang demikian powerfulnya kemudian dipadukan dengan NVIDIA GeForce GTX 1650Ti 4GB GDDR6, serta RAM 8 GB DDR4 2993 MHz. Nah untuk RAM nya sendiri kami cukup merekomendasikan kamu melakukan upgrading ya.

Hal ini tentu cukup disayangkan ya, karena CPU yang sekuat Intel Core i7 hanya disandingkan dengan RAM 8 GB saja. Memang hal ini dilakukan untuk memangkas biaya produksi.

Adapun SSD yang digunakan oleh Acer Nitro 5 ada dua slot, satu SATA dan satu lagi NVMe SSD. Kecepatan membaca SSD bawaan Acer Nitro 5 tidak terlalu kencang bila dibandingkan dengan beberapa pesaingnya, sekitar 2050 MBps, dan kecepatan menulis sekitar 1080 MBps saja. Namun kecepatan ini boleh dibilang sudah cukup cepat kok di era sekarang.

Ketika dilakukan ujicoba dengan menggunakan Cinebench R15 maka akan didapatkan skor sekitar 1800an dengan nilai maksimal 1300 (20 kali looping). Adapun bila diubah settingan-nya menjadi high performance didapatkan nilai stabil di 1250 hingga 1300-an.

Jujur saja nilai benchmarking menggunakan Cinebench R15 yang didapatkan oleh Acer Nitro 5 ini tergolong cukup kencang. Bahkan nilai ini lazim didapatkan pada laptop-laptop gaming di kelas atas, bahkan Acer Predator Triton.

Saat diujicoba melakukan export video ke Youtube dan editing menggunakan Adobe Premiere Pro CC 4K 60fps didapatkan lama-nya sekitar 17:13 bila hanya dengan menggunakan software dan menjadi 4:54 bila CUDA core diaktivasi.

Adapun hasil uji coba menggunakan game sebenarnya didapatkan nilai yang juga cukup tinggi. Shadow Of The Tomb Raider high mendapatkan rerata 50 hingga 60 FPS, Assassin’s Creed Odyssey 1080p high mendapatkan rerata 40 hingga 60 FPS.

Dari pengujian-pengujian di atas bisa disimpulkan bahwa Acer Nitro 5 memiliki kemampuan CPU serta GPU yang sangat baik. Bahkan di atas rata-rata dari laptop gaming entry level di harga yang serupa.

Sama seperti laptop gaming lainnya, Acer Nitro 5 juga dibekali dengan software bawaan yang diberi nama Nitrosense. Nitrosense mampu melakukan pengaturan preset performance serta preset fan.

Performa dari Acer Nitro 5 bisa diatur mulai dari power saver, balance, balance (rekomendasi Acer), hingga high performance. Adapun preset fan bisa diatur mulai dari max, auto, ataupun custom (kecepatan kipas diatur menggunakan slider).

Bahkan Acer Nitro 5 juga dilengkapi dengan fitur switch coolbost yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan fan dalam manajemen pendinginan laptop, dan hal ini berfungsi loh dimana kemampuan laptop ini sangat stabil untuk diajak berlelah-lelah.

Baterai dari Acer Nitro berukuran 57 Wh dengan penggunaan sekitar 7 hingga 9 jam. Namun hal ini sangat bervariasi tergantung dari pemakaianmu, nilai 7-9 jam didapat hanya dari aktivitas browsing dengan kecerahan 50% saja.

Adapun adapter dari Acer Nitro berukuran 135 Watt, dan bobotnya pun cukup berat. Nah menggunakan adapter ini, kamu bisa mengisi daya dari laptop mulai dari 0% hingga 100% dalam waktu sekitar 2 jam saja.


Webcam

Tidak banyak yang bisa dibahas dari sisi webcam. Acer Nitro 5 memiliki webcam standar laptop kebanyakan hari ini. Dengan kualitas kamera 720p 30 FPS, laptop ini setidaknya layak untuk digunakan webinar, zoom meeting, atau sekadar video call.

Akan tetapi untuk penggunaan yang lebih serius, misalnya bila kamu menjadi pembicara online, tentu kami akan menyarankan kamu untuk membeli webcam eksternal agar kualitas gambar menjadi maksimal.


Panas

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Acer Nitro 5 adalah teknologi pendinginannya yang luar biasa baik. Apalagi laptop ini sudah dilengkapi dengan teknologi pendinginan Acer Coolboost.

Komponen pendingin yang dimiliki laptop ini berupa 2 buah heat fan, 3 buah heat pipe, dengan air intake berasal dari sisi bawah lalu kemudian ke sisi kiri, sisi kanan, dan sisi belakang dari laptop.

Adapun teknologi pendinginan ini dapat mempertahankan performa dari CPU dan GPU Acer Nitro 5. Suhu inti dari CPU didapatkan sekitar 70-80oC, dan suhu GPU didapatkan sekitar 50oC saja pada penggunaan yang berat, wow!

Teknologi pendinginan ini juga nampaknya cukup sukses, bila dilakukan tes suhu di permukaan maka didapatkan suhu di area palmrest sekitar 26-30oC saja, di tombol WASD sekitar 33-37oC, dan tembus 40oC di area tengah dari keyboard.

Suhu yang berhasil dicapai oleh Acer Nitro 5 ini menurut kami sudah cukup oke, mengingat nilainya yang tidak terlalu ekstrem. Angka-angka ini tentu saja masih bisa ditoleransi dengan baik oleh user.


Harga dan Ketersediaan

Acer Nitro 5 2020 saat ini memiliki 4 varian. Varian pertama merupakan unit yang kami review dimana memiliki CPU Intel Core i7 10750H dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650Ti yang dibanderol dengan harga Rp 16.999.000,-

Varian yang setingkat dengan unit yang kami review adalah Acer Nitro 5 AN5 15-44 yang memiliki CPU AMD Ryzen 7 4800 H. Unit ini dibanderol dengan harga yang sedikit lebih murah yakni Rp 15.999.000,-

Kemudian di bawahnya ada satu varian yang diberi nama Acer Nitro 5 AN5 15-44 yang menggunakan CPU AMD Ryzen 5 4800H. Untuk varian yang satu ini Acer membanderol harga sekitar Rp 12.999.000,-

Selain itu bagi kamu yang merupakan fanboy dari Intel, bisa membeli SKU yang serupa dengan Acer Nitro 5 AN5 15-44 namun menggunakan Intel Core i5 generasi 10 yang dibanderol dengan harga Rp 14.999.000,-

Untuk SKU yang kami review kali ini, harga Rp 16.999.000,- tersebut sudah termasuk Windows 10 Home Edition, Microsoft Office Home and Student senilai Rp 1.799.000,- (seumur hidup, bukan subscription).

Selain itu setiap SKU dari Acer Nitro 5 ini sudah diberikan garansi yang cukup panjang, yakni garansi 2 tahun penggantian spare part dan garansi 3 tahun untuk jasa service atau perbaikan laptop.


Kesimpulan

Untuk kamu yang ingin membeli laptop gaming pertamamu, atau ingin mencoba membeli laptop gaming dari kelas entry level maka Acer Nitro 5 merupakan salah satu yang kami rekomendasikan.

Tidak banyak laptop dengan harga yang cukup miring namun memiliki performa sebaik Acer Nitro 5. Laptop ini bersaing ketat dengan ASUS TUF Gaming A15, HP Pavilion Gaming 15 (2020), dan Asus ROG Zephyrus G14 yang dari segi price to performance mirip-mirip.

Perbedaannya dengan ASUS misalnya, hanya dari segi CPU saja dimana ASUS menggunakan CPU AMD Ryzen 4800H. Hal ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tapi toh secara performa tidak jauh berbeda.

Lagipula kamu yang lebih menyukai AMD Ryzen bisa membeli SKU Acer Nitro 5 yang menggunakan CPU AMD juga kok. Pada akhirnya sih, pemilihan laptop di kelas ini lebih ke arah preferensi personal saja ya sepertinya!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Acer Nitro 5 (2020)
Price
IDR 16999000
Product Availability
Available in Store Only

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x